Hari ini: Sabtu, 01 Oktober 2022
Kamis, 17 Maret 2022, 11:00 WIB

Kenapa Kucing Tidur Di Pasir? Ternyata Ini 5 Penyebabnya!

Kenapa Kucing Tidur Di Pasir? Ternyata Ini 5 Penyebabnya!

kenapa kucing tidur di pasir - cats love to know

kenapa kucing tidur di pasir bisa disebabkan oleh banyak faktor, dimana harus bisa diperhatikan dengan seksama, Berikut penjelasan ilmiahnya

Sobat Pintar, kucing memang kerap kali bertingkah yang tidak bisa dimengerti. Hal ini sebenarnya wajar, mengingat bahwa kucing adalah hewan yang mempunyai insting yang berbeda dengan manusia. 

Namun, ada satu tingkahnya yang sering terlihat mengkhawatirkan, salah satunya adalah tidur di pasir. Tentu saja ada banyak sekali penyebab kenapa kucing tidur di pasir. Untuk itu, PetPi akan memberikan ulasan mengenai beberapa penyebab disertai cara mengatasinya di dalam artikel ini. Yuk kita simak. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Penyebab Kenapa Kucing Tidur di Pasir Litter Box 

Penyebab Kucing Tidur Di Pasir
penyebab kucing tidur di pasir - animal path

Sebagai owner sudah pasti akan merasa khawatir ketika kucing bertingkah tidak biasa. Salah satunya adalah ketika kucing lebih sering tidur di pasir tempat mereka sering buang air. Jika didiamkan tentu saja tidak baik, karena pasir tersebut berisi kotoran mereka.

Ini bisa jadi kebiasaan yang tidak sehat. Lalu, apa penyebab kenapa kucing tidur di pasir? Berikut ini adalah kemungkinannya: 

1. Suhu yang Dingin (Kedinginan)

Penyebab utama seringnya kucing tidur di pasir adalah karena kedinginan sehingga ia mencari tempat yang hangat. Kucing sangat menyukai tempat yang hangat untuk mereka istirahat, terlebih ketika suhu memang sedang dingin seperti pasir yang ada di litter box. Karena memang pasir mempunyai suhu yang jauh lebih hangat dibandingkan tempat lain. 

Namun, jika kucing merasa kedinginan dan memilih tidur di pasir, ada satu cara untuk mengatasinya. Caranya adalah jika kucing sudah terbiasa tidur di kandang maka lebih baik berikan alas yang lebih hangat agar kucing tidak tidur di kotak pasirnya.

Tetapi apabila kucing masih tetap memilih tidur di pasir, maka tidak ada salahnya untuk menyingkirkan litter box dari kandangnya sehingga kucing mau tidur di alas yang sudah disediakan. 

Pastikan bahwa alas memang mempunyai suhu yang jauh lebih hangat dari suhu ruangan. Kamu dapat menggunakan tempat tidur khusus kucing, bantal atau selimut. Hal ini sangatlah membantu agar kucing tidak tidur lagi di pasir yang kotor. 

2. Mengalami Stres

Kucing juga dikenal sebagai hewan yang mudah stres. Hal ini sendiri bisa terjadi karena banyak faktor, misalnya adalah baru saja pindahan rumah atau ada kucing baru yang kamu bawa. Kemudian, mereka akan mencari tempat yang dirasa sangat aman seperti kotak pasir atau litter box. 

Hal ini sendiri karena litter box yang digunakan adalah bau miliknya dimana hal ini akan membuat dirinya menjadi terasa lebih nyaman dan bisa tidur dengan nyenyak. Apabila penyebab utama kucing tidur di kotak pasir adalah stres, maka hal yang paling penting dilakukan adalah membuat kucing kamu nyaman. 

Kamu harus menyediakan air minum yang cukup dan juga makanan yang sehat. Kemudian, lebih baik kamu memberikan perhatian lebih kepada kucing kesayangan agar ia tidak stres lagi. Tidak hanya itu saja, kamu bisa meletakan beberapa mainan kucing pada kandang.

Lalu juga tidak ada salahnya untuk memberikan catnip yang dikenal sebagai tanaman untuk membuat rileks kucing.

3. Cuaca Panas (Kepanasan)

Penyebab lain kenapa kucing tidur di pasir adalah kepanasan akibat dari cuaca yang sangat panas. Cuaca panas ini akan membuat kucing mencari tempat yang lebih sejuk. Pasir adalah material yang dapat menyerap panas dan dingin dengan sangat baik. Apabila pada malam hari cuaca sedang dingin, maka pasir akan menyerap suhunya. 

Jadi, ketika sedang terasa sangat panas, maka kucing akan mencari pasir yang menyimpan suhu dingin dari malam sebelumnya. Tapi, tentu saja ini tidak dapat dibiarkan karena bisa kotoran pada pasir tidaklah sehat. 

Nah agar kucing tidak tidur di pasir, kamu dapat meletakan material yang bersifat sejuk pada kandang atau alas tidurnya, misalnya potongan keramik. Tidak hanya itu saja, kamu juga harus menyediakan air minum yang cukup agar kucing tidak mengalami dehidrasi. 

4. Tempat atau Alas Tidurnya Kotor

Selanjutnya, hal lain yang dapat menyebabkan kucing sering tidur di litter box adalah karena tempat atau alas tidur mereka kotor. Hal ini sendiri sangatlah wajar, mengingat bahwa kucing sendiri sangat menyukai kebersihan. Mereka menganggap bahwa pasir yang mereka tiduri sudah cukup bersih karena kotorannya sudah meresap. 

Kalau penyebab utamanya adalah karena tempat yang biasanya mereka gunakan tidur sedang kotor, maka cara mengatasinya adalah kamu harus membersihkan kandangnya terlebih dahulu.

Pastikan bahwa kandang serta alas sudah bersih, termasuk dari kotoran yang menempel atau bulu dari kucing lain. Biasakanlah untuk membersihkan tempat tidur mereka setiap hari agar kucing pun merasa nyaman. 

5. Sedang Sakit

Kucing Tidur Di Bak Pasir
alasan kucing tidur di bak pasir - PawTracks

Terakhir ada penyebab kucing tidur di kotak pasir yang tidak bisa kamu remehkan adalah kucing sedang sakit. Kucing yang sedang merasakan kesakitan terkadang tidak memberikan tanda apapun. Hal ini sendiri karena kucing tidak bisa mengatakan bahwa dirinya sedang sakit. Kucing yang tidur di pasir juga bisa jadi dikarenakan mereka mengalami sakit. 

Biasanya sakit yang dialami adalah infeksi saluran kemih, dimana kucing merasa kesulitan untuk buang air kecil. Kalau hal ini dialami oleh kucing, maka harus segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut lagi. Karena jika didiamkan terlalu lama dapat berakibat sangat fatal. 

Gejala lain dari kucing yang sedang mengalami infeksi saluran kemih adalah tidak mau makan, menurunnya berat badan, agak kesulitan berjalan, lemas, sering ke litter box tapi tidak keluar pipis atau pupnya dan sering tidur di pasir. Satu-satunya cara agar kucing sehat kembali adalah dengan dibawa ke dokter hewan. 

Sobat Pintar, itulah beberapa penyebab kenapa kucing tidur di pasir beserta cara mengatasinya. Sebagai pemilik hewan peliharaan, ada baiknya kamu mulai memperhatikan tingkah laku dari kucing kesayangan kamu tersebut. 

Karena banyak sekali faktor yang membuat mereka lebih memilih tidur di pasir. Hal yang paling penting adalah dengan terus menjaga kebersihan dan menyediakan air dan makan yang cukup untuk mereka. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hits.grid.id/read/482851916/kucing-kerap-kali-tidur-di-kotak-pasir-kotoran-hati-hati-bisa-jadi-pertanda-stres-hingga-idap-penyakit-berat-ini-dia-3-penyebab-dan-cara-mengatasinya?page=2
  • https://www.blacan.com/2019/02/penyebab-kucing-tidur-di-litter-box.html
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar