Hari ini: Senin, 08 Maret 2021
Senin, 21 Desember 2020, 10:00 WIB

Bakal Lebih Caper! Yuk, Mengenal Ciri-Ciri Kucing Peliharaan Birahi dan Mau Kawin

Bakal Lebih Caper! Yuk, Mengenal Ciri-Ciri Kucing Peliharaan Birahi dan Mau Kawin

ciri-ciri kucing birahi - pet place

Pernah mengalami kucing peliharaan birahi? Yuk, kenali beberapa ciri-ciri kucing birahi, baik jantan dan betina, yang perlu untuk kamu ketahui berikut ini.

Mungkin banyak di antara Sobat Pintar mengetahui tanda-tanda kucing birahi adalah perilakunya yang menjadi caper alias cari perhatian terus-menerus, kan?

Padahal tingkah lakunya ini bukanlah satu-satunya tanda utama yang bisa mengidentifikasikan kucing peliharaan sedang mengalami masa birahi atau tidak.

Nah, siklus birahi pada kucing merupakan hal normal bagi mereka yang belum disteril atau kebiri. Birahi pun dapat dialami baik pada kucing jantan maupun kucing betina.

Untuk lebih jelasnya, kini PetPi akan mengulas sejumlah ciri-ciri kucing birahi yang perlu diperhatikan serta langkah penanganannya yang telah dilansir melalui berbagai sumber.

Kumpulan Ciri-Ciri Kucing Birahi (Jantan & Betina) yang Perlu Diperhatikan

Ciri Kucing Birahi
ciri kucing birahi - icat care

Sama halnya seperti manusia di masa pubertas dan hendak menuju dewasa, kucing juga mengalami perubahan ciri fisik dan tingkah laku.

Hal ini pun juga sebagai pertanda bahwa sistem organ reproduksi, baik pada kucing jantan maupun betina, telah siap untuk melakukan perkawinan, hamil, dan melahirkan.

Sebagai PetPi sebutkan di bagian awal, salah satu ciri-ciri kucing birahi adalah perubahan tingkah laku yang menjadi lebih manja dari biasanya.

Namun selain itu, ada pula tanda lain munculnya perubahan secara fisik dan tingkah laku kucing yang bisa kamu amati sebagai berikut.

1. Ketahui Usia Kucing Dewasa

Hal terpenting untuk mengetahui kucing sudah matang secara seksual adalah mengetahui usia mereka.

Kucing pada umumnya akan mengalami siklus birahi pertama kali pada usia 6-10 bulan untuk betina dan 10-12 bulan untuk jantan.

Jika kucing sudah pernah mengalami birahi artinya organ reproduksi sudah matang dan siap kawin. Siklus birahi kucing bisa terjadi sebulan sekali. Pada kasus lain bisa terjadi sekali dalam 2-3 bulan.

Proses ini akan berlangsung sekitar 4-5 hari, di mana kamu sebagai pemilik harus mengetahui cara merawat kucing birahi agar mereka tetap merasa nyaman dan tidak stres.

Baca Juga: Tanpa Kawin! Inilah Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi yang Perlu Diketahui

2. Sering Mengeong Keras

Kucing birahi juga akan lebih sering mengeong daripada sebelumnya. Suara yang mereka hasilkan pun terdengar lebih panjang dan keras.

Perubahan perilaku ini bertujuan untuk menarik pasangan kucing lain yang berada di sekitar rumah dan memberi tahu kalau dirinya sedang birahi dan siap kawin.

Sayangnya kucing birahi akan mengeong tak kenal waktu, bahkan saat malam hari sekalipun. Maka tak jarang kucing birahi akan mengganggu aktivitas pemilik, termasuk saat tidur, lho.

3. Spraying

Perilaku spraying atau menyemprotkan urin di sembarang tempat kebanyakan dikaitkan sebagai ciri-ciri kucing jantan birahi, walaupun hal ini bisa juga dilakukan oleh kucing betina.

Spraying juga berfungsi untuk memberitahu pasangan kucing di sekitar bahwa dirinya sedang birahi.

Sayangnya perilaku spraying sering dikeluhkan oleh pemilik, karena menimbulkan bau tak sedap di dalam rumah. Jika melihat hal ini, sebaiknya segera bersihkan agar area rumah tetap bersih.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG KUCING?
Cari info Kucing terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Mencari Perhatian Pemilik

Lebih sering mencari perhatian pemilik sering juga dikaitkan sebagai ciri-ciri kucing betina birahi, lho. Umumnya mereka akan mendekat dan mengusap tubuhnya di sekitar kaki kamu.

Kucing betina birahi juga akan menunjukkan gestur yang mana mereka seakan minta dielus, terutama pada bagian punggung, panggul, hingga ekor.

Jika kamu melakukannya, kucing betina akan bereaksi dengan menaikkan tubuh belakang dan mengangkat ekornya. Di mana itu adalah posisi ideal saat kucing betina melakukan perkawinan.

5. Berguling-guling di Lantai

Kucing peliharaan yang tengah mengalami siklus birahi juga akan merendahkan tubuh mereka di lantai, berguling-guling, dan mengerang seperti kesakitan.

Namun hal ini wajar saat mereka berada dalam siklus birahi dan bukanlah tanda masalah kesehatan, seperti misalnya kucing kejang-kejang.

Yang perlu diperhatikan apabila perilaku ini terjadi terus-menerus dan diikuti tanda-tanda lain, seperti kucing demam, muntah, dan sebagainya.

Baca Juga: Kucing Milikmu Birahi? Ketahui 8 Cara Mengatasi Kucing Birahi Ini!

6. Menggaruk Tubuh di Perabotan Rumah

Jika mulai risih dengan perilaku manja dan mencari perhatian dari kucing birahi, mungkin kamu berusaha untuk pergi menjauh atau mengusirnya, kan?

Untuk melepaskan hasratnya tersebut, kucing birahi juga mencari alternatif dengan menggaruk tubuh di dinding atau perabotan rumah, seperti sofa, lemari, kaki meja, dan lainnya.

Hal ini juga biasa diikuti dengan perilaku spraying, lho! Jadi kamu perlu rajin-rajin membersihkan sisa urin kucing pada perabotan rumah.

7. Mencoba Kabur Keluar Rumah

Kucing rumahan yang biasanya jarang keluar rumah, saat birahi juga bisa menunjukkan perilaku mencoba kabur dengan selalu berdiri di dekat pintu atau jendela.

Mereka juga berusaha keluar rumah dengan menggaruk area di sekitarnya. Hal ini bertujuan untuk mencari kucing jantan di luar tempat mereka biasa tinggal.

Bagi Sobat Pintar yang memiliki kucing birahi dan dibiarkan bebas keluar-masuk rumah, mungkin mereka akan lebih lama bermain di luar atau malah menghilang sementara waktu.

8. Grooming Berlebihan

Ciri-ciri kucing birahi selanjutnya adalah perilaku grooming berlebihan, seperti menjilat dan menggaruk bagian tubuh tertentu.

Terkhusus pada kucing betina, selama siklus birahi area sekitar organ reproduksi akan sedikit membengkak dan menimbulkan rasa tak nyaman.

Hal inilah yang membuat kucing betina yang birahi akan sering menjilati bagian organ reproduksinya.

9. Menaikkan Tubuh Belakang

Baik tanpa ataupun dengan rangsangan, misal dengan mengelus punggung atau area sekitar panggul, akan membuat kucing betina menaikkan tubuh bagian belakangnya.

Hal ini sebagai tanda kalau kucing tengah birahi, sekaligus mengundang dan mempermudah proses perkawinan dengan kucing jantan.

Baca Juga: Perhatikan! Kenali Ciri-Ciri Kucing Gagal Kawin Beserta Penyebabnya Berikut Ini

10. Bagian Ekor Melengkung

Selain menaikkan tubuh belakang mereka, kondisi ekor yang melengkung juga menjadi respon lain saat kucing tengah memasuki masa birahi dan siap kawin.

Selain ke atas, kucing juga bisa melengkungkan ekor mereka ke bagian samping tubuh yang umumnya dilakukan oleh kucing betina.

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Birahi dengan Baik dan Benar?

Cara Mengatasi Kucing Birahi
cara mengatasi kucing birahi - freepik

Cara mengatasi kucing birahi paling mudah adalah dengan mencarikan pasangan dan mengawinkan keduanya. Tapi, bagaimana kalau kamu tidak menginginkan kehamilan anak kucing?

Untuk mengatasi kucing birahi tanpa perlu kawin tentu Sobat Pintar memerlukan usaha dan kesabaran ekstra. Adapun beberapa hal yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

  • Berikan lebih banyak perhatian pada kucing, misal mengajak bermain, grooming, dan lainnya;
  • Isolasi kucing di ruangan yang aman dan nyaman, serta pastikan pintu dan jendela dalam keadaan terkunci rapat;
  • Atur kondisi kandang lebih aman dan hangat, bisa dipadukan dengan aroma terapi dan kondisi sekitar yang tenang;
  • Pastikan membersihkan litter box dan mengganti pasir secara lebih rutin dari biasanya;
  • Berikan obat penenang kucing birahi dengan konsultasi dokter hewan terlebih dulu; dan
  • Pertimbangkan untuk melakukan steril untuk mencegah siklus birahi terulang dan mengontrol kehamilan kucing peliharaan.

Nah, demikianlah beberapa ciri-ciri kucing birahi yang dapat kamu perhatikan jika peliharaanmu sudah matang secara seksual dan siap kawin.

Jangan panik dan khawatir jika menemukan kucing peliharaan dalam kondisi seperti di atas! Tetap tenang dan ikuti langkah mengatasinya agar tidak menyakitinya, ya.

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://kucingpedia.com/ciri-ciri-kucing-birahi/
  • https://www.advantagepetcare.com.au/au/health/how-tell-if-your-cat-heat/
  • https://www.thesprucepets.com/signs-that-your-cat-is-in-heat-3385392
  • https://www.wedgewoodpharmacy.com/blog/posts/what-can-i-do-about-my-cat-in-heat.html
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar