Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Kamis, 26 Agustus 2021, 16:00 WIB

3 Cara Mengetahui Umur Kucing Kesayangan Dengan Tepat Dan Akurat

3 Cara Mengetahui Umur Kucing Kesayangan Dengan Tepat Dan Akurat

cara mengetahui umur kucing - wallpaper acces

Kamu mengadopsi kucing yang sudah dewasa? Tidak tahu cara mengetahui umurnya? Tenang, berikut ini cara mengetahui umur kucing dengan beberapa metode

Sobat pintar, mengetahui umur kucing sangatlah sulit kecuali kalau ia sudah bersama kita semenjak lahir. Kadang, disaat ingin mengadopsi seekor kucing menentukan umur sangatlah penting untuk memudahkan dalam perawatan.

Lalu bagaimana cara mengetahui umur kucing kesayangan yang tidak bersama kita semenjak mereka lahir? Dalam artikel ini Petpi akan memberikan beberapa metode untuk mengetahui umur kucing dengan tepat dan akurat. 

Bagaimana Cara Mengetahui Umur Kucing Peliharaan?

Cara Mengetahui Umur Kucing
cara mengetahui umur kucing - vca hospitals

Mengetahui umur pada kucing memang diperlukan untuk menentukan perawatan yang tepat sesuai usia mereka. Semisalnya dalam urusan pemilihan makanan, di mana kebutuhan anak kucing (kitten) dan kucing dewasa sangatlah berbeda.

Maka daripada itu, penting sekali bagi kamu untuk tahu bagaimana cara mengetahui umur dari kucing kesayangan. Berikut ini adalah caranya: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Perhatikan Gigi Kucing 

Semakin bertambah umur, kucing juga akan memiliki perubahan kondisi pada bagian gigi. Sehingga cara mengetahui umur kucing yang paling akurat adalah dengan memperhatikan bagian gigi mereka secara menyeluruh.

Adapun caranya adalah sebagai berikut: 

Jumlah Gigi

  • Gigi pertama kucing dengan usia 2 hingga 4 minggu biasanya hanya memiliki gigi seri yang terletak pada bagian depan. 
  • Kucing dengan umur yang belum mencapai 4 bulan tidak mempunyai gigi graham. 
  • Apabila kucing sudah masuk 6 bulan hingga satu tahun, maka sudah akan tumbuh gigi dewasa serta warnanya putih dan masih sangat bagus atau tidak ada kerusakan. 

Warna Gigi 

  • Kucing yang sudah masuk usia dua tahun, giginya akan mulai menguning walau belum terlalu jelas. 
  • Sedangkan untuk kucing dengan usia sekitar 5 tahun, warna kuning pada giginya akan mulai bertambah jelas di beberapa bagian walau tidak terlalu pekat.
  • Untuk kucing yang berumur sekitar 5 hingga 10 tahun, giginya akan terlihat kuning dan sangat jelas. 
  • Kucing yang sudah masuk usia di atas 10 tahun, seluruh giginya akan berwarna kuning dan juga tampak sekali. 

Kondisi gigi 

  • Pada kucing berkisar umur 5 tahun, kondisi giginya tidak terlalu tajam atau sudah menumpuk. Bahkan ada beberapa kucing yang giginya sudah patah pada usia ini. 
  • Untuk kucing yang berumur 5 tahun hingga 10 tahun, giginya akan terlihat usang atau tidak bagus lagi kondisinya. 
  • Sedangkan untuk kucing dengan usia lebih dari 10 tahun, kondisi pada giginya akan jelas terlihat telah usang, tumpul dan juga jumlahnya berkurang. 
  • Adanya resesi gusi pada kucing-kucing yang memang sudah masuk usia 5 tahun ke atas. Walaupun cara ini masih belum menjadi patokan pasti karena resesi gusi bergantung dari kebersihan serta makanan yang diberikan. 

2. Periksa Bagian Bulu serta Tubuh Kucing

Sobat pasti mengetahui bahwa kucing mempunyai bulu yang berbeda-beda, ada yang panjang dan juga pendek. Dari kondisi bulunya, ternyata bisa juga menjadi cara mengetahui umur kucing.

Tidak hanya itu saja, bagian tubuh antara kucing yang masih muda dan yang sudah tua juga berbeda-beda. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya: 

Ketebalan Bulu

Untuk ketebalan bulu kucing sudah pasti bergantung pada jenisnya. Tapi, kebanyakan kucing yang sudah berumur lebih tua mempunyai bulu yang lebih tipis dibandingkan dengan yang masih muda.

Tapi, Sobat tidak boleh gegabah menentukan umur dari ketebalan bulu. Karena bisa saja kucing sedang mengalami kerontokan akibat musim atau terkena jamur. 

Tekstur dari Bulu

Selanjutnya, Sobat juga bisa mengecek dari tekstur bulu kucing kesayangan. Pada kucing yang lebih muda, biasanya bulu akan sangat halus dan terasa penuh. Sedangkan untuk kucing yang lebih tua, tekstur bulunya lebih kasar.

Beberapa kucing dengan warna selain putih, warnanya terlihat memudar. 

Struktur Tubuh

Jika diperhatikan, kucing yang lebih muda biasanya akan terlihat berotot serta ramping karena masih mempunyai aktivitas tinggi. Sedangkan pada kucing yang sudah memasuki usia senior biasanya akan lebih terlihat bulat dan berisi.

Bahkan untuk kucing yang lebih dari 10 tahun, kulitnya akan terlihat kendur dan tulang bahunya terlihat sangat jelas. 

3. Kondisi Pada Mata Kucing 

Cara mengetahui umur kucing yang terakhir adalah dengan mengecek kondisi matanya. Sama seperti manusia, semakin tua usia kucing biasanya akan mengalami masalah penglihatan seperti rabun, glaukoma dan gangguan penglihatan lainnya.

Contohnya adalah sebagai berikut: 

Warna pada Mata Kucing 

Kucing yang usianya lebih muda, warna matanya akan terlihat sangat cerah serta jenih. Berbeda dari kucing yang sudah masuk usia tua, di mana matanya mulai tidak jernih bahkan ada yang terkena katarak. 

Iris pada Mata Kucing

Tidak hanya dari warnanya saja, dari iris mata pun bisa Sobat ketahui perkiraan umur kucing. Pada kucing yang masih muda, irisnya akan terlihat halus serta bersih. Sedangkan mata pada kucing yang sudah masuk umur tua akan terlihat sekali urat halus dan kotak pigmennya. 

Air Mata 

Mata kucing pun juga bisa mengeluarkan air mata. Untuk mata kucing yang lebih muda biasanya tidak mengeluarkan air mata. Berbeda pada kucing yang sudah mulai masuk usia 5 tahun ke atas, biasanya tingkat keluarnya air mata ini lebih sering.

Tapi, jika kucing kesayangan mengeluarkan air mata berlebihan dibarengi dengan gejala lain, seperti sulit membuka kelopak mata atau pun bengkak, lebih baik segera memeriksakannya ke dokter. 

Sobat Pintar, itulah beberapa cara mengetahui umur kucing. Meskipun begitu, beberapa cara tersebut pun tidak bisa diterapkan kepada kucing yang memang dirawat dengan baik.

Maka daripada itu, agar kucing kesayangan selalu sehat hingga usia tua, Sobat harus benar-benar memberikan perawatan terbaik untuk mereka. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id.wikihow.com/Mengetahui-Umur-Kucing
  • https://kucingpersia.co.id/cara-mengetahui-umur-kucing/
  • https://rumahbudidaya.co.id/cara-mengetahui-umur-kucing/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar