Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Minggu, 06 Juni 2021, 16:00 WIB

6 Cara Memotong Kuku Kucing Yang Benar dan Aman Tanpa Tergores

6 Cara Memotong Kuku Kucing Yang Benar dan Aman Tanpa Tergores

cara memotong kuku kucing - halodoc

Pecinta kucing wajib mengetahui tips dan cara memotong kuku kucing yang bisa sobat pintar praktekkan sendiri di rumah berikut ini dengan aman

Sobat pintar, kucing adalah salah satu binatang paling menggemaskan maka tak jarang, kucing menjadi pilihan beberapa sobat pintar untuk dijadikan binatang peliharaan.

Di mana kesehatan kucing sangatlah penting sekali saat kita memeliharanya. Nah, salah satunya adalah dari kuku.

Nah, sobat pintar sudah tahukah cara memotong kuku kucing yang benar? Petpi di sini akan merangkum caranya memotong kuku kucing yang benar.

Di antara banyak perawatan tersebut salah satunya kita harus memotong kuku kucing kita secara berkala, selain agar tidak menyakiti kita, namun juga untuk kebaikan si kucing agar kukunya tidak patah lalu terluka.

Selain itu juga memotong kuku adalah cara untuk menjaga kebersihan bagi si kucing serta bisa membantu kucing untuk tetap sehat.

Cara Memotong Kuku Kucing yang Bisa Dilakukan

Cara Memotong Kuku Kucing
cara memotong kuku kucing - indozone

Kuku sangat berperan penting pada kucing. Selain menjadi senjata kuku kucing juga memiliki fungsi lain seperti menggaruk pasir.

Maka dari itu, sobat pintar harus rajin-rajin merawat kuku kucing kita agar kucing tetap nyaman begitu pula dengan sobat pintar agar kuku kucing tidak melukai saat diajak bermain.

Untuk itu, yuk simak ulasan PetPi tentang cara memotong kuku kucing yang agresif secara lengkap dan aman untuk kucing sobat pintar berikut.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Siapkan Gunting Khusus

Sobat pintar, tahukah kalau memotong kuku kucing tidak boleh dilakukan dengan sembarang alat seperti alat potong kuku atau gunting kuku yang biasa kita gunakan?

Ya, untuk kuku kucing, sebaiknya sobat pintar menyiapkan gunting khusus yang biasanya dijual di pet shop sebab gunting kuku kucing berbeda dengan gunting yang kita pakai sehari-hari untuk memotong kuku.

2. Siapkan Handuk

Fungsi handuk di sini adalah sebagai penahan agar kucing tidak lari ketika sobat pintar akan memotong kukunya.

Handuk juga berfungsi agar kucing tetap merasa nyaman dan tenang ketika kita sudah memposisikan dengan benar saat hendak memotong kuku.

Kucing juga biasanya akan lebih tenang ketika diselimuti dengan handuk.

3. Tekan Pada Telapak Kaki Kucing

Yang harus dilakukan sobat pintar saat pertama kali akan memotong kuku kucing adalah dengan menekan telapak kaki kucing itu sendiri agar kukunya keluar dan lebih mudah dalam memotong.

Tekan dengan lembut menggunakan ibu jari serta jari telunjuk guna menekan bagian bawah salah satu ruas jari kucing.

4. Posisi Yang Benar Menggunting Kuku Kucing

Posisi gunting untuk memotong kuku yang benar adalah dari atas atau secara vertikal, bukan dari samping karena bisa menyebabkan kuku kucing pecah. Selain itu juga untuk menghindari memotong kuku kucing terlalu dalam.

Karena saat terlalu dalam memotong kuku, dapat memotong aliran pembuluh darah yang ada di dalam kuku dan menyebabkan kuku kucing berdarah.

5. Potong Bagian Yang Benar

Yang perlu sobat pintar perhatikan adalah bagian kuku yang seharusnya dipotong hanya bagian ujungnya saja yang tipis serta terlihat runcing.

Jangan terlalu dalam karena akan membuat kuku kucing tercabut dan menyakiti kucing itu sendiri.

Jangan pula memotong sampai batas jari ataupun yang berwarna merah. Sobat pintar juga harus ingat untuk tidak memotong kuku jempol kucing.

6. Potonglah Satu Per Satu

Cara gunting kuku kucing selanjutnya adalah sobat pintar diharuskan untuk memotong kuku kucing satu per satu agar kucing nyaman dan juga potongan tersebut akan terlihat rapi.

Karena memotong kuku kucing juga berhubungan dengan kesehatan, maka hendaklah sobat pintar untuk berhati-hati jangan sampai kucing menjadi tidak nyaman dan terus bergerak hingga terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Perhatikan Memotong Kuku Kucing Yang Benar

Cara Memotong Kuku Kaki Kucing
Tips yang diperhatikan sebelum memotong kuku kucing - indozone

Sobat pintar, selain cara yang tepat di atas, berikut ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat memotong kuku kucing yang dapat sobat pintar ikuti dan praktekkan di rumah.

Di mana tips ini sendiri akan sangat membantu untuk bisa membuat kucing bisa lebih tenang ketika di potong kukunya.

1. Perhatikan Waktu Memotong

Memotong kuku kucing sebaiknya dilakukan setiap dua minggu sekali atau ketika kukunya terlihat sudah lebih runcing. Lalu bagaimana kalau kucing masih gemar mencakar barang yang ada di rumah?

Solusinya adalah berikan dia sejenis papan atau board claws agar ia bisa mencakar benda tersebut.

2. Biasakan Sejak Kecil

Jika sobat pintar memiliki kucing yang masih anak atau yang sering disebut kitten, sobat pintar bisa membiasakan si kucing untuk dipotong sejak dini.

Biasanya kalau kukunya sudah terbiasa dipotong dari bayi, kucing tidak akan merasa takut bila sewaktu-waktu kita akan memotong kukunya berbeda saat kita hanya melakukannya ketika kucing itu dewasa.

3. Memberi Jarak Pemotongan

Sobat pintar, berilah jarak waktu saat memotong kuku kucing peliharaan. Jangan dipotong sekaligus. Seperti contoh, hari ini sobat pintar memotong satu atau dua kukunya, hari berikutnya sobat pintar baru memotong sisanya.

Hal seperti ini bisa membuat kucing lebih nyaman dan tidak takut apabila kita akan memotong kukunya.

4. Ketahui Mood Kucing

Selain tips di atas, sobat pintar juga harus mengetahui mood kucing yang akan dipotong kukunya. Jangan membuat kucing terlalu panik karena dia akan takut kemudian lari ketika sobat pintar akan kembali memotong kukunya kemudian hari.

Jangan membuat kucing menjadi stress karena juga akan mempengaruhi mudah atau tidaknya sobat pintar memotong kukunya.

Bagaimana? mudah bukan? demikianlah tips dan cara memotong kuku kucing yang petpi rangkumkan supaya bisa sobat pintar terapkan di rumah.

Ketelitian dan kesabaran memang sangat dibutuhkan saat memotong kuku hewan peliharaan bukan hanya kucing saja.

Maka dari itu, petpi menyarankan agar sobat pintar juga harus berhati-hati ketika akan memotong kuku binatang peliharaan.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://kucingpedia.com/cara-memotong-kuku-kucing/
  • https://proplan.co.id/tips-artikel/artikel-kucing/kapan-dan-bagaimana-cara-memotong-kuku-kucing
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar