Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Sabtu, 08 Mei 2021, 16:00 WIB

4 Langkah Awal Cara Memandikan Kucing Persia di Rumah

4 Langkah Awal Cara Memandikan Kucing Persia di Rumah

cara memandikan kucing persia - hsw

Memandikan kucing persia menjadi bagian yang penting untuk saat memeliharanya. Jaga kebersihannya dengan panduan cara memandikan kucing persia berikut ini

Sobat pintar, kucing persia selalu menjadi peliharaan yang menarik dan menggemaskan untuk dipilih menjadi teman sehari-hari dirumah. Karena kucing ini memiliki ekspresi wajah yang lucu dan tingkah yang spontan menghibur pemiliknya.

Tetapi apabila sobat mempunyai kucing persia yang kotor rasanya kurang nyaman, tentunya harus paham cara memandikan kucing persia.

Untuk para pecinta kucing rasanya sudah tidak asing proses untuk memandikannya, tetapi jika ini pengalaman pertama mungkin akan terasa bingung dan kaku untuk membersihkannya.

Pada kesempatan kali ini PetPi akan membahas dan mengulas semuanya secara singkat, simak penjelasan lengkapnya berikut ini

Panduan Cara Memandikan Kucing Persia di Rumah

Cara Memandikan Kucing Persia
cara memandikan kucing persia - pet symptoms

Sebenarnya memandikan kucing itu jangan terlalu sering, karena akan membuat bulunya mudah rontok dan mengalami iritasi pada kulitnya.

Oleh karena itu, sesekali saja membersihkan dan ketika bulunya sudah tercium bau tidak sedap dan kusam.

Berikut ini beberapa tips memandikan kucing persia secara benar, yuk simak penjelasannya.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Menentukan Waktu

Memilih waktu untuk memandikan kucing kesayangan menjadi poin penting yang harus diperhatikan, karena membuat Sobat Pintar lebih mudah membersihkannya.

Dalam tahap ini penting melihat moodnya terlebih dahulu. Apabila sudah senang dan enak untuk diajak main, maka ini menjadi tanda yang tepat untuk mengajak kucingmu mandi.

Terpenting yang tidak boleh ketinggalan juga adalah mengisi perut kucing terlebih dahulu, biar tidak rewel dan repot nantinya. Ketika itu pilih waktu pagi hari saja dan tentukan cuaca yang terang biar kucingmu tidak terlalu kedinginan nantinya.

Hal ini penting sekali untuk diperhatikan agar kucing menjadi lebih bersih dan tidak terlalu menderita.

2. Memilih Shampo Kucing

Shampo kucing yang kamu pilih memiliki kandungan yang berbeda-beda, karena tergantung dari jenis dan volumenya. Jika kamu memiliki kucing persia, maka memilih jenis shampo yang lebih halus dan lembut, sehingga membuat bulunya tetap indah dan bersih.

Selain itu juga, jangan gonta ganti shampo, karena akan mempengaruhi kualitas bulunya.

Tidak ada salahnya memberikan vitamin bulu khusus kucing, karena akan mengurangi jumlah bulu yang rontok berlebihan.

Tetapi apabila kamu memiliki kucing yang tidak begitu memiliki bulu yang terlalu lebat, mungkin bisa menggunakan jenis shampo apapun itu.

Bahkan, kamu bisa memberikan juga anti kutu untuk kucing yang berlebihan kutunya.

3. Menggunakan Air Hangat

Cara memandikan kucing persia yang tepat adalah menggunakan air yang hangat untuk setiap ingin memandikannya. Karena hal ini untuk mengantisipasi kucing yang sensitif akan air dingin, sehingga kamu bisa memilih air hangat untuk penggantinya.

Keunggulan memilih air hangat kucing tidak akan memberontak dan rewel ketika dimandikan.

Perhatikan juga tempat untuk memandikannya, karena kucing agak berbeda dan sedikit liar ketika bertemu air.

Oleh karena itu, pastikan lokasi untuk tempat memandikannya aman dan tidak membuat kamu mudah terpeleset. Hal ini perlu dipahami bersama untuk kebersihan kucing kesayangan dan keselamatan diri.

4. Membasahi Bulunya

Untuk memandikan kucing yang tepat bisa dengan membasahi dulu bulunya dengan air, jangan langsung ke mata, telinga, dan area sensitif lainnya.

Karena membuat kucing tidak tenang dan nyaman dengan air yang secara langsung tersebut. Pada proses ini kamu bisa membasahi bulunya terlebih dahulu saja.

Sobat pintar, demikianlah penjelasan cara memandikan kucing persia yang tepat dan benar, hal ini perlu dipahami bersama. Dengan begitu kucingmu tidak trauma ketemu air dan selalu bersih.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.99.co/blog/indonesia/cara-memandikan-kucing/
  • https://www.merdeka.com/jatim/8-cara-memandikan-kucing-yang-benar-mudah-dilakukan-kln.html?page=6

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar