Hari ini: Kamis, 08 Desember 2022
Jumat, 24 Juni 2022, 22:00 WIB

Tips Memilih Kandang Kucing Anggora yang Ideal untuk Kesehatannya

Tips Memilih Kandang Kucing Anggora yang Ideal untuk Kesehatannya

kandang kucing anggora - chewy

Kandang kucing anggora yang ideal harus disiapkan agar kucing tetap merasa aman, sehat dan juga nyaman. Berikut adalah tips memilih kandang yang ideal

Sobat Pintar pasti sudah mengetahui bahwa kucing adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang sangat populer. Apalagi, kucing dikenal sebagai hewan yang ramah serta sangat playful.

Banyak sekali ras kucing di dunia, di mana kucing anggora adalah salah satunya. Kucing anggora sendiri dikenal sebagai jenis yang sangat cantik, memiliki bulu panjang dan juga mata yang indah.

Merawat kucing ini sendiri ternyata tidak begitu mudah, mengingat kebutuhan perawatannya yang tidak boleh asal-asalan.

Apalagi dalam urusan kandang kucing anggora, di mana Petpi sangat menyarankan kepada Sobat Pintar untuk memperhatikan perkandangan ini dengan sangat serius. Berikut tips memilih kandang kucing anggora yang ideal

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Tips Memilih Kandang Kucing Anggora yang Ideal 

Kandang Kucing Anggora
tips memilih kandang kucing anggora - amazon

Ketika merawat hewan, termasuk kucing anggora, kandang adalah salah satu aspek penting yang harus disiapkan. Karena dengan adanya kandang sendiri, itu sangat penting untuk kebersihan rumah.

Bahkan kandang juga berfungsi untuk menjaga kucing agar lebih aman dan nyaman. Nah, ini dia beberapa tips memilih kandang kucing yang ideal: 

1. Sesuaikan Tinggi Kandang dengan Tinggi Kucing

Memilih kandang yang ideal untuk kucing sangatlah penting, apalagi ini demi keamanan, kenyamanan dan juga kebersihan dari hewan manis ini.

Untuk memilih kandang yang tepat, Petpi menyarankan untuk menyesuaikan tinggi kandang dengan tinggi si kucing. Hal ini sendiri sangatlah penting agar membuat kucing tetap nyaman. 

Jangan pernah memilih kandang yang terlalu kecil dan membuat kucing jadi susah bergerak. Pastikan bahwa kucing dapat bergerak bebas walaupun di dalam kandang.

Selain itu, kandang yang lega juga akan membuat kucing merasa lebih aman dan juga tidak mudah stress. Jadi, Sobat Pintar jangan asal pilih kandang, ya. 

2. Pilih Kandang Bertingkat

Jika Sobat Pintar memiliki kucing lebih dari satu, Petpi sarankan untuk memilih kandang bertingkat. Kandang jenis yang satu ini memiliki desain yang memungkinkan kucing bergerak lebih bebas dan tidak kesempitan ketika berada di kandang bersama dengan kucing lain.

Tapi, perlu diingat jangan letakan kucing satu kandang jika mereka tidak akur. 

Kandang bertingkat ini juga lebih ditekankan untuk desain yang minimalis, sehingga kandang tidak terkesan memenuhi ruangan.

Tidak hanya itu saja, kandang ini juga memiliki desain modern yang tentu saja tidak hanya membuat kucing nyaman tapi membuat pemandangan dalam rumah menjadi lebih indah. 

3. Tempat Makan dan Minum

Hal paling penting untuk membuat kandang kucing anggora ideal adalah dengan adanya tempat makan dan minum.

Dua elemen ini sendiri sangatlah penting, karena asupan makan dan minum harus selalu mencukupi supaya kucing anggora tetap dalam keadaan yang sehat.

Namun, ada satu hal yang penting sekali untuk Sobat Pintar perhatikan adalah kebersihan dari tempat makan dan minum kucing tersebut. 

Sobat Pintar harus mencuci setiap kali makan dituangkan dan berikan air yang bersih. Maka daripada itu, Anda harus mempunyai lebih dari satu tempat makan dan minum agar kebersihan tetap selalu terjaga.

Karena dengan menjaga kebersihan maka kucing akan selalu dalam keadaan sehat dan jauh dari jamur maupun virus. 

4. Alas pada Kandang

Kandang kucing sendiri biasanya pada bagian bawahnya berlubang-lubang, di mana ini akan mengurangi kenyamanan untuk si kucing. Petpi sarankan untuk meletakan alas yang nyaman, seperti alas yang terbuat dari plastik atau karet.

Hal ini sendiri untuk membuat kucing nyaman ketika menginjak atau tidur diatasnya ketika berada di kandang dan bisa juga menjaga kebersihan lantai rumah dari bulu-bulunya. 

Selain itu, kelebihan dari alas berbahan karet atau plastik adalah sangat mudah untuk dibersihkan. Caranya cukup dengan ambil lap basah kemudian usap perlahaan pada bagian alas tersebut.

5. Perhatikan Keamanan Kandang

Kandang Terbaik Untuk Kucing Anggora
kandang terbaik untuk kucing anggora - petsfit

Poin berikutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan selain beberapa tips di atas adalah tingkat keamanan dari kandang dari kucing anggora itu sendiri.

Seperti yang kalian tahu, kucing anggora itu merupakan hewan peliharaan yang suka menggigit benda apapun disekitarnya. Jadi, tidak menutup kemungkinan ia akan menggigit kandang tempat tinggalnya.

Kemudian ketika menggigit kandang tersebut, bisa saja cat dari kandang tersebut akan terkelupas dan tertelan masuk ke dalam pencernaan kucing kalian.

Tentu hal ini sangatlah berbahaya bagi kesehatannya, sehingga sebagai pemilik kucing yang baik, kamu harus bisa memastikan seluruh aspek dari kandang tersebut aman atau tidak sebelum digunakan.

6. Pilih Kandang Sesuai Bobot Kucing

Tips terakhir dalam memilih kandang kucing anggora adalah memastikan kandang tersebut tidak hanya tinggi tetapi mampu dan kuat menahan bobot dari kucing kamu di rumah.

Kucing anggora dewasa itu rata-rata memiliki bobot tubuh sekitar 4-11 kg, yang dimana perlu material yang kuat dan kokoh untuk menjaga kandang tersebut tidak roboh.

Jangan hanya memilih kandang karena tinggi dan berharga murah saja, padahal materialnya sangat tipis dan rapuh, hal ini tentu saja bisa membahayakan kehidupan kucing anggora peliharaanmu. 

Sobat Pintar itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk kandang kucing anggora. Petpi sendiri menyarankan untuk membeli kandang dengan kualitas yang bagus, di mana sobat bisa membelinya di petshop terdekat.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Minggu, 02 Mei 2021, 16:00 WIB
Update pada: Jumat, 24 Juni 2022, 22:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://blog.anteraja.id/tips-memilih-kandang-kucing/
  • https://my-best.id/32878#toc-0
  • https://www.merdeka.com/gaya/fitur-penting-yang-wajib-dipertimbangkan-saat-membeli-kandang-kucing-anggora.html

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar