Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Sabtu, 20 November 2021, 10:00 WIB

Gastritis Pada Kucing: Penjelasan, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Gastritis Pada Kucing: Penjelasan, Penyebab dan Cara Mengobatinya

gastritis pada kucing - cat united

Gastritis pada kucing memang disebabkan oleh beberapa faktor, pastikan kamu memperhatikannya dan harus ada penanganan medis. Berikut panduan lengkapnya

Sobat pintar, apakah kamu tahu mengenai gastritis pada kucing? Gangguan pada kucing satu ini perlu untuk dilihat dan diwaspadai, terutama untuk peliharaan kucing kesayangan kamu dirumah.

Ada beberapa gejala yang muncul, apabila kucing kamu mengalami gastritis, salah satunya sering mengalami muntah dan jika diabaikan akan menimbulkan gangguan serius. 

Radang perut atau gastritis ini paling umum terjadi pada kucing ketika hewan kesayangan kamu tersebut memakan sesuatu.

Dampaknya akan mengalami muntah cairan, nafsu makan mengalami penurunan, terjadi depresi, dan dehidrasi. Hal inilah sangat penting untuk diperhatikan, sehingga harus bisa dilihat secara menyeluruh. 

Apakah Kucing Bisa Terkena Penyakit Gastritis?

Kucing Terkena Gastritis
kucing terkena gastritis - homeopet

Untuk kamu yang baru memelihara kucing di rumah, rasanya akan sangat kaget apabila kamu menemukan kucing kamu tiba-tiba mengalami muntah.

Memang ada beberapa penyebab terjadinya kucing muntah, tetapi apabila muntah tersebut berupa cairan putih, bisa jadi kucing kamu terkena penyakit gastritis atau radang lambung pada perutnya.

Gastritis merupakan bentuk dari kejadian yang menggambarkan apabila kucing peliharaan kamu tersebut sedang menderita peradangan pada lambungnya.

Hal ini disebabkan oleh dinding pada lambung mereka mengalami luka atau sebagainya sehingga lapisan mukosa tersebut menghasilkan asam lambung dan enzim pencernaan (pepsin) yang menyebabkan terjadinya muntah.

Penyakit satu ini bisa saja akan menjadi penyakit akut atau kronis, apabila tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. 

Apabila kucing kamu mengalami gastritis akut, maka muntah yang akan terjadi secara langsung dan tidak terduga. Dindingnya mengalami multifaktor dan proses keberlangsungannya sendiri kurang dari 24 jam secara menyeluruh.

Dengan demikian, tahapan ini harus benar-benar mampu bisa dilihat dan harus ada tindakan medis. Namun, apabila gastritis tersebut mengalami kronis, sehingga muntah yang akan terjadi bersifat intermitten (berulang) dan biasanya akan terjadi dalam kurun waktu sekitar 14 hari. 

Beberapa bahan yang dimuntahkan tersebut bisa berupa makanan dan cairan empedu yang ada. Oleh karena, dalam tahap ini memang kamu tidak harus panik, namun perlu perhatikan saja.

Jika mengalami kondisi yang terus tidak membaik, lebih baik untuk langsung memeriksakannya pada dokter hewan terdekat. 

Apa Saja Penyebab Terjadinya Gastritis Pada Kucing?

Penyebab Gastritis Pada Kucing
penyebab gastritis pada kucing - daily paws

Jika anabul menunjukan tanda-tanda seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, pasti kamu bertanya-tanya kenapa hal ini bisa terjadi pada peliharaan kalian.

Nah untuk itu, berikut ini Petpi akan memberikan penjelasan lengkap mengenai beberapa penyebab yang dapat menimbulkan penyakit gastritis pada kucing, yaitu:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Salah Makan

Kucing biasanya sering menemukan beberapa hewan yang membuat ia penasaran dan langsung memakannya. Bahkan, bisa juga beberapa benda yang tidak seharusnya dimakan, namun karena tidak tahu langsung dikonsumsinya.

Hal inilah membuat perutnya menolak dan kucing kamu tersebut akan mengalami muntah-muntah. 

Terkadang, aktivitas kucing memang tidak pernah terpantau oleh kamu setiap harinya, sehingga kejadian ini sering kali terjadi.

Oleh karena itu, hal paling tepat untuk dilakukan adalah untuk memperhatikan keadaannya dan lihat perkembangannya. 

2. Mengalami Keracunan

Penyebab selanjutnya yang mengakibatkan kucing kamu mengalami radang lambung adalah keracunan.

Baik oleh makanan yang dikonsumsi atau cairan yang ada disekitarnya, oleh karena itu, kebersihan lingkungan kucing kamu juga harus diperhatikan. Kemudian kamu juga tidak boleh membuat kucing kamu kelaparan. 

Karena apabila tindakan tersebut terjadi dalam kurun waktu yang lama, maka naluri kucing untuk memburu dan memakan sesuatu akan bisa saja terjadi.

Hal ini harus benar-benar bisa diperhatikan dan jangan sampai lengah. Merawat kucing memang tidak sulit, tapi konsistensi dan perhatikan akan sangat penting untuk kamu lakukan. 

3. Adanya Parasit

Bukan hanya makanan saja yang membuat kucing mengalami gastritis, tapi ada juga beberapa persoalan lainnya yang mengakibatkannya.

Dampak yang paling sering terjadi, dalam perut kucing kamu tersebut terdapat parasit. Faktor inilah yang membuat kucing kamu mengalami muntah dan mengganggu kondisi lambungnya. 

4. Obat-Obatan

Ternyata beberapa obat-obatan bisa membuat kucing kamu mengalami gastritis, sehingga sebelum kamu memberikan obat khusus tertentu pada kucing, kamu juga harus konsultasikannya terlebih dahulu.

Untuk lebih tepatnya kamu bisa membawa kucing kamu ke dokter atau minta saran yang tepat agar kucing kamu tidak mengalami gastritis tersebut. 

Jika pas kamu berikan obat kucing kamu mengalami muntah dan sifatnya dadakan, perlu kamu waspadai.

Apabila tidak sembuh dalam kurun waktu 24 jam kurang, maka lebih baik untuk membawa kucing kamu ke klinik hewan untuk tindakan lebih lanjut. 

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Gastritis Pada Kucing?

Cara Mengobati Gastritis Pada Kucing
cara mengobati gastritis pada kucing - barkibu

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, ini waktunya bagi kamu untuk memberikan pertolongan pertama kepadanya.

Untuk proses pengobatannya sendiri harus melihat seberapa berat penyakitnya terlebih dahulu, berikut ini Petpi akan menjelaskan sedikit mengenai proses pengobatannya, yang diantaranya adalah:

1. Gastritis Akut

Bentuk penanganan terkait kucing yang terkena gastritis memang agak berbeda, karena melihat dari gejala yang ditimbulkannya.

Apabila penyakit tersebut hanya dalam tahap akut, lebih baik kamu untuk tidak memberikan kucing kamu makanan terlebih dahulu, kisaran waktunya antara 8 - 12 jam. Lalu, jika dirasa cukup kamu bisa memberikan makanannya sedikit demi sedikit saja. 

Tetapi, dalam tahap ini kamu masih harus memantaunya secara terus menerus. Apabila gejala muntahnya masih terus muncul dan belum ada tanda membaik, saran terbaik untuk langsung melakukan pemeriksaan. 

Selain itu, kucing yang hanya mengalami gejala akut biasanya memiliki peluang untuk sembuh atau kembali pulih dengan lebih besar dan cepat.

Bahkan, menurut beberapa pengamatan yang telah dilakukan sebelumnya, kucing kamu akan sembuh dalam kurun waktu tidak lebih dari 24 jam.

2. Gastritis Kronis

Namun, apabila penyakit ini sudah dalam tahap kronis, maka peluang tingkat kesembuhannya pun akan menjadi lebih kecil dan semakin sulit untuk disembuhkan. 

Oleh karena itu, sebaiknya kamu harus langsung memeriksakannya ke dokter hewan terdekat, terutama apabila muntah tidak sembuh dalam kurun waktu 1x24 jam.

Apabila kamu mengabaikannya, maka dampak yang terjadi adalah kucing kamu akan mengalami permasalahan yang lebih parah dan lanjut dibandingkan sebelumnya. 

Sobat pintar, itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai gastritis pada kucing. Pastikan kamu memperhatikan kesehatan peliharaan kamu itu dirumah. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://siapgrak.com/artikel/kEmR2Vw
  • https://www.idntimes.com/health/medical/ratna-ramadhani/gastritis-pada-kucing-c1c2/5
  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/10/151700276/kucing-muntah-air-kenali-penyebab-dan-penanganannya?page=all

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar