Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Jumat, 13 Agustus 2021, 16:00 WIB

Cara Mengobati Kucing Tercekik Tulang dengan Pertolongan Pertama

Cara Mengobati Kucing Tercekik Tulang dengan Pertolongan Pertama

cara mengobati kucing tercekik tulang - hsw

Cara mengobati kucing tercekik tulang ayam atau duri ikan berikut bisa kamu praktekan sendiri. Segera ketahui gejalanya dan berikan pertolongan pertama

Sobat Pintar, kucing memang hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Ada saja pola tingkahnya yang menghibur dan membuat hati senang.

Sebagai pemilik, kamu tentu harus merawatnya dengan baik dan mengobatinya saat sakit. Tapi bagaimana jika kejadian-kejadian yang membuat kucing sakit itu bersumber dari makanannya?  

Misalnya kasus kucing yang tenggorokannya tersangkut makanan seperti tulang. Meskipun jarang terjadi, bukan berarti kejadian ini tidak pernah ada. Kita tidak bisa menebak kapan musibah akan datang, maka dari kamu harus waspada.

Apabila saat ini kamu sedang berada dalam kondisi tersebut, langkah yang harus diambil adalah mencari tahu cara mengobati kucing tercekik tulang. 

Ciri-ciri Kucing Yang Tercekik atau Tersedak Tulang

Ciri Ciri Kucing Tercekik Tulang
ciri ciri kucing tercekik tulang - miaustore

Untuk mengetahui apakah kucing kamu sedang tercekik atau tidak itu gampang-gampang susah. Sebab gejalanya cukup mirip dengan beberapa gejala penyakit lain yang sering terjadi pada si kucing.

Tapi tidak ada salahnya mengecek kondisi kucing kamu apabila ia menunjukkan ciri-ciri berikut ini:

  • Warna gusi ungu atau kebiru-biruan.
  • Sering menggaruk-garuk area mulut.
  • Kucing mual
  • Mengeluarkan air liur
  • Batuk dengan keras
  • Tidak dapat bernafas.

Jika kamu melihat kucing tiba-tiba menunjukkan gelagat di atas, segera pastikan sendiri. Bisa jadi sebelumnya kucing kamu memakan sesuatu yang mencurigakan.

Dan jika tanda-tanda tersebut muncul setelah kucing tidur, kemungkinan besar itu bukan gejala tercekik atau tersedak makanan. Kucing bisa saja sedang mengalami masalah kesehatan lainnya, seperti flu, demam, dan sebagainya.

Akan tetapi bila tanda-tanda tersebut muncul setelah diberi makan, misalnya sesudah diberikan beberapa potong daging ayam atau ikan, maka itu bisa jadi kucing sedang tercekik tulang. 

Kunci untuk mengetahui masalah yang dihadapi si kucing adalah memperhatikan gejala yang diperlihatkan. Selain itu, kamu juga harus mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan kucing di rumah.  

Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Tercekik Tulang

Cara Mengobati Kucing Tercekik Tulang
cara mengobati kucing tercekik tulang - animal path

Kucing tiba-tiba tercekik tentu disebabkan oleh sesuatu hal, salah satunya makanan. Jika kamu sering memberi si kucing makanan berupa ikan atau ayam yang masih ada tulangnya, tentu ini bisa menjadi penyebab utama mengapa kucing bisa tercekik tulang.

Cari tahu penyebabnya apakah itu dari tulang ayam atau duri ikan yang sebelumnya dimakan. Kucing biasanya akan menunjukkan gerakan mencoba mengeluarkan tulang dengan kukunya.

Untuk lebih jelasnya lagi tentang cara mengobati kucing kamu yang sedang tercekik tulang di tenggorokan, silahkan simak informasi berikut ini:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Tercekik Duri atau Tulang Ikan

Duri ikan bisa nyangkut di mulut maupun gigi kucing. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan cara meminta bantuan saudara yang bisa memegangi si kucing.

Lalu coba buka mulutnya, lihat apakah benar-benar ada duri ikan yang tersangkut di tenggorokan. Jika ada ambil duri tersebut menggunakan pinset lalu keluarkan secara perlahan dari mulut kucing.  

Cara mengobati kucing tercekik tulang ikan ini bisa digunakan jika posisi duri ikan tidak terlalu dalam. Tapi bagaimana jika duri tersebut sudah terlalu masuk ke dalam tenggorokan kucing? 

Tentu saja cara tersebut tidak lagi dapat digunakan, namun kamu masih bisa mengobatinya dengan cara berikut ini:

  • Berikan makanan lain atau minuman yang bisa mendorong duri ikan masuk sampai ke perut.
  • Jika tidak berhasil atau kucing menolak makanan yang diberikan, kamu dapat mencoba memegang kedua sisi dadanya.  
  • Pukul area belikat kucing secara pelan untuk membuatnya batuk sampai memuntahkan duri yang tersangkut.  
  • Untuk membantu kucing batuk atau mengeluarkan duri, kamu juga dapat menekan salah satu bagian dada kucing dan memberikan sedikit hentakan secara berulang.  Saat melakukannya pastikan kamu sudah memegang kedua sisi dada kucing dengan baik dan jangan terlalu keras.
  • Segera bawa ke klinik hewan apabila tidak ada cara yang berhasil digunakan.

Ikan memang makanan favorit si kucing, tapi sayangnya makanan ini juga sering menimbulkan masalah yang dapat membuat kucing tercekik duri.

Apalagi saat kucing menyantap ikan dengan lahap, mereka jadi kurang berhati-hati sampai tidak sengaja menelan duri ikan.  

2. Tersedak Tulang Ayam

Penyebab kucing tercekik juga bisa karena tulang ayam, bebek, atau tulang unggas lainnya.  Apalagi jika si kucing tidak terlalu mengunyah atau menghancurkan makanannya dengan baik, ini dapat membuatnya tersedak.

Jika kamu memelihara kucing di rumah, sebaiknya tidak menyajikan daging ayam yang masih ada tulangnya. Berikan saja daging tanpa tulang untuk menghindari risiko yang dapat membahayakan si kucing.

Lalu bagaimana cara mengatasi kucing tersedak tulang ayam?

  • Hadapkan kucing di depan kamu, atur lutut dalam posisi yang dapat menahan bagian belakang kucing.
  • Kemudian pukul tulang belikat pelan-pelan sampai kucing batuk dan memuntahkan tulang.  
  • Apabila cara ini gagal, kamu dapat mencoba menekan salah satu sisi dada kucing dan menghentakkannya secara perlahan.
  • Ulangi sampai kucing memuntahkan tulang.
  • Segera bawa ke dokter hewan bila tidak ada cara yang berhasil.

Selain tulang ayam dan duri ikan, kucing juga sering tersedak hewan-hewan kecil seperti jangkrik, belalang, kecoa, dan sebagainya. Ini karena kucing suka sekali bermain dengan hewan-hewan tersebut, saking senangnya sampai membuat kucing menelan hewan tersebut tanpa mengunyah dahulu.  

Jika kucing tersedak karena hewan-hewan kecil, kamu harus segera melakukan pertolongan pertama untuk menyelamatkan nyawa si kucing.

Kucing bisa mengalami sesak nafas bila tidak segera ditolong, maka dari itu kamu harus melakukan tindakan berikut ini:

  • Pastikan bahwa kucing beneran tersedak, bukan karena sedang flu atau semacamnya.
  • Tenangkan kucing pelan-pelan.
  • Periksa bagian dalam mulut dan gunakan senter untuk meneranginya. Cek apakah benar ada hewan kecil, tulang atau benda lain yang tersangkut di tenggorokan.
  • Keluarkan benda tersebut secara pelan-pelan dengan pinset. Jangan pakai tangan karena ukurannya tidak muat di mulut kucing.
  • Pergi ke dokter hewan jika tidak berhasil. Jangan sampai kucing sudah pingsan atau susah bernafas baru kamu akan memeriksanya.  

Itulah beberapa penyebab dan cara mengobati kucing tercekik tulang. Semoga membantu kamu dalam melakukan pertolongan pertama, ya Sobat Pintar.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id.quora.com/Bagaimana-cara-mengatasi-kucing-yang-tersedak-tulang-di-tenggorokannya
  • https://myhewan.com/cara-menolong-kucing-tersedak-yang-benar/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar