Hari ini: Kamis, 26 Mei 2022
Selasa, 01 Maret 2022, 10:00 WIB

Kenapa Kucing Betah di Rumah Kita? Ternyata Ini Alasannya!

Kenapa Kucing Betah di Rumah Kita? Ternyata Ini Alasannya!

kenapa kucing betah di rumah kita - unsplash

Kenapa kucing betah di rumah kita adalah pertanyaan yang seringkali dilontarkan pecinta kucing? Ternyata ini lho alasan yang sebenarnya

Sobat Pintar, sebagai pecinta kucing pasti sering mempertanyakan tentang tingkah kucing yang dimana terkadang tingkah mereka juga sulit dimengerti.

Salah satu pertanyaan yang sering ada di benak kita adalah kenapa kucing betah di rumah kita ya. 

Tentu saja ada banyak sekali jawaban akan hal tersebut. Untuk itu, PetPi akan mengulasnya lebih mendalam, alasan apa saja yang menyebabkan kucing suka dan betah berada di rumah kita. Yuk, simak ulasannya, berikut ini. 

Alasan Kenapa Kucing Betah Di Rumah Kita 

Kenapa Kucing Betah Di Rumah Kita
kenapa kucing betah di rumah kita - paws

Kucing adalah hewan peliharaan yang terbilang sangat unik. Terkadang mau dimanja, terkadang juga tidak. Bahkan sering kali sudah dipelihara mereka main keluar.

Lalu, apa sebenarnya yang membuat kucing menjadi betah di rumah. Yuk, simak alasan kenapa kucing betah di rumah kita berikut ini: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Selalu Ada Makanan

Alasan pertama kenapa kucing sangat betah ketika berada di rumah adalah karena adanya makanan. Kucing biasanya akan lebih betah selama di rumah kamu sebab ada makanan yang bisa ia nikmati kapan saja. 

Sebenarnya kucing merupakan hewan yang mandiri dan bisa mencari makan sendiri tetapi ketika ada orang yang menyediakan makan maka sudah dipastikan mereka akan betah dan tidak ingin pergi kemana-mana. 

Kucing juga mempunyai keunikan dari instingnya yang tahu bahwa di rumah kamu pasti ada makanan. Jadi, jangankan keluar rumah, untuk pergi terkadang mereka amat sangat malas karena tahu bahwa kamu akan selalu memberikan makan kepadanya.

2. Merasa Aman

Tidak hanya itu saja, kenapa kucing betah di rumah kita adalah karena mereka merasa aman ketika di rumah Sobat Pintar.

Tidak hanya dari makanan yang selalu tersedia, tapi juga dari hewan liar atau kucing lainnya. Mereka akan merasa sangat aman, karena tahu tidak akan ada kucing atau hewan lain yang masuk. Sehingga mereka pun betah berada di rumah. 

Kucing adalah peliharaan yang termasuk sulit disatukan dengan hewan lain jika memang tidak terbiasa.

Ketika ia tahu bahwa rumah kamu aman dari segala gangguan, kucing jadi tidak akan main jauh-jauh. Bahkan ada beberapa kucing yang memang sudah terbiasa di rumah dan tidak berani keluar meski hanya di halaman saja. 

3. Ingin Dirawat

Pernah mendengar tentang “Kucing akan memilih kita”? Jika sudah, memang kenyataan tersebut tidaklah salah sepenuhnya. Kucing yang masuk ke rumah atau kamu adopsi memang ingin dirawat dengan baik. Bahkan ada kucing yang tahu jika orang tersebut memang bisa diberikan kepercayaan. 

Kucing merupakan hewan yang penuh dengan rasa curiga. Apalagi bila belum tahu daerahnya atau tidak kenal dengan manusia, sudah pasti akan sulit sekali untuk dekat.

Tapi, ketika insting memilih orang yang tepat, maka ia tidak segan untuk ikut untuk diminta dirawat. Bahkan ada beberapa video tentang kucing minta dirawat karena ia sedang sakit. 

Kalau dikatakan meminta tolong, itu bisa dikatakan dengan benar juga. Jadi, pada dasarnya kucing itu tahu mana manusia yang akan memberikannya perlindungan dan mana yang tidak.

Ketika sudah merasa bahwa kamu adalah orang baik dan mau merawat, mereka juga akan memberikan kepercayaan dan akhirnya betah untuk selamanya di rumah kamu. 

4. Ingin Dimanja

Penyebab Kucing Betah Di Rumah Kita
penyebab kucing betah di rumah kita - cgtn

Apakah rumah kamu sering didatangi kucing? Jawabannya mungkin saja karena kamu suka memanjakan mereka. Perlu kamu ketahui juga bahwa kucing itu adalah hewan peliharaan yang sangat manja, lho. 

Walaupun ada juga yang tidak suka dimanja tapi ketika ia dielus dengan baik, maka ia tidak akan segan untuk menemanimu. Kebanyakan kucing yang betah di rumah sangat ingin dimanja oleh manusia. Entah hanya karena suka digendong, dielus atau diberi makan. 

Kucing akan mencari perhatian kepada kamu. Hal ini adalah wajar, karena kucing bisa membaca emosi. Ketika ia sudah merasa nyaman denganmu, pasti akan minta dimanja.

Ia jadi tidak ingin meninggalkan rumah, karena ketika kamu manja, kucing akan sangat suka. Jadi, memang pada dasarnya kucing itu bisa dimanja dan disayang-sayang. 

5. Senang Kamu Ajak Main

Kucing sebenarnya adalah hewan yang aktif dan senang sekali diajak bermain. Ketika kamu memelihara kucing dan senang bermain dengan mereka, maka kucing jadi betah di rumah.

Apalagi jika kamu menyempatkan diri bermain bersama kucing sekitar 15 menit sehari. Mereka sudah pasti akan betah. 

Tidak peduli apa yang kamu mainkan dengannya, kucing akan tetap merasa senang. Karena perasaan senang inilah kucing jadi semakin betah di rumah, bahkan akan jarang main keluar.

Jadi, jika kamu ingin kucingmu betah di rumah, sediakanlah berbagai macam mainan kucing yang atraktif. Sudah pasti kucing tidak akan bosan dan jadi sangat sayang terhadapmu. 

6. Mendapatkan Perhatian

Seperti yang sudah Petpi sebutkan tadi, alasan kenapa kucing mendekati kita karena mereka sangat suka dengan perhatian yang kamu berikan.

Bukan hanya soal makan atau dimanja, tapi ketika kamu memanggil mereka lalu mengajak berbicara. Mereka juga akan suka. Maka tidak heran kucing menjadi betah selama di rumahmu.

Walau mereka tidak menjawab apapun yang kamu bicarakan, tapi kucing paham dengan mengenali suara yang kamu keluarkan.

Ketika kamu memberikan perhatian kepada mereka, sudah pasti kucing akan mendekat. Bahkan ada beberapa cerita yang menunjukan kucing bisa terikat dengan si pemilik dan akan sedih ketika pemiliknya juga bersedih. 

7. Tuhan Mengirim Kucing Khusus untuk Kamu

Alasan terakhir kenapa kucing memilih rumah kita adalah karena memang Tuhan mengirimkan kucing tersebut kepada kamu.

Tuhan ingin kamu memberikan kasih sayang terhadap hewan lucu ini. Sehingga kamu bisa merawat dan menjaga mereka hingga tua. Hal ini tentu saja menjadi salah satu anugrah paling indah. 

Sobat Pintar, itulah beberapa alasan kenapa kucing betah di rumah kita. Dari penjelasan di atas bisa terlihat bahwa tidak ada yang kebetulan. Kucing yang ada di rumah adalah harta yang indah dan harus kamu rawat sebaik mungkin ya. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.99.co/blog/indonesia/kenapa-kucing-betah-di-rumah-kita/
  • https://www.groufiee.com/mengapa-kucing-selalu-mendatangi-rumah-kita/
  • https://www.omahkucing.com/2021/12/6-alasan-kenapa-kucing-liar-betah-dirumah.html
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar