Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Kamis, 18 November 2021, 10:00 WIB

6 Cara Mengelus Kucing yang Benar Agar Cepat Jinak

6 Cara Mengelus Kucing yang Benar Agar Cepat Jinak

cara mengelus kucing - wamiz

Cara mengelus kucing tidaklah sembarangan, karena ketika ia tidak nyaman maka bisa mencakar atau menggigit. Berikut ini adalah panduan yang tepat

Sobat pintar, kucing memang mempunyai karakter yang tidak mudah ditebak. Kadang mereka ingin dimanja, tapi kadang juga tidak ingin disentuh atau disayang-sayang.

Padahal, sebagai orang yang merawat anabul, tentu mengelus mereka adalah hal yang sangat menyenangkan.

Namun, karena mood kucing bisa berubah-ubah, maka kamu harus tahu cara mengelus kucing yang benar agar mereka tidak marah. Yuk, ikuti ulasan dari Petpi di bawah ini. 

Bagaimana Cara Mengelus Kucing agar Jinak?

Cara Mengelus Kucing
cara mengelus kucing - minute media

Terkadang sebagai pemilik kucing, kita suka bingung kenapa mereka tidak mau dielus. Padahal sudah dirawat, diberi makan dan lain sebagainya.

Nah, sobat pintar harus tahu bahwa kucing memiliki karakter yang moody. Kadang ia ingin sekali dimanja, dipeluk, dielus dan lain-lain. Tapi, jika kamu salah cara untuk mengelusnya, yakinlah tangan pasti akan dicakar atau digigit. 

Berikut ini adalah cara mengelus kucing yang benar agar mereka nyaman, yaitu: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Memperkenalkan Diri Terlebih Dahulu

Kucing adalah hewan yang mudah curiga. Bila kamu baru pertama kucing dan ingin mengelusnya, lebih baik kenalkan diri sendiri terlebih dahulu.

Caranya adalah dengan mendekatkan tangan ke wajah kucing secara perlahan. Perhatikan posisi tangan, jangan terlalu tinggi dari kepala kucing. Usahakan tanganmu berada di posisi yang lebih rendah dari hidung mereka. 

Kucing akan merasa penasaran dan mencium tanganmu. Tunggulah hingga kucing memberikan tanda bahwa kamu boleh mengelusnya. Tanda yang diberikan adalah ketika kucing menggosokkan area wajah ke tanganmu. Jika sudah mendapatkan tanda ini, maka kamu boleh mengelusnya. 

2. Tidak Memaksa Kucing

Cara mengelus kucing selanjutnya adalah jangan memaksakan kucing untuk duduk diam atau menggendongnya begitu saja ketika kamu ingin mengelusnya.

Walaupun mereka bertingkah seperti mencari perhatian, bukan berarti anabul akan senang dengan sentuhanmu. 

Apabila kamu ingin mengelusnya, lebih baik sentuh secara lembut dan lihat reaksinya. Jika si kucing menunjukan tanda kamu boleh mengelusnya, maka lanjutkan. Tapi, bila anabul ternyata malah pergi atau menghindar. Lebih baik, kamu juga tidak melanjutkan keinginan untuk mengelusnya. 

Kemudian, durasi waktu untuk mengelus kucing kesayangan juga lebih baik diperhatikan. Karena ketika kucing ternyata nyaman dengan apa yang sedang kamu lakukan, mengelusnya tentu tidak akan masalah.

Tapi, jika ternyata anabul ternyata merasa tidak nyaman seperti dengan memberontak. Kamu harus melepasnya. Jadi, biarkan saja kucing melakukan apa yang ia inginkan. 

3. Mengelus di Bagian yang Mereka Sukai

Sobat pintar harus tahu, ternyata kucing sangat suka dielus pada bagian tubuh tertentu. Bagian pertama yang bisa kamu elus adalah bawah dagu mereka.

Coba kamu elus pada bagian tersebut, pasti kucing akan meregangkan kepalanya dan mendengkur serta memejamkan mata. Tingkahnya tersebut adalah tanda bahwa mereka senang dielus di bagian bawah dagu. 

Kemudian kamu bisa mengelus bagian belakang kepala. Eluslah kucing dari bagian kepalanya hingga ke punggung mengikuti arah bulu mereka. Apabila mereka diam dan mendengkur, berarti anabul sudah nyaman dengan elusanmu. 

Selanjutnya, kamu juga bisa mengelus pada area pipi mereka. Di bagian ini, terdapat kelenjar aroma yang hanya bisa dicium oleh anabul. Munculnya aroma ini akan membuat tubuh kucing rileks sehingga akan nyaman saat kamu elus. 

Bagian terakhir yang bisa kamu elus adalah area dahi di antara kedua mata anabul. Kucing akan suka sekali dielus pada bagian tersebut. Maka, tidak heran jika ia sering menyundulkan kepalanya agar kamu mengelusnya. 

4. Hindari Mengelus di Area Terlarang

Tidak hanya suka dielus di area tubuh tertentu, kucing juga mempunyai bagian tubuh yang tidak mereka sukai untuk disentuh yang salah satunya adalah bagian perut. 

Maka dari itu, cara mengelus kucing yang benar adalah dengan menghindari elusan pada bagian terlarang tersebut. 

Faktanya, bagian perut sering kali menjadi sasaran pecinta kucing untuk dielus apalagi yang masih pemula, mengingat reaksi dari kucing juga terlihat menggemaskan. 

Tapi, lebih baik kamu tidak melakukannya. Karena sudah pasti tanganmu akan ditangkap dan digigit. Ini membuat kucing merasa lemah dan mereka berpikir akan diserang oleh hewan lain. 

Kemudian, lebih baik kamu juga tidak menyentuh bagian telapak kaki mereka. Sama alasannya dengan bagian perut, menyentuh telapak kaki kucing membuat mereka terperangkap dan lemah. 

Bagian ekor pun juga lebih baik sobat pintar hindari untuk disentuh. Karena ekor adalah kunci utama untuk keseimbangan. Jadi, ketika kamu menyentuh atau bahkan menarik ekor anabul tersebut, pasti mereka akan segera menyerangmu. 

5. Biarkan Kucing Menghampiri Terlebih Dahulu

Cara berikutnya yang dapat kamu lakukan agar bisa mengelus kucing kesayangan adalah dengan membiarkan anabul menghampirimu terlebih dahulu.

Dengan cara ini, kamu bisa dengan jelas melihat gesture yang mereka tunjukan. Jika ingin dielus atau dimanja, pasti ia akan menyundulkan kepala atau menggosokan badan ke area tubuhmu. 

Nah apabila kamu melihat gelagat tersebut, artinya mereka sudah mulai percaya dan menerima kehadiranmu. Selanjutnya, kamu dapat langsung mengelus mereka dengan penuh kasih sayang tanpa adanya keraguan lagi.

6. Perhatikan Bahasa Tubuh Kucing

Cara mengelus kucing yang terakhir dan harus sobat pintar kedepankan adalah kenyamanan mereka. Agar kamu mengetahui apakah kucing sudah nyaman ketika dielus sangatlah mudah, yaitu melihat sikap yang mereka tunjukkan kepada kalian. 

Bila kucing mengeluarkan suara seperti mendengkur, menunjukan wajah yang rileks dengan telinga tetap runcing ke depan, merenggangkan badan dan tertidur berarti ia merasa sangat nyaman. Tapi, hentikan jika ia mendorong tanganmu dengan pelan. Itu tanda kucing sudah merasa cukup dimanjanya. 

Namun, bila kucing memberikan tanda memberontak, menjilati tubuhnya yang kamu elus, menghindarimu, ekornya menghentak-hentak ke lantai dan tidak mengeluarkan suara dengkuran. Lebih baik, jangan lanjutkan untuk mengelusnya. Bisa-bisa kamu akan dicakar atau digigit. 

Nah Sobat pintar, itulah dia beberapa cara mengelus kucing yang benar dengan mudah. Meski kucing sangat menggemaskan, tapi kamu juga perlu memahami mana yang ia suka dan tidak. Karena ini agar kucing tetap nyaman di rumahmu dan menjadi teman seterusnya. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id.wikihow.com/Mengelus-Kucing
  • https://sulsel.idntimes.com/science/discovery/izza-namira-1/cara-mengelus-kucing-yang-benar-regional-sulsel/7
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar