Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Rabu, 02 Juni 2021, 16:00 WIB

Kenali Penyebab Kucing Batuk dan Cara Mengobatinya dengan Mudah

Kenali Penyebab Kucing Batuk dan Cara Mengobatinya dengan Mudah

kucing batuk - rimma

Kucing batuk disebabkan oleh banyak hal yang harus segera ditangani. Berikut ini ada beberapa cara untuk menyembuhkan kucing batuk dengan mudah

Sobat Pintar, apakah kamu pecinta kucing dan memeliharanya di rumah? Sudah pasti sebagian dari Sobat Pintar memelihara kucing dengan ras apapun.

Tentu saja, ketika memelihara kucing harus diperhatikan masalah kesehatannya. Di mana ketika kucing batuk bisa menjadi salah satu hal yang perlu diwaspadai.

Apalagi jika Kamu tidak tahu penyebab dan cara mengobatinya. Yuk cari tahu semuanya di sini

Penyebab Kucing Batuk

Penyebab Kucing Batuk
penyebab kucing batuk - 99 co

Sebelum tahu bagaimana cara mengobati kucing yang sedang batuk, ada baiknya Sobat Pintar memahami terlebih dahulu apa saja penyebabnya.

Hal ini sendiri sangatlah penting, di mana dengan mengetahui apa saja penyebabnya dapat membantu Sobat Pintar dalam mengatasi masalah kucing batuk dan menemukan solusinya.

Berikut ini sudah Petpi rangkum penyebab apa saja yang membuat kucing mengalami batuk: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Asma

Tidak hanya manusia saja yang dapat terserang asma, di mana kucing pun juga bisa mengalami penyakit pernapasan yang satu ini.

Asma adalah penyakit saluran pernapasan bagian bawah yang mana penyakit ini bisa mengakibatkan radang.

Penyebab asma ada berbagai macam seperti terkena serbuk sari bunga, debu dari jamur kotoran kucing, rokok dan lain sebagainya. 

Ketika kucing mengalami asma ini maka tanda pertama yang muncul adalah batuk dibarengi dengan terengah-engah dan gusi berwarna biru.

Jika kucing yang Sobat Pintar pelihara mengalami batuk disertai dengan gejala kesulitan napas, ada baiknya langsung memberikan pertolongan pertama. Karena asma pada kucing sangatlah fatal akibatnya yaitu kematian. 

2. Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Penyebab lain yang dapat membuat kucing mengalami batuk adalah karena infeksi saluran pernapasan atas yang memang sering terjadi.

Biasanya kucing yang mengalami infeksi ini akan memiliki tanda lain seperti bersin, pilek, mengeluarkan ingus dan juga nafsu makan berkurang.

Tentu saja masalah ini harus diperhatikan, karena batuk disertai dengan tanda yang sudah disebutkan maka bisa jadi kucing terkena pneumonia ataupun bronchitis.

Di mana kedua penyakit tersebut harus segera ditangani dengan cepat. 

3. Alergi

Ketika kucing mengalami batuk, bisa jadi kucing sedang mengalami alergi. Ketika kucing mengalami alergi dapat membuat sistem kekebalan tubuhnya menjadi sangat sensitif terhadap beberapa zat yang masuk ke tubuhnya.

Zat yang sekiranya menyebabkan alergi ini bisa masuk melalui pernapasan atau ketika kucing memakan sesuatu. 

Apabila Sobat Pintar melihat kucing kesayangan batuk disertai dengan gejala lain seperti muntah, gatal di beberapa tempat, tubuh gemetar hingga diare, ada baiknya segera melakukan tindakan cepat dengan mengunjungi dokter hewan.

Karena alergi pada kucing dengan gejala tersebut dapat berakibat fatal. 

4. Adanya Bola Rambut

Penyebab kucing batuk selanjutnya adalah adanya bola rambut atau biasa disebut dengan hairball. Bola rambut ini sendiri adalah kumpulan dari rambut kucing yang masuk ke dalam perut.

Dimana biasanya sering terjadi di kucing dengan bulu panjang. Bulu-bulu ini bisa masuk ke perut kucing dengan cara kucing menjilat beberapa bagian tubuhnya untuk di grooming. 

Ketika bulu ini menumpuk, maka kucing akan memuntahkannya. Sehingga sebenarnya suara batuk yang dikeluarkan adalah suara dari muntahan kucing yang menyingkirkan bola rambut ini.

Jika kucing mengeluarkan bola rambut ini, Sobat Pintar tidak perlu khawatir karena ini adalah hal yang biasa. 

5. Gagal Jantung Kongestif

Penyebab lain dari kucing mengalami batuk adalah gagal jantung kongestif, di mana ketika jantung berhenti bekerja akan membuat cairan kembali masuk ke paru-paru.

Hal tersebutlah yang menyebabkan kucing mengalami batuk-batuk. Gagal jantung kongestif ini memang tidak hanya menyerang manusia atau anjing, kucing pun juga bisa mengalaminya. 

Ketika kucing mengalami gagal jantung kongestif ini sendiri akan menyebabkan kesulitan bernapas dan batuk berkali-kali.

Di mana ada baiknya kucing segera mendapatkan penanganan yang cepat, karena bisa menyebabkan kematian. 

Cara Menyembuhkan Batuk Pada Kucing

Cara Mengobati Kucing Batuk
cara mengobati kucing batuk - grid

Ada beberapa cara menyembuhkan batuk kucing yang bisa dilakukan sendiri oleh kamu dirumah. Tapi perlu diingat bahwa cara ini sendiri hanya ketika batuk pada kucing tidak terlalu parah.

Karena bahaya kucing batuk yang sudah parah jika tidak ditangani oleh ahlinya bisa berakibat fatal yaitu kematian kucing kesayangan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang sudah Petpi rangkum: 

1. Menjemur Kucing

Cara menyembuhkan kucing yang sedang batuk, Kamu bisa menjemur kucing pada pagi hari. Apalagi jika penyebab batuknya karena flu.

Cara ini sendiri sangatlah efektif, karena badan kucing akan hangat dan mampu menghilangkan virus penyebab infeksi saluran atas pada kucing.

Untuk menjemur kucing jangan terlalu lama sekitar 15 hingga 20 menit saja. 

Lalu, waktu yang tepat untuk menjemur kucing adalah jam 8 pagi sampai jam 10 pagi saja. Di mana pada jam tersebut, matahari tidak terlalu terik dan vitamin D yang didapatkan juga akan maksimal.

Sehingga kucing akan lebih cepat sehat dan segera sembuh dari batuk yang dialaminya. 

2. Madu

Selain menjemur kucing, Sobat Pintar bisa memberikan madu sebagai obat kucing batuk alami yang ampuh. Madu sendiri memiliki kandungan yang sangat baik untuk meningkatkan imun pada tubuh baik itu hewan atau manusia.

Pemberian madu untuk kucing yang sedang batuk dapat dilakukan setiap 6 jam sekali sebanyak satu sendok teh. 

Cara pemberiannya sendiri bisa diberikan secara langsung atau dicampur dengan air. Tapi tidak semua kucing suka madu, sehingga jika memang kucing tidak mau jangan dipaksa. Karena nanti akan membuat kucing menjadi stress.

3. Bawa ke Dokter

Jika kucing mengalami batuk secara terus menerus dan juga semakin hilang nafsu makan. Maka tindakan yang perlu Kamu lakukan adalah dengan membawa ke dokter hewan.

Karena tidak semua masalah batuk dapat Sobat Pintar ketahui, sehingga membawa ke dokter hewan adalah tindakan yang paling tepat agar kucing dapat ditangani dengan tepat dan cepat. 

Nantinya dokter hewan akan melakukan pemeriksaan menyeluruh dan diakhiri dengan meresepkan obat batuk untuk kucing yang bisa ditebus di apotik maupun klinik hewan terdekat.

Sobat Pintar, itulah beberapa penyebab kucing batuk dan juga cara yang bisa dilakukan agar kucing segera sembuh.

Perlu diperhatikan bahwa batuk pada kucing sendiri harus diwaspadai karena bisa jadi kucing terkena penyakit parah.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id.berita.yahoo.com/9-penyebab-kucing-batuk-jangan-040014247.html
  • https://jenis.net/cara-mengobati-kucing-batuk/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar