Hari ini: Senin, 05 Desember 2022
Kamis, 19 Mei 2022, 12:00 WIB

Ini 7 Jenis Kucing Tanpa Bulu yang Menarik untuk Dipelihara

Ini 7 Jenis Kucing Tanpa Bulu yang Menarik untuk Dipelihara

kucing tanpa bulu - pixabay

Apakah kamu pecinta kucing yang mengingkan jenis yang unik? Mungkin 7 jenis kucing tanpa bulu ini bisa menambah koleksimu untuk kamu pelihara di rumah.

Kucing adalah hewan peliharaan favorit dari banyak orang. Umumnya yang sering kita temui memiliki bulu lebat dengan warna dan bermacam-macam corak. Kucing dengan bulu lebat biasanya terlihat lebih cantik dan menggemaskan. 

Namun, apakah Sobat Pintar pernah membayangkan ada kucing tanpa bulu? Meskipun terlihat aneh, cukup banyak pecinta kucing yang tertarik memeliharanya, lho.

Untuk itu, yuk cari tahu beberapa jenis kucing botak yang tidak memiliki bulu beserta asal muasal dibaliknya di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Asal Muasal Kucing Tanpa Bulu

Kucing Tanpa Bulu
kucing tanpa bulu - pixabay

Kenapa ada kucing yang tidak punya bulu? Sebenarnya hal ini disebabkan oleh mutasi genetik alami.

Kasus tersebut pertama kali muncul di pertengahan tahun 1960-an, saat itu ada seekor kucing domestik di Ontario, Kanada yang melahirkan bayi kucing botak dan tidak mempunyai bulu.  

Karena berbeda dengan ras kucing domestik pada umumnya, kucing ini kemudian diberi nama Sphynx dan dikembangbiakkan selama puluhan tahun oleh beberapa ilmuwan atau peternak untuk menghasilkan kembali ras kucing tak berbulu lainnya.

Untuk perawatannya sendiri, ras kucing ini juga lebih sulit dan berbeda dengan kucing pada umumnya. Mereka ini membutuhkan mandi seminggu sekali untuk menjaga minyak di kulitnya tetap terkendali.

Selain itu, mereka juga sangat sulit untuk keluar ruangan karena rentan terhadap luka bakar yang disebabkan oleh sinar matahari.

Berbagai Jenis Ras Kucing Tanpa Bulu

Setelah mengetahui kenapa ada beberapa jenis kucing yang tidak memiliki bulu, selanjutnya apabila Sobat Pintar tertarik dengan jenis kucing yang unik ini, maka simak informasi berikut tentang beberapa jenis kucing botak tak berbulu untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah.

1. Sphynx

Bagi para pecinta kucing pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis kucing Sphynx. Termasuk salah satu ras kucing yang tidak berbulu, memiliki badan keriput, bertelinga lebar dan berwajah serius.

Beberapa orang mungkin berasumsi bahwa kucing Sphynx adalah hewan membosankan, tidak menarik, dan penakut karena tampak dingin. Padahal fakta sebenarnya adalah mereka mempunyai sifat yang hangat dan suka berteman.

Kucing Sphinx tidak benar-benar botak, tubuh mereka masih ditutupi oleh lapisan bulu halus yang teksturnya mirip dengan material suede. Kebanyakan warna kucing ini seperti kulit, tetapi pigmen kulit mereka dapat bervariasi dalam berbagai pola dan warna.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa kucing sphynx merupakan ras kucing yang berasal dari Kanada. Untuk penyebarannya saat ini sudah dijumpai di beberapa negara di dunia seperti Amerika Serikat, Australia, Rusia, Meksiko, Maroko, dan juga Prancis.

Kucing Sphinx tidak sepi peminat, lho. Bahkan mereka tergolong kucing mahal yang harganya dapat mencapai puluhan juta per-ekor. Namun para pemilik harus memastikannya tetap di dalam ruangan karena kucing Sphynx sensitif terhadap matahari.

2. Bambino

Jenis kucing tanpa bulu yang satu ini sangat cocok dipelihara bagi kamu yang punya alergi terhadap bulu kucing.

Bambino adalah kucing hasil persilangan Sphynx dan Munchkin, sehingga menampilkan ciri khas kucing tak berbulu, bertelinga runcing yang tinggi dan berkaki pendek. 

Selain itu, mereka juga dijuluki sebagai “baby cat” karena ukurannya yang kecil. Bambino tampak begitu menggemaskan dan mempunyai karakter penyayang.

Untuk harganya sedikit lebih murah dari kucing Sphynx, berkisar belasan juta hingga puluhan juta per ekornya.

3. Elf

Kucing elf merupakan kucing hibrida hasil persilangan antara Sphynx dan American Curl. Tidak terdapat bulu pada tubuhnya, adapun ciri khas yang membedakan ras kucing ini dengan kucing tak berbulu lainnya adalah bentuk telinga yang keriting. 

Kucing elf aktif bermain, perhatian terhadap pemiliknya dan memiliki sifat ramah. Pertama kali mulai dikembangbiakkan pada tahun 2007 oleh Karen Nelson.

Beberapa diantara hasil kawin silang memiliki bercak rambut tipis di atas ekor, cakar, hidung, dan telinga.  

4. Donskoy

Kucing ini sekilas mirip Sphynx, namun keduanya dipastikan tidak berhubungan. Donskoy adalah kucing tak berbulu yang kulitnya elastis dan berlipat-lipat, memiliki sifat manis, penyayang, dan setia kepada majikan.

Beberapa orang menyebutnya dengan nama Don Sphynx, Don Hairless, Donskoy Russia, dan Russian Hairless, merupakan hasil kawin silang yang terjadi secara alami tanpa campuran tangan manusia.

Kucing donskoy berasal dari kota Rostov-on-Don, Russia, pertama kali muncul pada tahun 1987. Faktanya mereka lahir dengan bulu, namun seiring bertambahnya usia bulu-bulu tersebut mulai rontok dan botak.

Dibandingkan dengan jenis kucing lainnya, ras kucing ini lebih cerdas dan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru.

5. Kohana

Kucing Kohana atau yang dikenal dengan nama Hawaiian hairless cat pertama kali diperkenalkan tahun 2002. Mereka memiliki DNA Sphynx, termasuk salah satu ras paling langka di dunia.

Kelangkaan kucing Kohana masih penuh misteri, ada yang bilang proyek pengembangbiakkannya dihentikan karena gen resesif dari Sphynx yang membuat resiko kematian lebih tinggi pada anak kucing ras ini.

Sampai sekarang belum ada laporan resmi yang menyebutkan kucing Kohana adalah ras hasil kawin silang antara Sphinx dan Don Sphynx.

6. Levkoy Ukraina

Keinginan untuk memelihara kucing seperti Sphynx membuat banyak orang mempunyai variasi kucing dengan telinga mirip seperti ras Scottish Fold. Saat menyilangkan keduanya, terciptalah kucing Levkoy Ukraina yang tak berbulu, tubuh ramping berotot, dan telinga yang terlipat ke dalam.

Kulit mereka elastis dan lembut, tampak cukup berkerut di beberapa bagian. Kucing Levkoy Ukraina memiliki mimik wajah yang cenderung bulat serta lebih luas.  

7. Minskin

Ras Minskin terlihat cukup mirip dengan Bambino, diperkirakan berasal dari kawin silang antara kucing munchkin dan sphynx. Sama seperti Kohana, kucing ini juga sangat langka, baru dikembangbiakkan pada tahun 1988 oleh seorang bereder yang bernama paul McSorley.  

Ciri khasnya terdapat pada kaki yang pendek dan tubuh tanpa bulu, namun ada beberapa varian kucing berkaki panjang dan berbulu.

Kucing ini ramah kepada siapapun dan bisa hidup berdampingan dengan kucing lain, anjing, dan anak-anak. Beberapa orang tertarik memelihara kucing Minskin meski harganya terbilang mahal.

Itulah dia beberapa jenis kucing tanpa bulu yang ada di seluruh penjuru dunia. Semoga informasi yang PetPi berikan di atas dapat menjawab rasa penasaran Sobat Pintar sekalian di rumah, ya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.idxchannel.com/ecotainment/selain-sphynx-ini-lima-jenis-kucing-ras-tanpa-bulu-seharga-puluhan-juta
  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/02/110000976/unik-inilah-5-ras-kucing-tidak-berbulu?page=all
  • https://www.suara.com/lifestyle/2021/11/09/100444/kucing-tanpa-bulu-namanya-apa-berikut-7-jenis-yang-paling-unik-dan-menggemaskan
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar