Hari ini: Rabu, 01 Desember 2021
Minggu, 28 November 2021, 10:00 WIB

Berbagai Cara Mengusir Kucing Liar Tanpa Disakiti dengan Mudah

Berbagai Cara Mengusir Kucing Liar Tanpa Disakiti dengan Mudah

cara mengusir kucing - public broadcasting

Panduan cara mengusir kucing tanpa harus menyakiti dengan hal yang sangat sederhana, cara ini bisa dicoba dengan mudah. Yuk simak ulasannya berikut ini

Sobat Pintar, kucing memang hewan yang sangat menggemaskan. Di mana memang biasa dijadikan sebagai hewan peliharaan dan sering menjadi teman manusia yang setia.

Tapi karena populasi kucing juga banyak, maka tidak heran jika menemukan kucing liar di mana saja.

Hal ini terkadang mengganggu, di mana ternyata ada cara mengusir kucing liar tanpa harus menyakiti hewan kaki empat tersebut lho.

Cara Mengusir Kucing Liar dengan Mudah

Cara Mengusir Kucing
cara mengusir kucing - maids

Terkadang karena tidak tahu cara untuk mengusir kucing liar, banyak sekali yang menyakiti kucing. Padahal ada cara di mana Sobat Pintar dapat mengusir kucing liar ini tanpa harus menyakiti mereka.

Di bawah ini adalah beberapa cara yang Petpi rangkum untuk bisa menjauhkan kucing liar yang terkadang mengganggu saat kita berada di dekatnya: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Jangan Berikan Makan

Karena motto hidup kucing liar ini adalah bertahan hidup, maka sudah pasti ia akan mencari makan di mana saja.

Termasuk jika Sobat Pintar sedang memasak makanan yang sekiranya disukai oleh kucing, di mana ada sisa makanan yang dibuang.

Hal tersebut tentu akan menarik kucing dari mana saja untuk mendapatkan makanan sisa yang Sobat Pintar buang. 

Maka daripada itu, Petpi menyarankan agar tidak membuang sisa makanan seperti ayam, ikan ataupun makanan amis lainnya di dekat rumah.

Sobat Pintar bisa mulai memilah sampah mana yang bisa dibuang dekat rumah ataupun tidak. Cara ini sendiri cukup efektif untuk menjauhkan kucing dari area rumah. 

2. Hilangkan Jejak dari Kucing

Kucing liar kebanyakan sering meninggalkan jejak seperti membuang kotoran di dekat rumah ataupun pipis sekitar rumah.

Hal inilah yang harus cepat-cepat dihilangkan ketika Sobat Pintar menemukan adanya kotoran kucing. Karena jika tidak cepat dihilangkan, maka kucing akan kembali lagi untuk menambahkan jejaknya. 

Cara membersihkannya sendiri sangatlah mudah, di mana bisa langsung dibersihkan dengan disiram air.

Apabila sudah bersih, langsung semprot tempat di mana kucing buang kotoran dengan menggunakan pewangi ataupun pemutih baju. Dengan cara tersebut, Sobat Pintar bisa mengusir kucing liar tanpa harus menyakitinya.  

3. Letakan Bau yang Tidak Disukai Kucing

Kucing ternyata mempunyai beberapa jenis bau yang tidak ia sukai. Di mana bau-bau tersebut adalah bau yang banyak kita sukai. Sebut saja bau lemon, serai, jeruk ataupun bawang.

Bau dari bahan-bahan tersebut memang tidak begitu disukai kucing, di mana mereka lebih memilih untuk menghindari bau tersebut. 

Kamu bisa memilih salah satu bahan yang sudah disebutkan, lalu letakan saja di tempat di mana kucing suka buang air besar atau mencari makan di dekat rumah.

Dengan cara ini Kamu dapat mengusir kucing tanpa harus takut menyakitinya. Di mana cara ini sendiri yang paling Petpi sarankan karena terbukti sangat efektif. 

4. Tutup Tempat Sampah dengan Rapat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa kucing liar sering kali mencari makan dari makanan sisa yang ada di tempat sampah.

Hal ini terkadang menyebabkan mereka mengacak-ngacak sampah dan membuat lingkungan sekitar rumah kotor. Maka daripada itu, Sobat Pintar harus bisa mencegahnya dengan menutup tempat sampah dengan rapat. 

Gantilah tempat sampah yang ada di rumah atau depan rumah dengan jenis tempat sampah yang sulit dibuka kucing. Selain itu, jangan pernah meninggalkan tempat sampah hingga penuh dan tidak bisa ditutup.

Karena ini akan membuat kucing liar semakin banyak berdatangan. Dengan cara mengusir kucing liar yang satu ini, maka kebersihan juga bisa selalu terjaga. 

5. Letakan Botol Air di Area Luar Rumah

Sobat Pintar pasti mengetahui bahwa kucing sendiri adalah hewan yang takut dengan air.

Di mana ada cara mudah agar bisa mengusir kucing liar untuk tidak datang ke area rumah Anda, yaitu dengan meletakan botol plastic bening yang sudah diisi air di dekat area rumah.

Cara ini ternyata sudah dipakai oleh orang Jepang dan sangat efektif. 

Selain karena kucing takut air, hal tersebut juga dikarenakan kucing melihat refleksi diri mereka sendiri dan berpikir bahwa di tempat tersebut sudah ada kucing lain yang menetap.

Dengan cara ini maka Sobat Pintar bisa menjauhkan kucing dari area rumah tanpa harus membuat kucing tersiksa. 

6. Memasang Pagar Tinggi

Cara untuk mengusir kucing liar yang ada di area rumah adalah dengan memasang pagar tinggi dan rapat.

Petpi menyarankan untuk memasang pagar dengan tinggi minimal 1,8 meter, di mana ketinggian tersebut sangat sulit sekali untuk kucing bisa masuk dalam pekarangan.

Tidak hanya itu saja, usahakan bahwa pagar yang digunakan rapat sehingga kucing tidak bisa masuk. 

7. Diskusikan dengan Tetangga

Cara lain yang bisa Sobat Pintar lakukan agar mengurangi kucing liar yang ada di daerah rumah adalah dengan mendiskusikan masalah tersebut dengan tetangga sekitar.

Karena kucing adalah hewan yang tidak akan menyakiti manusia, ada baiknya mengusirnya pun dengan cara halus. Sobat Pintar bisa berdiskusi dengan tetangga agar tidak banyak kucing liar. 

Ada banyak solusi yang bisa dilakukan, seperti menghubungi shelter terdekat untuk penanganan kucing agar tidak terus berkembang biak.

Nanti, shelter akan melakukan tindakan dengan bekerja sama dengan pemerintah. Salah satunya adalah dengan men steril atau kebiri kucing-kucing liar yang ada di lingkungan sekitar rumah. 

8. Gunakan Suara Pengusir Kucing

Untuk mengusir kucing liar yang tidak kamu sukai di rumah bisa dengan berbagai cara. Salah satu cara yang bisa kamu manfaatkan dengan teknologi adalah dengan mengusir menggunakan suara dengan frekuensi yang bisa ditangkap oleh pendengaran kucing.

Kucing memiliki jangkauan pendengaran yang lebih kuat dari manusia. Manfaatkan suara-suara dengan frekuensi tertentu yang membuat kucing tidak nyaman bila berada di dekat rumahmu.

Kamu bisa mencari suara-suara ini lewat aplikasi tertentu atau lewat youtube dengan mencari kata kunci “high frequency sound for cats “.

Sobat Pintar, itulah beberapa cara mengusir kucing liar yang bisa dilakukan tanpa harus menyakiti mereka. Kucing liar sendiri memang terkadang menjadi momok dan banyak orang yang salah bertindak untuk menjauhkan mereka.

Padahal dengan cara sederhana dan berdiskusi, permasalah kucing liar ini sendiri bisa dengan mudah diatasi tanpa harus menyakiti hewan menggemaskan tersebut.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Terbit: Senin, 31 Mei 2021, 16:00 WIB
Update pada: Minggu, 28 November 2021, 10:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://kucing.co.id/cara-mengusir-kucing/
  • https://kucingpedia.com/cara-mengusir-kucing/
  • https://omkucing.com/cara-mengusir-kucing/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar