Hari ini: Selasa, 19 Oktober 2021
Sabtu, 02 Oktober 2021, 13:00 WIB

6 Jenis Makanan Kucing Yang Bagus untuk Mengatasi Bulu Rontok

6 Jenis Makanan Kucing Yang Bagus untuk Mengatasi Bulu Rontok

makanan kucing yang bagus untuk bulu rontok - pixabay

Makanan kucing yang bagus untuk bulu rontok adalah yang memiliki kandungan omega 3, omega 6, asam amino dan asam lemak. Berikut daftarnya yang bisa dipilih

Halo Sobat Pintar, kembali lagi bersama Petpi nih. Kali ini kita akan membahas seputar makanan kucing yang bagus untuk bulu rontok.

Pasti diantara kalian punya permasalahan dengan bulu-bulu lembut milik kucing yang selalu berterbangan atau menempel di banyak tempat, seperti karpet, pakaian atau sofa.

Pasti kalian juga sudah berbagai macam cara agar jumlah bulu tersebut dapat berkurang, karena tidak bisa dipungkiri jika sebenarnya hal tersebut cukup mengganggu sekalipun kita sudah terbiasa.

Tapi, sebagai seorang pemelihara yang baik, tentunya kalian ingin jika kerontokan tersebut bisa diatasi.

Berikut penyebab kerontokan bulu kucing dari beberapa sebab yang berbeda.

Penyebab Kerontokan Bulu Kucing

Penyebab Bulu Kucing Rontok
penyebab bulu kucing rontok - purina

Kerontokan bulu pada kucing bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :

  • Sampo yang digunakan untuk memandikan tidak cocok.
  • Kucing mengalami kekurangan gizi.
  • Kelebihan nutrisi juga tidak baik untuk kucing, karena dapat menyebabkan kulit kering, mengelupas dan berakhir bulu menjadi rontok.
  • Waspadalah ketika akan memberikan makanan, vitamin dan juga obat-obatan pada kucingmu. Karena ada kalanya kalian tidak menyadari jika peliharaanmu tersebut ternyata alergi, apabila hal ini terjadi efek paling ringan adalah bulu rontok.
  • Adanya kutu atau parasit pada kulit.
  • Kucing yang mengalami stres juga bisa berdampak pada bulu rontok.
  • Penyebab yang satu ini terkadang sering kali diabaikan, cacingan. Rutinlah memberikan obat cacing untuk peliharaanmu setidaknya 3 bulan sekali. Karena percaya atau tidak, kucing yang cacingan parah akan membuat hewan kesayanganmu itu terkena banyak masalah kesehatan dan salah satunya adalah kerontokan bulu.
  • Penyebab terakhir adalah sebagai pengatur suhu tubuh.

Apa Saja Makanan Kucing Yang Bagus Untuk Bulu Rontok?

Makanan Kucing Untuk Bulu Rontok
makanan kucing untuk bulu rontok - pixabay

Tadi Petpi telah sedikit menyinggung mengenai penyebab kerontokan bulu pada kucing dan salah satu sebabnya adalah kucing kekurangan gizi serta kelebihan nutrisi.

Agar tidak salah pilih dan semakin parah kerontokannya, yuk simak beberapa rekomendasi pakan bagi kucing yang mengalami bulu rontok berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Original Grain-Free Pate Real Chicken Recipe (Instinct)

Instinct Original Grain Free
Gambar Instinct Original Grain Free

Makanan kucing yang satu ini walaupun harganya terbilang mahal, namun kualitasnya sangatlah baik. Selain tidak mengandung biji-bijian, makanan kaleng ini berisi 95% daging ayam, hati dan daging kalkun.

Selain itu, makanan kucing yang bagus untuk bulu rontok ini terdiri dari kandungan taurine yang baik bagi mata, agar kucingmu terhindar dari rabun serta penyakit mata lainnya.

Lalu, terdapat juga protein supaya si kucing memiliki massa otot padat juga kuat.

Kemudian yang paling penting adalah adanya asam amino juga asam lemak. Keduanya sangat baik untuk menjaga kesehatan bulu agar tidak mudah mengalami kerontokan dan berkurangnya muntah hairball yang sering dialami kucing.

2. Salmon with Chicken (Snappy Tom)

Snappy Tom Salmon With Chicken
Gambar Snappy Tom Salmon With Chicken

Untuk Sobat yang memiliki biaya minim, namun menginginkan kucing tetap memiliki bulu yang sehat dan tidak mudah rontok. Kalian bisa menjatuhkan pilihan pada Snappy Tom. Bahan utama yang digunakan adalah daging ikan dan juga yam.

Kandungan yang terdapat didalamnya adalah omega 3 dan 6 serta asam lemak dapat membuat bulu kucing menjadi sehat, kuat, halus jugs berkilau. Selain itu ada taurine yang menjaga kesehatan mata.

3. Hairball Control Dry Food (Hill’s Science Diet)

Hills Science Diet Hairball Control Dry Food
Gambar Hills Science Diet Hairball Control Dry Food

Salah satu makanan kucing yang bagus untuk bulu rontok ini dibuat khusus untuk anabul yang memiliki gangguan kencing serta kerontokan bulu.

Kadar magnesium yang terkandung didalam Hairball Control Dry Food milik Hill’s Science Diet ini sangat membantu untuk mentreatment masalah tersebut.

Makanan ini dibuat dari daging ayam segar dan aroma yang menggoda dapat membuat kucing makan lebih lahap. Terdapatnya kandungan omega 3 dan 6 serta asam amino akan membantu menjaga agar kulit dan bulu kucing menjadi lebih sehat.

Tidak hanya itu, makanan ini juga mengandung banyak vitamin serta mineral yang dapat mendukung kucing menjadi lebih sehat dan juga lincah.

4. Savor Adult Chicken & Rice Entree Gravy (Purina Pro Plan)

Savor Adult Chicken & Rice Entree Gravy
Gambar Savor Adult Chicken & Rice Entree Gravy

Makanan yang satu ini banyak direkomendasikan untuk mengatasi masalah bulu rontok pada kucing. Didalamnya terdapat potongan dari daging ayam dan diberi saus gravy serta ditambahkan nasi.

Kandungan protein yang tinggi akan membuat si kucing semakin lincah, selain itu dengan adanya omega 6 akan membantu untuk menjaga kesehatan bulu dan menjadikannya lebih lebat, halus serta kuat.

5. Me-O Persian

Me-O Persian
Gambar Me-O Persian

Bagi Sobat yang memiliki kucing dengan ras persia, pasti terkadang mengeluhkan soal mudahnya bulu mereka rontok. Nah, kalian bisa mencoba memberikan makanan Me-O ini untuk si kucing.

Pakan ini memang dibuat khusus untuk kucing persia agar bulu mereka yang tebal dan lebat tidak mudah rontok. Makanan ini jenisnya adalah dryfood, jadi pastikan untuk mengimbanginya dengan pemberian air minum yang cukup.

Dry Food ini mengandung omega 3 dan 6, dimana kedua zat tersebut memang baik untuk kesehatan bulu serta kulit.

Selain itu bila memberikan makanan ini, diharapkan agar kucing mengurangi keinginannya untuk melakukan grooming (menjilati bulu) penyebab muntah hairball.

6. Chicken Meal & Brown Rice Recipe (Blackwood Everyday Diet)

Gambar Blackwood Chicken Meal & Brown Rice Recipe
Gambar Blackwood Chicken Meal & Brown Rice Recipe

Siapa bilang makanan kucing yang bagus untuk bulu rontok harus mahal? Nih, ada yang murah dengan kualitas sama baiknya dengan makanan lainnya yang harganya lebih mahal.

Blackwood menjamin jika masalah bulu rontok pasti akan teratasi bila kucingmu rutin mengkonsumsi makanan ini.

Seperti pada makanan lain, dimana jika mengandung omega 3 dan 6 pasti akan membawa dampak yang baik bagi kesehatan kulit serta bulu kucing akan menjadi halus.

Selain itu, Blackwood juga akan membuat si kucing menjadi lebih lincah, sehat dan tidak ada lagi masalah dengan muntah hairball.

Sobat Pintar, perlu kalian ketahui bahwa untuk mengatasinya tidak hanya dengan memperhatikan tentang makanan kucing yang bagus untuk bulu rontok.

Namun, kalian juga harus melakukan beberapa hal lainnya, seperti rajin menyisir bulu kucing, selalu jaga asupan air minumnya, mandikan kucingmu setidaknya 2 minggu sekali, jangan sampai kucing merasa stres serta jangan lupa untuk berikan obat cacing dan obat kutu secara rutin.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://bobo.grid.id/read/082078662/7-penyebab-bulu-kucing-rontok-dan-cara-mengatasinya-coba-periksa-bulu-kucing-kesayanganmu?page=all
  • https://www.bola.com/ragam/read/4490940/9-tips-merawat-bulu-kucing-agar-sehat-dan-tidak-mudah-rontok
  • https://www.goldenmaze.net/rekomendasi-makanan-kucing-bulu-rontok/#h-3-hill-s-science-diet-urinary-hairball-control

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar