Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Kamis, 11 November 2021, 09:00 WIB

Catat! Ini 6 Wangi yang Disukai Kucing Kamu di Rumah

Catat! Ini 6 Wangi yang Disukai Kucing Kamu di Rumah

wangi yang disukai kucing - pixabay

Wangi yang disukai kucing memberikan efek senang, relaks, dan tenang. Berikut beberapa aroma wangi yang sangat disukai kucing kesayanganmu

Sobat pintar, ternyata kucing peliharaan kamu di rumah juga menyukai beberapa aroma tertentu loh. Layaknya manusia, kucing juga mempunyai beberapa aroma yang menjadi favoritnya, apabila mereka menemukan beberapa aroma yang disukai, membuat kucing kesayangan kamu akan tergila-gila dan benar-benar menikmatinya. 

Tidak hanya itu saja, wangi yang disukai kucing akan memberikan efek relaksasi dan membuatnya akan terasa nyaman jika didekatkan dengannya.

Namun,  jika kamu meletakkan wangi yang tidak disukai dekat dengan dirinya, maka secara langsung akan menjauh begitu saja. Lantas, apa saja jenis wewangian yang disukai oleh kucing? Yuk, mari kita bahas selengkapnya. 

Aroma Apa Yang Disukai Kucing?

Wangi Yang Disukai Kucing
wangi yang disukai kucing - pixabay

Menurut beberapa lama yang ada, termasuk dari Animal Wised dan My Animals memberikan beberapa penjelasan mengenai wangi yang disukai kucing.

Berikut ini Petpi akan memberikan penjelasannya, simak yuk. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Honeysuckle

Termasuk tumbuhan yang paling disukai kucing dari segi aromanya, menariknya lagi tanaman ini bisa dirawat dalam rumah.

Jika kamu memelihara kucing dalam rumah, rasanya bisa mencoba untuk menambahkan Honeysuckle. Selain kucing menyukainya, tumbuhan tersebut juga tidak kalah indah untuk dipandang. 

Tapi, menjadi persoalan jika Honeysuckle telah bertumbuh dan mempunyai buah. Karena, buah pada tumbuhan tersebut akan membahayakan kucing, sebab sifatnya mengandung racun.

Sehingga perlu dijauhkan dan jangan sampai kucing kamu mendekatinya. Untuk itulah, kamu perlu alternatif lainnya, karena menanam Honeysuckle ternyata ada dampaknya. 

Solusi yang bisa kamu lakukan mungkin dengan menggantinya dengan minyak esensial dari Honeysuckle yang bisa mudah kamu dapatkan di marketplace online.

Langkah ini akan jauh lebih aman dan membuat kucing kamu akan sangat menyukainya. Mungkin kamu bisa menempelkannya aroma tersebut pada tempat-tempat favoritnya. 

2. Catnip

Tanaman yang satu ini memberikan rasa candu untuk hewan layaknya efek terkena narkoba, kucing kamu akan benar-benar mabuk akan aroma yang muncul dari Catnip (Lamiaceae).

Tumbuhan hijau satu ini memiliki kandungan zat aktif yang disukai oleh kucing, bahan aktif tersebut adalah nepetalactone yang membuat kucing benar-benar menggilainya. 

Apabila kucing kamu di rumah mencium wangi itu, maka langsung merangsang pikirannya dan dorongan untuk bermain akan semakin cepat dilakukannya.

Tidak heran, apabila kucing kamu mencium aroma dari Catnip akan langsung mencium, memakannya, dan memperlihatkan beberapa tindakan yang sebelumnya sangat jarang terjadi. 

Aroma dari jenis tanaman Catnip termasuk wangi yang disukai kucing serta aman dan tidak memberikan dampak buruk pada kucing, sehingga kamu mungkin bisa menjadikannya tanaman hias untuk di rumah.

Karena membuat kucing kamu akan sangat menyukainya. Namun, tidak semua kucing akan bereaksi dan menyukai aroma dari Catnip, tapi hampir sebagian kucing akan sangat jatuh cinta sama wanginya. 

3. Thyme

Beberapa tanaman lainnya yang membuat kucing kamu di rumah akan menyukainya adalah aroma dari tanaman thyme.

Disamping itu, thyme memberikan manfaat yang sangat baik untuk kucing, karena memberikan rasa tenang dan menawarkan terkait antiinflamasi. Dengan demikian, menjadi tumbuh obat khusus kucing. 

Melalui Thyme tersebut, beberapa permasalahan pada peliharaan kucing kamu akan segera terobati, diantaranya radang dan mata kucing yang sedang terkena iritasi.

Oleh karena itu, tumbuhan ini selain disukai, juga memberikan efek baik untuk kucing peliharaan kamu. Mungkin jika kamu sedang mencari tanaman hias, masukan juga tanaman thyme ya. 

Hal menarik juga dari thyme adalah memberikan rasa relaksasi secara alami, sehingga membuat kucing kamu akan bertingkah lebih tenang.

Apabila kucing kamu sering merasa gelisah dan tidak nyaman dengan tempat barunya, alternatifnya bisa memberikan aroma thyme dari minyak esensialnya atau lewat tanamannya langsung. 

4. Lavender

Hampir sama dengan manusia, aroma dari lavender juga merupakan wangi yang disukai kucing. Jika kamu menyemprotkan lavender, secara langsung kucing kamu akan langsung mendekat dan mengendusnya dengan nikmat.

Tapi, tidak semua kucing akan menyukai aroma lavender ya, hampir sama dengan kita yang tidak semuanya menarik. 

Bahkan, ada juga beberapa kucing yang sangat membenci aroma dari lavender tersebut. Mungkin penyebabnya dari perbedaan genetik atau memang kucing tidak menyukainya saja.

Hal ini tidak bisa kamu pukul rata ya, tapi jika kamu belum mencoba pada kucing kamu di rumah bisa langsung mengetes dan mengujinya langsung ya, siapa tahu kucing kamu tertarik. 

Apabila kucing kamu menyukai wangi lavender tersebut, maka membuat kucing akan merasa tenang dan bagian dari relaksasinya. Terutama jika kucing kamu lagi merasa cemas dan agresif, mungkin bisa dengan memberikan terapi dengan aroma lavender. 

5. Zaitun

Kandungan yang ada pada zaitun itu adalah oleuropein, wangi ini membuat kucing kamu jauh lebih rileks dan terhindar dari stress.

Apabila kamu memiliki tumbuhan zaitun, kucing akan mendekat dan akan mengunyahnya secara langsung. Tapi, kamu akan melihat reaksi kucing kamu yang sedikit agak aneh, karena terpengaruh oleh efek narkotikanya. 

Sebenarnya kamu tidak perlu panik dan merasa was-was akibat reaksinya yang berbeda tersebut, karena itu tindakan yang wajar.

Selain itu, minyak zaitun juga memberikan banyak manfaat untuk kucing, termasuk dalam hal kesehatan dan membangun suasana hatinya yang akan jauh lebih damai kedepannya. 

6. Mint

Tumbuhan ini merupakan bagian keluarga dari Catnip, tidak heran apabila kucing kamu sangat menyukai wangi tumbuhan mint tersebut. Bahan yang sering digunakan pada makanan dan minuman ini juga sangat disukai oleh kucing, lho.

Efek yang terjadi dari wangi daun mint adalah membuat stimulasi pada mentalnya dan mempengaruhi gerakan kucing yang semakin aktif. Tidak heran, saat ini banyak pemilik hewan yang menggunakan aroma mint untuk relaksasi baik untuk diri sendiri maupun peliharaannya di rumah. 

Sobat pintar, itulah dia beberapa wangi yang disukai kucing kamu di rumah. Apabila kucing kamu terlihat stres atau murung, langsung berikan saja aroma tersebut agar mereka ceria kembali. Selamat mencoba di rumah ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/eka-amira/aroma-yang-paling-disukai-kucing-c1c2/5
  • https://www.liputan6.com/citizen6/read/4485889/catnip-dan-4-aroma-wewangian-lainnya-yang-disukai-kucing
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar