Hari ini: Minggu, 29 Mei 2022
Senin, 03 Januari 2022, 10:00 WIB

Gigi Kucing Copot? Ini Penyebab, Tanda-tanda, dan Cara Mengatasinya

Gigi Kucing Copot? Ini Penyebab, Tanda-tanda, dan Cara Mengatasinya

gigi kucing copot - lirp

Pernah melihat gigi kucingmu bolong? Waspada gigi kucing copot, yuk kenali penyebab, tanda-tanda dan cara mengatasinya dengan benar!

Sobat Pintar, beberapa waktu lalu PetPi mendapatkan pertanyaan berupa apakah gigi kucing bisa copot?

Nah, perlu kamu ketahui bahwa gigi kucing copot merupakan kondisi yang normal terjadi pada kucing sama halnya dengan manusia. 

Pada kasus manusia, banyak sekali penyebab copotnya gigi mulai dari faktor alami dan juga adanya masalah kesehatan.

Faktor alami ini terjadi karena terdapat pergantian gigi susu ke gigi permanen secara alami. Tetapi, gigi pun dapat copot karena masalah kesehatan, misalnya adanya gigi yang rusak, gigi berlubang dan sebagainya. 

Lantas, bagaimana dengan kucing? Apa yang menjadi penyebab gigi copot pada kucing? Yuk, mari kita simak bersama-sama ulasan lengkapnya berikut ini. 

Penyebab Gigi Kucing Copot 

Penyebab Gigi Kucing Copot
penyebab gigi kucing copot - kittyclysm

Mengetahui penyebab dari copotnya gigi kucing dan cara mengatasi rasa sakitnya sudah menjadi satu kesatuan yang harus kamu ketahui semuanya.

Ada beberapa faktor yang bisa membuat kucing sakit gigi dan akhirnya gigi tersebut copot, seperti: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Menggigit Benda Keras

Kucing bisa mengalami cedera di bagian mulut ketika ia menggigit benda yang sangat keras, misalnya tulang, kayu dan benda keras lainnya. Benturan yang terjadi antara benda dan giginya ini kemungkinan besar akan menyebabkan gigi kucing patah.

Oleh karena itu, penting sekali bagi kamu untuk tidak memberikannya makanan atau mainan yang bertekstur sangat keras, hal ini harus dilakukan untuk mencegah tanggalnya gigi kucing di kemudian hari.

2. Gigi Terkena Infeksi

Hal lain yang bisa jadi salah satu penyebab gigi kucing copot yaitu ia terkena infeksi. Gangguan ini akan menyerang bagian sekitar gigi dan gusi yang bisa menyebabkan gigi menjadi rapuh sehingga ia tidak dapat bertahan dengan baik.

Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu perlu rajin menggosok giginya paling tidak seminggu sekali. Berbeda dengan manusia, kucing itu memiliki sikat gigi dan pasta gigi khusus sehingga kamu perlu membelinya dahulu di toko hewan terdekat. 

Jika kamu tidak ingin repot, saat ini juga sudah banyak kok tempat yang menyediakan paket grooming beserta sikat giginya dengan harga yang cukup terjangkau.

3. Siklus Pergantian Gigi

Penyebab gigi copot pada kucing berikutnya adalah terjadinya siklus pergantian gigi. Apabila kucing masih berusia 5 sampai 7 bulan, ternyata gigi kucing juga mempunyai kemiripan dengan gigi manusia yaitu terdapat gigi susu dan gigi permanen. 

Biasanya siklus pergantian ini terjadi pada kucing dengan usia 5 sampai 7 bulan. Anakan kucing atau kucing yang usianya kurang dari 1 tahun, masih mempunyai gigi susu di dalam mulutnya. 

Maka dari itu, suatu ketika kucing dapat mengalami copot gigi sebab memang telah tiba siklus pergantian dari gigi susu ke gigi dewasa. Untuk kasus ini, gigi kucing copot menjadi sebuah hal yang alami dan normal terjadi pada anakan kucing.

4. Mengalami Gangguan Kesehatan

Selanjutnya, apabila kucing berusia sudah lebih dari 1 tahun dan mengalami gigi copot, bisa jadi terdapat masalah kesehatan pada gigi kucing tersebut. 

Biasanya masalah kesehatan yang sering terjadi yaitu karang gigi, infeksi kronis, dan karena faktor usia. Faktor usia ini berarti kucing yang sudah tua bisa mengalami gigi copot sebab adanya penurunan kesehatan dan kekuatan gigi. 

Tanda-Tanda Gigi Kucing Copot

Tanda-tamda Gigi Kucing Copot
tanda-tamda gigi kucing copot - caldervets

Untuk kamu sebagai pecinta kucing atau pemiliknya, pastinya kamu harus mengetahui tanda-tanda gigi kucing yang akan copot.

Hal ini dilakukan agar kamu tidak lagi merasa panik dan juga bisa melakukan penangan yang tepat dan benar pada kucing. Di bawah ini terdapat tanda-tanda yang harus kamu pahami. 

1. Kucing Sering Menggigit

Tanda-tanda yang biasa terjadi pada anak kucing ditunjukkan dengan ia sering menggigit barang-barang yang ada di dekatnya.

Nah, apabila kamu melihat tanda-tanda tersebut pada kucing mu, maka kamu dapat memberikannya mainan kucing yang dapat digigit oleh kucing mu. 

Menggigit mainan merupakan cara alami atau sebagai insting kucing saat giginya terasa akan copot. Dengan menggigit, giginya akan lebih mudah untuk lepas dari gusi sehingga tidak akan mengganggu nya lagi. 

2. Nafsu Makan Berkurang

Tentu saja kucing merasakan sakit jika giginya akan copot, namun kucing tidak dapat memperlihatkan rasa sakit bila giginya sedang bermasalah. Oleh sebab itu, ia tanda yang ia tunjukkan dengan mengurangi konsumsi makanan. Untuk itu, kamu harus bisa mengenali tanda-tanda ini. 

Kamu sebagai pemilik kucing harus memeriksa kesehatan kucing mu supaya bisa mengetahui dengan baik masalah kesehatan yang ada pada tubuh kucing mu. Kamu bisa pergi ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan dengan ahlinya. 

3. Mulut dan Gigi Bermasalah

Di sebagian kasus, masalah pada kesehatan gigi kucing ini bisa dilihat dari adanya kemerahan di area gusi dan juga bau tidak sedap yang keluar dari mulut si kucing. Gigi kucing yang ingin copot juga wajib diberikan penanganan yang tepat oleh dokter hewan.  

Banyak kucing mempunyai taring yang menumpuk sebab tidak langsung mendapatkan penanganan saat giginya copot. Walaupun demikian, kamu tidak perlu khawatir bila kucing peliharaan kamu kehilangan giginya sebab sedang mengalami siklus pergantian dari gigi susu ke gigi permanen. 

Untuk lebih amannya, kamu bisa konsultasikan dan periksa kondisi kesehatan kucing dengan rutin supaya kamu dapat mencegah adanya masalah kesehatan yang terjadi pada kucing mu. 

Cara Mengatasi Gigi Kucing Copot 

Cara Mengatasi Gigi Kucing Copot
cara mengatasi gigi kucing copot - twinma plesvet hospital

Setelah kamu memahami dan mengetahui penyebab dan tanda-tanda dari copotnya gigi kucing, ada baiknya untuk segera membawa kucing pergi ke dokter hewan langganan atau terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk proses ini, biasanya dokter akan mengecek secara detail sehingga bisa mengetahui masalah yang sedang dialami si kucing. 

Umumnya dokter hewan akan memberikan dua opsi untuk cara mengatasi gigi kucing yang sakit, yaitu: 

  • Penanganan sementara

Dokter bisa memberikan obat untuk meminimalisir rasa sakit yang dirasakan kucing. Umumnya hal ini dilakukan untuk mengurangi stress yang terjadi pada kucing karena mengalami kesakitan yang berlebihan. 

  • Penanganan permanen

Dokter akan lebih dulu melakukan pemeriksaan. Apabila keadaannya sudah buruk sekali, maka hanya ada satu-satunya cara yang harus diambil yaitu pencabutan gigi pada kucing agar ia tidak merasakan sakit gigi lagi. 

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui penyebab, tanda-tanda, dan cara mengatasi gigi kucing copot bukan? Hal yang paling penting dan harus kamu lakukan yaitu tetap tenang sehingga diagnosis bisa dilakukan dengan tepat.

Lalu, jangan pernah memberikan obat sakit gigi khusus manusia untuk kucing peliharaanmu tanpa berkonsultasi dengan dokter hewan ya, Sobat Pintar! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://bobo.grid.id/read/082962306/perlukah-kita-khawatir-jika-gigi-kucing-copot-ini-penyebab-dan-tanda-tandanya-menurut-dokter-hewan?page=all
  • https://phoenixhillna.org/penyebab-gigi-kucing-copot-dan-cara-mengatasi-kucing-sakit-gigi/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar