Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Senin, 08 Maret 2021, 22:30 WIB

Suka Menggigit Majikannya, Ini Ternyata Alasan Kenapa Kucing Melakukan Hal Itu

Suka Menggigit Majikannya, Ini Ternyata Alasan Kenapa Kucing Melakukan Hal Itu

alasan kenapa kucing sering menggigit - wide open pets

Terkadang kucing kesayangan kita sering terlihat agresif. Jangan salah sangka, ternyata ini alasan kenapa kucing sering menggigit majikannya

Kucing menjadi hewan peliharaan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Kamu sangat mudah untuk menemukan kucing di berbagai sudut kota di Indonesia.

Asal kamu bisa mengetahui cara menjinakkan kucing liar, kamu sudah bisa menjinakkannya dan mulai bisa merawatnya di rumah.

Kucing sejatinya adalah predator alami yang mempunyai sifat agresif seperti mencakar, menggigit dan menerkam mangsanya. Ini berlaku pada kucing apa saja yang ada di depanmu.

Tidak jarang kucing akan menggigit sesama kucing lain atau bahkan menggigit pemiliknya sendiri.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan kucing tiba-tiba suka menggigit pemiliknya. Hal ini penting kamu pahami supaya kamu tidak lagi terluka saat menghadapinya.

Berikut ini adalah alasan kenapa kucing selalu menggigit kita sebagai majikannya.

Alasan Kenapa Kucing Selalu Menggigit

Alasan Kenapa Kucing Sering Menggigit
alasan kenapa kucing sering menggigit - daily cat

Anak kucing atau kucing dewasa menggigit kamu karena alasan yang berbeda pastinya. Kamu harus membedakan ini untuk mengetahui seberapa akibat yang akan kamu dapatkan saat digigitnya.

Terkadang kucing memang mempunyai rasa penasaran yang tinggi, oleh karena itu mereka sering melakukan gigitan yang bahkan tidak bisa kita duga apa penyebabnya.

Nah, kali ini PetPi telah menyimpulkan ada beberapa penyebab kucing kamu suka menggigit, diantaranya adalah berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Masalah Medis 

Beberapa kucing akan berisik dan kesakitan saat merasakan ada gangguan kesehatan yang menderitanya. Ini terutama berlaku pada kucing yang sudah tua. Saat hewan sedang sakit, mereka cenderung bersikap defensif atau mempertahankan dirinya dari gangguan apapun. 

Kamu mungkin akan memperhatikan bahwa mereka selalu mencoba untuk menggigit ketika kamu mendekatinya mulutnya atau mencoba menyentuh badannya. Hal ini dikarenakan ada bagian dari badannya yang mungkin mengalami gangguan kesehatan.

Kamu harus memberikan penanganan yang tepat untuk segera menyelesaikan masalah kesehatannya ini. Jika hal ini berlangsung lama, segera periksakan ke dokter hewan terdekat untuk tau apa penyebab kucingmu mengalami gangguan kesehatan.

Berinteraksi Berlebihan

Beberapa kucing mempunyai sifat yang sedikit jutek atau pemarah saat ia sedang tidak ingin diganggu. Terkadang kucing yang mempunyai sifat seperti ini akan memberitahu kamu kapan waktunya berhenti untuk berinteraksi dengannya.

Bayangkan saja saat kamu sedang ada di sebuah rumah lalu kamu diganggu saat ingin beristirahat oleh orang lain, pastinya akan mengeluarkan respon yang sedikit kasar.

Beberapa kucing mungkin menyukai perhatian lebih, namun tidak semua kucing dapat kamu sentuh setiap saat.

Rasa Ingin Tau yang Tinggi

Beberapa kucing juga memiliki sifat keingintahuan yang tinggi. Terkadang ia menggigit kulit manusia untuk sekedar ingin tahu apa yang disodorkan di depan mulutnya. Ini yang terjadi pada sebagian besar anak kucing dan kucing dewasa yang tidak diajarkan oleh indukannya dulu.

Terkadang kita sering mengalaminya saat kita sedang mengajaknya bermain. Kucing yang masih kecil biasanya menggigit bagian tangan kita karena rasa keingintahuan yang tinggi.

Mereka anggap tangan atau bagian dari tubuh kita adalah sesuatu hal yang baru maka dari itu mereka ingin merasakannya.

Menunjukan Rasa Bahagia

Mirip dengan rasa keingintahuan yang tinggi, beberapa kucing menggigit karena ingin mengungkapkan sesuatu. Mereka mungkin melihatmu sebagai pemiliknya sebagai teman atau sahabat yang senantiasa mengajaknya bermain setiap saat.

Terkadang anak kucing atau kucing muda juga sedikit menggigit sambil menjilati bagian tubuhmu yang didekatnya.

Kamu sendiri juga bisa merasakan gigitan-gigitan seperti ini tidaklah menyakitkan bagi manusia, oleh karena itu berikanlah sentuhan lembut dan kasih sayang saat ia mulai menyukaimu. 

Tumbuh Gigi

Sama seperti anak anjing, anak kucing juga mengalami masa tumbuh gigi yang terjadi pada usia muda. Gigi kucing mulai muncul pada usia 10 minggu dari ia lahir dan tumbuh sampai usia 6 bulan. Kucing akan memiliki gigi permanennya pada usia 6-7 bulan dengan jumlah 30 gigi dewasa.

Nah, pada saat pertumbuhan gigi pada anak kucing. Mereka juga ingin menguji giginya pada segala hal apapun yang bisa ia gigit termasuk jarimu. Terlebih lagi, jika ia tidak memiliki ibu atau saudara kandung yang menemaninya, ia akan lebih liar dalam menggigit objek yang bisa dicoba.

Itulah dia beberapa alasan kenapa kucingmu selalu menggigit bagian tubuhmu. Ada hal yang harus kamu perhatikan dan segera konsultasikan pada dokter hewan terdekat. Apalagi saat gigitannya mulai melukaimu dengan cukup dalam.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu para pecinta kucing ya, share jika dirasa bisa menjawab rasa penasaranmu selama ini.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Sabtu, 07 November 2020, 19:30 WIB
Update pada: Senin, 08 Maret 2021, 22:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://pethelpful.com/cats/Why-Does-My-Cat-Bite-Me-Tips-for-How-to-Stop-It
  • https://www.purina.co.uk/cats/behaviour-and-training/training-your-cat/stop-cats-biting
  • https://www.thesprucepets.com/stop-cat-bites-553893
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar