Hari ini: Senin, 01 Maret 2021
Rabu, 11 November 2020, 16:00 WIB

Ini Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Merawat Kelinci Agar Sehat dan Berumur Panjang!

Ini Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Merawat Kelinci Agar Sehat dan Berumur Panjang!

cara merawat kelinci dengan benar di dalam rumah - squeak and nibbles

Ingin memelihara kelinci di dalam rumah? Jangan khawatir, artikel ini akan menjelaskan cara merawat kelinci di dalam rumah agar umurnya lebih panjang

Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat menggemaskan. Hewan ini bisa menjadi sahabat bagi manusia yang memeliharanya. Walaupun kadang kelinci tidak bisa memberikan interaksi balik kepada sang pemilik, namun tingkah laku kelinci jika diperhatikan sangat lucu.

Hewan ini kadang dipandang sebagai hewan yang dengan mudah di pelihara di pekarangan rumah atau kandang kecil dengan sedikit makanan seperti wortel.

Kenyataannya, tidak semudah itu, kelinci juga butuh perhatian lebih sama seperti hewan peliharaan lainnya.

Bagi kamu yang berniat untuk memelihara kelinci, dari sekarang kamu harus memahami terlebih dahulu cara merawat kelinci yang baik agar bisa panjang umur.

Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

Cara Merawat Kelinci dengan Baik Agar Umurnya Panjang

Cara Merawat Kelinci
Cara merawat kelinci - my house rabbit

Merawat kelinci tidak semudah yang kamu pikirkan, banyak hal yang perlu kamu perhatikan jika kamu memelihara kelinci.

Umur kelinci yang panjang itu tergantung dari si pemilik kelinci dalam memeliharanya. PetPi di sini bakal kasih tau kamu, bagaimana cara merawat kelinci agar bisa berumur panjang.

Perhatikan Makanan Kelinci

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memelihara kelinci adalah soal makanannya. Kelinci sendiri merupakan hewan yang memiliki sistem pencernaan yang cukup rumit, sehingga makanan yang seimbang harus selalu kamu berikan untuk kelinci kesayanganmu.

Saat kamu tidak memperhatikan faktor ini, banyak kelinci yang mengalami gangguan kesehatan yang mengakibatkan pada kematian.

Kamu harus benar-benar memilih makanan kelinci yang bermanfaat untuk kesehatannya. Salah satunya dengan memberikan makan jerami.

Jerami sendiri akan membantu sistem pencernaan dan menyediakan serat alami yang diperlukan untuk membantu pencegahan masalah kesehatan kelinci seperti diare dan obesitas.

Jika tidak ada jerami, kamu bisa memberikannya sayuran-sayuran hijau yang memiliki serat yang tinggi.

Baca Juga: Panduan Cara Ternak Kelinci Secara Alami untuk Pemula, Mudah dan Menguntungkan

Jangan Biarkan Kelinci Berada Di luar Ruangan

Jika kamu sudah yakin bahwa kelinci menjadi hewan peliharaanmu, kamu bisa mulai mempersiapkan kandang untuk tempat tinggal si kelinci. Selama ini kita berpikir bahwa kelinci bisa saja ditaruh di luar ruangan dengan membuat sedikit rumah-rumahan untuk mereka beristirahat.

Nyatanya untuk merawat kelinci yang baik, kamu butuh kandang yang berada di dalam ruangan lho.

Kelinci peliharaan berbeda dengan kelinci liar yang sudah mampu beradaptasi dengan lingkungan, apalagi dengan suhu tropis di wilayah Indonesia.

Kelinci peliharaan sangatlah berbeda, jika kamu taruh mereka di luar ruangan dengan udara yang cukup panas, bisa saja mereka mengalami stress karena ketakutan dengan lingkungan yang berbeda.

Walaupun di harus di dalam ruangan, kamu harus membuat kandang kelinci yang minimal besarnya 5x dari besar kelinci tersebut. Kamu juga harus memberikannya kebebasan sekitar 3-4 jam dalam sehari untuk memberikan gerak kepada si kelinci.

Namun jangan lupa ya, singkirkan benda-benda penting yang ada di sekitar kandang kelinci untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan.

Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Alasan lain kenapa kelinci bisa hidup lebih lama hari ini adalah banyaknya dokter yang memahami tentang kelinci. Bahkan banyak dari para dokter hewan memiliki spesialisasi di hewan yang lucu dan menggemaskan ini.

Kamu bisa membawanya ke dokter untuk melakukan pemeriksaan tahunan tentang kondisi kesehatan si kelinci.

Kunjungan ke dokter hewan ini cukup penting untuk kelinci tua yang dapat mengalami perubahan dengan waktu yang cepat. Mensterilkan kelinci juga menjadi salah satu cara untuk memperpanjang umurnya lho.

Biasanya dokter akan menyarankan si pemilik untuk melakukan kebiri pada hewan peliharaannya pada usia hewan yang sudah tua.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG KELINCI?
Cari info Kelinci terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Ajak Bermain Kelinci Peliharaanmu

Untuk yang terakhir, kamu juga harus sering-sering mengajak kelinci ini berinterakrsi dengan cara bermain ya. Kelinci ini termasuk hewan yang pintar lho, oleh karena itu disarankan bermainlah dengan permainan yang mampu mengasah otak dan mental kelinci.

Kamu bisa membuat permainan sederhana yang membuat kelinci senang dengan kegiatan ini. Tidak perlu ke toko untuk membeli mainannya, kamu bisa mengumpulkan tabung kertas toilet yang berbentuk kardus, lalu berikan jerami di dalam tabung itu.

Dengan cara yang sederhana namun efektif, kelinci pun akan merasa terlatih dan memiliki perasaan senang.

Untuk memenuhi poin yang ini, syaratnya sih kamu memang benar-benar harus sabar ya.

PetPi tau kelinci sulit sekali untuk diajak interaksi, namun sedikit sentuhan setiap hari, akan membuat kelinci juga merasakan kasih sayang yang kamu berikan.

Cara Menjaga Kelinci Agar Tetap Aman Saat Di Dalam Rumah

Cara Memelihara Kelinci Di Dalam Rumah
cara menjaga agar kelinci tetap aman di dalam rumah - pet central

Sejatinya, kelinci adalah hewan yang sangat penasaran dengan sesuatu hal yang baru. Hal ini yang menyebabkan kamu sebagai pemiliknya harus lebih hati-hati lagi jika ingin menaruh kelinci di dalam rumah.

Ini adalah salah satu tips untuk cara merawat kelinci di rumah yang harus kamu ketahui.

Menurut salah seorang dosen di Universitas Washington, kelinci mampu membuka lemari, mengunyah pembersih, bahkan mereka bisa mengunyah kayu, karpet dan kabel yang bisa membahayakan dirinya karena bisa terkena sengatan listrik.

Hal itu sudah PetPi jelaskan di artikel hal apa saja yang harus dihindari dari hewan peliharaan di dalam rumah.

Nah, untuk melindunginya bermain dengan aman di area dalam rumah, kamu harus segera menjauhkan tanaman-tanaman hias dan tutupi kabel yang menjulur di lantai dengan selang plastik kabel yang cukup fleksibel.

Tidak lupa, kamu juga harus melindungi kaki-kaki meja dengan kaus kaki olahraga sehingga melindungi dari gigitan kelinci.

Mereka mungkin akan tetap mengunyah kayu, namun dengan adanya pelindung setidaknya kamu ada cukup waktu untuk mengalihkannya pada mainan yang ia miliki.

Kelinci sendiri adalah hewan yang lembut dan penangannya harus sangat hati-hati. Orang dewasa harus memperhatikan kelinci peliharaan dan mengawasinya dari interaksi yang dilakukan oleh anak-anak dengan cermat.

Disaat kamu ingin memeluk dan menggendong kelinci. Kamu juga harus memahami triknya agar menghindari dari cedera punggung. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Angkat kelinci dengan cara pegang bagian bawah tulang rusuk dengan satu tangan.
  2. Lalu pegang ujungnya dengan tanganmu yang satu lagi.
  3. Pegang erat dengan sandarkan ke bagian tubuh kamu, seperti memegang bola tepat di pelukan.
  4. Jangan pernah mengangkat kelinci dengan telinga panjangnya.

Rata-Rata Hidup Umur Kelinci

Cara Merawat Kelinci Agar Berumur Panjang
Rata-rata umur kelinci - unsplash

Dilansir dari PetMD, menurut Judith Pierce Direktur rumah adopsi kelinci di San Diego Amerika mengatakan, bahwa Kelinci peliharaan biasanya bisa bertahan hidup antara 8 - 12 tahun.

Lebih lama ketimbang kelinci liar yang mungkin hanya bisa hidup hanya beberapa tahun karena harus berurusan dengan penyakit, kelaparan dan pemangsa.

Meskipun sulit untuk menentukan umur kelinci berdasarkan jenisnya, namun ada hal yang bisa diamati dari beberapa jenis kelinci yang ada di dunia. Kelinci dengan tubuh lebih besar biasanya memiliki umur yang lebih pendek dibanding kelinci yang lebih kecil.

Walaupun ini tidak bisa digeneralisasi, namun ada fakta yang menunjukan seperti itu.

Secara keseluruhan, cara merawat kelinci untuk hidup lebih lama itu berdasarkan dari pemilik kelinci tersebut. Bagaimana ia bisa merawat kelinci ini dengan baik dan penuh kasih sayang serta melihat faktor-faktor di atas yang bisa dijadikan acuan untuk merawat kelinci dengan baik dan benar.

Itulah dia pembahasan sekilas mengenai cara merawat kelinci agar berumur panjang. Jangan biarkan kelinci yang lucu ini hidup sendirian ya, berikan ia teman atau pasangan supaya ia juga bisa saling berinteraksi dengan kelinci lain.

Untuk info seputar kelinci lainnya, kamu bisa cari artikelnya di halaman khusus kelinci ya, guys.

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Rabu, 19 Agustus 2020, 19:30 WIB
Update pada: Rabu, 11 November 2020, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://review.bukalapak.com/hobbies/cara-merawat-kelinci-108860
  • https://www.99.co/blog/indonesia/cara-merawat-kelinci/
  • https://www.petfinder.com/pet-care/rabbit-care/care-domestic-rabbits/
  • https://www.petmd.com/rabbit/care/evr_rb_how-to-care-for-your-rabbit
  • https://www.petmd.com/rabbit/care/how-long-will-my-rabbit-live
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar