Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Jumat, 07 Mei 2021, 16:00 WIB

Memenuhi Kebutuhan Vitamin Kelinci dan Memilih Makanannya

Memenuhi Kebutuhan Vitamin Kelinci dan Memilih Makanannya

vitamin kelinci - tokopedia

Vitamin kelinci diberikan untuk menjaga dan melindungi peliharaan sobat agar tetap sehat dan terhindar dari terjangkit penyakit. Berikut jenis vitaminnya

Sobat pintar, siapa yang tidak menyukai kelinci? Binatang yang imut dan menggemaskan ini paling banyak disukai oleh anak-anak dan orang dewasa.

Apalagi adanya berbagai varian kelinci hias, membuat ini menjadi hobi baru yang disukai oleh banyak orang. Tidak mengherankan untuk memperhatikan tumbuh kembangnya, hewan ini butuh vitamin kelinci.

Hal ini menjadi penting untuk terus diperhatikan, karena apabila tidak, kelinci akan rentan terjangkit berbagai macam penyakit. Kelinci paling sering terjangkit influenza, diare.

Kembung, dan penyakit lainnya. Untuk itu penting bagi kamu para pemilik untuk mempersiapkan vitamin dan pemilihan makanan yang berkualitas, simak penjelasan lengkapnya. 

Jenis-Jenis Vitamin Untuk Kelinci

Jenis Vitamin Untuk Kelinci
jenis vitamin untuk kelinci - independent

Pada dasarnya pemberian vitamin pada kelinci itu dibutuhkan untuk meningkatkan nafsu makan dan diperuntukkan untuk memperkuat staminanya.

Apalagi untuk induk kelinci, vitamin dibutuhkan lebih produktif dalam melahirkan dan menyusui anaknya. Dalam hal ini, vitamin menjadi kebutuhan penting yang harus diperhatikan. 

Perlu diperhatikan dan dipahami juga kalau kelinci itu termasuk hewan yang mempunyai imunitas yang buruk, sehingga acap kali terkena bakteri protozoa dan jamur.

Untuk menghindarinya dan menjaga daya tubuh kelinci, sobat perlu mempersiapkan beberapa jenis-jenis vitamin, yaitu :

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kelinci lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Vitamin A

Kandungan yang terdapat dalam vitamin A diperuntukkan untuk membuat kesehatan mulut dan paru-paru pada kelinci. 

2. Vitamin C

Kelinci termasuk hewan yang mudah stres, sehingga untuk menghindari kejadian tersebut butuh vitamin C untuk mencegah stres berlebih.

Biasanya Kamu dapat memberikan ini pada kelinci yang sebelum dan sesudah melahirkan. Tidak hanya itu saja harus memperhatikan kenyaman dan keamanan kandangnya. 

3. Vitamin E

Untuk memenuhi kebutuhannya, maka Kamu penting memberikan kelinci vitamin E untuk memperkuat dan menunjang daya tahan tubuh yang lebih baik. 

Memilih Makanan Kelinci

1. Wortel 

Dalam serial animasi atau kartun pun Kamu pasti melihat kelinci sangat menggemari wortel, namun pada kenyataannya benar adanya.

Wortel termasuk makanan yang bagus untuk kelinci, karena mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh seekor kelinci yang Kamu pelihara tersebut. 

Tentunya ini termasuk vitamin kelinci alami yang bisa diberikan dan pilih wortel muda untuk membuat nafsu makanya bertambah. 

2. Rumput 

Salah satu makanan pokok yang harus selalu sediakan, karena ini termasuk makanan kelinci yang paling penting.

Dalam tahap ini Kamu bisa memilih rumput gajah, rumput teki, atau memilih rumput yang dikeringkan. Berikan ini secara menyeluruh dan kombinasikan, tidak hanya terfokus pada pelet saja. 

3. Ubi Jalar 

Termasuk makanan favorit manusia ini memiliki manfaat yang baik dan menyehatkan ketika dikonsumsi oleh kelinci.

Karena dalam ubi jalar terdapat banyak kandungan yang kaya akan vitamin, serat, kalori, dan mineral yang relatif sangat tinggi. Tentunya ini bisa menjadi pilihan tepat untuk diberikan pada peliharaan Kamu tersebut. 

Untuk waktu pemberiannya lebih baik berikan ubi jalar seminggu sekali saja, karena jika berlebihan akan memberikan dampak buruk juga bagi kelinci. 

4. Brokoli

Selain Kamu memberikan rumput atau wortel, makanan yang paling digemari oleh kelinci adalah brokoli. Dalam brokoli terdapat banyak kandungan yang cukup kaya, baik dari vitamin dan senyawa yang dapat memelihara kesehatan pada kelinci. Untuk kandunganya terdapat vitamin A, C, E, dan B6.

Hal ini termasuk paket lengkap untuk memberikan kelinci Kamu makanan yang sehat dan penuh nutrisi. 

Sobat pintar demikianlah penjelasan lengkap mengenai vitamin kelinci dan makanannya, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan berguna untuk Kamu nantinya. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kelinci terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://rahasiabelajar.com/jenis-vitamin-kelinci/
  • https://review.bukalapak.com/hobbies/makanan-kelinci-101146

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar