Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Selasa, 27 Juli 2021, 10:00 WIB

5 Cara Memberi Minum Kelinci Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

5 Cara Memberi Minum Kelinci Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

cara memberi minum kelinci - small pet journal

Cara memberi minum kelinci dengan memperhatikan beberapa faktor agar peliharaan kamu tetap sehat dan terhindar dari penyakit berikut ini

Sobat pintar, kelinci termasuk hewan yang memiliki sistem pencernaan yang kompleks, sehingga membutuhkan makanan kelinci dan minuman yang bersih serta berkualitas.

Apabila semuanya tidak terpenuhi dengan baik, maka akan mengganggu sistem pencernaannya dan memicu munculnya penyakit, sehingga penting memahami cara memberi minum kelinci

Untuk kamu yang mempunyai peliharaan kelinci dirumah, penting sekali untuk melihat dan memperhatikan semuanya secara jelas.

Keadaan ini sangat penting untuk dilakukan agar hewan gemas itu tetap sehat dan lincah kedepannya. Pada tahap ini Petpi akan menjelaskan beberapa tips agar semuanya dapat berjalan maksimal, simak penjelasan lengkapnya.

Tips Memberi Kelinci Minum

Cara Memberi Minum Kelinci
cara memberi minum kelinci - clever pet owners

Memberikan kelinci minum memang harus diperhatikan, karena hewan satu ini terbilang beda dan unik.

Jika salah dalam penangananya akan berdampak pada kesehatannya, berikut ini Petpi akan memberikan beberapa tipsnya. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kelinci lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Sediakan Tempatnya

Cara memberi minum kelinci yang pertama adalah dengan menyediakan tempat khusus minum kelinci agar peliharaan kamu dapat minum dengan mudah.

Dengan memberikan wadah minum tersendiri akan membuat kelinci lebih mudah untuk minum dan tidak berantakan. Hal ini penting sekali untuk diperhatikan dan dipersiapkan semuanya dari awal. 

Mengenai tempat botol ini ada banyak alternatif yang bisa kamu pilih, bisa menggunakan bekas botol minuman atau membeli wadah khusus di toko hewan offline/online.

Apabila kamu tidak ingin repot dalam mempersiapkannya, kamu bisa langsung membeli tempat minum khusus kelinci. Semuanya tersedia banyak dan penawaran harga yang terjangkau. 

Namun, apabila kamu ingin metode yang berbeda dan ingin tampil beda mungkin bisa dengan menghiasi atau membuat kreasi sendiri. Tahapannya bisa dengan mencari bekas botol minuman air mineral dan tambahkan dot khusus untuk memudahkannya. 

2. Menentukan Jadwal

Perlu dipahami bersama-sama kalau kelinci itu termasuk hewan yang aktif pada malam hari atau nokturnal. Hal ini tentunya kamu harus memperhatikan asupan makanan dan minuman yang pas sesuai kebutuhannya.

Kebanyakan dari orang yang memelihara kelinci tidak memahami cara memberi minum kelinci, sehingga berdampak pada kesehatan dan banyak kasus kelinci mati. 

Beberapa orang yang baru memelihara memberikan jumlah makanan pada siang atau sore hari saja, tindakan ini tentu saja membuat kelinci tidak memiliki asupan pada malam harinya.

Sehingga ia hanya minum saja dan menggigit barang sekitarnya. Apabila dilakukan terus menerus, hal ini dapat membuat kelinci mengalami sakit dan mati mendadak. 

Oleh karena itu, penting sekali untuk membuat jadwal makan kelinci terlebih dahulu. Kelinci adalah hewan yang makan dalam jumlah sedikit tapi sering.

Sehingga berikan makanan pada malam hari dengan jumlah yang lebih banyak dan jangan lupa untuk memperhatikan juga kadar air minumnya. Tindakan ini akan membuat kelinci kamu tetap sehat dan bugar. 

3. Kebersihan Air

Banyak orang yang mengabaikan kualitas minum pada kelinci, apabila dilakukan terus menerus dan cuek akan berdampak pada kesehatannya.

Karena kelinci memiliki sistem pencernaan yang berbeda, sehingga kebersihan air menjadi faktor yang sangat penting untuk dilakukan. Mengapa demikian? karena air yang kotor rentan akan kuman dan bakteri berbahaya. 

Oleh sebab itu, pilihlah selalu kualitas air minum yang baik untuk kelinci serta yang bersih dan juga sehat. Untuk lebih amannya kamu bisa konsultasi sama dokter hewan terlebih dahulu agar kamu bisa menyediakan minuman yang tepat bagi peliharaanmu. 

Janganlah asal dalam memilih air minumnya, seperti memberikan air yang tertampung lama di wadah terbuka atau bahkan air kotor bekas cucian. Tindakan ini hanya akan membuat kelinci akan mengalami masalah pencernaan dan terjadinya gangguan.

Tentunya kesehatannya harus diperhatikan, apabila tidak dilakukan akan berpengaruh pada gangguan lainnya dan membuat kelinci kamu sulit untuk bertahan hidup nantinya. 

4. Jangan Sampai Kering

Cara memberi kelinci minum itu sangat penting untuk dipahami, karena kelinci memang binatang yang unik. Apabila kelinci terlalu banyak minum akan berdampak pada kembung dan tidak baik pada kesehatannya.

Tetapi, kelinci juga termasuk hewan yang rentan terkena dehidrasi, sehingga harus benar-benar dipahami agar hal tersebut tidak terjadi. 

Jangan sampai kamu percaya dengan omongan orang lain yang menyatakan kalau kelinci itu tidak begitu penting minum.

Tindakan ini jelas sangat keliru dan bisa berpengaruh pada kesehatan tubuhnya. Jika ingin lebih praktis, kamu bisa membeli wadah khusus yang bisa mengeluarkan air hanya ketika disedot oleh kelinci sesuai kebutuhannya. 

Berikan wadah yang ada dotnya saja, tidak perlu memberikan wadah yang terbuka. Karena selain mudah kotor dan tumpah, wadah terbuka dapat membuat kelinci akan terus menerus minum.

Selain itu, tempat minum kelinci dalam bentuk dot dapat memudahkan kamu dalam memeliharanya karena kamu tidak perlu mengecek wadah tersebut setiap saat apalagi ketika malam hari.

Selanjutnya, buatlah jadwal minum kelinci setiap harinya serta terus pantau kondisi tempat minumnya, selalu isi apabila sudah kosong dan pastikan kamu rajin membersihkannya, ya. 

5. Konsultasi Dokter Hewan

Apabila kelinci kamu dirumah tidak ingin makan dan minum, penting untuk langsung konsultasikan dengan dokter. Tindakan ini untuk mengetahui indikasi adanya gejala penyakit atau lain sebagainya.

Dengan demikian membuat kamu akan lebih cepat untuk mengantisipasi dan langsung mengobatinya secara menyeluruh. 

Jika ada permasalahan pada minumnya, dokter hewan juga akan menyarankan untuk tindakan penanganan yang bisa membuat kelinci kamu tetap sehat dan tidak mengalami sakit.

Prosesnya dengan memberikan kelinci pedialyte tanpa pemanis. Prosesnya dengan menggunakan jarum suntik dan menentukan jadwal minumnya sesuai dengan takaran. 

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena apabila kamu mengabaikannya dan tidak memperdulikannya akan berdampak pada kesehatannya.

Kelinci memang butuh perawatan khusus dan jangan sampai kamu lengah untuk merawatnya. Jika terjadi beberapa persoalan, langsung saja konsultasikan pada dokter hewan terdekat ya. 

Sobat pintar, demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara memberi minum kelinci yang pas dan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Pastikan kamu memperhatikannya dan tidak sembarangan lagi kedepannya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kelinci terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://kelincihare.blogspot.com/2019/04/tips-cara-mengajarkan-kelinci-minum.html
  • https://www.hobinatang.com/2018/02/cara-memberi-minum-kelinci-dan-makan.html
  • https://www.kitabrumus.com/2020/10/cara-memberi-makan-dan-minum-kelinci.html

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar