Hari ini: Selasa, 19 Oktober 2021
Selasa, 08 Desember 2020, 16:00 WIB

Daftar Makanan Kelinci Anggora yang Sehat dan Bernutrisi Tinggi, Bikin Makin Gemuk!

Daftar Makanan Kelinci Anggora yang Sehat dan Bernutrisi Tinggi, Bikin Makin Gemuk!

Makanan kelinci anggora - unsplash

Ingin kelinci anggora mu mempunyai bulu yang tebal dan sehat? Coba cek 4 makanan kelinci anggora terbaik ini, dijamin bergizi tinggi

Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang cukup populer oleh kalangan masyarakat Indonesia. Terkadang kelinci bisa menjadi alternatif beberapa orang untuk memelihara mamalia lucu yang satu ini.

Selain bisa dipelihara, kelinci pun juga bisa dijadikan komoditi bisnis untuk diternakan lalu dijual kembali.  Tentu saja itu karena faktor perkembangbiakan kelinci juga lebih mudah dibanding kucing.

Berbicara soal kelinci lebih jauh, hewan ini identik dengan makanannya yaitu wortel. Kebanyakan orang awam pasti akan mengira bahwa makanan kelinci utamanya hanyalah wortel. Padahal ada banyak makanan untuk kelinci selain wortel.

Apalagi jika kita akan membahas soal kelinci hias yang memang menjadi primadona masyarakat Indonesia untuk dipelihara, yaitu kelinci anggora.

Makanan kelinci anggora bermacam-macam, mulai dari makanan alaminya ataupun makanan yang sudah diolah dan ditambahkan nutrisi seperti pelet kelinci.

Nah karena kelinci ini adalah kelinci hias yang memerlukan perhatian dan perawatan khusus untuk beberapa bagian tubuhnya, sebaiknya kamu memberikan nutrisi dari makanan yang tepat agar kelinci anggora bisa tumbuh dengan baik. Berikut daftar makanan kelinci anggora yang bernutrisi.

Daftar Makanan Kelinci Anggora Bernutrisi Tinggi

Makanan Kelinci Anggora Sehat
Makanan kelinci anggora bernutrisi - rackcdn

Beberapa makanan yang dikhususkan untuk kelinci anggora adalah makanan yang membuat bulunya lebih lembut dan juga untuk mempertebal bulunya yang indah. Selain itu, perlunya makanan yang bergizi juga untuk meningkatkan kualitas bulunya agar tidak rontok.

Berikut beberapa jenis makanan kelinci anggora.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kelinci lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Pelet Kelinci

Kelinci Anggora membutuhkan makanan yang tinggi akan protein. Salah satu makanan yang mengandung protein yang tinggi adalah pelet kelinci. Pelet kelinci inin mudah untuk didapatkan di toko-toko pakan hewan peliharaan dengan mudah.

Kamu bisa menanyakan kepada pemilik toko, merk makanan apa yang bagus dan berkualitas untuk makanan kelinci anggora. Penting untuk kamu melihat berapa banyak protein yang terdapat pada pelet kelinci, karena biasanya kelinci membutuhkan 18% protein yang terdapat pada makanannya sehingga bisa meningkatkan kualitas tubuhnya.

Selain itu ada beberapa hal lagi yang diperlukan untuk memilih pelet yang kamu berikan, beberapa makanan kelinci biasanya ditambahkan camilan berwarna warni yang dicampur dengan pelet.

Kelinci anggora kamu tidak membutuhkan camilan yang seperti itu, karena ditakutkan nanti kelinci lebih menyukai camilan warna warni yang disuguhi oleh pemilik sehingga mengabaikan peletnya.

Pelet tidak boleh diberikan seenaknya tanpa takaran, karena jika tidak ditakar, kelinci akan melahap habis pelet yang kamu sediakan. Kelinci diatas 6 bulan, harus kamu takar porsi makanannya untuk bisa mengontrol tingkat kegemukannya.

Obesitas pada kelinci juga tidak bagus untuk tubuhnya. Kekurangan pelet kelinci ini adalah teksturnya yang kering sehingga kamu membutuhkan banyak air untuk minuman kelinci agar lebih mudah dicerna di dalam tubuhnya.

Rumput Kering/Hay

Makanan untuk kelinci anggora lainnya adalah rumput kering atau yang biasa disebut dengan Hay. Banyak dari pecinta kelinci anggora yang merekomendasikan rumput kering seperti Timothy Hay, Coastal Hay, Bermuda Hay dan juga Orchard Grass.

Hindari rumput kering yang mengandung kalsium yang tinggi seperti alfafa karena bisa berdampak buruk bagi kelinci anggora jika diberikan berlebihan.

Pemberian rumput kering tidak boleh diberikan sekaligus langsung banyak di dalam kandang. Hal itu bisa saja menyebabkan rumput kering menempel pada bulu kelinci anggora sehingga bisa mengganggu tubuhnya.

Sebaiknya berikan secukupnya untuk sekali makan, lalu jika tidak habis makan rumput yang tersisa harus dibersihkan. Cara lainnya kamu bisa memberikan rumput-rumput kering ini dengan cara menggantungnya di luar kandang.

Makanan Alami

Makanan kelinci anggora yang selanjutnya sudah pasti harus kamu berikan. Makanan ini berbentuk sayur-sayuran yang segar dan juga buah-buahan yang disukai kelinci.

Sayuran seperti wortel, sayur kangkung, kacang polong ataupun brokoli bisa kamu berikan dalam porsi yang cukup. Selain sayuran, buah-buahan seperti melon, apel, pisang juga menjadi salah satu makanan yang dia sukai. 

Namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam pemberian makanan ini, salah satunya adalah jangan terlalu berlebihan untuk memberikannya.

Buah dan sayur mengandung banyak air dan gula yang tinggi, kebanyakan air di dalam tubuh akan membuat kelinci merasakan kembung pada perutnya, begitu pula dengan tingkat gula yang begitu tinggi yang bisa saja membuat kelinci tidak terlalu sehat karena membuatnya menjadi lebih gemuk.

Suplemen Kelinci

Bukan hanya makanan saja, namun jika ingin kelinci yang baik dan sehat juga membutuhkan yang namanya suplemen dan vitamin. Pil enzim yang mengandung pepaya adalah suplemen yang baik untuk tambahan makanan bagi kelincimu. 

Tambahan enzim pepaya akan membantunya melancarkan sistem pencernaannya dengan memecah beberapa kotoran yang mengganggu sistem pencernaannya.  Berikan lah 1-2 pil untuk setiap minggunya.

Masalah Kelinci dengan Pakan Pellet

Makanan Kelinci Anggora Dengan Pelet
Masalah kelinci dengan pakan pellet - bunssb

Pakan pelet yang diperjualbelikan di toko makanan hewan memang dibuat sesuai dengan standar gizi setiap kelinci bukan untuk spesifik jenis kelinci tertentu.

Kelinci anggora hanya mewakili pasar kecil antara industri kelinci. Tidak ada pakan komersial yang membuat khusus untuk kebutuhan nutrisi mereka.

Lebih lanjut lagi sebenarnya pakan kelinci komersial ini menunjukan bahwa komposisinya hampir seluruhnya merupakan bahan dari rekayasa genetika.

Pakan kelinci standar yang biasa diperjual belikan biasanya mengandung kedelai, tepung, minyak kanola, tepung biji kapas, dan alfalfa. Semuanya dimodifikasi secara genetik untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kelinci.

Jika saat ini kamu memberikan makanan kelinci dengan pelet komersial lalu menemukan ada beberapa kelinci yang bermasalah dengan ukuran badannya, kamu harus segera cek komposisi makanan yang kamu berikan sebelum kamu mengira ada kelainan pada tubuh kelinci tersebut.

Komposisi Makan Segar untuk Kelinci yang Tepat

Komposisi Makanan Segar Untuk Kelinci
Komposisi makanan segar untuk kelinci - the good estate

Kelinci biasanya diberi makan secangkir sayuran segar, buah atau herbal setiap hari. Selain makanan kering, kamu juga memberi makanan segar seperti yang sudah di informasikan diatas. Makan segar pastinya akan membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral kelinci.

Jika kamu ingin memberi pakan segar, kamu mulai memperkenalkannya secara perlahan. Jangan langsung memberi makanan segar kelinci dengan porsi yang banyak.

Soalnya tidak semua kelinci menyukai beberapa makanan segar yang kamu berikan. Selama 4 minggu kamu harus memberikannya secara bertahap agar bisa mentolerirnya tanpa diare.

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci Anggora

Makanan Yang Dilarang Untuk Kelinci
Makanan yang dilarang untuk kelinci anggora - amazonaws

Sebenarnya bukan berarti kelinci tidak boleh memakan makanan yang ada di bawah ini, Namun hindari saja beberapa makanan tersebut, karena sudah banyak pengalaman buruk dari beberapa peternak kelinci.

Berikut ini adalah jenis makanan yang harus dihindari kelinci untuk dimakan.

Makanan yang Mengandung Banyak Air

Sayuran yang mengandung banyak air seperti kol dan kubis sangat berpengaruh pada feses serta urin dari kelinci. Kandungan serat kasar kol terlalu tinggi sehingga mengganggu kelinci yang berada dalam proses perkembangan.

Selain itu kol juga cukup berbahaya jika diberikan kepada kelinci karena mengandung gas yang tinggi sehingga akan membuat kelinci kembung.

Makanan yang Teksturnya Kasar

Pakanan kelinci yang mempunyai tekstur kasar dikhawatirkan dapat melukai kelinci peliharaan, baik melukai diluar badan hewan ataupun bagian organ dalam kelinci. Hal itu bisa menyebabkan kelinci mengalami peradangan seperti gangguan lambung.

Maka dari itu hindarilah makanan seperti rumput gajah, rumput berduri dan makanan yang lainnya.

Itulah dia beberapa informasi mengenai makanan kelinci anggora yang bisa kamu berikan dan jangan kamu berikan. Ada beberapa jenis sayuran dan buah-buahan yang bisa kamu berikan secara teratur dengan porsi yang terjaga.

Mengontrol makanan kelinci membuat kita bisa menjaga kesehatannya. Kelinci yang tidak diberikan makanan yang baik akan menyebabkan kelinci rentan terkena penyakit dan sangat sensitif dengan kematian.

Semoga informasi mengenai makanan untuk kelinci anggora ini bermanfaat buat kamu dan kelinci peliharaanmu ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kelinci terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Senin, 07 September 2020, 10:00 WIB
Update pada: Selasa, 08 Desember 2020, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://kelincipedia.com/makanan-kelinci-anggora/
  • https://www.siapbisnis.net/jenis-makanan-kelinci-anggora-yang-baik-untuk-kualitas-juara/
  • https://www.thecapecoop.com/feeding-wool-rabbits/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar