Hari ini: Sabtu, 08 Mei 2021
Kamis, 10 Desember 2020, 19:30 WIB

Akurat! 6 Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina

Akurat! 6 Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina

cara membedakan kelinci jantan dan betina - petpintar

Bingung bagaimana cara membedakan kelinci jantan dan betina? Yuk, cari tahu lewat karakteristik, fisik, dan sifatnya berikut ini. Dijamin mudah dan akurat!

Sebagai hewan mamalia, kelinci banyak digemari oleh masyarakat untuk dipelihara dan diternakkan. Bukan hanya karena mereka dapat menghibur kamu sebagai majikannya, mereka juga hewan yang dapat dikonsumsi layaknya sapi dan kerbau, terutama untuk jenis kelinci pedaging.

Namun, cara merawat kelinci tidak semudah yang kamu bayangkan, apalagi niat kamu adalah membudidayakannya untuk dijual kembali. Kamu harus tahu cara membedakan kelinci jantan dan betina agar proses perkembangbiakannya cepat dan sempurna seperti ekspektasi kamu.

Sebenarnya kamu bisa saja meminta breeder atau pemilik pertamanya untuk memisahkan antara kelinci jantan atau betina yang hendak dibudidayakan. Namun, tidak ada salahnya untuk memastikan kembali agar prosesnya kelak berjalan lancar.

Nah, penasaran bagaimana cara membedakan kelinci jantan dan betina, baik pada anak kelinci maupun kelinci dewasa? Tak perlu bingung lagi, di artikel ini kamu akan menemukan semua tips terbaiknya.

Bagaimana Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina Saat Kecil dan Dewasa?

Cara Membedakan Kelinci Saat Kecil Dan Dewasa
cara membedakan kelinci saat kecil dan dewasa - companion care

Dari sekian banyak tutorial yang beredar di internet, banyak yang merekomendasikan untuk mengetahui kelamin kelinci ketika mereka sudah besar. Padahal untuk kamu sedang melakukan budidaya ternak kelinci, hal ini bisa dilakukan pada anak kelinci yang baru berumur sekitar 1-2 bulan.

Kenapa membedakan kelamin kelinci sangat penting? Untuk kelinci budidaya, hal ini dilakukan karena umumnya kelinci remaja berumur 3 bulan cukup memiliki perilaku agresif dan teritorial sehingga rentan berkelahi apabila diletakkan dalam satu kandang.

Terlebih dengan membedakan kelamin kelinci, kamu bisa menentukan apakah kelinci akan dikembangbiakkan lebih lanjut atau bisa langsung dijual.

Sementara untuk kelinci peliharaan yang sudah berumur 7-12 bulan, hal ini perlu dilakukan untuk mencegah kelinci berkembang biak. Pasalnya perkembangbiakkan kelinci tergolong cepat dan bisa saja kamu tidak sedang menginginkan anak kelinci, bukan?

Nah, untuk cara membedakan kelinci jantan dan betina saat masih kecil maupun sudah dewasa kamu bisa simak rangkuman berikut yang bisa dipraktikkan dengan mudah dan akurat.

1. Lihat dari Bentuk Kepala Kelinci

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui jenis kelamin kelinci adalah dengan melihat ciri fisik yang paling terlihat, yaitu kepala.

Bila kamu perhatikan dengan jelas, bentuk kepala kelinci jantan akan terlihat lebih lonjong dan berbentuk layaknya balok.

Sedangkan, bentuk kepala kelinci betina akan terlihat lebih membulat dan punya lipatan pada bagian lehernya.

Bentuk kepala kelinci ini bisa kamu lihat ketika mereka sudah berusia lebih dari 3 minggu. Jadi, untuk bayi kelinci yang masih berumur di bawah 3 minggu, akan lebih mudah dicek melalui tips lainnya di bawah ini.

2. Cek Alat Kelamin Kelinci

Jika mengetahuinya melalui bentuk kepala menurut kamu cukup sulit, maka kamu bisa lakukan pengecekan pada alat kelamin masing-masing kelinci. Metode pengecekan ini pun bisa dilakukan baik pada anak kelinci maupun kelinci dewasa.

Perlu diingat, melakukan pengecekan alat kelamin kelinci cukup sulit dan bisa berbahaya bagi kesehatan mereka. Pasalnya kamu membutuhkan tekanan pada bagian alat kelamin kelinci untuk dapat mengidentifikasi, mana kelinci jantan dan kelinci betina.

Jangan takut untuk menyakiti kelinci apabila kamu melakukan metode ini. Asalkan kamu mengikuti langkah-langkah di bawah ini dengan benar, dijamin kelinci tidak akan kesakitan dan hasil yang didapat akan jauh lebih akurat.

  • Pegang kelinci dan taruhlah di pangkuanmu.
  • Balik badan kelinci menghadap ke atas.
  • Jepit ekor kelinci dengan menggunakan dua jari kamu.
  • Taruh ibu jari kamu di atas bulu area alat kelamin kelinci.
  • Tarik ekor tersebut dengan lembut tapi kuat. Lalu tekan ke bawah ibu jari kamu secara perlahan.

Perhatikan sekitar alat kelamin tersebut dan ambillah kesimpulan dengan mengetahui ciri-ciri kelamin kelinci jantan dan betina berikut ini:

Ciri-ciri kelamin kelinci betina:

  1. Bentuknya seperti gundukan yang meruncing.
  2. Ada sedikit belahan pada alat kelamin.
  3. Jarak anus dengan alat kelamin berdekatan.
  4. Tidak ada 2 bola testikel di samping alat kelamin.

Ciri-ciri kelamin kelinci jantan:

  1. Bentuknya seperti tabung atau pipet.
  2. Belahan pada alat kelamin sangat kecil.
  3. Jarak anus dengan alat kelamin berjauhan.
  4. Ada 2 bola testikel di samping alat kelamin.

3. Lihat Jumlah Puting Kelinci

Cara Membedakan Kelinci Betina Dan Jantan
Lihatlah jumlah puting kelinci - international info

Semakin bertambahnya usia kelinci, semakin mudah untuk mendeteksi mana yang jantan dan mana yang betina melalui puting yang dimiliki oleh masing-masing dari mereka.

Sekarang, pangku kembali kelinci peliharaan kamu. Kemudian, balik badan mereka. Jika kamu menemukan ada sekitar 4 sampai 5 puting pada bagian bawahnya, sudah bisa dipastikan itu ada kelinci betina. Sedangkan, jika puting yang kamu temukan hanya ada 2, maka dia adalah kelinci jantan.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG KELINCI?
Cari info Kelinci terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Bedakan dari Ukuran dan Berat Badan Kelinci

Kamu memelihara kelinci dari jenis dan ras yang sama? Itu adalah keberuntungan bagi kamu. Karena, membedakan kelinci jantan dan betina dari jenis dan ras yang sama akan lebih mudah dibandingkan dari ras yang berbeda.

Misalnya, kedua kelinci yang kamu pelihara adalah jenis kelinci anggora, maka kelinci yang memiliki ukuran dan bobot lebih kecil adalah kelinci jantan. Begitu juga sebaliknya, kelinci dengan ukuran yang lebih besar dan bobot yang lebih berat adalah kelinci betina.

5. Kelinci Jantan Lebih Sering Mengeluarkan Kotoran

Inilah keunikan seekor kelinci. Jenis kelamin mereka bisa dengan mudah dibedakan melalui volume kencing yang mereka keluarkan setiap hari.

Seperti yang dikutip dari penelitian yang dilakukan oleh Universitas Bayero di Kano, Nigeria, kelinci jantan dengan usia, ukuran, dan jumlah makan yang sama akan menghasilkan kotoran yang lebih banyak dibandingkan dengan kelinci betina.

Selain itu, kelinci betina pun tidak kencing di sembarang tempat layaknya kelinci jantan yang kencingnya bisa dimanapun. Bahkan, bau kotoran kelinci jantan jauh lebih menyengat dibandingkan kelinci betina, loh.

6. Lihat Karakteristik Kelinci Jantan dan Betina

Perbedaan Kelinci Betina Dan Jantan
Lihat karakteristik kelincinya - ukm berdaya

Semakin paham kamu dengan berbagai ciri fisik dari seekor kelinci, semakin paham kamu bagaimana cara membedakan pejantan dan betina.

Sekarang, kamu bisa melihat mana yang jantan dan betina hanya dari karakteristik mereka sehari-hari selama di kandang maupun di luar kandang.

Biasanya, kelinci jantan akan lebih agresif dan aktif baik di kandang maupun di luar kandang. Sedangkan, kelinci betina akan terlihat agresif dibandingkan kelinci jantan.

Hal ini membuat kelinci betina jauh lebih mudah ditangkap daripada kelinci jantan. Namun, bukan berarti kamu bisa dengan mudah menangkapnya, loh. Karena, kelinci betina terkenal dengan kelinci yang lebih suka berada di gorong-gorong yang telah mereka buat sendiri. Terlebih lagi ketika kelinci betina sedang hamil.

Kesimpulan

Untuk lebih jelas cara membedakan kelinci jantan dan betina, lihatlah tabel berikut ini:

Tabel Perbedaan Kelinci Jantan dan Betina

Perbedaan

Kelinci Jantan

Kelinci Betina

Bentuk kepala

Lonjong seperti balok

Bulat dan punya lipatan leher

Alat kelamin

Seperti tabung atau pipet

Seperti gundukan yang meruncing

Jumlah puting

2

4 sampai 5

Ukuran dan Berat badan

Sedang

Besar

Frekuensi Buang Kotoran

Sering

Lebih sedikit

Karakteristik

Aktif

Lebih agresif

Itu dia tadi 6 cara membedakan kelinci jantan dan betina dengan tepat hanya melalui ciri fisik dan karakteristik yang mereka miliki masing-masing.

Sebagai pemula, mungkin beberapa tips di atas sulit untuk kamu lakukan, seperti pada tips melihat alat kelaminnya. Namun, kamu tidak perlu khawatir dan pasrah, perlu sedikit kesabaran agar bisa memahami dengan cepat.

Terbit: Minggu, 23 Agustus 2020, 10:00 WIB
Update pada: Kamis, 10 Desember 2020, 19:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://okdogi.com/perbedaan-kelinci-jantan-dan-kelinci-betina-secara-lengkap/
  • https://www.cuteness.com/article/difference-between-male-female-rabbits
  • https://www.hobinatang.com/2017/04/perbedaan-kelinci-jantan-dan-betina.html
  • https://www.raising-rabbits.com/sexing-rabbits.html
  • https://www.wikihow.com/Determine-the-Sex-of-a-Rabbit
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar