Hari ini: Sabtu, 08 Mei 2021
Selasa, 17 November 2020, 19:30 WIB

Catat! Ragam Penyebab Kelinci Stres dan Cara Mengatasinya

Catat! Ragam Penyebab Kelinci Stres dan Cara Mengatasinya

penyebab kelinci stres - rd

Apa saja sih penyebab kelinci stres? Ketahui dan hindari agar menjaga kelinci peliharaanmu tetap sehat dan bugar yang bisa kamu temukan di artikel ini

Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat menggemaskan. Namun bila tidak dirawat dengan baik, hal-hal kecil bisa saja menjadi penyebab kelinci stres.

Sebagai hewan yang mudah untuk jinak, cara merawat kelinci sebenarnya agak susah-susah gampang. Kamu membutuhkan persiapan dan pengetahuan yang cukup.

Selain itu, Sobat Pintar juga perlu menciptakan lingkungan dan kondisi yang sesuai dengan kebutuhan kelinci agar tidak mengalami stres atau terkena penyakit.

Deretan Penyebab Kelinci Stres dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Saat seekor kelinci mengalami stres, mereka akan melepaskan semacam hormon turunan dari asam amino yang bernama katekolamin.

Ketika hal ini terjadi, maka ketahanan usus kelinci akan menurun. Sehingga berakibat buruk pada proses metabolisme yang mengganggu pencernaan.

Apabila kita tidak mengenali tanda-tandanya, kelinci bisa mengalami penyakit atau bahkan berakhir dengan kematian.

Maka dari itu, stres yang terjadi pada kelinci merupakan permasalahan serius yang harus diperhatikan. Apalagi kelinci adalah hewan yang sangat sensitif dan mudah panik.

Ciri-ciri Kelinci Stres

Ciri Ciri Kelinci Stres
Ciri ciri kelinci stres - crosse ranch

Tiap-tiap kelinci merespon stres dengan cara berbeda. Maka dari itu sangat penting untuk mengenali ciri-ciri kelinci stress dari tampilan fisik maupun perubahan perilaku.

Cara mengenalinya cukup mudah, yakni ditunjukkan dengan tanda-tanda berikut:

- Terlihat panik (tubuh membeku, telinga menempel ke tubuh)

- Sering terlihat kaget dan membelalak

- Terlihat agresif ke orang atau kelinci lain

- Saat dipegang tampak agresif

- Lesu dan tidak berminat dengan sekitar atau makanan

- Terlihat kurang aktif

- Sering bersembunyi atau berlari menghindar

- Nafasnya berat

- Proses makan dan buang air yang terganggu

- Menunjukkan gerakan berulang yang tidak ada tujuannya, misal menggigiti botol air

Apabila kamu melihat tanda-tanda tersebut, segera hubungi dokter hewan untuk mendapatkan saran bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya.

Penyebab Kelinci Stres

Penyebab Kelinci Stres
penyebab kelinci stres - rabbit spot

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kelinci stres. Bahkan hal-hal tersebut bisa saja hal kecil yang menurut kamu sepele.

Oleh karena itu, kenal hal-hal yang bisa menjadi penyebab kelinci menjadi stres dan sebaiknya hindari agar tidak memicu hal tersebut terjadi. Berikut adalah daftarnya:

1. Perjalanan jauh

Kelinci yang dibawa dalam perjalanan jauh, misalnya saat kamu membelinya dari luar kota, keadaan ini sangat mungkin sekali membuat kelinci menjadi stres.

Manusia saja bisa mengalami mabuk perjalanan dan kemudian mual atau muntah saat perjalanan jauh. Kelinci pun bisa mengalami hal tersebut.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk berhati-hati saat membawa kelinci dalam perjalanan jauh. Sering-seringlah berhenti dan mengajaknya bermain.

2. Lingkungan hidup yang tidak nyaman

Kelinci merupakan hewan yang bisa tinggal di alam bebas. Saat dipelihara, maka lingkungannya harus bisa disesuaikan seperti habitat asalnya.

Dan hal tersebut tak hanya sebatas kandang saja, namun faktor kebersihan dan luas kandang serta tingkat kebisingan di sekitarnya sangat berpengaruh.

Ciptakan lingkungan yang kondusif dan nyaman bagi kelinci agar bisa hidup dengan sehat dan tidaki menimbulkan stres.

3. Penanganan yang kasar/kurang kasih sayang

Karena menjadi hewan yang kodrat hidupnya adalah dimangsa, kelinci mudah panik apabila bertemu dengan mahluk asing termasuk manusia.

Namun, kelinci akan merasa nyaman pada seseorang yang biasa merawat dan memberinya makan sekaligus kerap berinteraksi sehingga ia bisa membedakan mana yang ancaman dan mana yang bukan.

Perlakukan dan rawatlah kelincimu dengan baik dan penuh kasih sayang. Beri sentuhan, sediakan makanan dan minuman yang cukup. Hindari memperlakukan dengan kasar untuk tidak membuatnya stres.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG KELINCI?
Cari info Kelinci terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Kurang makanan dan minuman

Kelinci yang menjadi peliharaan mengandalkan asupan makanan kelinci dan minumannya dari ketersediaan yang diberikan pemiliknya.

Apabila makanan atau minuman yang diberikan kurang atau dalam waktu yang jarang, maka bisa membuatnya dan berisiko menjadi stres.

Mereka juga tidak memiliki daya untuk mencari makan seperti di alam bebas. Sehingga sangat tergantung pada pemiliknya.

5. Suhu terlalu panas atau dingin

Meskipun kelinci bisa menyesuaikan dengan suhu sekitar, namun apabila suhu menjadi terlalu dingin atau panas bisa berisiko membuat kelinci jadi stres.

Di musim kemarau yang panas ia bisa melakukan moulting atau perontokan bulu. Apabila ua tidak melakukannya, kamu bisa membantunya dengan perlahan mencukur bulunya.

Pada musim penghujan dengan suhu yang dingin, kelinci juga butuh dibantu untuk menghangatkan tubuh terutama yang berusia muda di bawah 4 bulan.

6. Naluri kawin yang dikekang

Stres bisa timbul pada kelinci apabila kita mengekang naluri kawinnya. Untuk menghindari hal ini, kenali ciri-ciri kelinci saat menjelang birahi.

Apabila kamu mengenalinya, jangan kekang tanda-tanda tersebut dan biarkan kelinci tersebut kawin (apabila kamu memiliki sepasang kelinci).

Hal ini mungkin lumrah terjadi pada pengusaha budidaya kelinci yang tidak mencampurkan kelinci jantan dan betina.

Cara Mengatasi Kelinci yang Alami Stres

Cara Mengatasi Kelinci Stres
cara mengatasi kelinci stres - fluffy planet

Setelah kamu mengenali tanda-tanda kelinci yang mengalami stres, maka kini yang perlu kamu lakukan adalah mengatasinya.

Cara mengatasi kelinci yang mengalami stres cukup mudah, terutama bila sudah diketahui penyebabnya. Cara-caranya sebagai berikut:

1. Beri ruang pada kelinci

Kelinci peliharaan umumnya ditempatkan dalam kandang. Selain menaruh kandang kelinci di dalam ruangan, kamu juga harus memastikan bahwa kandang kelinci cukup luas.

Beri juga tempat yang nyaman untuk bersembunyi dan tidur. Buatlah ruang yang cukup untuk kelinci agar bisa bergerak dan berolahraga dengan bebas.

Kamu juga bisa mengajaknya keluar kandang lebih sering dan berolahraga. Buat lingkungan sekitar kandang aman dan nyaman bagi kelinci agar tidak merasa terkungkung.

2. Beri porsi makanan yang seimbang

Salah satu penyebab kelinci stres adalah kurangnya pemberian makanan. Memberi makanan yang seimbang sangat penting karena kelinci punya sistem pencernaan yang cukup rumit.

Banyak masalah kesehatan yang bisa timbul akibat kelinci yang tidak mendapatkan makanan seimbang. Kamu bisa memberikannya sayuran atau buah-buahan kaya serat.

Misalnya seperti apel, bluberi, pepaya, stroberi, pir, melon. Kemudian sayur-sayuran seperti wortel, selada, kangkung, tomat, dan bahkan rumput segar yang bersih.

3. Hindari atau berhati-hati menggendong kelinci

Kelinci merupakan hewan yang sensitif, apalagi saat digendong atau dipegang. Tubuh kelinci yang rentan harus diperlakukan dengan baik agar tidak melukai tubuhnya.

Hindari menggendong kelinci yang sedang stres, karena mereka bisa saja stres karena terlalu sering dipegang atau digendong. Mereka bisa merasa terjebak dan terancam.

Apabila ia sudah tenang, gendong atau pegang kelinci dengan meletakkan tangan di bagian belakang dan depan tubuh kemudian menggendongnya seperti bayu. Hindari mengangkat atau menarik telinganya.

4. Ciptakan suasana tenang

Suara keras dan bising dapat mengejutkan dan mengganggu kelinci. Apabila hal ini sering terjadi, maka hal ini bisa membuat mereka stres.

Suara teriakan anak, suara televisi yang kencang, atau suara musik bisa membuat kelinci merasa tidak aman. Batasi suara di sekitar lingkungan kelinci, terutama yang membuat mereka bereaksi.

Atau taruhlah kandang kelinci di bagian rumah yang paling tenang dan tidak banyak terkena polusi suara, dan tentu pastikan mereka punya tempat untuk bersembunyi.

5. Berikan perhatian cukup

Di alam liar, kelinci berinteraksi dengan kelinci lain merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari dan kebutuhan biologis mereka. Tentunya sama dengan kelinci yang kita pelihara.

Tak hanya dari kelinci lain, kita juga harus memberikan mereka banyak perhatian. Selain itu hal ini juga bisa meningkatkan ikatan dengan kelinci dan mengurangi stres yang mereka alami.

Ajaklah berbicara sambil mengelus mereka, atau bahkan kamu bisa mengajarkan mereka melakukan beberapa trik lucu. Berikan perhatian yang mereka butuhkan.

Demikian deretan penyebab kelinci stres dan bagaimana cara mengatasinya. Hal ini perlu kamu perhatikan agar menghindari kemungkinan terburuk kelinci bisa mati.

Apakah kamu punya cara sendiri untuk mengatasi kelinci yang stres? Bagikan jawaban kamu di kolom komentar yuk!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://bunnylady.com/stress-in-rabbits/
  • https://www.nidirect.gov.uk/articles/rabbits-should-show-normal-behaviour-patterns
  • https://www.pbspettravel.co.uk/blog/the-causes-and-symptoms-of-stress-in-rabbits/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar