Hari ini: Kamis, 29 Juli 2021
Jumat, 22 Januari 2021, 16:00 WIB

Tenang, 7 Cara Mengobati Kelinci Mencret Ini Mudah untuk Dilakukan

Tenang, 7 Cara Mengobati Kelinci Mencret Ini Mudah untuk Dilakukan

cara mengobati kelinci mencret - petpintar

Saat mengetahui kelinci mengalami gangguan pada perutnya, jangan khawatir. Coba terapkan cara mengobati kelinci mencret ini dengan bahan alami sampai sembuh

Kelinci memiliki sistem pencernaan khusus, dan rentan terhadap masalah seperti diare. Mereka menghasilkan dua jenis kotoran: feses dan sekotrop.

Sebagai pemilik kelinci yang baik, kamu harus mengetahui cara mengobati kelinci mencret mengingat penyakit ini paling sering terjadi pada jenis kelinci apapun.

Kelinci mencret bisa dilihat dari bentuk dan tekstur kotorannya yang lebih lember mengarah ke cair dengan warna sedikit kehijauan. Segera lakukan tindakan pertama untuk mengobati mereka.

Penyebab Kelinci Mencret dan Diare

Penyebab Kelinci Mencret
penyebab kelinci mencret - youtube image

Penting untuk kamu mengetahui penyebab Kelinci peliharaanmu terkena diare sehingga sangat mengganggu kesehatannya. Pada kondisi diare yang sebenarnya, tidak ada feses yang terbentuk dan konsistensi feses cenderung cair.

Sebagaimana kita ketahui bahwa kotoran kelinci yang normal berbentuk bulat seperti kotoran kambing. 

Kondisi diare pada kelinci seringkali harus ditanggapi dengan serius karena bisa menyebabkan kematian. Berikut ini adalah beberapa penyebab diare pada kelinci sehingga menyebabkan kelinci mencret.

  • Diet (kelebihan karbohidrat atau serat yang tidak dapat dicerna tubuhnya)
  • Konsumsi antibiotik yang tidak sesuai
  • Racun dari lingkungan sekitar tempat tinggalnya
  • Stres terhadap lingkungannya
  • Kanker GI Neoplasia
  • Penyakit metabolik yang cukup parah
  • Infeksi coccidia dan rotavirus
  • Pola makan yang tidak tepat
  • Makanan tercemar bakteri E.Coli

7 Cara Mengobati Kelinci Mencret dengan Obat Organik

Cara Mengobati Kelinci Mencret
cara mengobati kelinci mencret - animallova

Ada banyak penyebab kenapa kelinci bisa mencret sampai parah, bahkan mati. Salah satu yang paling sering terjadi karena makanan yang mereka konsumsi sangat tidak sehat, coklat dan alpukat adalah salah satunya.

Kelinci milikmu sudah terlanjur mencret? Jangan khawatir! Ketahui, beberapa cara mengobati kelinci mencret secara alami yang dijamin ampuh berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kelinci lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Beri Daun Pisang dan Daun Pepaya Kering

Salah satu obat alami untuk mengatasi kelinci mencret adalah daun pepaya kering dan daun pisang yang masih segar. Kedua daun ini bisa diberikan kepada kelinci yang sedang mencret secara teratur setiap pagi dan sore hari.

Bahkan, sebelum kelinci mencret pun, daun pisang dan daun pepaya dipercaya sanggup sebagai makanan yang mampu memperkaya nutrisi kelinci dan mencegah mereka dari terserangnya penyakit diare (mencret).

Jadi, kalau kamu adalah peternak kelinci, jangan pernah lupa menyiapkan dua jenis daun ini ya, gengs. Pertolongan pertama kelinci mencret ini sangat penting untuk kamu ketahui, ingat dan catat yang satu ini, ya.

2. Beri Daun Jambu Biji

Setelah daun pisang dan pepaya, kamu bisa memberikan makanan kepada kelinci yang sedang mencret berupa daun jambu biji. Daun jambu biji ini sudah sangat terkenal di kalangan para pecinta kelinci ampuh untuk menghentikan mencret yang kelinci mereka alami.

Obat kelinci mencret alami ini usahakan kamu berikan ketika mereka benar-benar sudah mencret dilengkapi dengan air bersih di sampingnya. Hal ini mengingat penyakit mencret bisa menyebabkan kelinci mudah dehidrasi.

3. Taburkan Abu Gosok

Abu gosok? Bagaimana cara kerja abu gosok bisa mengatasi kelinci mencret? Jangan salah sangka dulu, gengs. Banyak peternak kelinci selalu menyediakan abu gosok di kandang kelinci tujuannya agar ketika kelinci sedang mencret, mereka bisa dengan cepat menghentikannya dengan abu gosok.

Kamu bisa menaburkan abu gosok tersebut di sekitar kandang kelinci dan sekitar area anus kelinci. Entah bagaimana abu gosok ini bekerja pada tubuh kelinci sehingga bisa menghentikan diare, tapi sudah banyak yang membuktikannya, loh.

4. Beri Ramuan Rempah Berupa Temulawak, Bawang Putih, dan Jahe

Jika abu gosok, daun pepaya, daun pisang dan daun jambu biji sulit untuk kamu temukan, gunakanlah alternatif ramuan rempah kepada kelinci yang sedang mencret.

Campur dan tumbuk temulawak, bawang putih, dan jahe secara bersamaan. Kemudian, rebus di dalam air secukupnya yang sudah ditambahkan gula merah. Setelah itu, berikan hasil saringan ramuan ini sebagai obat alami atasi kelinci mencret.

5. Suntik Infus Kelinci yang Sedang Mencret

Diare dapat menyebabkan kelinci sangat cepat dehidrasi karena kandungan airnya akan dengan cepat hilang ketika mereka buang kotoran. Hal ini bisa kamu atasi dengan memberikan suntik infus untuk menjaga mereka tetap terhidrasi dan tidak cepat mati karena kehilangan cairan dalam tubuh.

Suntikan ini harus kamu lakukan dengan hati-hati, jangan sampai terkena daging mereka. Salah satu bagian yang paling mudah untuk disuntik adalah pada bagian kulit tengkuk. Cubitlah tengkuk tersebut sehingga menghasilkan gumpalan kulit yang tidak ada dagingnya. Suntik secara perlahan bagian ini.

Pastikan terlebih dahulu alat yang kamu gunakan untuk menyuntik kelinci sudah bersih dan tidak bekas pakai apapun.

6. Buang Semua Makanan Lain Kecuali Rumput dan Obat Organik

Ketika kelinci peliharaan kamu sedang mencret, usahakanlah untuk tidak memberikan jenis makanan lainnya kecuali obat-obatan yang sudah disebutkan di atas dan rumput segar. Ini adalah satu-satunya makanan yang baik untuk kelinci mencret.

Hal ini dilakukan agar mengurangi resiko memperparah mencretnya kelinci, mengingat kamu tidak bisa mengetahui apa saja makanan yang menyebabkan kelinci. Cukup berikanlah rumput segar dan air minum yang cukup setiap hari.

7. Bersihkan Kandang Kelinci

Kelinci yang sedang mencret bisa menularkan kepada kelinci yang lainnya dengan sangat cepat. Oleh sebab itu, segeralah pindahkan kelinci yang berpenyakit tersebut dengan kelinci yang sedang sehat lainnya sebagai tahap cara mengobati kelinci mencret yang terakhir.

Bersihkan kandang, semprot dengan desinfektan agar kandang bersih dari bakteri dan virus. Usahakan kandang tidak lembab mendapat sinar matahari yang cukup. Hindari kotoran kelinci yang mencret mengenai makanan atau kelinci lain yang masih sehat efeknya bisa sangat cepat menular.

Kelinci Mencret, Namun Tetap Mau Makan

Kelinci Mencret Tapi Tetap Makan
kelinci mencret tapi tetap makan - pinterest

Jika kamu menemukan kelinci yang mengalami mencret atau diare ini namun masih mempunyai nafsu makan yang baik, kamu tetap harus memperlakukan mereka sebagai hewan peliharaan yang sedang sakit.

Meskipun ini pertanda baik, jika kelinci dibiarkan begitu saja, maka kelinci akan mendapatkan masalah lainnya yaitu dehidrasi.

Perawatan kelinci yang sedang diare adalah mengubah pola makan mereka.

Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat, tingkatkan serat dan kurangi makanan yang mengandung gula tinggi dan elemen tepung dalam makanan mereka.

Gejala ini akan mereda dalam satu atau dua hari lamanya, kamu juga harus menjaga kebersihan di bagian bokong kelinci.

Jika diare kelinci tidak mereda, bahkan setelah kamu memberikan pola makan yang berbeda, saran dari PetPi kamu segera mungkin untuk membawanya ke dokter hewan terdekat.

Biasanya dokter hewan akan melakukan pemeriksaan menyeluruh seperti mengambil sampel cecetrop dan pelet untuk memeriksa bakteri atau virus pada fesesnya. Setelah penyebab utamanya berhasil diidentifikasi, maka dokter hewan akan memberikan obat diare pada kelinci yang tepat.

Perawatan Setelah Kelinci Sembuh dari Mencret

Cara Mengobati Kelinci Mencret
perawatan setelah kelinci sembuh - petpintar

Pekerjaan kamu belum selesai ketika kelinci peliharaan kamu sembuh dari penyakit mencret. Masih ada beberapa langkah yang harus kamu selesaikan untuk memastikan tidak ada indikasi mencret lagi dari kelinci yang baru saja sembuh

1. Memandikan Kelinci dengan Sampo Khusus

Kelinci yang baru saja sembuh dari diare masih ada kemungkinan akan terserang penyakit diare lagi.

Salah satu hal yang perlu kamu lakukan adalah memandikan kelinci tersebut dengan sampo khusus yang bisa membersihkan kulit dan bulu kelinci dengan efektif.

Perhatikan bintik-bintik hitam yang kemungkinan adalah bakteri atau virus yang hinggap di kulit dan bulu kelinci. Pastikan bintik hitam tersebut bersih sebelum kelinci tersebut dikumpulkan lagi di satu kandang dengan kelinci lainnya.

2. Pastikan Mereka Makan dengan Baik

Setelah kelinci sembuh dari diare, berikan rumput segar pada mereka dan perhatikan setiap kali mereka akan makan. Pastikan nafsu makan mereka telah kembali dan bisa menghabiskan pakan yang telah kamu berikan.

Jika ada tanda-tanda nafsu makan yang belum pulih, perhatikan kembali kotoran mereka untuk memastikan mereka tidak mencret lagi. Bila perlu, bawalah kelinci tersebut ke dokter hewan yang paham dengan kelinci.

Itu dia tadi 7 cara mengobati kelinci mencret dengan menggunakan daun pisang, daun pepaya, daun jambu biji dan obat-obatan herbal yang lainnya. Usahakan setiap langkah yang ada di atas kamu lakukan dengan benar, mengingat kelinci juga merupakan hewan yang mudah kembung.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kelinci terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Kamis, 15 Oktober 2020, 16:00 WIB
Update pada: Jumat, 22 Januari 2021, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://rabbit.org/intermittent-soft-cecotropes-in-rabbits/
  • https://rabbit.org/intermittent-soft-cecotropes-in-rabbits/
  • https://sawneeanimalclinic.com/downloads/chronic_intermittent_diarrhea_in_rabbits.pdf
  • https://squeaksandnibbles.com/diarrhea-in-rabbits/
  • https://www.petnpat.com/rabbit-diarrhea/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar