Hari ini: Senin, 20 Mei 2024
Selasa, 18 Oktober 2022, 18:30 WIB

Jangan Asal Kasih! Ketahui 4 Jenis Sayuran untuk Kelinci Sesuai Tipe dan Kebutuhannya

Jangan Asal Kasih! Ketahui 4 Jenis Sayuran untuk Kelinci Sesuai Tipe dan Kebutuhannya

sayuran untuk kelinci - pet central

Ingin kelinci kamu diberikan makanan yang tepat? Berikut ini ada jenis tipe sayuran untuk kelinci dan suplemen agar sehat dan berat badannya bertambah

Mungkin di antara Sobat Pintar belum tahu, kelinci merupakan salah satu jenis hewan pengerat yang umum dipelihara saat ini, selain dari hamster ataupun marmut.

Sebagaimana jenis peliharaan ini, cara merawat kelinci pada umumnya mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan terlalu banyak penanganan khusus, lho.

Secara umum kelinci tergolong dalam jenis hewan herbivora, sehingga mayoritas nutrisi dari makanannya diperoleh dari tumbuh-tumbuhan, seperti sayuran atau buah.

Pada artikel ini, PetPi bakal mengulas beberapa tipe sayuran untuk kelinci yang bergizi dan sehat sesuai dengan tipe dan kebutuhannya. Penasaran ada apa saja?

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kelinci lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Kumpulan Jenis Sayuran untuk Kelinci yang Bernutrisi Sesuai Kebutuhannya

Sayuran Untuk Kelinci
sayuran untuk kelinci - reddit

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan makanan kelinci berkualitas adalah berupa pelet yang sudah diformulasi khusus. Sayangnya harganya juga cukup mahal, kan?

Selain itu menurut Dr. Peter Helmer dilansir dari laman PetMD.com menjelaskan, bahwa kandungan nutrisi dalam pelet terlalu banyak untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

Maka dari itu, beberapa pemilik kelinci memilih tipe makanan alami seperti sayuran yang lebih murah dan mudah untuk didapatkan di sekitar.

Namun sebelum memberikannya, Sobat Pintar juga harus mengetahui beberapa jenis sayuran untuk kelinci dan pengklasifikasiannya seperti dilansir dari laman Rabbit.org berikut ini.

1. Rerumputan

Mengacu pada makanan kelinci di alam liar, rerumputan bisa menjadi makanan pokok sehari-hari karena kaya akan nutrisi, seperti vitamin A dan D, kalsium, protein, dan lainnya.

Jenis rumput ini pula dapat menstimulasi pertumbuhan gigi kelinci sekaligus menjaga sistem pencernaan hewan peliharaan tetap sehat dan terjaga dengan baik.

Ada berbagai macam tipe rumput segar untuk kelinci yang bisa kamu gunakan sebagai makanannya, seperti rumput alfalfa, timothy, rumput teki, dan rumput gajah.

Makanan segar penting untuk menjaga fungsi ginjal dan kandung kemih. Selain itu, kamu juga bisa memadukannya dengan jerami kering untuk menambah tekstur dan rasa yang berbeda, lho.

2. Sayuran Berdaun Hijau (Tipe I)

Banyak tanaman yang mengandung bahan kimia alami berupa alkaloid yang menghasilkan asam oksalat yang mungkin berpengaruh untuk kondisi kesehatan jangka panjang pada kelinci.

Maka dari itu penting untuk mengetahui kandungan asam oksalat pada makanan kelinci untuk menghindari masalah pada kulit, mulut, hingga gangguan ginjal.

Pertama, tipe sayuran untuk kelinci berikut ini harus memenuhi 75 persen asupan makanannya tiap hari.

Walaupun begitu, kandungan asam oksalat di dalamnya membuat kamu harus rutin menggantinya untuk meminimalisir hal tersebut. Adapun beberapa tipe sayuran berdaun hijau (tipe I), seperti:

  • Peterseli;
  • Bayam;
  • Sawi hijau;
  • Bit hijau;
  • Swiss chard;
  • Daun lobak; dan
  • Kecambah

3. Sayuran Berdaun Hijau (Tipe II)

Kelinci Boleh Memakan Selada
kelinci boleh memakan selada - small pet journal

Jenis sayur-sayuran berdaun hijau memang sangat direkomendasikan sebagai makanan kelinci karena mengandung berbagai nutrisi penting untuk kebutuhannya.

Nutrisinya sendiri meliputi, vitamin A, C, dan K serta berbagai mineral, seperti kalsium, kalium, dan folat.

Selain daftar sebelumnya, ada pula tipe sayuran berdaun hijau (tipe II) yang mengandung lebih sedikit asam oksalat, seperti:

Selada

Selada menjadi sayuran favorit kelinci yang memiliki kandungan vitamin dan mineral, sehingga baik untuk kamu berikan demi memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Hanya saja, tidak semua selada bisa dikonsumsi oleh kelinci, ya. Soalnya, ada jenis selada yang berbahaya dan tidak disarankan untuk dimakan kelinci, yaitu selada iceberg.

Agar tidak keliru, berikut ini adalah jenis-jenis selada yang boleh diberikan untuk kelinci, yaitu:

  • Selada air;
  • Selada andewi;
  • Selada escarole;
  • Selada frisee;
  • Selada merah atau hijau; dan
  • Selada romaine;

Kangkung

Banyak orang-orang yang memelihara kelinci seringkali menjadikan kangkung untuk makanan hariannya. Kangkung sendiri memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan kelinci.

Tak hanya itu, kangkung termasuk jenis sayuran yang mudah didapatkan serta harganya murah meriah. Jadi, kalau pakan kelinci sudah mulai menipis, kamu tidak perlu kebingungan karena bisa menggantinya dengan kangkung terlebih dahulu.

Daun Ketumbar

Daun ketumbar menjadi salah satu jenis sayur makanan kelinci yang harum dan bisa memikat hati hewan lucu ini. Ada banyak manfaat yang diberikan daun ketumbar, seperti fitokimia untuk membantu pencernaan, mencegah infeksi, serta mengurangi stres pada kelinci.

Selain itu, daun ketumbar juga memiliki kandungan geraniol, yaitu senyawa yang bisa mencegah penyakit tumor.

Kemangi

Kemangi menjadi salah satu jenis sayur yang boleh dimakan kelinci karena mengandung banyak sekali manfaat. Sayuran ini memiliki kandungan fitokimia tinggi, rasa yang kuat serta nutrisi tinggi.

Selain itu, kemangi memiliki banyak kandungan senyawa, seperti asam caffeic, asam salisilat yang memiliki anti-inflamasi serta antimikroba.

Tak heran, kemangi menjadi sayuran yang dapat menjadi pereda nyeri ringan serta mencegah infeksi pada tubuh kelinci.

Arugula

Arugula termasuk ke dalam jenis sayuran yang bergizi dan cocok untuk dikonsumsi kelinci. Soalnya, sayuran ini tidak memiliki bahan kimia serta senyawa berbahaya, melainkan ada banyak nutrisi dan vitamin yang baik bagi kelinci.

Sayuran berdaun hijau lainnya

Selain daftar sebelumnya, di bawah ini ada beberapa pilihan sayur dengan daun hijau lainnya, antara lain:

  • Daun wortel;
  • Daun mentimun;
  • Lobak hijau;
  • Dandelion hijau;
  • Mint;
  • Basil;
  • Rumput gandum;
  • Chicory;
  • Daun raspberry;
  • Bok choy; dan
  • Adas.

4. Sayuran Tanpa Daun

Tomat Adalah Sayuran Yang Boleh Dimakan Kelinci
tomat adalah sayuran yang boleh dimakan kelinci - small pet journal

Sobat Pintar pasti pernah berpikiran kalau makanan utama kelinci adalah wortel, kan? Tak salah, sih! Pasalnya wortel juga termasuk sayuran untuk kelinci di luar tipe sayuran berdaun hijau.

Jenis sayur-sayuran ini sebaiknya diberikan tidak lebih dari 15 persen asupan makanan hariannya. Sayuran tanpa daun yang bisa diberikan pada kelinci, di antaranya:

Wortel

Wortel memang sudah sejak dulu dikenal sebagai makanan utama dari hewan lucu bernama kelinci. Kandungan vitamin dan nutrisi yang ada dalam sayuran ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Apalagi, wortel untuk kelinci memiliki banyak kandungan vitamin A yang tentunya akan sangat baik bagi kesehatan matanya.

Brokoli

Tak hanya digemari oleh manusia, brokoli termasuk jenis sayuran hijau yang bisa kamu berikan pada kelinci peliharaan, lho. Pasalnya, brokoli memiliki kandungan serat yang baik untuk melancarkan pencernaan.

Selain itu, kandungan nutrisi lain yang ada dalam brokoli bisa membantu pertumbuhan serta perkembangannya.

Ubi Jalar

Sayur makanan kelinci selain wortel dan brokoli berikutnya adalah ubi jalar. Jenis umbi-umbian satu ini memiliki kandungan vitamin, kalori, tinggi serat serta mineral yang baik untuk kesehatan kelinci.

Selain itu, ubi jalar dapat mengobati sembelit pada kelinci, bahkan dipercaya membantu penyerapan lemak serta kolesterol dalam tubuh hewan mungil ini.

Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin dan antioksidan tinggi, sehingga dapat membuat tubuh sehat, termasuk tubuh kelinci. Tomat cocok dikonsumsi untuk anak kelinci supaya mendukung tumbuh kembangnya.

Tentunya, jenis sayuran ini bisa kamu berikan pada kelinci dengan mencampurkannya bersama makanan lainnya.

Kubis

Kubis ungu maupun kubis hijau aman dimakan oleh kelinci karena sayuran ini menjadi alternatif untuk mengganti makanan utama kelinci yakni jerami dan rerumputan.

Dengan memberikannya kubis, maka si hewan mungil dan lucu ini tidak akan bosan dengan makanan yang kamu berikan setiap harinya.

Jagung

Sayur yang boleh dimakan kelinci berikutnya adalah jagung, dimana makanan ini menjadi sumber karbohidrat selain nasi. Kandungan kalori serta nutrisi yang ada dalam jagung sangat baik untuk kesehatan kelinci.

Namun, pastikan kamu membatasi pemberian sayur makanan kelinci ini, ya. Kamu tidak perlu memberikannya setiap hari karena pemberian secara berlebihan hanya akan membuat kelinci terkena obesitas.

Berikan minimal 1 minggu sekali dengan mencampurkan bersama makanan kelinci lainnya. Hal ini dilakukan supaya kelinci tidak mudah bosan dengan makanan yang akan mereka santap.

Seledri

Seledri memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang dapat menjadi penunjang kesehatan kelinci peliharaan. Jenis sayuran ini memiliki tekstur renyah, sehingga kelinci sangat menyukai makanan satu ini.

Tentunya, seledri dapat menjadi alternatif pengganti wortel maupun jenis sayuran lain yang biasa diberikan pada kelinci.

Sayuran tanpa daun lainnya

Apabila daftar sayur-sayuran tanpa daun di atas masih kurang, ada lagi beberapa pilihan lainnya yang bisa kamu berikan pada kelinci, antara lain:

  • Bunga (mawar, kembang sepatu, nasturtium, pansy);
  • Paprika (hijau, merah, kuning);
  • Kacang polong;
  • Kecambah brussel;
  • Labu siam; dan
  • Zukini.

Jenis-jenis sayuran yang boleh dimakan kelinci di atas bisa kamu berikan setiap dua kali sehari. Pastikan untuk mencuci bersih dulu semua sayurannya, supaya kebutuhan vitamin dan mineral dapat masuk ke dalam tubuh kelinci dengan baik.

Selain itu, agar pakan untuk kelinci kesayangan lebih bervariasi, kamu juga dapat memberikannya minimal 5-6 jenis sayuran berbeda setiap hari, ya.

Apakah Bisa Memberikan Buah untuk Kelinci?

Buah Untuk Kelinci
buah untuk kelinci - i am country side

Memberikan buah-buahan juga bisa menjadi alternatif makanan bagi kelinci, walaupun porsi yang diberikan hanya sekitar 10 persen dari kebutuhan hariannya.

Dalam memberikan buah untuk kelinci sebaiknya kamu terlebih dahulu mengupas kulit dan membuang bijinya, karena berpotensi membahayakan bagi peliharaanmu ini.

Adapun beberapa jenis buah-buahan untuk kelinci, seperti:

  • Apel;
  • Ceri;
  • Pir;
  • Persik;
  • Plum;
  • Kiwi;
  • Pepaya;
  • Mangga;
  • Beri;
  • Nanas;
  • Pisang;
  • Melon;
  • Belimbing;
  • Aprikot;
  • Kismis; dan
  • Nektarin

Apakah Perlu Memberikan Suplemen untuk Kelinci?

Suplemen Untuk Kelinci
Suplemen untuk kelinci - bogor online

Penambahan suplemen sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kelinci, apalagi bagi kamu yang sedang beternak kelinci.

Dampak yang paling penting adalah pertambahan berat badan yang menjadi faktor utama untuk hewan ternak. Salah satu suplemen terbaik untuk kelinci adalah daun kelor.

Daun kelor merupakan tanaman yang banyak berada di pekarangan rumah. Biasanya dipakai sebagai pagar hidup atau pembatas lahan dari rumah satu ke rumah sebelahnya.

Daun kelor ini banyak dimanfaatkan oleh peternak kelinci karena mengandung nutrisi yang tinggi.

Berbagai hasil penelitian melaporkan bahwa hewan ternak yang diberi suplemen daun kelor akan meningkat berat badannya dibandingkan hanya mengkonsumsi rumput atau tanaman hijau lainnya.

Bukan hanya kelinci saja, namun peternak lain seperti peternak sapi juga sering memanfaatkan daun kelor sebagai suplemen penambah berat badan.

Faktanya, kelinci menyukai daun kelor yang diberikan dalam bentuk kering ketimbang yang basah atau masih segar.

Hal ini dikarenakan daun kelor segar memiliki aroma yang cukup menyengat sehingga mengurangi nafsu makan kelinci. Untuk itu biasanya petani memberikan daun kelor kering sebagai tambahan makanannya.

Porsi daun kelor yang kamu berikan itu tergantung pada ketersediaan dan kebutuhan kelinci ternak tersebut. Biasanya para petani cukup memberikan sekitar 10 - 30 g daun kelor untuk satu ekor kelinci per harinya.

Selain itu, daun kelor juga dapat diolah menjadi bentuk tepung untuk digunakan sebagai campuran makanan yang biasa kamu berikan untuk kelinci ternak.

Mengenal Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci dan Bahayanya

Makanan Yang Tidak Boleh Untuk Kelinci
makanan yang tidak boleh untuk kelinci - bunny bites

Walau hampir bisa melahap berbagai jenis sayur dan buah yang mudah ditemukan di sekitarmu, namun bukan berarti kelinci mampu mencerna segala makanan yang diberikan padanya, ya.

Ada pula beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan kelinci yang bukan hanya menyebabkan masalah kesehatan, namun juga bisa mengakibatkan kematian. Apa sajakah itu?

1. Alpukat

Jenis makanan paling berbahaya yang disebabkan kandungan persin yang sangat beracun bagi kelinci. Dosis persin yang berlebih bisa menyebabkan masalah pernapasan, gagal jantung, hingga kematian.

2. Biji Buah-Buahan

Seperti pada biji apel yang mengandung senyawa amygdalin yang dapat berubah menjadi hidrogen sianida pada sistem pencernaan. Sebaiknya buang biji pada buah sebelum memberikan pada kelinci.

3. Coklat

Makanan ini mengandung teobromin dan kafein yang dapat menyebabkan reaksi, seperti diare, kegelisahan, menggeliat, gemetar, dan suhu tinggi yang berbahaya. Kandungan gula yang tinggi juga bisa memperparah kondisinya.

4. Makanan Anjing atau Kucing

Hal ini bisa terjadi apabila pemilik memeliharanya bersama dengan anjing atau kucing. Kandungan protein yang tinggi dalam makanan anjing dan kucing dapat menyebabkan batu ginjal hingga infeksi saluran kemih.

5. Selada Iceberg

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, selada memang aman untuk dijadikan sebagai makanan kelinci. Namun, tidak semua jenis selada cocok dikonsumsi kelinci, salah satunya selada iceberg.

Alasannya, selada iceberg memiliki kandungan bahan kimia yang bisa menyebabkan kelinci terkena diare hingga kematian. Bahaya sekali, ya.

Jadi, kalau kamu ingin memberikan selada kepada kelinci, pastikan untuk mengetahui dulu jenis seladanya. Kalau ternyata selada tersebut adalah selada iceberg, maka urungkan niatmu untuk memberi daripada nanti menyesal.

6. Bawang-bawangan

Selain selada iceberg, kelinci tidak dibolehkan untuk mengonsumsi berbagai jenis bawang-bawangan, seperti bawang merah, bawang putih hingga bawang bombay.

Sebab, bawang-bawangan bisa membuat kelinci terkena anemia hemolitik alias kehilangan sel darah merah. Akibatnya, kelinci peliharaan kamu akan mengalami pusing, lemah hingga menyebabkan kematian kalau tidak segera diobati.

7. Rhubarb

Sayuran rhubarb memiliki kandungan oksalat tinggi yang dapat mempersulit penyerapan kalsium, sehingga rhubarb termasuk ke dalam jenis sayur yang tidak boleh untuk kelinci.

Tak hanya itu, rhubarb juga bisa menyebabkan keracunan pada kelinci, sehingga sayuran ini harus dihindarkan dari kelinci kesayangan kamu.

8. Daun Kentang

Daun kentang memiliki kandungan racun, sehingga jangan sampai kamu memberikannya pada kelinci tercinta.

Walaupun cuma sedikit, efek racun yang ada pada daun ini akan membuat kondisi kesehatan kelinci menjadi melemah. Jangan sampai kamu menyesal karena tidak mengetahuinya, ya.

Nah, itulah dia beberapa jenis sayuran untuk kelinci yang bisa kamu berikan sebagai makanan utamanya sehari-hari, nih.

Kira-kira kelinci peliharaanmu sudah terbiasa diberi makan apa nih? Apakah ada makanan diatas yang sering kamu berikan? Kira-kira kelinci peliharaanmu sudah terbiasa diberi makan apa nih?

Apakah ada makanan diatas yang sering kamu berikan? Jika belum, mulai sekarang kamu bisa memberikan makanan yang sudah PetPi rekomendasikan ya.

Selain mengenali tipe dan porsinya, kamu juga harus selalu menjaga kebersihan makanan kelinci segar agar terhindar dari bahaya pestisida dan zat beracun lainnya. Semoga bermanfaat! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kelinci terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Rabu, 24 Februari 2021, 19:30 WIB
Update pada: Selasa, 18 Oktober 2022, 18:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://rabbit.org/suggested-vegetables-and-fruits-for-a-rabbit-diet/
  • https://www.livescience.com/28162-rabbits.html
  • https://www.petmd.com/rabbit/nutrition/evr_rb_what-do-you-feed-a-rabbit
  • https://www.rabbitcaretips.com/foods-fatal-to-rabbits/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar