Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Sabtu, 12 Desember 2020, 16:00 WIB

Agar Tidak Bau, Ini Cara Membersihkan Kandang Kelinci Secara Teratur

Agar Tidak Bau, Ini Cara Membersihkan Kandang Kelinci Secara Teratur

cara membersihkan kandang kelinci - small pets

Menjaga kebersihan kandang kelinci menjadi salah satu faktor penting untuk perawatannya. Berikut ini adalah cara membersihkan kandang kelinci secara rutin

Kelinci adalah hewan lucu yang sebenarnya relatif bersih. Kelinci sama dengan kucing yang bisa membersihkan dirinya sendiri dengan cara self grooming. Walaupun begitu, sama dengan hewan lainnya, kelinci tidak bisa membersihkan kandang tempat ia tinggal.

Hal ini yang harus kita perhatikan untuk membersihkan kandang kelinci secara teratur dan rutin. Kebersihan kandang juga menjadi cerminan bahwa kelinci yang kita pelihara juga hidup dengan sehat. 

Nah, membersihkan kandang kelinci juga ada tips dan aturan yang berlaku. Tidak bisa kamu membersihkan kandang kelinci dengan cara yang sembarangan.

Hal ini untuk memberikan kelinci kenyamanan hidup di tempat tinggal yang bersih dan nyaman. Apa saja langkah-langkah cara membersihkan kandang kelinci? Mari kita lihat tipsnya berikut ini.

Cara Membersihkan Kandang Kelinci Agar Tidak Bau

Cara Membersihkan Kandang Kelinci
cara membersihkan kandang kelinci - animallama

Sejujurnya tidak ada yang suka membersihkan kandang kelinci peliharaan kita sendiri, karena pasti akan merepotkan kita dan bau yang tidak sedap akan kita dapat. Nah, membersihkan kandang kelinci sebenarnya tidak ada aturan pasti kapan harus segera dibersihkan.

Pada umumnya, biasanya hanya dilakukan seminggu sekali, namun jika kelinci peliharaanmu tidak terlatih bersih dan ukuran kandang yang terlampau kecil, mungkin membersihkan kandang kelinci harus dilakukan setiap hari.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kelinci lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Membersihkan Kandang Kelinci Harian

Lakukan kegiatan ini agar kandang kelinci bisa terlihat bersih dan harum setiap harinya. Berikut langkah-langkah dalam membersihkan kandang kelinci yang dapat dilakukan harian.

  • Pertama-tama kamu harus mengeluarkan kelinci terlebih dahulu dari kandang agar mudah membersihkan kandangnya.
  • Kedua, keluarkan makanan segar yang tidak dimakan setiap harinya. Hal ini untuk menghindari makanan kelinci yang basi saat dikonsumsi. Kamu bisa melakukan ini paling tidak dua kali dalam sehari, pagi hari dan malam hari.
  • Cuci dan isi ulang botol minuman kelinci. Sikat botol sampai bersih sebelum ditaruh di dalam kandang kelinci lagi.
  • Bersihkan noda kecil seperti tumpahan air atau gumpalan urine yang berada di luar litter box yang kamu sediakan. Sebaiknya ganti area ini dengan rumputan kering atau alas tidur lainnya.
  • Bersihkan litter box dan gantikan dengan pasir yang baru secukupnya untuk memberikan kenyamanan dan kebersihan kandang kelinci.

Membersihkan Kandang Kelinci Mingguan

Selain membersihkan secara harian, perlu juga untuk kamu untuk membersihkan kandang kelinci secara mingguan. Banyak hal yang bisa kamu bersihkan, yang pasti hal ini bisa kamu lakukan dalam seminggu sekali.

  • Lepaskan semua aksesoris dan mainan dari kandang kelinci.
  • Cuci dan gosok wadah makanan dengan sabun yang ramah dengan hewan. Jangan lupa dibilas sampai bersih sehingga tidak tersisa lagi sabun di dalam wadahnya.
  • Angkat dan cuci semua alas tidur kain dari kandang kelinci. Ganti alas tempat tidur kelinci dengan kain atau alas yang bersih.
  • Bersihkan kandang dengan air panas dan gunakan cuka untuk menghilangkan bekas urin yang membandel. Jika kamu memiliki kandang yang lebih kecil, kamu bisa membongkar dan membilasnya dengan air atau selang hingga bersih.
  • Sebaiknya kamu mendesinfektan kandang kelinci seminggu sekali untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang masih menempel di dalam kandang. Setelah itu jangan lupa bersihkan kandang yang sudah di disinfektan tadi dengan air bersih.

Kapan Harus Mengganti Litter Box Kelinci?

Kapan Harus Mengganti Litterbox?
kapan harus mengganti litterbox? - petlifebuzz

Seperti yang kita sudah jelaskan tadi di atas, kotak pasir sebenarnya harus diperiksa dan dibersihkan setiap harinya. Ini tidak hanya membantu untuk menjaga kebersihan, namun juga penting untuk memantau keluarnya urin dan kotoran kelinci.

Fungsinya untuk melihat apakah ada masalah kesehatan pada kelincimu jika tidak ada kotoran yang ia buang setiap harinya.

Frekuensi penggantian dan pembersihan litter box ini tergantung pada jenis dan jumlah pasir yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan pasir kotoran yang dangkal, kamu biasanya akan mengganti litter box ini setiap hari.

Namun jika kamu menggunakan lebih banyak pasir untuk membuat lapisan yang lebih dalam, kamu cukup membersihkan kotoran dan gantilah pasir ini secukupnya.

Nah itulah dia cara membersihkan kandang kelinci sesuai dengan waktu yang bisa kamu jadwalkan.  Dengan membersihkannya secara rutin, diharapkan kelinci bisa mendapatkan lingkungan kandang yang nyaman dan bersih.

Hal itu bisa mendukung kelinci untuk tumbuh lebih sehat lho. Share artikel ini jika berkenan pada teman-teman pecinta kelinci lainnya ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kelinci terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id.wikihow.com/Membersihkan-Kandang-Kelinci
  • https://www.thesprucepets.com/rabbit-cages-cleaning-tips-1239301

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar