Hari ini: Minggu, 16 Mei 2021
Minggu, 30 Agustus 2020, 19:00 WIB

Bagaimana Cara Memandikan Kelinci dengan Benar dan Praktis? Ini Tutorial dan Tipsnya

Bagaimana Cara Memandikan Kelinci dengan Benar dan Praktis? Ini Tutorial dan Tipsnya

Cara memandikan kelinci - unsplash

Kelinci kamu sudah bau dan terlihat kusam? Jangan takut memandikannya, karena kamu bisa lihat cara memandikan kelinci dengan baik dan benar berikut ini

Kelinci menjadi salah satu binatang yang lucu dan menggemaskan banyak orang. Tidak salah bagi para pecinta hewan, kelinci kini telah menjadi idola untuk menjadi hewan yang dipelihara. Sama seperti hewan lainnya, kelinci juga membutuhkan perawatan harian dan kasih sayang dari sang pemilik.

Siapapun yang memelihara hewan ini, sudah menjadi hal yang wajib untuk merawatnya dengan baik agar terhindari dari penyakit. Salah satu perawatan yang membuatnya selalu sehat adalah dengan cara memandikan kelinci.

Dengan memandikannya, kelinci peliharaanmu diharapkan tidak tertular penyakit dari bakteri atau virus yang ada disekitar rumahmu.

Tentu saja memandikan kelinci tidak boleh sembarangan sebagaimana memandikan kucing ataupun anjing. Sebab memandikan kelinci memerlukan teknik khusus yang wajib kamu perhatikan.

Kira-kira bagaimana cara memandikan kelinci yang benar? Yuk simak selengkapnya informasi berikut ini

Bagaimana Cara Memandikan Kelinci yang Benar?

Cara Memandikan Kelinci
cara memandikan kelinci - narvii

Panduan cara memandikan kelinci ini bisa dipakai oleh semua jenis kelinci ya secara umum. Kamu bisa pakai tutorial ini dengan memperhatikan langkah demi langkah dengan baik ya.

Berikut ini tutorial cara memandikan kelinci yang benar.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kelinci lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Menyediakan Perlengkapan Mandi

Langkah awal untuk memandikan kelinci ialah mempersiapkan perlengkapannya terlebih dahulu. Jangan sampai ada perlengkapan yang tertinggal ya.

  1. Bak mandi, berfungsi sebagai penadah air saat memandikan kelinci.
  2. Air hangat, untuk membilas kelinci dari kotoran yang ada di tubuhnya.
  3. Handuk kering, untuk mengeringkan badan kelinci setelah mandi.
  4. Shampo khusus kelinci, carilah shampo yang memang dikhususkan untuk hewan.
  5. Hairdryer, membantu mengeringkan bulu kelinci yang masih basah.
  6. Sisir, untuk mengatasi bulu kelinci yang kusut supaya kembali halus.
  7. Cotton bud, untuk membersihkan kotoran pada telinga kelinci.
  8. Kapas, untuk menutup telinga kelinci saat dimandikan.
  9. Gunting kuku khusus kelinci, untuk memotong kuku-kuku kelinci supaya tidak tajam.

Beberapa alat di atas diharapkan semuanya bisa kalian siapkan, karena semuanya cukup penting untuk membersihkan tubuh kelinci sampai benar-benar bersih.

Jika semua peralatan sudah siapkan, mari kita lanjut ke tahap selanjutnya ya.

Mengisi Air Hangat ke Dalam Wadah

Setelah itu kamu bisa menuangkan air panas ke dalam bak mandi yang sudah disiapkan sebelumnya. Masaklah air hangat yang tidak terlalu panas, karena terlalu panas akan membuat kelinci juga tidak nyaman.

Tuangkan air hangat kira-kira sekitar setengah badan kelinci

Masukan Kelinci Pelan ke dalam Bak Mandi

Jika air hangat sudah dituangkan ke dalam bak mandi, kamu sebaiknya mengecek kembali suhu dari air hangat itu, apakah suhunya terlalu panas atau sudah cukup.

Setelah itu ambil kelinci di dalam kandang dengan posisi kelinci membelakangimu. Cara ini supaya kelinci tidak berontak saat dimandikan.

Sebelumnya kamu harus menutup telinga kelinci dengan kapas yang sudah dibentuk menjadi bola-bola kapas.

Tujuannya untuk mencegah air masuk ke dalam telinga kelinci saat dimandikan. Jika kamu sudah terbiasa memandikan kelinci, kamu tidak membutuhkan kapas sebagai penutup telinga kelinci ya.

Siram dan Basuh Kelinci Hingga Merata

Jika kelinci sudah masuk ke dalam bak mandi, kamu biarkan beberapa detik sampai ia bisa beradaptasi dengan air hangat. Lalu mulai pelan basuh kelinci dengan air hangat sambil diusap-usap secara merata.

Pijat-pijat sedikit biar merata ke sampai kulit ke bagian dalam, tapi ingat jangan sampai masuk ke lubang hidung, mata atau lubang telinga dari si kelinci ya. Itu bisa membuat kelincimu trauma apabila dimandikan.

Cara Memandikan Kelinci Selanjutnya...

Berikanlah Shampo Pada Kelinci

Memandikan Kelinci Dengan Benar
Berikanlah shampoo khusus kelinci - pinimg

Memberikan shampo adalah bagian paling terpenting saat memandikan kelinci. Namun sebelumnya kamu harus memperhatikan shampo yang diberikan untuk kelinci peliharaanmu ini.

Kamu harus memilih shampo yang dikhususkan untuk hewan agar mata hewan bisa terhindar dari busa yang pedih.

Jika tidak ada, pilihlah shampo bayi untuk meminimalisir busa pedih yang bisa saja terkena mata. Tuangkan shampo sedikit ke tanganmu, lalu usap-usap dan pijat secara merata ke seluruh tubuh kelinci.

Jangan lupa kamu juga harus membersihkan area yang sulit untuk dijangkau seperti bagian belakang telinga, selangkangan, dan telapak kaki sehingga seluruh badan kelinci semuanya menjadi bersih.

Membilas Tubuh Kelinci Sebelum Mengeringkannya

Setelah semua tubuh kelinci dibersihkan, tugas kamu kali ini membilasnya hingga bersih sampai tak tersisa busa dari shampo yang tadi kita berikan.

Usap seluruh tubuh dengan air bersih yang hangat sampai ke seluruh tubuh sampai tidak ada busa sama sekali.

Jika dirasa sudah bersih, kamu tinggal memindahkan kelinci ke tempat yang kering. Lalu mulai lap kelinci dengan handuk kering yang sudah disiapkan sebelumnya sampai tidak ada butiran air pada bulu-bulu kelinci.

Keringkan Kelinci dengan Hairdryer

Hairdryer memang tidak menjadi benda yang wajib saat membersihkan kelinci, namun usahakan ada benda ini untuk mempermudah kamu mengeringkan tubuh kelinci yang sudah dimandikan tadi.

Atur hairdryer di power yang rendah guna mengurangi kebisingan sehingga membuat kelinci itu nyaman.

Jika kamu tidak memiliki hairdryer, kamu bisa menggunakan handuk kering yang dijemur terlebih dahulu di sinar matahari pagi sehingga membuat handuk akan lebih hangat dan memudahkan kamu untuk mengeringkan bulu kelinci.

Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Setelah seluruh tubuh kelinci kering, tugasmu tidak berhenti sampai disini. Ada tugas yang tidak kalah penting yaitu, membersihkan telinga kelinci dengan cotton bud. Berikan sedikit baby oil pada cotton bud untuk mempermudah kamu untuk mengambil kotorannya.

Bersihkan sampai bersih karena kotoran pada telinga mengandung bakteri yang bisa membawa penyakit bagi si kelinci.

Gunting Kuku Kelinci dan Sisir Bulunya

Langkah yang paling terakhir adalah menyisir bulu kelinci dengan sisir hewan yang sudah disiapkan. Sisir khusus untuk bulu hewan ini bisa mengurai bulu yang kusut pada kelinci. Jika kamu merasa bulu kelinci terlalu panjang, kamu juga boleh memotongnya dengan rapi.

Selesai itu, kamu bisa gunting kuku kelinci yang dirasa sudah panjang. Hindari gunting kuku kelinci terlalu pendek, karena membuat kelinci tidak nyaman dan merasa sakit.

Jangan memotong kuku kelinci apabila kelinci sedang mengandung anaknya. Karena kuku kelinci yang panjang digunakan untuk menggali lubang saat ia bersarang.

Nah itulah dia tutorial cara memandikan kelinci yang benar sesuai dengan langkah-langkah yang berurutan. Cara ini bisa kamu modifikasi jika kamu sudah paham betul memandikan kelinci kesayanganmu.

Sayangi hewan peliharaan kalian seperti anak sendiri ya. Jangan biarkan dirinya kotor, karena jika kotor, kelinci rawan terkena penyakit. Sekian informasi dari PetPi, semoga informasinya bermanfaat ya!

VIDEO: Gak Cuma Asal! Begini Cara Praktis Memandikan Kelinci Dengan Benar

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kelinci terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://kelincipedia.com/cara-memandikan-kelinci/
  • https://okdogi.com/cara-memandikan-kelinci/
  • https://pethelpful.com/rabbits/How-to-Groom-Your-Rabbit-A-Complete-Guide
  • https://therabbithaven.org/rabbit-grooming-basics#:~:text=During%20the%20heavy%20part%20of,which%20may%20hurt%20their%20skin.
  • https://www.hobinatang.com/2017/05/cara-memandikan-kelinci-yang-tepat.html
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar