Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Minggu, 06 Desember 2020, 16:00 WIB

Pecinta Kelinci, Wajib Paham Cara Berkomunikasi Kelinci Lewat Bahasa Tubuhnya!

Pecinta Kelinci, Wajib Paham Cara Berkomunikasi Kelinci Lewat Bahasa Tubuhnya!

cara kelinci berkomunikasi - bluecross

Pecinta kelinci harus memahami bagaimana cara kelinci berkomunikasi dengan sesama lewat bahasa tubuhnya agar tau keinginan kelinci yang sebenarnya

Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang digemari oleh orang Indonesia. Bentuk dan tingkah lakunya yang lucu menjadi alasan utama kenapa banyak orang memelihara kelinci. Bahkan sudah banyak pecinta kelinci yang justru menernak kelinci untuk dijadikan keuntungan.

Berbicara tentang kelinci, banyak keunikan yang bisa kamu temukan pada hewan ini. Salah satunya dengan tingkah lakunya yang menggemaskan. Terkadang ia melompat-lompat seperti sedang merasakan kegembiraan yang diterima.

Nah, karena kelinci cenderung hewan yang diam dan tidak mengeluarkan suara. Lantas bagaimana cara mereka untuk berkomunikasi antar sesama? Apakah sebenarnya kelinci ini tidak saling berkomunikasi?

Hmm daripada saling mengira-ngira mending ikutin aja informasi cara berkomunikasi kelinci berikut ini.

Cara Berkomunikasi Kelinci Lewat Bahasa Tubuh

Cara Kelinci Berkomunikasi Lewat Bahasa Tubuh
cara kelinci berkomunikasi lewat bahasa tubuh - bluecross

Bahasa tubuh kelinci memang sangat rumit untuk dipahami. Kelinci akan mengkomunikasikan banyak informasi dengan cara memposisikan dan menggerakkan tubuhnya.

Seharusnya pemilik yang sudah berpengalaman akan membaca sinyal dari bahasa tubuh kelinci ini dengan baik. Berikut beberapa bahasa tubuh kelinci yang bisa kita pahami.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kelinci lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Menghentakkan Kaki

Ketika kelinci menghentakkan kaki ke tanah dengan kaki belakangnya, mungkin bisa jadi terdengar suara yang cukup keras dari hentakan kakinya.

Ini cara kelinci mengkomunikasikan informasi kepada kelinci lain bahwa ada bahaya yang ada disekitar mereka. Terkadang ini juga bisa diartikan bahwa kelinci sedang kesal. 

Gigi yang Menggemertak

Gerak gigi yang lembut hampir terdengar seperti kucing mendengkur adalah salah satu sinyal atau cara mereka berkomunikasi.

Ini bisa jadi dua pertanda, jika ia menggerakkan gigi dengan lembut berarti tandanya ia mendapatkan kenyamanan, namun saat dia menggemertakkan gigi dengan kencang, berarti ada kelinci sedang mengalami kesakitan dan harus segera dibawa ke dokter hewan.

Menggosok Dagu

Kamu mungkin sering melihat jika kelinci sering menggosokkan dagunya pada benda atau bahkan kepada orang lain. Kelinci memiliki kelenjar aroma di dagunya yang mereka gunakan untuk menandai wilayah atau benda yang ia sukai.

Saat kelinci menggosokkan dagunya, berarti ia memberikan sinyal bahwa benda atau wilayah yang digosok adalah miliknya.

Binkying atau melompat

Mungkin kamu tidak familiar dengan istilah ini. Binkying adalah ekspresi saat kelinci sedang menggambarkan kegembiraan atau semangat yang ia rasakan.

Saat melakukan gerakan Binkying, kelinci tampak akan seperti menari sambil melompat. Kelinci akan melompat berkali-kali, menggerakkan tubuhnya lalu menggoyangkan kepalanya berkali-kali seperti lompat kegirangan.

Buzzing atau Berdengung

Terkadang kelinci yang bersemangat dan antusias terhadap sesuatu akan mengeluarkan suara honking/buzzing (semacam dengungan) ketika berputar-putar. Hal ini dilakukan untuk memberi tahu bahwa ia sedang merasakan kegembiraan.

Bukan hanya itu saja, ternyata berdengung juga sebagai tanda untuk menarik lawan jenisnya untuk kawin.

Tiba-tiba Jatuh

Tingkah kelinci memang aneh, termasuk tingkah kelinci yang satu ini. Kelinci yang sedang duduk diam atau sedang berdiri mungkin tiba-tiba akan jatuh ke samping dan berbaring terdiam.

Jika kita tidak tahu, pasti akan melihat hal kondisi ini memprihatinkan atau aneh. Padahal sebenarnya tingkah seperti ini menandakan bahwa kelinci sedang ingin merelaksasi total tubuhnya. 

Menggigit

Harusnya ini adalah bahasa tubuh kelinci yang mudah kamu pahami. Kelinci yang menggigit adalah cara kelinci untuk mencari perhatian dengan menggunakan cara yang ekstrim.

Ini merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari. Sebaiknya latih lah kelinci untuk tidak terbiasa melakukannya. Perilaku agresif seperti ini biasanya akan hilang ketika ia di sterilisasi.

Nah itulah dia beberapa bahasa tubuh kelinci yang bisa kamu pahami. Sebagai pecinta kelinci pemula, kamu sebaiknya bisa memperhatikan bahasa tubuh kelinci di atas supaya bisa lebih memahami lagi apa kemauan dari kelinci tersebut.

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa share artikel ini kepada sesama pecinta kelinci lainnya ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kelinci terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://www.leniwijayanti.com/2011/10/belajar-bahasa-kelinci.html
  • https://www.rabbitcaretips.com/how-do-rabbits-communicate-with-each-other/
  • https://www.thesprucepets.com/rabbit-communication-basics-1239300
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar