Hari ini: Minggu, 16 Mei 2021
Minggu, 18 Oktober 2020, 16:00 WIB

Berapa Lama Kelinci Hamil? Ini Jawaban Lengkap dan Cara Merawatnya

Berapa Lama Kelinci Hamil? Ini Jawaban Lengkap dan Cara Merawatnya

Sudah mulai terlihat tanda-tanda kehamilan pada kelinci kamu? Yuk ketahui berapa lama kelinci hamil dan cara perawatannya agar kamu siapkan dengan baik

Kelinci adalah salah satu mamalia yang cukup produktif. Mamalia yang lucu ini bisa mengalami siklus kehamilan selama 5 kali dalam rentang waktu satu tahun.

Dalam satu kali kehamilan, kelinci mampu melahirkan setidaknya 3 hingga 15 ekor kelinci tergantung beratnya saat sedang mengandung. Ditambah lagi masa suburnya sangat begitu cepat.

Hanya dalam waktu 5 bulan saja, kelinci betina sudah siap dikawinkan atau dibuahi oleh kelinci jantan. Tidak cuma itu, lebih hebatnya lagi kelinci bisa dibuahi lagi 15 hari setelah ia melahirkan.

Berarti tandanya hanya butuh sekitar 2 mingguan untuk ia melahirkan lagi. Maka dari itu hewan peliharaan yang lucu ini memang dikategorikan sebagai hewan yang produktif.

Banyak orang yang bertanya berapa lama kelinci hamil dan mengandung bayinya? Pertanyaan ini seringkali muncul oleh beberapa pemilik kelinci pemula yang baru pertama kali mengkawinkan kelincinya.

Nah, sebelum kamu tahu berapa lama kelinci hamil, kamu harus cari tau dulu apakah kelinci kamu benar-benar sedang hamil ataukah hanya mengalami kegemukan saja.

Ciri-Ciri Kelinci Hamil

Kelinci Hamil Berapa Lama? - Petsial.com
kelinci hamil berapa lama? - petsial.com

Buat kamu para pemula yang baru pertama kali memelihara kelinci, tentunya sangat penting untuk kamu tau ciri-ciri kelinci yang sedang hamil. Dengan begitu kamu tidak usah menerka lagi dan bisa mempersiapkan kandang untuk tinggal anak-anak kelinci yang akan dilahirkan.

Berikut adalah ciri-ciri kelinci yang sedang hamil:

  • Perut membuncit sesuai dengan usia kehamilan
  • Mulut berwarna merah
  • Nafsu makan meningkat
  • Kelinci yang hamil pertama akan lebih agresif
  • Suka mengorek tanah disekitar tempat tinggalnya
  • Bulu kelinci akan mengalami rontok
  • DLL

Untuk lebih jelasnya mengenai keterangan detail dari beberapa ciri-ciri kelinci yang hamil di atas, kamu bisa cek artikel PetPi yang sebelumnya tentang ciri-ciri kelinci hamil. Di sana sudah dijelaskan dengan sangat detail ciri-ciri kelinci yang sedang mengandung anaknya.

Bahkan ada tips mengetahui ciri kelinci hamil jika tidak terdeteksi dari ciri-ciri yang sudah disebutkan sebelumnya.

Berapa Lama Kelinci Hamil?

Berapa Lama Kelinci Hamil?
Berapa lama kelinci hamil? - ltmcn.com

Banyak pertanyaan yang sering PetPi dapatkan pada halaman Facebook PetPintar tentang berapa lama kelinci mengandung anaknya.

Dalam beberapa sumber yang PetPi dapatkan, lama kelinci mengandung sekitar 29 - 35 hari. Namun rata-rata kehamilan kelinci terjadi pada 31 hari setelah kelinci betina dibuahi oleh kelinci jantan.

Nah, jika kelinci kamu pada hari ke 33 belum lahiran, ada baiknya kamu bisa berkonsultasi ke dokter karena biasanya kelinci yang lahir setelah hari ke 33 akan sedikit mengalami gangguan.

Jika kamu tidak ingin kehilangan anak bayi kelinci, sebaiknya kamu segera ke dokter hewan terdekat untuk mencari tahu masa kehamilannya.

Kandang untuk Kelinci Hamil

Kandang Untuk Kelinci Hamil
Kandang untuk kelinci hamil - speciesconfusion.wordpress.com

Hal yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan kelahiran kelinci yang hamil adalah sarang atau tempat tinggalnya.

Kamu bisa mempersiapkan ruang untuk sarang kelinci yang cukup untuk menampung semua bayi kelinci yang akan dilahirkannya. Sekali kelinci mengandung, ia bisa mempunyai 15 bayi yang harus dipersiapkan tempat untuknya.

Buatlah beberapa kotak sarang yang mudah untuk kamu bersihkan di sekeliling kandang kelinci. Kamu bisa membuatnya dari beberapa kotak untuk kotoran kucing yang diisi jerami sehingga lebih mudah ketika kamu nanti ingin membersihkan.

Pemilihan kotak plastik ini digunakan karena mudah untuk dibersihkan ketimbang kamu memilih bahan dari kayu untuk membuat kotak sarangnya.

Makanan untuk Kelinci Hamil

Makanan Untuk Kelinci Hamil
Makanan untuk kelinci hamil - rabbitvideos.com

Kelinci hamil dan sedang menyusui biasanya akan mengonsumsi lebih banyak makanan karena mereka juga memberi makan anaknya. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan makanan kelinci yang mengandung nutrisi yang baik untuk si ibu kelinci tersebut.

Hindari memakan makanan seperti rumput liar yang bisa saja menjadikan kotorannya lunak.

Hal itu bisa mengganggu pencernaan kelinci karena bisa saja ia akan terkena penyakit diare. Campurkan beberapa makanan pengganti seperti jerami alfalfa dengan sayuran yang bisa kamu berikan. Jangan lupa untuk memberikan air di dalam tempat minumnya supaya dia terhindar dari dehidrasi.

Nah itulah dia jawaban dari pertanyaan berapa lama kelinci hamil yang sudah PetPi jawab di atas. Dengan mengetahui hal-hal yang sudah PetPi jelaskan, kamu akan bisa lebih peduli terhadap kelahiran si kelinci dan mempersiapkannya dengan baik.

Jika artikel ini memang bermanfaat, kamu bisa share ke teman-teman kamu sesama pecinta kelinci ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kelinci terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id.wikihow.com/Mengetahui-Kehamilan-Kelinci
  • https://www.petplan.co.uk/pet-information/blog/a-guide-to-rabbit-pregnancy/
  • https://www.thesprucepets.com/pregnancy-in-rabbits-4171961
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar