Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Sabtu, 13 Maret 2021, 16:00 WIB

Cara Membuat Kandang Kelinci, Dijamin Mudah dan Murah!

Cara Membuat Kandang Kelinci, Dijamin Mudah dan Murah!

Cara Membuat Kandang Kelinci - pinterest

Mau pelihara kelinci di rumah tapi harga kandangnya lumayan menguras kantong? Mending bikin sendiri, ini cara membuat kandang kelinci sederhana!

Punya rencana untuk memelihara kelinci di rumah? Atau justru punya niatan untuk ternak kelinci? Sudah punya kandangnya belum? Kalau belum, lebih baik buat sendiri!

Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan alternatif selain kucing dan anjing. Wajahnya lucu dan gerakannya yang menggemaskan menjadi alasannya. Banyak juga yang menternakkan berbagai macam kelinci hias ataupun kelinci pedaging.

Mau dipelihara untuk tujuan apapun, kelinci membutuhkan yang namanya kandang. Tidak perlu mengeluarkan uang, Sobat Pintar bisa membuatnya sendiri!

Bagaimana caranya? Inilah cara membuat kandang kelinci sederhana yang bisa dilakukan di rumah!

Cara Membuat Kandang Kelinci

Cara Membuat Kandang Kelinci
cara membuat kandang kelinci dan mempersiapkannya - dave hood photograhy

Mau apapun bahan atau material yang akan kamu gunakan dalam membuat kandang kelinci, cara pembuatannya kurang lebih sama. 

Pertama, PetPi akan jelaskan dulu bagaimana cara membuat kandang kelinci secara umum. Baru setelah itu PetPi akan jelaskan bagaimana cara membuatnya tergantung dari bahan yang dipilih.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kelinci lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Menyiapkan Bahan dan Peralatan

Hal pertama yang butuh kamu lakukan adalah menyiapkan segala bahan dan peralatan. Tentukan kamu ingin membuat kandang dari bahan apa dan sediakan dalam jumlah yang cukup.

Bahan yang sering digunakan antara lain bambu, kayu, kelinci, hingga kawat. Untuk alasnya, biasanya menggunakan asbes. Asbes juga kerap dimanfaatkan sebagai atap kandang.

Jangan lupa siapkan perkakas seperti palu, paku, dan gergaji. Untuk nominal biaya yang harus digunakan variatif, namun kurang lebih kamu butuh dana ratusan ribu untuk membuat satu kandang kelinci.

2. Menentukan Desain Kandang

Hal lain yang tak kalah penting adalah menentukan desain kandang yang ingin kamu buat. Apakah kamu ingin kandang yang berbentuk kotak atau yang berbentuk seperti rumah? Semua tergantung seleramu.

Ukuran kandang yang dibuat juga berdasarkan jenis kelinci yang kamu pelihara. Jangan sampai kamu membuat kandang berukuran kecil untuk kelinci berukuran besar seperti Giant Flemish.

3. Membuat Kerangka Kandang

Setelah menyiapkan semua bahan dan menentukan pilihan desain kandang, yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah membuat kerangka kandang.

Ukurannya tergantung dari seberapa besar kandang yang ingin kamu buat, tapi rata-rata kerangka kandang memiliki tinggi sekitar 75 cm, panjang sekitar 100 cm, dan lebar sekitar 50 cm.

Sekali lagi, ukuran kandang ini tergantung dari seberapa besar kandang yang ingin kamu buat.

4. Finishing dan Peletakkan Kandang

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah melakukan finishing dengan membuat sisi-sisi kandang beserta alas dan atapnya.

Lokasi kandang juga tidak kalah penting. Kamu bisa memilih mau meletakkannya di dalam atau di luar rumah. Usahakan suhu di sekitar kandang memilki hawa yang sejuk dengan kelembaban yang cukup.

Selain itu, lokasi kandang juga mempengaruhi apakah suatu kandang butuh atap atau tidak. Jika di dalam rumah, kamu tidak perlu membuat atap karena kelinci sudah terlindungi dari hujan maupun sinar matahari. 

Hanya saja, buat pagar menjadi lebih tinggi agar kelinci tidak bisa loncat dan keluar dari kandangnya.

Cara Membuat Kandang Kelinci Berdasarkan Bahannya

Cara Membuat Kandang Kelinci Dengan Berbagai Bahan
cara membuat kandang kelinci dengan berbagai bahan - pinterest

Membuat kandang kelinci hias maupun kelinci ternak bisa dibilang tidak terlalu susah dan tidak butuh modal banyak. Material yang bisa digunakan juga cukup bervariasi.

Dalam memilih jenis kandang, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan seperti banyaknya kelinci yang dipelihara dan luas area di rumahmu. Jangan sampai kamu membuat kandang yang akan membuat rumahmu terasa sempit.

Di sini, PetPi akan kasih tahu cara membuat kandang kelinci yang nyaman berdasarkan bahan-bahannya!

1. Cara Membuat Kandang Kelinci dari Kardus

Bahan pertama yang bisa kamu dapatkan dengan mudah adalah dari kardus. Kamu bisa memanfaatkan kardus bekas mie instan ataupun botol minuman untuk dijadikan kandang kelinci yang layak.

Beberapa orang membuat kandang dengan desain seperti rumah-rumahan. Mereka menggabungkan beberapa kardus agar tidak terasa sempit sekaligus memberikan rasa nyaman kepada kelinci.

Ada juga orang yang hanya membuat kandang dari kardus secara apa adanya. Tidak ada detail tambahan untuk mempercantik kandang, hanya kota yang dilapisi oleh rerumputan atau kain sebagai alasnya.

Agar tidak mudah rusak, gunakan kardus yang tebal atau rekatkan beberapa kardus dengan menggunakan lem. Kamu akan sering mengganti bagian alas baik karena kotoran kelinci yang menumpuk maupun kebiasaan kelinci untuk menggali-gali kandangnya.

Hanya saja, mau sebagus apapun kandang yang terbuat dari kardus akan lebih mudah rusak. Jadi, sebaiknya kandang kardus hanya digunakan ketika kondisi darurat saja.

2. Cara Membuat Kandang Kelinci dari Bambu

Bahan yang paling umum untuk membuat kandang adalah bambu. Alasannya adalah karena harganya yang terjangkau, namun memiliki daya tahan yang baik.

Kamu hanya membutuhkan bambu dan memotongnya dengan gergaji. Ukurannya tergantung dari seberapa besar kandang yang ingin kamu buat. 

Jangan memasang bambu terlalu rapat agar kandang memiliki sirkulasi udara yang baik. Bambu juga kerap dimanfaatkan sebagai alas kandang karena bisa tahan lama.

Untuk yang mencari cara membuat kandang bertingkat dari bambu, artinya kamu mencari kandang yang dapat memuat banyak kelinci. Kamu bisa membuatnya dari bambu, tapi tetap dibutuhkan kayu dan kawat sebagai penyangganya.

Setelah membuat kerangka yang kokoh, kamu bisa memasang alas dan dinding yang terbuat dari bambu.

3. Cara Membuat Kandang Kelinci dari Kawat

Kawat galvanis adalah salah satu bahan yang kerap digunakan dalam membuat kandang kelinci. Hanya saja, jarang ada orang yang membuat kandang hanya dengan menggunakan kawat.

Kamu tetap butuh menggunakan kayu atau bambu sebagai penyangga agar kandang lebih kuat dan tidak mudah rusak. Kalau kamu ingin membuat kandang bertingkat, kayu dan bambu juga digunakan sebagai pembatas antar kandang.

Kawat akan digunakan sebagai pintunya agar kamu bisa melihat kelincimu dengan mudah. Jangan lupa untuk memberikan alas agar kamu lebih mudah membersihkan kotorannya.

4. Cara Membuat Kandang Kelinci dari Kayu

Untuk membuat kandang kelinci outdoor, bahan apa yang sebaiknya digunakan? Yang paling disarankan adalah kayu. 

Kandang kayu biasanya digunakan sebagai bahan kandang outdoor dan diletakkan di lahan yang cukup luas.

Itulah tadi beberapa cara membuat kandang kelinci berdasarkan bahan yang digunakan. Sobat Pintar bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan bahan yang tersedia di rumah.

Ketika membuat kandang kelinci untuk pertama kali, jangan heran kalau hasil karyamu tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tapi kalau sudah punya pengalaman, membuat kandang kelinci bisa selesai hanya dalam waktu beberapa jam.

Menyediakan kandang kelinci yang nyaman adalah salah satu cara perawatan kelinci yang wajib Sobat Pintar lakukan.

Ada hewan lain yang ingin Sobat Pintar buatkan kandangnya? Langsung tulis di kolom komentar, ya!

VIDEO: Mudah Banget, Begini Cara Membuat Kandang Kelinci Dari Kayu

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kelinci terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://kelincipedia.com/cara-membuat-kandang-kelinci-sendiri/
  • https://phoenixhillna.org/cara-membuat-kandang-kelinci/
  • https://sumbercenel.com/cara-membuat-kandang-kelinci/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar