Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Kamis, 27 Mei 2021, 16:00 WIB

Ini Dia 8 Jenis Rumput Makanan Kelinci Terbaik yang Disukainya

Ini Dia 8 Jenis Rumput Makanan Kelinci Terbaik yang Disukainya

rumput makanan kelinci - pinterest

Rumput makanan kelinci yang terbaik ada 8 jenis dan mudah sekali didapatkan, berikut ini beberapa rekomendasi rumput yang bisa dijadikan pilihan!

Sobat Pintar, sebagai pecinta hewan sudah pasti suka dengan kelinci. Hewan berbulu lembut dan jalannya melompat-lompat ini memang sangat menggemaskan.

Terlebih lagi kelinci juga jenis yang bisa dipelihara di rumah. Pemberian makannya pun juga tidaklah sulit, mengingat ada jenis rumput makanan kelinci yang bisa dicari dengan mudahnya untuk kebutuhan makanannya sehari-hari.

Jenis Rumput Makanan Kelinci

Rumput Makanan Kelinci
Jenis rumput makanan kelinci - family handy man

Pemberian pakan kepada kelinci memang harus sangat diperhatikan. Karena dari pakan ini membuat kelinci selalu sehat, apalagi jika Sobat Pintar memberikan pakan yang berkualitas.

Makanan kesukaan kelinci salah satunya adalah rerumputan yang mudah ditemukan disekitar kita, di mana Petpi sudah merangkum jenis rumput apa saja yang bisa Sobat Pintar berikan kepada kelinci kesayangan.

Berikut ini adalah jenis rumput makanan kelinci yang disukainya:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kelinci lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Rumput Odot

Rumput Odot Untuk Kelinci
rumput odot untuk kelinci - Kampus Tani

Jenis rumput pertama yang bisa Sobat Pintar berikan kepada kelinci adalah rumput odot. Rumput odot sendiri sudah dikenal sebagai salah satu pakan ternak yang cukup baik.

Di Amerika sendiri, rumput ini digunakan untuk pakan domba ataupun kambing. Di Indonesia sendiri rumput ini juga mudah ditemukan, bahkan untuk dikembangkan sendiri tidaklah sulit.

Kandungan protein yang ada dalam rumput odot cukup tinggi yaitu sekitar 12% hingga 14%. Kandungan ini sendiri akan membuat kelinci terjaga imun tubuhnya.

Selain itu, rumput odot memiliki tekstur yang lembut, lunak dan tidak berbulu. Sehingga cocok sekali untuk diberikan kepada kelinci.

2. Rumput Timothy

Rumput Timothy Untuk Kelinci
rumput timothy makanan kelinci - Lazada

Sering disebut sebagai rumput buntut kucing, rumput yang satu ini memiliki kualitas yang sangat baik untuk menjadi pakan kelinci.

Rumput timothy sendiri sangatlah mudah untuk ditemukan karena banyak sekali tumbuh di padang luas. Kandungan protein, serat dan mineral yang ada di rumput ini cukup tinggi. Sehingga sangat bagus untuk pencernaan kelinci.

3. Rumput Sintrong

Rumput Sintrong Untuk Kelinci
manfaat rumput sintrong untuk kelinci - planter and forester

Rumput yang bisa dijadikan pakan untuk kelinci yang selanjutnya adalah rumput sintrong. Rumput yang satu ini sering dianggap hama oleh manusia, karena memang bisa tumbuh liar di mana saja.

Namun, jika Sobat Pintar memelihara kelinci dan terdapat rumput sintrong lebih baik dimanfaatkan. Karena rumput ini sendiri memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi.

Sayangnya, perlu Sobat Pintar ketahui bahwa kandungan air dan getah dari rumput sintrong ini cukup tinggi. Sehingga Petpi menyarankan sebelum diberikan kepada kelinci kesayangan ada baiknya rumput ini dilayukan terlebih dahulu agar kandungan air dan getahnya berkurang.

Karena jika diberikan pada saat segar, bisa membuat kelinci mengalami masalah pencernaan.

4. Rumput Legetan

Rumput Legetan Untuk Kelinci
rumput legetan untuk pakan kelinci - inaturalist

Rumput legetan atau biasa dikenal sebagai rumput wedusan ini memang juga dikenal sebagai pakan kelinci. Hanya saja, rumput ini ternyata tidak begitu favorit diberikan kepada kelinci, karena rumput ini memiliki dampak buruk bagi ginjal kelinci.

Sehingga pemberiannya pun tidak bisa terlalu banyak. Mungkin kamu bisa memberikannya seminggu sekali karena rumput yang satu ini sangat baik untuk tulang dan gigi kelinci.

5. Rumput Alfalfa

Rumput Alfalfa Untuk Kelinci
rumput alfalfa pakan kelinci - biolib

Rumput makanan kelinci selanjutnya adalah rumput alfalfa. Rumput yang dipercaya merupakan jenis paling tua di bumi. Di mana rumput ini memang dikenal sebagai pakan kelinci yang terbaik.

Dalam rumput alfalfa ini terdapat kandungan protein hingga 18%. Banyak yang mengatakan bahwa rumput ini mampu meningkatkan produksi air susu untuk induk kelinci.

6. Rumput Bandotan

Rumput Bandotan Untuk Kelinci
pakan kelinci rumput bandotan - Wikimedia

Rumput Bandotan juga menjadi salah satu jenis rumput yang bisa diberikan kepada kelinci. Rumput yang satu ini sangat mudah ditemukan di mana saja bahkan di halaman rumah.

Namun, untuk pemberian rumput bandotan ke kelinci lebih baik tidak terlalu banyak karena banyak sekali kelinci yang tidak begitu suka akan rumput ini.

Jika Sobat Pintar ingin memberikan rumput bandotan, ada baiknya dalam jumlah sedikit dan dicampur dengan jenis rumput lain seperti odot atau alfalfa.

Tapi ada juga beberapa kelinci yang lahap memakan rumput yang memiliki bunga ini. Jika ingin kelinci lebih lahap makan rumput ini, ada baiknya Sobat Pintar keringkan terlebih dahulu.

7. Rumput Gulma

Rumput Gulma Untuk Kelinci
rumput gulma pakan tambahan kelinci - membangunperkebunankelapasawit

Satu jenis rumput yang sering dianggap hama tapi sangat baik untuk menjadi salah satu jenis pakan kelinci yaitu rumput gulma.

Rumput yang satu ini sendiri sering kali tumbuh di mana saja termasuk kebun atau dekat sawah. Jika ada rumput ini, biasanya akan dibabat habis karena ia adalah tanaman parasit.

Namun, jika Sobat Pintar memelihara kelinci maka bisa diberikan rumput gulma ini sebagai pakan sehari-hari.

Rumput yang satu ini cukup disenangi oleh kelinci, hanya saja perlu dicatat untuk tetap memberikan pakan tambahan agar kelinci tetap sehat.

Rumput gulma paling baik diberikan jika sudah dilayukan terlebih dahulu agar kelinci lebih lahap makannya.

8. Rumput Hay

Rumput Hay Untuk Kelinci
rumput hay pakan favorit kelinci - Kampus Tani

Jika berbicara jenis rumput yang bisa diberikan kepada kelinci selanjutnya adalah rumput hay. Rumput yang satu ini adalah jenis rumput yang sudah dikeringkan dan sangat disenangi oleh kelinci.

Rumput hay ini sendiri biasanya adalah rumput seperti odot, alfalfa, jerami ataupun timothy yang dicampur menjadi satu dan juga dikeringkan.

Makanan ini hampir cocok untuk semua jenis kelinci, di mana juga akan sangat bagus sekali kesehatan pencernaan hewan yang jalannya melompat ini.

Kebanyakan peternak kelinci berkualitas juga memberikan pakan rumput hay sekitar 80% dan sisanya diberikan pakan tambahan.

Sobat Pintar, itulah beberapa jenis rumput makanan kelinci terbaik. Di mana memang rumput-rumput tersebut sudah terbukti bisa membuat kelinci doyan makan dan juga tetap dalam keadaan sehat.

Petpi juga menyarankan untuk memberikan pakan tambahan seperti buah atau jenis sayuran lain bahkan pelet untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kelinci.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kelinci terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://www.everybodygoesblog.com/2016/06/cara-membuat-hay-rumput-pakan-kelinci.html
  • https://tipsbudidaya.com/ternak-kelinci/makanan-kelinci#:~:text=Rumput%20merupakan%20salah%20satu%20makanan%20pokok%20bagi%20kelinci.,dikeringkan.%20Hay%20berasal%20dari%20rumput%20alfafa%20atau%20timothy.
  • https://www.hobinatang.com/2018/01/rumput-pakan-kelinci-yang-bagus.html
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar