Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Sabtu, 07 Agustus 2021, 15:00 WIB

Jenis Makanan Kelinci Rex Yang Bergizi dan Baik untuk Kesehatannya

Jenis Makanan Kelinci Rex Yang Bergizi dan Baik untuk Kesehatannya

makanan kelinci rex - pet keen

Makanan kelinci rex harus mengandung nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatannya. Kamu dapat memberikan peliharaanmu makanan yang tepat berikut ini

Sobat Pintar, siapa sih disini yang tidak suka melihat seekor kelinci? Hewan ini sangat imut dan menggemaskan, membuat setiap orang menyukainya.

Kelinci termasuk hewan peliharaan jinak yang bisa dipelihara segala jenis usia, meskipun kebanyakan dipelihara oleh anak-anak.

Kini, hobi memelihara kelinci sudah mulai menyebar ke orang dewasa, seiring dengan banyaknya kemunculan kelinci hias seperti rex, anggora, dutch, himalaya, flemish giant, french lop dan sebagainya.

Nah, salah satu jenis kelinci hias yang banyak disukai di Indonesia adalah kelinci rex. Sebagai pemilik, kamu pasti ingin memberikan makanan kelinci rex yang bergizi dan baik untuk kesehatannya.

Jangan sembarangan memberikan makan pada kelinci peliharaan, ini bisa menyebabkan mereka mudah sakit dan fatalnya dapat menyebabkan kematian.

Deretan Makanan Kelinci Rex yang Paling Disukai

Makanan Kelinci Rex
makanan kelinci rex - pet keen

Kelinci rex dikenal sebagai ras kelinci yang mempunyai keistimewaan pada bulunya yang seperti beludru, terasa lembut di tangan, serta memiliki warna yang beragam dan indah.

Berikut ini beberapa warna kelinci rex:

  •       Dalmatian
  •       Broken
  •       Orange
  •       Opal
  •       Hitam
  •       Putih
  •       Coklat
  •       Dan warna-warna lainnya.

Kelinci hias ini sangat populer di Indonesia dan banyak dijadikan sebagai binatang peliharaan. Tidak sedikit pemilik yang mengikutsertakan kelinci rex dalam sebuah kontes.

Kelinci rex selain dijadikan sebagai kelinci hias juga dapat dijadikan kelinci pedaging karena memiliki bobot sekitar 3-5 kg. Supaya kelinci rex selalu sehat dan semangat, kamu harus memberikan perawatan yang tepat.

Salah satunya dengan memperhatikan makanan yang diberikan kepada hewan menggemaskan ini. Memberikan jenis makanan kelinci rex yang tepat dapat mencegah penyakit pada kelinci rex. 

Pastikan porsi makannya tepat, jangan sampai kekurangan dan jangan berlebihan. Pilihlah jenis pakan yang mengandung nutrisi tinggi, berkualitas, serta mengandung mineral, vitamin, dan protein yang cukup.

Nah, berikut ini  merupakan beberapa makanan untuk kelinci rex yang baik dan sehat.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kelinci lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Sayuran Segar

Untuk membantu pertumbuhan kelinci rex supaya tetap sehat, kamu dapat memberikan pakan sayur segar yang baik untuk pencernaannya.

Ini karena sayur kaya akan serat sehingga memudahkan kelinci mencerna makanan yang diberikan. Pastikan sayur dalam kondisi kering, hindari memberikan sayuran basah pada kelinci karena panganan ini dapat menyebabkan penyakit.

Beberapa sayur segar yang disukai kelinci rex antara lain kangkung, wortel, selada, dan brokoli.

2. Biji-bijian

Kelinci rex juga suka makan biji-bijian seperti biji kacang-kacangan, biji jagung, dan biji matahari. Namun jangan kamu berikan langsung pada kelinci, biji-bijian tersebut harus dihaluskan terlebih dahulu dan kamu dapat memberikannya maksimal sebanyak 200-300 gram per hari.

Perlu diingat bahwa jenis pakan kelinci rex ini hanya difungsikan sebagai makanan tambahan bukan makanan utama.

3. Buah-buahan

Kelinci rex juga suka dengan buah-buahan seperti apel dan tomat. Kamu dapat memberikan apel sebagai makanan kelinci rex karena buah ini mengandung serat tinggi.

Tetapi karena mengandung banyak gula, oleh karena itu sebaiknya kamu tidak memberi makanan ini terlalu sering. Sebelum diberikan ke kelinci, apel juga harus dipotong kecil-kecil terlebih dahulu dan jangan lupa untuk membuang biji dan batangnya.

Selain apel, ada juga buah tomat yang sarat dengan antioksidan dan vitamin yang bagus untuk kesehatan dan pertumbuhan kelinci. Asupan tomat juga bisa membantu penyakit sembelit, sehingga kamu dapat memberikannya setiap hari di pagi atau siang hari.

4. Pelet Khusus Kelinci Rex

Kamu dapat memberikan pelet khusus untuk kelinci rex. Ini karena dalam pelet juga terkandung nutrisi yang baik untuk meningkatkan berat badan dan membantu penyembuhannya.

Tapi perlu diingat, memberikan pelet secara berlebihan juga tidak dibolehkan karena dapat mengganggu sistem pencernaan kelinci.

Apalagi jika kamu tidak bisa menjamin kualitas pelet tersebut, pelet dengan kualitas buruk dapat menyebabkan kelinci peliharaan terkena dehidrasi, mencret, bahkan sampai mati.

Jadi jika kamu ingin tetap memberikan pelet khusus, usahakan tetap diimbangi dengan pakan alami seperti buah dan sayur-sayuran guna memastikan gizinya seimbang.  

Cara Memberikan Makan Kelinci Rex

Cara Memberikan Makan Kelinci
cara memberikan makan kelinci - pet keen

Selain mengetahui jenis-jenis makanan kelinci rex yang bergizi dan sehat, kamu juga perlu tahu tentang cara memberi makan yang baik dan benar supaya tidak menyebabkan stres pada kelinci. Simak penjelasan di bawah ini:

1. Sediakan Wadah Khusus

Sediakan wadah khusus untuk menampung minuman dan makanannya. Gunakan wadah cekung seperti mangkuk kemudian ikatkan pada kandang kelinci supaya makanan tidak berserakan.

Kamu juga dapat menyediakan wadah besar saat memberi makanan rumput kering, ini supaya kandang tetap bersih.

Sementara untuk wadah minuman bisa memakai botol minum dengan ujung berbentuk corong atau dot.

Wadah ini dapat membantu kamu mengontrol minum kelinci rex, sehingga perut mereka tidak kembung.   

2. Atur Jadwal Makannya

Kelinci rex memerlukan jadwal makan teratur seperti manusia. Karena kelinci secara alamiah merupakan hewan yang aktif di malam hari (nokturnal) sehingga kamu harus memberi makanan dengan porsi lebih banyak pada waktu tersebut.

Kelinci juga mempunyai kebiasaan makan sedikit demi sedikit namun dalam waktu yang intens, jadi jangan berikan porsi makan dalam satu kali waktu.

3. Perhatikan Kebutuhan Nutrisinya

Agar kelinci dapat tumbuh dengan sehat, para pemilik harus memperhatikan kebutuhan nutrisinya. Sebaiknya kamu mengidentifikasi jenis pakan yang akan diberikan, apakah sudah sesuai kebutuhan atau belum.

Sesuaikan juga dengan usia dari kelinci, misal memberi sayuran dengan porsi lebih sedikit untuk kelinci berusia kurang dari 2 bulan. Kamu juga bisa memilih jenis pelet yang layu untuk memastikan pencernaan kelinci lancar.  

Jadi sebelum menawarkan segala jenis makanan kelinci rex, biasakan diri kamu untuk melakukan riset terlebih dahulu.

Supaya makanan yang kamu berikan nanti bisa menjadi sumber energi dan nutrisi untuk kelinci kesayangan. Lakukan hal ini jika kamu tidak ingin membuat kelinci kesayangan sakit ya, Sobat Pintar.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kelinci terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://review.bukalapak.com/hobbies/makanan-kelinci-101146
  • https://sinauternak.com/mengenal-kelinci-rex
  • https://www.teknikkita.com/2020/01/pakan-kelinci-rex-hias-dan-pedaging.html

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar