Hari ini: Rabu, 28 Oktober 2020
Selasa, 18 Agustus 2020, 18:00 WIB

Dijamin Gacor! Ini Jenis Burung yang Rajin Bunyi dan Gampang Dilatihnya

Dijamin Gacor! Ini Jenis Burung yang Rajin Bunyi dan Gampang Dilatihnya

Jenis burung yang rajin bunyi - cermati

Ingin punya burung peliharaan yang suaranya merdu? Berikut ini adalah informasi mengenai jenis burung yang rajin bunyi, mudah untuk dilatih!

Burung adalah salah satu hewan peliharaan yang paling banyak digemari untuk dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Selain karena harganya murah dan perawatannya mudah, burung juga menjadi hewan yang bisa meredakan rasa stres yang kita derita.

Dari sekian banyak jenis burung, kebanyakan orang memelihara burung yang mempunyai suara yang unik dan indah. Semakin berbunyi indah, biasanya harga burung akan semakin mahal.

Para penggemar burung biasanya akan selalu melatih burung peliharaannya agar mempunyai suara yang gacor dan indah. Sebenarnya banyak cara untuk kamu melatih supaya burung kamu bisa bersuara indah.

Namun, ada beberapa burung yang bisa dibilang tidak berbakat dan sulit dilatih untuk membuat suaranya indah.

Kali ini PetPi bakal kasih tau kamu bagi para pemula yang ingin mencoba memelihara burung yang mempunyai suara indah. Rekomendasi ini PetPi dapatkan dari berbagai macam sumber yang terpercaya ya.

Daripada kamu makin penasaran, berikut ini adalah jenis burung yang rajin bunyi setiap pagi yang gampang kamu latih.

Jenis Burung yang Rajin Berkicau

Burung yang sering berkicau dengan suara yang indah bukan hanya jenis burung yang memiliki ukuran yang besar, seperti burung cendet. Akan tetapi banyak burung mungil yang ukurannya lebih kecil justru memiliki suara yang lantang dan variasi nada yang lebih indah.

Kira-kira apa saja jenis burung yang gampang berkicau? Yuk lihat daftarnya yang satu ini.

Jalak Suren

Jenis Burung Yang Rajin Bunyi
Jalak suren - wikipedia

Salah satu jenis burung yang mudah untuk dilatih adalah Jalak Suren. Burung ini memiliki nama latin Sturnus contra yang masuk ke dalam famili Sturnidae yang merupakan endemik di Asia.

Bukan hanya di Indonesia saja, namun burung ini bisa kita temukan di negara asia tenggara lainnya seperti Thailand, Malaysia, Brunei dan sekitaran Kamboja. 

Ukuran dari burung ini tidak terlalu besar, sekitar 24cm dengan bulunya berwarna hitam dan putih. Ciri ciri lain bisa kamu temukan seperti, iris mata dari burung jalak suren yang berwarna abu-abu.

Paruhnya juga terlihat sangat cantik dengan warna merah dan ada sedikit warna putih di ujungnya.

Walaupun permintaan burung ini cukup banyak di pasaran, namun harga burung jalak suren ini belum terlalu mahal. Hal dikarenakan burung ini masih banyak di alam liar sana, sehingga keberadaannya mudah ditemukan.

Burung Jalak Suren biasa yang baru ditemukan dari hutan rata-rata harganya berkisar 300 ribu rupiah, namun jika Jalak Suren sudah rajin berbunyi harganya sudah bisa mencapai lebih dari satu juta rupiah. 

Baca Juga: Pasti Gacor dan Jinak! Gunakan 5 Cara Merawat Lovebird Berikut

Ciblek

Jenis Burung Kicau
Burung ciblek - wikipedia

Ciblek adalah salah satu jenis burung yang rajin bunyi selanjutnya. Dikenal sebagai Perenjak Jawa, burung ini memiliki endemik di pulau Jawa, Sumatera dan Bali. Burung ciblek jantan maupun betina bisa kamu lihat ciri fisiknya dari warna paruh bagian bawah bulu tubuhnya.

Untuk Jantan, warna paruhnya berwarna full hitam dan mata yang memerah ketika beranjak dewasa. Selain itu, perbedaannya bisa diketahui lewat suara yang dikeluarkan dari burung ciblek ini.

Burung jantan akan mengeluarkan suara yang bervariasi, sedangkan suara burung ciblek betina lebih monoton.

Burung ini memiliki banyak sekali penggemar karena suaranya yang bagus membuat burung ini sering sekali dilombakan di berbagai turnamen kicauan burung.

Padahal jika dilihat dari tubuhnya, burung ciblek ini adalah burung yang cukup kecil, namun siapa sangka jika suaranya bisa membuat telinga kita bergetar dengan suara vokalnya yang kasar.

Pada habitatnya di alam liar sana, burung ciblek memang agak sulit untuk ditemukan, maka dari itu burung ini bisa dikatakan hampir punah. Namun, para pecinta burung sudah mulai membudidayakannya untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam.

Jika ada yang menjual, harga dari burung ciblek sekitar 30 ribu - 700 ribu tergantung bagaimana si burung bisa mengeluarkan suara indahnya. 

Love Bird

Jenis Burung Gampang Dilatih
Burung lovebird - the spruce pets

Siapa yang tidak kenal dengan burung kecil yang satu ini? Sekilas memang mirip parkit, namun burung ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil.

Lovebird adalah salah satu jenis burung yang gampang berkicau dan paling mudah untuk dilatih. Banyak sekali konter kicau yang memperlombakan burung lovebird ini menjadi pesertanya. 

Burung Lovebird bukan berasal dari wilayah asia, melainkan burung ini jauh di impor dari benua afrika tepatnya dari Madagaskar.

Walaupun begitu, sudah banyak pecinta burung lovebird yang membudidayakan burung ini di Indonesia. Jika kamu ke Afrika, burung ini dapat ditemukan di daerah pegunungan, hutan, perbukitan dan tempat-tempat yang mempunyai sumber mata air alami. 

Suaranya yang unik dan mudah untuk dilatih, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta burung untuk memiliki burung yang satu ini. Selain itu, harganya yang cukup mahal membuat burung ini sangat diminati untuk dibudidayakan.

Bagi sebagian orang yang ahli dibidang ini, bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Harga lovebird sendiri berkisar antara 200 ribu rupiah sampai dengan yang paling mahal bisa mencapai jutaan rupiah.

Kacer

Jenis Burung Bunyi
Burung kacer - pinterest

Selain ketiga burung di atas, jenis burung yang rajin bunyi selanjutnya adalah burung Kacer. Kemampuan berkicaunya yang sangat baik dan pintar menirukan suara di sekitarnya, punya daya tarik yang berbeda dari beberapa burung yang lainnya sehingga kamu bisa memeliharanya.

Burung Kacer juga mempunyai habitat di wilayah yang panas seperti Afrika, wilayah Jawa dan Kalimantan Indonesia. 

Populasi Kacer di alam memang semakin kesini menjadi semakin menyusut karena memang permintaan di pasar burung Indonesia sudah terlalu banyak.

Walaupun begitu, semua pihak sudah sempat berusaha untuk membudidayakan Kacer agar tidak punah dan menjadi warisan untuk anak cucu kita. 

Karena burung ini cukup sulit untuk ditemukan di alam liar lagi, jadi harga burung kacer ini memang cukup tinggi.

Jika ingin membelinya, kamu harus mengeluarkan kocek uang sekitar 250 ribu rupiah sampai dengan 1,5 juta rupiah. Tergantung dengan kondisi, ukuran badan, dan juga suaranya yang merdu.

Itulah dia beberapa rekomendasi jenis burung yang gampang berkicau dan bisa kamu pelihara bagi pemula. Jenis burung di atas, cenderung lebih mudah untuk merawatnya karena tidak memerlukan perawatan tambahan yang membuat kantong menjadi cekak.

Kira-kira kamu memilih mana ya untuk menjadi hewan peliharaan pertama kamu? Semoga informasi dari PetPi bermanfaat ya, sampai jumpa!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://fauna.co.id/jenis-burung-yang-cepat-gacor/
  • https://jenis.net/burung-yang-rajin-bunyi/
  • https://kacer.co.id/burung-terpopuler/
  • https://majalahhewan.com/2018/06/burung-kecil-suara-keras/
  • https://www.ekor9.com/tag/jenis-burung-yang-rajin-bunyi/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, anjing dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar