Hari ini: Kamis, 28 Oktober 2021
Sabtu, 01 Mei 2021, 17:00 WIB

Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Umur 0 Hari - 3 Bulan Untuk Menjadi Ayam Petarung

Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Umur 0 Hari - 3 Bulan Untuk Menjadi Ayam Petarung

cara merawat anak ayam bangkok - blogger

Cara merawat anak ayam bangkok dari umur 0 hari sampai 3 bulan untuk dijadikan ayam petarung yang berkualitas. Berikut panduannya yang bisa kamu pahami

Sobat pintar mungkin tertarik untuk memiliki ayam bangkok, karena memiliki postur tubuh yang gagah dan enak untuk dipandang.

Bahkan untuk beberapa orang dan sebagian budaya di Indonesia, ayam bangkok dikhususkan untuk jenis ayam petarung atau aduan, lho. Walau begitu PetPi sama sekali tidak merekomendasikannya untuk ajang seperti ini ya.

Untuk menghasilkan ayam unggulan ada beberapa cara merawat anak ayam bangkok dari umur 0 sampai 3 bulan yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah bahkan oleh pemula sekalipun.

Merawat dari awal menjadi kunci untuk membentuk ayam bangkok yang tangguh dan kuat, maka dari itu Sobat Pintar harus benar-benar memperhatikannya.

Karena merawat dari umur 0 hari sampai 3 bulan bukan perkara mudah, kamu harus benar-benar memiliki komitmen dalam memperlakukannya.

Penasaran mengenai perawatannya? Yuk, simak ulasan dari PetPi berikut. 

Merawat Anak Ayam Bangkok Umur 0 - 3 Bulan

Cara Merawat Anak Ayam Bangkok
cara merawat anak ayam bangkok - bukalapak

Jika kamu memelihara ayam bangkok untuk dijadikan sebagai ayam laga, maka kamu harus memperhatikan beberapa hal agar dapat tumbuh kembang secara maksimal.

Ada beberapa tips yang dapat sobat lakukan untuk menghasilkan ayam petarung dan menjadi juara nantinya, berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan, yaitu :

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Waktu Pemisahan Dengan Induk Umur 0 Hari - 1 Bulan

Untuk mendapatkan produk anak ayam bangkok yang berkualitas dan menjanjikan untuk menjadi juara, maka sobat harus langsung memisahkan anak ayam umur 0 hari pada induknya.

Tindakan ini dilakukan untuk memberikan asupan makanan yang lebih tepat dan memperhatikan perawatannya secara optimal.

Apabila sudah melakukan proses pemisahan, perhatikan kondisi kandang agar tetap bersih dan jangan lupa berikan lampu untuk menjaga suhu anakan tersebut tetap hangat dengan jarak minimal 60 cm.

Selanjutnya kamu bisa berikan alas pada kandang untuk memudahkan kamu dalam pembersihan kotoran, jika anak ayam sudah memasuki umur 3 hari, minggu, dan bulan kamu juga harus mulai perhatikan vaksinnya.

Dengan mengetahui jadwal dan jenis vaksin yang tepat, anak ayam tersebut dapat memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik sehingga terhindar dari kematian akibat penyakit.

Tindakan ini harus dilakukan secara konsisten, agar ia dapat tumbuh sehat dengan maksimal sehingga bisa menjadi ayam bangkok yang berkualitas super.

Tidak lupa meletakan wadah makanan dan minuman, untuk minuman berikan vita-chick supaya anak ayam menjadi lebih kuat dan kebal dari serangan berbagai penyakit, terutama dalam menghadapi cuaca yang berubah-ubah.

Pada wadah makanannya lebih baik pilih yang lebih besar, karena dengan wadah yang besar akan membuat anak ayam mencakar-cakar makanannya serta melatih otot kakinya.

2. Memasuki Umur 1 Bulan 

Pada tahap ini untuk ukuran anak ayamnya yang semakin membesar, sehingga sobat harus memperhatikan dan mengganti kandang yang lebih besar.

Tidak lupa untuk memberikan tangkringan, proses ini sebaiknya diberikan pada anak ayam berumur 1 minggu yang ditujukan untuk melatih otot kaki dan sayapnya. 

Memasuki umur 1 bulan memang pemilihan pakannya akan lebih berbeda dari sebelumnya, dengan demikian membuat sobat harus benar-benar memperhatikannya.

Selalu berikan pakan yang berkualitas, salah satunya adalah jenis BR1 yang dapat kamu campur dengan susu dancow, lakukan pemberian pakan ini sampai umur 4 bulan. Untuk waktunya berikan pukul 6 pagi dan 6 sore.

Takaran atau ukuran pemberian pakan lebih baik porsi besar dan banyak pada waktu pagi hari, hal ini dilakukan untuk membuat anak ayam lebih aktif dan menghindari mereka dari kelaparan sepanjang hari.

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah kamu juga harus memperhatikan kebersihan kandang dan bersihkan 1 minggu sekali, karena hal ini cara merawat anak ayam bangkok agar terhindar dari serangan penyakit. Selain itu, kandang yang kotor adalah sumber berbagai penyakit, lho.

3. Umur 2 Bulan sampai 3 Bulan

Apabila sudah memasuki umur 2 - 3 bulan, maka ukuran ayam kamu sudah semakin membesar sehingga kamu harus lebih banyak dan teratur dalam memberikan porsi makannya.

Dengan ukuran anak ayam yang semakin besar, tentunya sobat harus benar-benar mencari dan mengganti kandang yang lebih luas dari sebelumnya.

Untuk ukuran nya bisa disesuaikan dengan jumlah dari anak ayam yang sobat pelihara, pastikan jangan terlalu sempit dan sesak.

Lebih baik untuk ukuran kandang yang besar, sehingga membuat anak ayam lebih bebas dalam bergerak. Tidak ketinggalan juga berikan tangkringan atau tenggeran untuk melatih sayap dan otot kakinya.

Pada tahap ini, resiko kematian akan lebih kecil dari sebelumnya dikarenakan mereka sudah lebih kuat dan besar apalagi jika kamu konsisten dalam merawatnya.

Sobat pintar demikianlah penjelasan cara merawat anak ayam bangkok dari 0 hari sampai 3 bulan. Jika anak ayam sudah memasuki umur 8 bulan lebih baik dibebaskan saja dan tidak perlu di kandang lagi, karena umur segitu sudah mempunyai naluri bertarung.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://ayambangkok.org/merawat-anak-ayam-bangkok-umur-0-sampai-3-bulan/
  • https://hewanpedia.com/cara-merawat-ayam-aduan-dari-umur-0-7-bulan-agar-kuat-dan-juara/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar