Hari ini: Sabtu, 08 Mei 2021
Sabtu, 30 Januari 2021, 19:30 WIB

8 Jenis-jenis Ayam Unik dari Berbagai Belahan Dunia, Ayam Lokal Gak Kalah Cantik!

8 Jenis-jenis Ayam Unik dari Berbagai Belahan Dunia, Ayam Lokal Gak Kalah Cantik!

Jenis ayam unik - unpslash

Siapa yang bilang ayam cuma bisa dimakan? Yuk kenalan sama jenis jenis ayam cantik dari seluruh dunia. Ayam lokal gak kalah indah lho!

Di berbagai macam belahan dunia, kamu bisa saja menemukan banyak sekali jenis unggas yang unik. Salah satu unggas yang paling populer dan unik yang kita kenal di kehidupan sehari-hari adalah ayam.

Ayam pun juga banyak sekali jenisnya, mulai dari jenis ayam petelur sampai jenis ayam hias yang mempunyai harga sangat mahal.

Sebagian besar masyarakat Indonesia, pasti berkeyakinan bahwa ayam adalah hewan yang hanya bisa memproduksi telur dan bisa menjadi lauk utama saat kita makan di kehidupan sehari-hari.

Namun jangan salah, bagi sebagian orang yang memahami dunia unggas, ayam bisa dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Semakin aneh bentuknya, akan semakin mahal harga yang akan ditawarkan. Semakin bagus suaranya, akan semakin mahal juga harga dari sebuah ayam hias.

Nah kira-kira jenis-jenis ayam unik apa nih yang bisa kamu pelihara di pekarangan belakang rumahmu? Daripada bingung, mending PetPi bantuin deh cari tau jenis jenis ayam hias unik dari berbagai belahan dunia.

Jenis-jenis Ayam Unik dari Seluruh Dunia

Keunikan dari jenis ayam unik ini bisa dibilang beragam. Mulai dari bentuknya, corak pada tubuhnya sampai fakta dibalik ayam tersebut. Pasti kamu gak bakal rela deh untuk mengkonsumsi ayam unik yang satu ini.

Jenis-jenis ayam unik ini terdiri juga dari berbagai macam ayam yang berada di seluruh dunia lho. Bahkan banyak ayam lokal pun yang masuk ke dalam daftar ayam unik ini lho. Penasaran ayam apa saja. Yuk cari tau daftar ayam unik pilihan PetPi ini.

Ayam H&W nick

Jenis Ayam Lucu
Jenis ayam unik - hobiternak

H & W Nick atau yang biasa disebut dengan ayam Sussex ini termasuk ayam yang dibudidayakan sebagai jenis ayam petelur dan pedaging. Seekor betina rata-rata mampu menghasilkan sampai 300an butir telur per tahunnya.

Ayam tipe ini cukup jinak dan sangat mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan. Perpaduan warna putih agak kekuning-kuningan dan kombinasi hitam di lehernya, membuat ayam ini masuk ke dalam daftar ayam unik pilhan PetPi.

Ayam Cemani

Jenis Ayam Yang Bisa Dipeihara
Jenis ayam mahal - lifepal

Jenis ayam ini adalah salah satu ayam yang berasal dari Indonesia. Arti kata cemani adalah dari bahasa sansekerta yang berarti hitam legam. Memang sesuai dengan namanya, ayam cemani ini berwarna hitam di seluruh badannya.

Ayam ini menjadi eksotis dan langka karena warnanya yang hitam legam sehingga diburu orang untuk dijadikan ayam peliharaan.

Dari informasi yang beredar, jenis ayam ini hanya tinggal 3.500 ekor saja di seluruh dunia.

Ayam Mutiara

Jenis Ayam Unik
Jenis ayam afrika - hobiternak

Ayam mutiara berasal dari wilayah afrika yang bernama Guinea Fowl. Salah satu jenis ayam hias ini memiliki ciri fisik yang mirip dengan varietas ayam belanda. Bedanya ayam mutiara mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil.

Keunikan dari ayam ini memang terdapat dari bagian bulu dan posturnya yang mirip sekali dengan jenis burung.

Selain itu, nama mutiara pun juga bisa dideskripsikan lewat corak putih titik-titik pada setiap bulunya.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG BURUNG?
Cari info Burung terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Ayam Orphington

Jenis Jenis Ayam Langka
Jenis ayam eropa - gerava

Ayam Orpington adalah ayam yang berasal dari dataran eropa, lebih tepatnya di Inggris. Nama Orpington sendiri berasal dari nama wilayah di Inggris sana.

Pada abad ke-19, William Cook mengembangbiakan ayam ini di wilayah Orpington dan Kent.

Bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk dimakan dagingnya ataupun telurnya, namun ayam ini bisa menjadi ayam pertunjukkan pada masa itu.

Warnanya yang keemasan membuat ayam ini pantas untuk masuk ke daftar ayam unik dari berbagai belahan dunia.

Ayam Ameraucana

Jenis Ayam Ameraucana
Jenis ayam amerika - suara peternakan

Jenis ayam ini memiliki warna yang variatif, ada yang berwarna kehitaman, biru, coklat yang sedikit kemerahan dan juga silver. Ayam ini adalah persilangan dari ayam american dan auracana sehingga mempunyai nama ameraucana.

Keunikan yang terdapat pada hewan ini terdapat di bagian telinga dan pipinya. Ada sedikit bulu panjang yang menonjol antara telinga dan pipinya yang membuat ayam ini mempunyai daya tariknya.

Ayam ini masih sedikit sekali di Indonesia, jadi buat kamu yang ingin membudidayakan bisa jadi ini kesempatan yang besar lho.

Ayam Batik

Jenis Ayam Batik
Ayam eropa - dictio

Dikenal dengan nama ayam batik di Indonesia, namun ayam ini ternyata bukan berasal dari Indonesia lho. Ayam ini berasal dari Britania raya negara kesatuan di Inggris sana.

Warnanya kemerahan yang membentuk motif agak kecoklatan pada ujung-ujung bulunya, menjadikan ayam ini seperti seakan-akan digambar mirip dengan batik khas Indonesia.

Ayam batik ukurannya tidak terlalu besar sehingga cocok untuk kamu jadikan hewan peliharaan di rumah.

Satu lagi yang menjadi daya tarik dari ayam batik ini adalah mempunyai gerakan yang lincah dan gesit.

Ayam Naked Neck

Jenis Ayam Unik Di Dunia
Ayam unik - zoo tecnica international

Seperti namanya, naked neck berarti leher telanjang, ayam ini memang bisa dibilang punya ciri khas yang membedakannya dengan ayam-ayam lainnya.

Jenis ayam ini mempunyai leher dan kepala yang tidak mempunyai bulu. Ayam yang berasal dari daerah Transylvania ini mempunyai nama lain ayam Turken.

Pertama kali muncul di Eropa tengah pada abad 18, sebuah studi menemukan adanya mutasi genetik secara acak yang terdapat pada ayam ini, sehingga ayam ini mempunyai kelebihan jumlah produksi sel molekul penghilang bulu.

Ayam Sumatera

Ayam Sumatera
Ayam sumatera - blogger

Ras ayam kampung asal Indonesia ini memiliki keindahan yang eksotis. Bisa dilihat dari bulu-bulu ekor yang memanjang dan menjulur ke bawah membuat jenis ayam hias ini seperti seseorang yang gagah.

Ayam lokal asli sumatera barat ini sudah mendunia lho, karena pada abad 19 ayam ini sudah diimpor ke amerika serikat dan eropa dengan tujuan untuk dijadikan ayam sabung di sana.

Bukan hanya sedap dipandang saja, namun ayam ini bisa dikategorikan sebagai jenis ayam petelur karena mampu menghasilkan telur sebanyak 100 butir per tahun.

Nah itulah dia beberapa jenis jenis ayam hias unik yang bisa kita pelihara di pekarangan rumah nih. Untuk memeliharanya kamu harus benar-benar teliti soal pakan dan lingkungannya, karena salah satu dari daftar di atas adalah jenis ayam yang cukup mahal harganya. Sayangkan kalau kamu pelihara tapi ayam tersebut malah main keluar rumah.

Jangan lupa untuk baca artikel tentang ayam lainnya ya! Semoga bermanfaat.

Terbit: Selasa, 18 Agustus 2020, 13:00 WIB
Update pada: Sabtu, 30 Januari 2021, 19:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://alamtani.com/mengenal-jenis-jenis-ayam-buras/
  • https://www.countryliving.com/life/g32097528/chicken-breeds-types/
  • https://www.ekor9.com/35-foto-berbagai-jenis-ayam-paling-unik-dari-seluruh-dunia/
  • https://www.typesofchicken.com/types-of-chicken/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar

Pertanyaan yang sering ditanyakan seputar jenis-jenis ayam

Berapa jumlah ayam cemani di seluruh dunia?

Selain di Indonesia, Ayam cemani diperkirakan hanya berjumlah sekitar 3500 ekor saja.

Berapa banyak telur ayam Sussex?

Seekor ayam sussex betina mampu bertelur hingga 300an butir telur selama satu tahun.

Berapa banyak telur ayam Sumatera?

Seekor ayam Sumatera betina mampu bertelur hingga 100an butir telur selama satu tahun.