Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Rabu, 05 Mei 2021, 16:00 WIB

Berbagai Inspirasi Keren Untuk Model Kandang Ayam Terbaikmu

Berbagai Inspirasi Keren Untuk Model Kandang Ayam Terbaikmu

model kandang ayam - big dutchman

Model kandang ayam yang sering dipilih agar ayam memiliki tempat yang nyaman dan tidak membuat ayam stress. Berikut berbagai inspirasinya untukmu

Sobat Pintar mungkin ada yang penghobi memelihara ayam, di mana hewan unggas yang satu ini sendiri memang memiliki daya tarik tersendiri. Untuk memelihara ayam, tentu saja harus memiliki kandangnya.

Kandang ayam sendiri sangatlah penting sekali untuk dimiliki agar ayam dapat merasa nyaman. PetPi punya beberapa contoh model kandang ayam yang mungkin bisa Kamu pilih. 

Kandang ayam sendiri biasanya dibuat dari bahan-bahan yang cukup mudah ditemukan, dari bambu hingga besi stainless. PetPi sendiri menyarankan bagi Kamu untuk memilih bahan yang sekiranya cocok dengan jenis ayam yang dipelihara.

Semisalnya ingin pelihara ayam petelur ataupun ayam hias, tentu saja berbeda agar ayam merasa nyaman dan juga selalu sehat. Berikut model kandang ayam yang bisa kamu pilih.

Beragam Model Kandang Ayam 

Memiliki kandang ayam memang tidak hanya untuk membuat ayam merasa nyaman, tapi juga dilihat dari segi estetika agar selalu terlihat rapi.

Di bawah ini sendiri ada beberapa model dari kandang ayam yang mungkin dapat Kamu tiru. Berikut modelnya: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Kandang kurungan bambu 

Model Kandang Ayam Kurungan Bambu
model kandang ayam kurungan bambu - arena laga ayam

Untuk model kandang yang satu ini sendiri adalah model yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Kamu sendiri pasti juga sering melihatnya, di mana model kandang yang satu ini juga terbilang murah.

Penggunaannya sendiri juga tidak sulit yang mana kandang hanya perlu diangkat dan masukan ayam ke dalamnya. 

Kandang model ini biasanya digunakan untuk mengurung ayam yang terlalu aktif atau untuk menjemur dan memandikan ayam. Hanya saja kekurangannya ayam dapat mendorong kandang, apalagi jika ayam yang Kamu miliki bertenaga cukup besar. 

2. Kandang lipat bambu 

Model Kandang Ayam Lipat Bambu
model kandang ayam lipat bambu - toilet bisnis

Model kandang selanjutnya yang Petpi rekomendasikan adalah kandang lipat bambu. Kandang yang satu ini juga sering dipilih karena terbilang murah dan mudah sekali dirangkai.

Kamu hanya perlu untuk membentuknya menjadi kubus. Hanya saja, pastikan ukuran yang Kamu pesan sudah benar, karena biasanya kandang ini tidak terlalu besar ukurannya. 

3. Kandang ayam bentuk postal 

Model Kandang Ayam Bentuk Postal
model kandang ayam bentuk postal - pinterest

Untuk kandang ayam model ini, sangat cocok untuk Kamu yang memang ingin memelihara ayam dalam jumlah lebih dari dua.

Kandang ini sendiri dapat dibangun di tanah yang lebih luas menggunakan bahan seperti bata ringan dan kawat. Selain itu, atapnya pun bisa diberikan penutup seperti seng. 

Untuk peletakan kandang sendiri sangat disarankan untuk di dekat pohon rindang. Hal ini sendiri untuk membuat kandang tidak terlalu panas pada siang hari, namun ketika malam juga tidak terlalu dingin karena kandang sebagian menggunakan bata ringan.

Bata ringan sendiri akan membuat kandang memiliki suhu yang lebih hangat pada malam hari. 

4. Kandang ayam rumah panggung 

Model Kandang Ayam Rumah Panggung
model kandang ayam rumah panggung - hobi ternak

Sama seperti namanya, kandang ayam yang satu ini didesain seperti rumah panggung yang mana bangunan mempunyai kaki-kaki. Kandang ayam yang satu ini biasanya digunakan untuk jenis ayam petelur atau ayam potong.

Bahan yang digunakan pun menggunakan bambu yang dikenal lebih kuat. Tujuan dari kandang ayam rumah panggung ini supaya ayam tidak menyentuh tanah dan kotor. 

Nah, itulah beberapa model kandang ayam yang PetPi sangat sarankan jika Kamu ingin memelihara ayam. Fungsi kandang ayam sendiri tentu saja bertujuan agar hewan unggas tersebut tidak mudah stress dan dapat menjadi ayam yang sehat. 

Sobat Pintar yang memang ingin memilih kandang ayam, ada baiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan juga mempertimbangkan luas lahan yang akan digunakan.

Buatlah kandang ayam senyaman mungkin agar ayam memiliki kualitas yang bagus.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar