Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Jumat, 12 Februari 2021, 10:00 WIB

Juara Kontes! Begini Cara Merawat Burung Cucak Ijo Agar Suaranya Gacor Maksimal

Juara Kontes! Begini Cara Merawat Burung Cucak Ijo Agar Suaranya Gacor Maksimal

Cara merawat burung cucak hijau - birds cornell

Perawatan cucak ijo terbilang cukup mudah, lho. Asalkan kamu tahu rahasia dan cara merawat burung cucak ijo agar gacor serta mudah dijinakkan berikut ini.

Sesuai dengan namanya, burung cucak ijo merupakan salah satu jenis burung kicau dengan ciri fisik bulu dominan berwarna hijau dan sebagian memiliki corak hitam.

Dikenal juga dengan istilah greater leafbird, burung dengan nama Latin Chloropsis sonnerati ini tersebar di wilayah Asia Tenggara, yakni Indonesia, Brunei, Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Thailand.

Cara merawat burung cucak ijo terbilang cukup mudah dan penanganannya tidak terlalu ribet. Asalkan memenuhi segala kebutuhannya, burung cucak ijo bisa memiliki suara gacor dan juara kontes, lho!

Maka dari itu kali ini PetPi sudah merangkum berbagai tips memelihara burung cucak ijo yang perlu kamu perhatikan, mulai dari pemilihan pakan hingga pemasteran.

Nah, untuk ulasan selengkapnya bisa Sobat PetPi bisa langsung simak di bawah ini.

Cara Memilih Burung Cucak Ijo yang Bagus dan Bermental Juara

Cara Merawat Burung Cucak Hijau
cara memilih burungh cucak hijau - birds cornell

Jika kamu mengincar burung cucak ijo yang hendak diikutsertakan dalam kontes burung kicau, sebaiknya kamu terlebih dulu mengetahui cara memilih burung cucak ijo yang bagus.

Kenapa gitu? Pasalnya burung cucak ijo yang bagus tentu menjadi jaminan suara yang dimilikinya gacor, memiliki penampilan fisik prima, dan bermental juara.

Adapun beberapa ciri-ciri burung cucak ijo yang bagus dan berkualitas, di antaranya:

  • Pilih burung cucak ijo berkelamin jantan agar memiliki mental juara dan tidak kalah saat kontes;
  • Bentuk kepala burung cucak ijo besar dan cepak, dengan tatapan mata yang besar dan tampak menonjol;
  • Bentuk paruh burung cucak ijo panjang, besar, tebal dengan warna paruh dan lidah hitam pekat;
  • Kondisi bulu burung cucak ijo harus tampak kering, mengkilap, rapi dan tidak kusam dengan warna hijau terang dan sebagian corak hitam pekat;
  • Postur tubuh burung cucak ijo harus tegak, panjang, besar, dan proporsional antara bagian kepala, leher, badan, hingga kakinya;
  • Bentuk kaki harus kuat dan kokoh ketika mencengkram dengan kuku tampak melengkung dan runcing;
  • Gerakan ekor harus selaras selama burung cucak ijo berkicau seperti menari selama kontes;
  • Suara burung cucak ijo harus terdengar nyaring dan merdu dengan cara bernapas normal tanpa tersengal-sengal; dan
  • Pastikan bentuk kotoran burung cucak ijo padat yang menandakan kondisi prima dan sehat.

Kumpulan Cara Merawat Burung Cucak Ijo Agar Gacor dan Menang Kontes

Cara Merawat Burung Cucak Hijau
cara merawat burung cucak hijau agar gacor - pinimg

Burung cucak ijo banyak dipelihara oleh kalangan pecinta burung kicau karena penampilannya yang menarik serta memiliki suara yang nyaring dan gacor.

Seperti PetPi sebut sebelumnya, cara merawat burung cucak ijo terbilang cukup mudah asal kamu mengikuti beberapa panduan pada poin-poin sebagai berikut.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Jinakkan Burung Cucak Ijo Bakalan

Sebagaimana diketahui, untuk memiliki jenis burung cucak ijo gacor dan terlatih setidaknya Sobat Pintar perlu merogoh kocek lumayan dalam.

Misalnya harga burung cucak ijo Banyuwangi saja bisa di kisaran Rp1.000.000 - Rp1.500.000, lho. Untuk opsi terjangkau, sebenarnya kamu bisa memilih burung cucak ijo bakalan yang umum dibanderol dengan harga lebih murah.

Sayangnya burung cucak ijo bakalan yang baru ditangkap dari alam liar memiliki perilaku giras alias selalu bergerak-gerak dalam kandang yang membuat mereka perlu dijinakkan.

Cara menjinakkan burung cucak ijo secara garis besar hampir sama seperti saat Sobat Pintar melakukan penjinakkan pada jenis burung lainnya.

Cucak ijo perlu melakukan adaptasi dengan kandang dan lokasi barunya. Langkah ini dilakukan dengan meletakkan kandang burung di lokasi sepi tanpa burung lain selama beberapa hari.

Kamu juga bisa melakukan metode lapar, yakni dengan memberikan makanan cucak ijo hanya pada saat tertentu saja. Hal ini dimaksudkan agar burung mengenali pemiliknya bukanlah ancaman, melainkan temannya yang akan selalu memberikan makanan.

Jika burung cucak ijo dirasa sudah cukup tenang dan tidak giras, kamu bisa mengenalkan burung pada lingkungan manusia dengan meletakkan kandang di keramaian.

Pada tahap inilah diharapkan karakter dan mental burung cucak ijo mulai terbentuk, sehingga akan mempermudahnya untuk berkicau di kemudian hari.

2. Pilih Jenis Pakan Berkualitas

Hal pertama yang perlu Sobat PetPi perhatikan adalah pemilihan pakan berkualitas. Di alam liar burung cucak ijo banyak memperoleh makanan dari serangga, buah-buahan, dan nektar.

Untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan nutrisi dari burung cucak ijo peliharaan, ada beberapa jenis pakan yang bagus dan perlu diberikan, misalnya:

  • Voer; Ada berbagai merek makanan burung cucak ijo berkualitas pabrikan yang sudah diformulasi khusus untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan zat lainnya.
  • Buah-buahan segar; Sebaiknya berikan buah-buahan yang mengandung banyak kandungan air, seperti pepaya, pisang, apel, pir, dan jeruk.
  • Serangga; Jenis pakan ini tergolong ke dalam extra fooding (EF) atau pakan tambahan untuk memenuhi kebutuhan protein, seperti kroto dan ulat hong kong.
  • Air minum; Selain menggunakan air bersih, bisa juga sesekali berikan cairan nektar seperti burung cucak ijo di alam liar. Sebagai alternatif bisa gunakan larutan air gula dengan perbandingan 1:4.
  • Vitamin burung; Pemberian vitamin burung cucak ijo untuk meningkatkan stamina dan kesehatan bisa diberikan pada berbagai kondisi, misal saat proses bertelur atau hendak mengikuti kontes burung kicau.

3. Perhatikan Ukuran Kandang

Cucak ijo tergolong jenis burung kicau berukuran sedang, di mana memiliki panjang sekitar 17-20 cm.

Memperhatikan ukuran kandang menjadi hal lain yang perlu diperhatikan dalam merawat burung cucak ijo. Pilihlah kandang yang tetap membuat mereka dapat bergerak bebas.

Sediakan pula dua buah tenggeran agar mereka dapat bertengger dan tidak mudah stres. Letakkan tempat makan dan minum pada posisi yang mudah dijangkau.

Jangan lupa juga untuk menyediakan wadah mandi dalam kandang, agar burung cucak ijo dapat membersihkan diri mereka secara mandiri.

4. Letakkan Kandang di Tempat Tenang

Sebaiknya letakkan kandang di lokasi yang tenang, sunyi dan jauh dari keramaian, agar mencegah burung cucak ijo gampang stres dan mabung.

Hindari juga dari gangguan hewan lain yang menakuti burung, seperti anjing, kucing, tikus, atau hewan lain yang berpotensi memangsa mereka.

Pada saat malam hari, kamu juga bisa menutup kandang dengan krondongan agar burung cucak ijo dapat beristirahat dengan tenang dan menjaga kondisi tetap prima.

5. Mandikan Burung Cucak Ijo

Beberapa burung cucak ijo akan senang mandi ketika diberikan wadah khusus di dalam kandangnya. Namun, beberapa di antara mereka juga memiliki karakteristik yang susah mandi.

Di sini Sobat PetPi perlu memandikan burung cucak ijo secara teratur dengan menggunakan alat semprot atau sprayer.

Mandikan burung cucak ijo secara teratur, baik pagi atau sore hari jika cuaca cerah dan mendukung. Setelah mandi, lalu burung dijemur untuk mengangin-anginkan agar bulu cepat kering dan tidak kaku.

6. Rutin Membersihkan Kandang

Selain rutin memandikan, cara merawat burung cucak ijo yang tidak boleh ketinggalan adalah rutin membersihkan kandang dari sisa-sisa kotoran yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Pindahkan burung terlebih dulu ke kandang lain agar proses pembersihan maksimal. Bersihkan sisa kotoran pada kandang yang berkerak dengan bantuan air dan kape.

Jangan lupa juga perhatikan kebersihan wadah makanan, minum, dan tempat mandi agar terhindar dari virus dan bakteri. Jika perlu, gunakan desinfektan untuk memastikan kandang bersih dan steril.

7. Lakukan Pemasteran Burung Cucak Ijo

Untuk memancing kicauan burung cucak ijo agar semakin gacor dan merdu, Sobat PetPi bisa melakukan pemasteran layaknya jenis burung kicau lainnya.

Di sini kamu bisa memutarkan rekaman suara burung cucak ijo, sebaiknya menggunakan suara burung cucak ijo betina, secara rutin pada pagi atau sore hari, sembari melakukan penjemuran.

Beberapa kalangan juga menyarankan untuk membersihkan kandang terlebih dulu sebelum pemasteran. Hal ini dilakukan agar burung cucak ijo merasa nyaman dan bersuara lantang.

Bagaimana Perawatan Burung Cucak Ijo Mabung?

Perawatan Burung Cucak Hijau
perawatan burung cucak hijau - chrishill photo blog

Mabung atau moulting adalah siklus normal yang dialami cucak ijo dan jenis burung lainnya, di mana mereka akan merontokkan bulu lama dan menggantinya dengan yang baru.

Proses ini terjadi sekitar 1-2 kali setahun yang umumnya akan membuat kondisi burung sakit dan lemah. Mereka pun lebih memilih untuk diam dan tidak mau bunyi.

Beberapa perawatan cucak ijo mabung yang bisa Sobat Pintar berikan untuk mempercepat prosesnya, antara lain:

  • Kurangi intensitas mandi, jika sebelumnya setiap hari menjadi seminggu sekali saja.
  • Jangan dulu menjemur burung selama mabung yang dapat mengakibatkan bulu-bulu baru tumbuh keriting.
  • Selalu gunakan krondongan pada kandang yang hanya dibuka saat memberikan pakan dan minum.
  • Bersihkan kandang setidaknya seminggu sekali saja dan jika dirasa cukup kotor bisa dilakukan tiga hari sekali.
  • Berikan extra fooding berupa jangkrik, ulat hong kong, atau larva tawon untuk mempercepat proses mabung.
  • Tetap lakukan pemasteran dengan suara burung kicau lain, misal burung cucak jenggot, burung gereja, burung lovebird, atau burung kenari.
  • Hindari meletakkan cucak ijo dengan burung sejenis yang dapat menyebabkan kalah mental, stres, dan macet bunyi.

Nah, demikianlah ulasan cara merawat burung cucak ijo yang cukup mudah dilakukan agar kondisinya prima dan memiliki suara yang gacor.

Untuk menjadikan burung cucak ijo juara kontes, tentu butuh pengalaman dan kesabaran ekstra. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Sobat PetPi yang ingin memelihara burung cucak ijo.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Terbit: Sabtu, 24 Oktober 2020, 10:00 WIB
Update pada: Jumat, 12 Februari 2021, 10:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://burungnya.com/perawatan-cucak-ijo-mabung-atau-nyulam-agar-cepat-selesai/
  • https://ebird.org/species/grglea1
  • https://omkicau.com/2014/09/08/tips-menjinakkan-burung-cucak-hijau-yang-giras-banget/
  • https://www.beautyofbirds.com/greatergreenleafbirds.html
  • https://www.britannica.com/animal/leafbird

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar