Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Selasa, 09 Maret 2021, 10:00 WIB

6 Makanan Burung Ciblek Supaya Gacor dan Merdu!

6 Makanan Burung Ciblek Supaya Gacor dan Merdu!

makanan burung ciblek - ams bird cornell

Kamu pelihara burung ciblek di rumah? Berikut ini adalah daftar makanan burung ciblek dewasa dan anakan supaya gacor dan tumbuh kembang dengan sempurna

Kamu pelihara burung ciblek di rumah karena suaranya terkenal merdu? Tapi kok pas udah punya malah jalang berkicau? Bisa jadi karena salah ngasih makan, nih!

Burung ciblek dalam Bahasa Inggris disebut sebagai bar-winged prinia. Burung ini termasuk mungil dengan panjang rata-rata 13cm. 

Sebagai binatang endemik Indonesia, burung ini bisa ditemukan di Sumatra, Jawa dan Bali. Burung ini juga terkenal dengan kemampuan adaptasinya sehingga bisa hidup di berbagai jenis lokasi.

Kalau kamu ingin burungmu gacor, pastikan kamu memberinya makanan burung ciblek yang berikut ini!

Daftar Makanan Burung Ciblek

Daftar Makanan Burung Ciblek
makanan burung ciblek - ams bird cornell

Selain faktor genetik dan metode perawatan, pakan yang dikonsumsi oleh burung ciblek juga menjadi faktor penting agar dia gacor dan memiliki suara kristal yang berkualitas.

Nutrisi yang bagus juga akan membuat burung ciblek memiliki stamina yang fit dan akan suka berkicau. Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, berikut ini adalah daftar makanan burung ciblek supaya gacor!

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Jangkrik

Serangga adalah salah satu makanan burung ciblek di alam liar yang paling utama. Apalagi, serangga terkenal karena memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan burung.

Salah satu yang mudah diberikan kepada burung ciblek adalah jangkrik yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, asam amino, dan lain sebagainya. Kamu bisa memelihara jangkrik di rumah sehingga tidak perlu terlalu sering membelinya di toko hewan.

Berikan secara rutin pagi dan sore hari, masing-masing satu ekor saja. Kamu disarankan untuk memotong-motong jangkrik sebelum memberikannya ke burungmu agar mudah dicerna. 

Bagian kepala, kaki, dan sayap sebaiknya dibuang saja karena cukup sulit untuk dikonsumsi dan mampu mengakibatkan cedera pada tenggorokan. Cocok sebagai makanan burung ciblek yang baru dapat.

2. Kroto

Untuk memenuhi kebutuhan proteinnya, kamu bisa memberikan kroto yang juga menjadi salah satu favorit burung ciblek. Biasanya, jenis kroto yang diberikan adalah dari telur semut rangrang.

Sebelum diberikan, pastikan cuci dulu kroto untuk membersihkan kotoran yang ada padanya. Jangan sampai kamu memberikan kroto yang sudah bau atau basi.

Hanya saja, jangan terlalu sering memberi burungmu kroto karena kandungan proteinnya yang tinggi dapat menaikkan birahi burung ciblek bahkan membuat burung memasuki masa mabung. Cukup berikan satu kali dalam satu minggu.

3. Ulat Kandang atau Ulat Hongkong

Jenis serangga lain yang bisa kamu berikan adalah ulat, terutama ulat kandang dan ulat hongkong. Sama seperti serangga pada umumnya, ulat juga mengandung jumlah protein yang cukup tinggi.

Ukurannya yang tidak terlalu besar membuatnya tidak kesulitan dimakan oleh burung ciblek. Direkomendasikan untuk memberikan ulat yang masih mudah dan potong kepala ulatnya terlebih dahulu. 

Sebagai catatan tambahan, ulat hongkong adalah ulat yang berdarah panas. Kamu direkomendasikan memberikan ulat hongkong ketika musim hujan ataupun cuaca sedang dingin.

Kamu bisa memberikan makanan burung ciblek ini sebanyak lima ekor di pagi dan sore hari. Di alam liar, ulat kerap digunakan untuk meloloh ataupun menyuapi anaknya.

4. Telur Puyuh Rebus

Sebagai asupan tambahan, kamu bisa memberikan telur puyuh yang direbus. Kandungan gizi yang terdapat pada telur puyuh lebih tinggi daripada telur ayam ataupun bebek, yakni 13,05 gram untuk setiap 100 gram.

Pemberian telur puyuh rebus dipercaya dapat meningkatkan memori burung, sehingga ia bisa lebih mudah mengingat suara masteran yang kamu perdengarkan. Telur rebus juga dapat meningkatkan metabolisme serta mendongkrak energi.

Jangan terlalu sering diberikan karena telur puyuh mengandung lemak yang bisa membuat burung menjadi obesitas. Pemberiannya cukup 2 hingga 3 kali dalam satu minggu.

Jika kamu kesusahan menemukan telur puyuh, kamu boleh kok menggunakan rebusan telur ayam ataupun bebek.

5. Air Rebusan Mengkudu dan Air Jahe

Minum Burung Ciblek
minum burung ciblek - pinterest

Buah mengkudu dipercaya dapat meningkatkan stamina burung ciblek. Akan tetapi, ada cara khusus untuk membuatnya menjadi pakan burung.

Pastikan buah mengkudu yang kamu gunakan matang pohon, lalu bersihkan dengan air mengalir. Selanjutnya, kamu bisa merebusnya hingga matang. Saring air hasil rebusan mengkudu dan berikan untuk ciblek ketika sudah dingin. 

Agar khasiatnya semakin mantap, tambahkan dengan air jahe yang dipercaya membuat burung akan membuat tenggorokan burung menjadi semakin plong. Dengan air jahe, burung ciblek akan mampu lebih energi dan memiliki suara lebih keras.

Berikan racikan ini hanya pada kondisi tertentu saja, misalnya ketika akan mengikuti lomba ataupun sedang sakit. 

6. Voer Bertekstur Lembut 

Selain makanan alam, kamu juga bisa memberikan voer yang bertekstur lembut agar mudah dicerna. Voer memiliki kandungan mineral, protein, dan zat-zat lainnya yang bisa menjaga kesehatannya.

Kamu bisa membeli voer yang kandungan proteinnya sekitar 12 hingga 18 persen. Selalu sediakan voer pada wadah yang berada di dalam sangkar. Jika sampai tiga hari voer tidak dimakan, ganti dengan yang baru.

Agar semakin bernutrisi, taburi voer dengan susu bubuk dengan jumlah takaran yang pas. Kalau burung ciblekmu berasal dari alam liar, ada kemungkinan ia membutuhkan waktu untuk mau menyantap voer karena di habitat aslinya ia tidak pernah memakannya.

Makanan Burung Ciblek Anakan

Makanan Burung Ciblek Anakan
makanan burung ciblek anakan - jalak suren

Berbeda dengan burung ciblek dewasa, burung ciblek anakan belum mampu mengkonsumsi makanan yang kamu berikan untuk burung ciblek dewasa.

Mereka harus diberikan makanan yang lunak sehingga mudah dalam proses pencernaannya.

Berikut ini ada jenis-jenis makanan burung ciblek anakan yang bisa kamu berikan.

1. Pakan yang Lunak

Jika kamu memiliki anakan burung ciblek yang baru lahir, kamu bisa memberikannya makanan-makanan yang lunak. Hal ini bertujuan untuk membantu proses pencernaan anakan burung ciblek yang baru lahir. 

Burung ciblek anakan hasil penangkaran bisa kamu pisahkan dari indukannya pada saat berumur kurang lebih 10 hari.

Sesudah itu, kamu baru bisa meracik makanan yang lembut untuk anakan burung ciblek, semisal memberikan bubur bayi yang juga bagus untuk tumbuh kembangnya.

2. Dicampur dengan Voer

Biasanya makanan ciblek anakan yang lunak terbuat dari campuran voer menggunakan air hangat.

Ambil voer secukupnya untuk makanan burung ciblek anakan, lalu kamu bisa mencampurkannya dengan sedikit air hangat sampai jadi adonan halus seperti bubur bayi.

Kamu bisa memberikannya makan dengan cara dilolohkan pada anakan yang sedang lapar. Buka mulutnya dengan lebar secara paksa (namun jangan terlalu kasar), lalu lolohkan makanan yang sudah kamu buat tadi dengan pipet.

Memberi makan anakan burung ciblek ini bisa kamu berikan dalam waktu 1-2 jam sekali supaya perkembangan mereka bisa tumbuh dengan cepat.

Itulah tadi beberapa makanan burung ciblek supaya gacor yang bisa kamu berikan. Dengan memberinya takaran gizi yang pas, burung ciblekmu dijamin akan gacor!

Selain memberikan jenis makanan yang tepat, kamu juga harus merawatnya dengan baik dan benar. Jangan malas untuk mengecek kesehatannya dan jika perlu periksakan ke dokter hewan.

Ada burung lain yang kamu ingin tahu apa saja makanannya? Tulis di kolom komentar, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Terbit: Senin, 25 Januari 2021, 10:15 WIB
Update pada: Selasa, 09 Maret 2021, 10:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Bar-winged_prinia
  • https://hargaburung.id/makanan-burung-ciblek/
  • https://kacer.co.id/makanan-burung-ciblek/
  • https://okdogi.com/pakan-ciblek/
  • https://sentrabudidaya.com/makanan-burung-ciblek-agar-rajin-gacor/
  • https://www.jalaksuren.net/mengetahui-ragam-jenis-pakan-ciblek-agar-cepat-ngebren/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar