Hari ini: Kamis, 30 Juni 2022
Senin, 27 Juni 2022, 14:00 WIB

Jangan Sembarangan, Ini Jenis Makanan Burung Kepodang, Dijamin Lahap & Sehat!

Jangan Sembarangan, Ini Jenis Makanan Burung Kepodang, Dijamin Lahap & Sehat!

makanan burung kepodang - chris chafer (flickr)

Jenis makanan burung kepodang adalah buah-buahan segar dan juga serangga kecil, pastikan memberikan makanan dengan kualitas terbaik agar kualitasnya juara!

Mungkin sebagian Sobat Pintar adalah penggemar burung kicau yang memang saat ini menjadi salah satu peliharaan yang popular.

Di mana ada satu jenis burung kicau yang sangat cantik dan memiliki suara yang indah yaitu Burung Kepodang.

Burung yang satu ini sendiri sangat terkenal terutama di daerah Jawa Tengah dengan sebutan manuk pitu wolu, karena kicauannya yang khas seperti angka tujuh-delapan (pitu-wolu).

Selain kicauannya yang unik, ternyata ada juga mitos yang berhubungan dengannya seperti dianggap sebagai burung pembawa rezeki hingga dipercaya mampu menolak bala. 

Namun, dibalik mitos yang ada ternyata burung Kepodang sendiri sangatlah digemari untuk dijadikan peliharaan.

Tentu saja, dalam merawat burung yang juga dikenal dengan nama Burung Bincarung, bagi orang Sunda ini harus memperhatikan jenis makanan yang harus diberikan.

Di mana makanan burung Kepodang yang utama ada beberapa macam pakan favorit bagi unggas cantik ini. Untuk itu, yuk mari kita ulas tentang makanan burung kepodang berikut.

Makanan Burung Kepodang yang Utama

Makanan Burung Kepodang Agar Gacor
makanan burung kepodang - thai national parks

PetPi sangat menyarankan kepada Sobat Pintar yang ingin memelihara burung Kepodang (Oriolus chinensis) atau dalam bahasa inggrisnya Black-naped Oriole untuk memperhatikan makanan kesukaannya terlebih dahulu.

Karena dengan memberikan jenis pakan yang tepat, maka burung akan senantiasa sehat dan juga gacor. Berikut ini adalah makanan utama dari Burung Kepodang, yaitu:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Buah-buahan

Burung Kepodang sendiri dikenal sebagai pemakan buah-buahan, di mana unggas yang satu ini sangat senang sekali buah yang memiliki rasa manis. Sobat Pintar dapat memberikan buah seperti pepaya atau mangga.

Kedua jenis buah tersebut dikenal sangat disukai oleh burung Kepodang. Selain dari rasa yang manis, keduanya juga mengandung vitamin dan mineral yang cukup. 

Sobat Pintar dapat memberikan buah-buahan ini selang seling secara bergantian agar burung Kepodang kesayangan kalian tidak merasa bosan ketika menyantapnya.

Semisalnya, memberikan pepaya di hari senin dan mangga pada hari rabu. Pastikan bahwa buah diberikan dalam keadaan segar, karena buah yang tidak segar bisa menjadi masalah pencernaan. 

2. Serangga

Pakan burung Kepodang yang utama selanjutnya adalah serangga kecil. Sobat Pintar harus memberikan jenis serangga kecil untuk pakan burung yang khas dengan bulu warna kuning ini.

Karena burung Kepodang membutuhkan asupan protein yang cukup agar selalu sehat. Jenis serangga yang dapat diberikan adalah ulat hongkong atau jangkrik. 

Untuk jangkrik, PetPi menyarankan agar diberikan setiap hari sesuai kebutuhannya tetapi hanya dua hingga tiga ekor saja untuk sekali makan. Sedangkan untuk ulat hongkong cukup berikan seminggu sekali saja.

Hal ini sendiri sangat penting untuk diperhatikan, karena protein yang terkandung di jangkrik dan ulat hongkong termasuk tinggi. Kelebihan protein pun tidak akan baik bagi burung Kepodang. 

3. Voer kasar

Makanan lain yang bisa dijadikan tambahan untuk burung Kepodang selanjutnya adalah voer kasar. Voer memang menjadi salah satu makanan yang sering kali diberikan kepada hampir semua jenis burung.

Tapi, PetPi tidak menyarankan jenis voer halus atau yang memiliki kandungan mineral, vitamin dan protein yang terlalu tinggi.

Sobat Pintar dapat memilih voer kasar yang berwarna hijau rumput laut dengan kandungan mineral, vitamin dan protein yang sedang saja.

Hal ini sendiri dikarenakan burung Kepodang sudah memiliki asupan yang cukup dari kedua jenis makanan yang sebelumnya. Jadi, pastikan Sobat Pintar memilih jenis voer yang sesuai agar burung tetap dalam kondisi yang sehat. 

Burung Kepodang sendiri dikenal sebagai salah satu burung pesolek yang suka sekali dengan kebersihan. Di mana Petpi sangat menyarankan untuk Sobat Pintar agar selalu dapat menjaga kebersihan si burung termasuk kandangnya.

Untuk pemberian pakan yang terpenting adalah buah-buahan segar yang memang menjadi makanan utama di habitat aslinya. 

[BONUS] Tips Merawat Burung Kepodang Yang Benar

Merawat Burung Kepodang Agar Gacor
merawat burung kepodang agar gacor - eBird

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, banyak sekali dari para pecinta burung kicau yang ingin memelihara jenis burung ini karena suaranya yang merdu dan alunan yang khas mendayu-dayu.

Meskipun demikian, ternyata ada beberapa keadaan yang membuatnya tidak berkicau seperti peletakan sangkar yang kurang tepat, proses pemandian dan penjemuran yang salah, serta pemberian makan yang tidak teratur.

Oleh karena itu, berikut ini PetPi sudah merangkum beberapa cara merawat burung kepodang agar rajin berkicau, yaitu:

1. Pemberian pakan

Pemberian pakan burung kepodang yang tepat dan sesuai jadwal sangatlah berperan penting dalam hal membuatnya rajin berkicau. Untuk itu, atur jadwal rutin harian seperti pada pagi, siang, atau malam hari.

Selain itu, tak lupa untuk memberikan variasi dalam jenis makanannya agar ia tidak bosan. Jangan hanya memberikan voer kasar saja setiap harinya, tapi selingi juga dengan buah-buahan dan serangga kesukaannya.

2. Pemandian dan penjemuran

Burung kepodang itu dikenal sebagai burung yang gemar bersolek, sehingga ketika kamu hendak merawatnya maka harus menjaga kebersihan serta rajin dalam memandikan dan menjemurnya.

Mandikan burung kepodang setiap hari sebelum jam 10 pagi dan lakukan hanya ketika cuaca dalam keadaan cerah, setelahnya kamu bisa langsung menjemurnya selama 1-2 jam dan pastikan sangkarnya dalam keadaan aman, ya.

3. Peletakan sangkar

Ketika kamu baru saja mendapatkan burung kepodang, letakkan burung ke dalam sangkar dan jangan dikerondong. Kemudian taruh ia di tempat yang tenang dan bersuhu sejuk selama beberapa hari agar ia dapat beradaptasi dengan baik.

Biarkan ia mengenali sangkar dan lingkungan sekitarnya terlebih dahulu, selanjutnya yang tidak kalah penting adalah jangan lupa untuk memberikan tenggeran serta tempat makan dan minumnya di dalam sangkar, ya.

Sobat Pintar, itulah beberapa jenis makanan burung Kepodang yang harus diberikan disertai juga dengan tips merawatnya. Seperti yang sudah Petpi ungkapkan, sebisa mungkin memberikan makanan yang memang berkualitas tinggi dan memilih makanan tambahan yang sesuai dengan kebutuhan burung ini.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Senin, 03 Mei 2021, 16:00 WIB
Update pada: Senin, 27 Juni 2022, 14:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Black-naped_oriole
  • https://gerava.com/burung-kepodang/
  • https://kacer.co.id/makanan-burung-kepodang/
  • https://www.jalaksuren.net/tips-perawatan-burung-kepodang-agar-bisa-gacor/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar