Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Sabtu, 26 Juni 2021, 16:00 WIB

6 Jenis Makanan Burung Selendang Biru dan Tips Merawatnya Dirumah

6 Jenis Makanan Burung Selendang Biru dan Tips Merawatnya Dirumah

makanan burung selendang biru - shanghai birding

Makanan burung selendang biru adalah faktor penentu kesehatan agar suara kicau burung ini menjadi bagus. Berikut jenis makanan yang direkomendasikan

Hai, sobat pintar. Kali ini Petpi mau membahas tentang makanan burung selendang biru dan cara merawatnya. Burung selendang biru adalah burung yang tersebar di Asia Tenggara,

Semenanjung Malaysia dan juga China. Burung kicau jenis petarung ini jika di Indonesia dapat sobat temukan di daerah pegunungan Jawa, Sumatera dan Kalimantan. 

Sebenarnya burung selendang biru tidak banyak peminatnya di kalangan pecinta burung kicau, hanya saja bilamana ada yang merawat burung ini biasanya digunakan untuk mastering burung kicau yang lain, misal prenjak, kenari, murai, jalak dan lain-lain.

Ciri Khas Burung Selendang Biru

Ciri Khas Burung Selendang Biru
Ciri khas burung selendang biru - freepik

Setiap burung kicau pasti memiliki ciri khas tersendiri, entah bentuk tubuhnya, warna maupun suaranya. Termasuk burung selendang biru.

Walau tidak banyak peminatnya, namun tidak dapat dipungkiri jika burung yang satu ini tetap memiliki keunikan sendiri. Berikut adalah ciri khas dari burung selendang biru :

  • Burung selendang biru memiliki ukuran yang cukup besar, yaitu 16 cm.
  • Burung selendang biru jantan, memiliki warna yang dominan biru, sedangkan untuk yang betina berwarna coklat.
  • Burung selendang biru jantan memiliki warna putih keabu-abuan pada bagian perut dan warna putih dibagian bawah ekornya.
  • Burung selendang biru betina, pada bagian atas memiliki warna coklat abu-abu dan warna kuning kecoklatan pada lingkar mata.
  • Suara burung selendang biru juga memiliki keunikan tersendiri, ciri khas itu biasa disebut tledekan laut. Suaranya nyaring namun tetap manis dan terkadang akan kembali naik saat akan selesai.

Jenis Makanan Burung Selendang Biru

Makanan Burung Selendang Biru
makanan burung selendang biru - pinterest

Untuk makanan burung selendang biru, tidak berbeda jauh dengan burung-burung lain. Karena pakan-pakan ini memang pakan terbaik bagi burung peliharaan dan dapat membuat suara burung kicau menjadi lebih keluar.

Berikut adalah rekomendasi pakan bagi burung selendang biru :

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Jangkrik

Jangkrik selalu menjadi pilihan baik bagi pemilik burung kicau, karena jangkrik memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan burung selendang biru.

Jangkrik juga bisa meningkatkan nafsu makan pada burung selendang biru, kamu bisa memberikan jangkrik pada burung selendang biru sekitar 2 sampai 3 ekor pada pagi dan sore hari.

Namun saat akan memberikan jangkrik pada burung, ada baiknya kaki-kaki jangkrik dilepas dahulu agar tidak melukai tenggorokan burung.

2. Ulat Hongkong

Pakan yang satu ini juga sangat favorit, karena harganya yang ramah dikantong dan mudah ditemukan.

Selain itu ulat hongkong juga memiliki kandungan nutrisi berupa protein dan omega 3 yang dibutuhkan oleh burung selendang biru.

3. Kroto

Telur semut atau lebih dikenal dengan kroto, merupakan pakan alternatif bagi burung selendang biru. Kroto memiliki kelebihan berupa lemak yang terhitung rendah, vitamin dan protein yang tinggi.

Namun tidak disarankan memberikan kroto setiap hari, cukup 2 atau 3 kali saja dalam seminggu.

4. Voer

Sebenarnya Voer tidak hanya dijadikan pakan burung saja, namun unggas lain seperti ayam, bebek, angsa dan lainnya juga mengkonsumsi pakan ini.

Voer dianggap pakan yang baik karena sudah mengandung segala yang dibutuhkan untuk burung selendang biru, mulai dari vitamin, protein, dan mineral.

5. Ulat Kandang

Ulat kandang memang tidak terlalu populer di kalangan pecinta burung kicau, padahal sebenarnya ulat ini juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik untuk pertumbuhan burung kicau, termasuk burung selendang biru.

Ulat kandang memiliki kelebihan tersendiri, yaitu mengandung air didalam tubuhnya yang membuatnya dapat memenuhi kebutuhan cairan bagi burung selendang biru.

6. Buah-buahan

Alternatif lain untuk pakan burung selendang biru adalah buah-buahan. Biasanya buah yang sering diberikan adalah pisang atau pepaya. Di alam liar, mereka pun senang sekali memakan buah-buahan berukuran kecil nan lembut ini.

Selain itu, pemberian pakan ini juga sangat baik dalam memenuhi kebutuhan mineral dan pencernaan dari burung selendang biru kalian.

Sebelum memberikan buah-buahan tersebut, pastikan sobat sudah memotong-motong terlebih dahulu dengan ukuran yang cukup, agar burung selendang biru miliki kalian tidak tersedak.

Cara Merawat Burung Selendang Biru

Cara Merawat Burung Selendang Biru
cara merawat burung selendang biru - flickr

Pada dasarnya merawat burung selendang biru sana seperti merawat burung kicau pada umumnya. Sobat perlu memperhatikan lokasi tempat burung selendang biru diletakan.

Untuk burung tangkapan alam, sebaiknya kandangnya ditutupi dahulu dengan tudung berwarna gelap dan rajin-rajinlah menaruh burung tersebut dekat dengan pemiliknya.

  • Jemur burung selendang biru di halaman saat pagi hari agar dia mendapatkan panas matahari, seperti pada manusia. Sinar matahari pagi di antara jam tujuh hingga jam sembilan adalah waktu yang tepat untuk menjemur burung selendang biru.
  • Mandikan burung dengan cara di spray atau sobat bisa menaruh wadah yang agak besar di dalam kandang agar burung selendang biru milik kalian bisa mandi sendiri.
  • Pastikan jika tidak ada tikus, kucing atau hewan lain yang bisa membuat si burung selendang biru menjadi stress. 
  • Berikan makanan favoritnya agar burung selendang biru menjadi lebih nyaman dan merasa aman.
  • Jika sobat mau, saat sore hari burung selendang biru milik kalian juga bisa ditaruh lagi dihalaman agar nantinya si burung lebih mengenali lingkungan tempat tinggalnya.

Sobat pintar, bisa memberikan burung selendang biru milik kalian dengan vitamin tambahan. Vitamin ini bertujuan untuk menjaga imun tubuhnya agar tetap sehat dan jangan lupa untuk selalu membersihkan kandangnya.

Kandang yang bersih akan membuat burung selendang biru lebih nyaman dan membantu cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. 

Selalu perhatikan tempat dimana makanan burung selendang biru disimpan, karena kebanyakan adalah serangga, selalu pastikan jika ada serangga yang mati Segera disingkirkan agar tidak membuat tempat penyimpanan menjadi bau.

Petpi, berhadap informasi yang diberikan akan bermanfaat bagi sobat semua.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://kicaumania.net/burung-selendang-biru/amp/#Makanan_Burung_Selandang_Biru
  • https://www.daftarfaunaindonesia.web.id/burung-selendang-biru-khas-sumatera/amp/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar