Hari ini: Minggu, 17 Oktober 2021
Senin, 04 Oktober 2021, 10:00 WIB

7 Jenis Makanan Burung Kenari Alami Terbaik Yang Bikin Gacor

7 Jenis Makanan Burung Kenari Alami Terbaik Yang Bikin Gacor

makanan burung kenari - pixabay

Makanan burung kenari sangatlah penting untuk diketahui. Bagi yang ingin memeliharanya, ketahui makanan burung kenari agar tetap dalam kondisi terbaik

Sobat pintar, pasti pernah mendengar tentang burung kenari. Burung yang satu ini dikenal sebagai peliharaan yang digemari oleh pecinta unggas.

Burung kenari mempunyai suara kicau yang sangat merdu, bahkan warnanya pun juga terkenal indah. Tidak heran banyak yang senang memelihara burung ini.

Bagi Sobat pintar yang ingin memeliharanya, harus tahu jenis makanan burung kenari agar rajin berkicau. Dalam artikel ini sudah Petpi rangkumkan jenis makanan apa yang bisa diberikan kepada burung kenari.

Apa Saja Makanan Burung Kenari?

Makanan Burung Kenari
makanan burung kenari - pixabay

Makanan berkualitas adalah hal yang paling penting agar burung kenari tetap dalam keadaan sehat. Ketika burung sehat, sudah jelas suara kicauan akan semakin merdu.

Bagi kamu yang ingin memberikan makan ke burung kenari, di bawah ini adalah jenis makanan terbaik yang bisa diberikan: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Campuran biji-bijian

Makanan pertama yang bisa kamu berikan untuk burung kenari adalah campuran biji-bijian. Pakan yang satu ini berisi dari mix dari berbagai jenis biji-bijian seperti biji kenari, egg food, serta milet putih dan merah.

Jenis pakan yang satu ini pun mempunyai banyak khasiat, seperti berikut ini: 

  • Menjaga vitalitas suara dari burung kenari sehingga ketika berkicau tidak cepat merasa lelah. 
  • Mampu memperbaiki pencernaan burung kenari yang sedang bermasalah. 
  • Makanan jenis ini juga bisa meningkatkan kekuatan pada suara burung kenari.

Sebelum kamu memberikan jenis pakan ini kepada burung kenari, pastikan bahwa biji-bijian mempunyai kualitas yang baik. Karena ini demi kesehatan dari burung kenari kesayangan.

Cara mengeceknya sangatlah mudah, kamu hanya perlu merendam biji-bijian tersebut. Bila biji tenggelam dan kulitnya terkelupas serta warnanya berubah agak keabuan, maka bisa dipastikan bahwa biji-biji tersebut mempunyai kualitas yang tinggi. 

2. Biji Niger serta Fumayin

Makanan burung kenari selanjutnya yang bisa Kamu berikan ke burung kenari adalah biji niger dengan fumayin. Warna dari biji ini adalah hitam dan mirip dengan ketan hitam.

Dalam biji-bijian ini mengandung protein dan kalsium yang terbilang tinggi dan mampu meningkatkan kekuatan kicauan dari burung kenari. 

Meski begitu beberapa orang berpendapat memberikan biji niger dan fumayin ini setiap hari tidak memberikan pengaruh baik kepada burung kenari.

Sehingga ada yang menyarankan untuk sesekali saja memberikannya. Namun, bagi Kamu yang ingin memberinya setiap hari lebih baik jumlahnya diperhatikan agar tidak terlalu berlebihan.

3. Apel

Buah apel juga dikenal sebagai salah satu makanan burung kenari yang paling disukai. Tingkat keasaman yang terkandung dalam buah apel ternyata mempunyai khasiat yang baik untuk kicauan burung kenari.

Di mana kandungan tersebut mampu melegakan tenggorokan kenari kesayangan sehingga bisa menghasilkan suara yang nyaring dan merdu. 

Untuk memberikan buah apel ini, Petpi menyarankan untuk memotong-motongnya menjadi lebih kecil lalu letakan saja pada kandang.

Tapi perlu kamu pastikan bahwa seluruh biji apel sudah dibuang terlebih dahulu. Karena biji apel mengandung racun sianida yang akan sangat membahayakan jika dimakan oleh burung kenari. 

4. Daun Mengkudu

Ketika burung kenari mengalami serak, kamu bisa memberikan daun mengkudu sebagai makanannya.

Dalam daun ini, terdapat banyak sekali kandungan yang baik untuk kesehatan tenggorokan burung kenari. Untuk penyajiannya, lebih baik kamu memberikan jenis daun mengkudu yang masih muda. 

Hal ini dilakukan agar daun dapat dengan mudah dimakan dan dicerna oleh burung kenari. Sebelum memberikannya, baiknya daun ini kamu potong terlebih dahulu.

Tidak hanya itu saja, jangan lupa untuk mencuci daun hingga bersih dan letakan pada kandang. 

5. Ulat Hongkong

Jenis makanan untuk burung kenari berikutnya adalah ulat hongkong. Dalam serangga yang satu ini terkandung protein dengan kadar 48%.

Dengan kadar protein yang tinggi tersebut, akan memberikan kekuatan pada burung kenari sehingga bisa berkicau dengan nyaring.

Tidak hanya itu saja, burung pun tetap dalam keadaan sehat karena dalam ulat hongkong terdapat nutrisi lengkap. 

Tapi perlu kamu perhatikan adalah jumlah pemberiannya. Walaupun sangat baik bagi tubuh burung kenari, namun kamu tidak bisa memberikan dalam jumlah yang berlebihan.

Hal ini karena bisa membuat burung kenari mengalami kegemukan yang membuat burung tidak rajin berkicau. Tips untuk memberikan ulat hongkong dalam keadaan mati dengan mencelupkannya ke air hangat terlebih dahulu. 

6. Telur Puyuh

Tidak banyak yang mengetahui bahwa telur puyuh bisa menjadi salah satu makanan burung kenari yang menyehatkan. Jenis pakan yang satu ini sangat cocok untuk diberikan kepada kenari petarung.

Karena dalam telur puyuh terdapat nutrisi yang sangat baik untuk membuat burung kenari menjadi lebih aktif dan agresif. 

Untuk pemberiannya adalah telur puyuh ini direbus terlebih dahulu hingga matang. Tidak seluruh bagian dari telur puyuh yang bisa diberikan.

Hanya kuningan telurnya saja yang perlu kamu berikan kepada burung kenari. Karena hanya kuningannya yang mempunyai protein serta nutrisi lainnya yang paling diperlukan oleh tubuh burung kenari. 

7. Kroto

Jenis pakan terakhir yang paling banyak disarankan kroto atau telur semut. Kroto juga dikenal sebagai jenis pakan burung kenari yang paling disukai.

Dalam kroto adalah kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga bisa membantu burung kenari bisa berkicau dengan nyaring dan merdu. 

Tidak hanya itu saja, kroto juga sangat baik untuk kesehatan otak dari burung kenari. Sehingga pemberian kroto dengan rutin dapat membantu burung kenari menjadi lebih pintar dan dapat dilatih. 

Sobat pintar, itulah beberapa makanan burung kenari yang bisa membantunya untuk sering berkicau dengan nyaring dan merdu.

Bagi kamu yang ingin memelihara burung ini, petpi sarankan untuk memberikan multivitamin tambahan agar burung kenari tetap sehat. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://citcuit.id/makanan-burung-kenari
  • https://hewany.com/makanan-burung-kenari/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar