Hari ini: Jumat, 16 April 2021
Rabu, 24 Maret 2021, 16:00 WIB

Pilihan Makanan Burung Nuri Berkualitas Agar Sehat dan Cepat Bicara

Pilihan Makanan Burung Nuri Berkualitas Agar Sehat dan Cepat Bicara

makanan burung nuri - the conversation

Bingung memilih makanan burung nuri terbaik dan berkualitas? Yuk, simak rekomendasi pakan berikut ini yang bisa bikin burung nuri sehat dan cepat bicara.

Selain kakatua, salah satu spesies burung paruh bengkok yang biasa dipelihara adalah burung nuri. Burung nuri juga merupakan salah satu hewan khas Papua dan kawasan Indonesia Timur lainnya, seperti Halmahera dan Ambon.

Burung nuri sangat dikagumi keindahan bulunya dengan beragam warna dan corak yang memanjakan mata. Jenis burung yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata ini juga bisa menirukan suara benda hingga manusia, lho.

Sayangnya, burung nuri kian berkurang populasinya di alam liar akibat maraknya perburuan. Sebagai burung peliharaan pun, burung nuri cenderung memiliki harga yang cukup lumayan.

Namun bagi Sobat Pintar yang baru berkeinginan atau sedang memeliharanya, berikut panduan makanan untuk burung nuri agar cepat bicara dan kondisinya sehat.

Rekomendasi Jenis Makanan Burung Nuri Terbaik

Jenis Makanan Burung Nuri
jenis makanan burung nuri - public domain pictures

Burung nuri umumnya memiliki habitat di hutan dataran rendah. Selain itu, terkadang burung ini juga bisa ditemukan di hutan bakau, rawa air tawar, hutan sabana, dan perkebunan.

Melansir dari laman AnimalDiversity.org, nuri merupakan spesies burung herbivora. Di alam liar, burung nuri biasa memakan buah, kacang-kacangan, biji-bijian, kuncup daun, bunga, dan nektar yang mereka peroleh dari sekitar habitat hidupnya.

Menyesuaikan dengan jenis makanan burung nuri liar tentu akan membuat peliharaanmu ini terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Berikut adalah pilihan makanan dan minuman untuk burung nuri yang bisa Sobat Pintar berikan.

1. Buah-buahan

Sama halnya seperti makanan burung parkit, nuri yang tergolong ke dalam burung paruh bengkok ini sangat menyukai buah-buahan dalam menu makanan sehari-hari mereka.

Buah-buahan kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang meningkatkan daya tahan tubuh burung dan menghindarkannya dari sejumlah risiko penyakit akibat lingkungan tempat tinggalnya.

Menurut laman Parrots.org, buah-buahan setidaknya membentuk sekitar 30 persen dari total makanan burung nuri. Sobat Pintar bisa memberikan buah-buahan, seperti apel, pir, jeruk, dan pisang yang jadi favorit burung nuri sekaligus mudah ditemukan.

Selain itu, buah-buahan tersebut juga tergolong tinggi kandungan air sehingga bisa mencegah burung nuri mengalami dehidrasi, lho.

2. Sayuran

Selain dari buah-buahan, burung nuri juga sangat menyukai sayur-sayuran segar, terutama wortel, seledri, dan kacang hijau. Burung nuri juga menyukai dedaunan hijau, seperti brokoli, kangkung, bayam, dan selada air.

Sobat Pintar juga bisa memilih makanan burung nuri berupa umbi-umbian, seperti ubi jalar dan kentang. Selain sebagai sumber karbohidrat, umbi-umbian juga kaya akan kandungan serat yang dapat memperlancar sistem pencernaannya.

Sebelum memberikan sayuran dan umbi-umbian segar sebagai pakan burung nuri, Sobat Pintar perlu cuci bersih dengan air mengalir untuk menghilangkan sisa-sisa pestisida yang mungkin berbahaya bagi peliharaan.

3. Biji-bijian

Jika Sobat Pintar kesulitan untuk selalu memberikan makanan segar, kombinasi biji-bijian seperti milet, jewawut, gandum, biji kenari, dan bunga matahari bisa dimasukkan ke dalam menu makanan burung nuri.

Selain biji-bijian, Sobat Pintar juga bisa menambahkan kacang-kacangan, seperti kacang hijau dan kacang tanah. Namun, kandungan protein dan lemak dalam biji-bijian dan kacang-kacangan perlu diwaspadai agar konsumsinya tidak berlebihan.

Beberapa burung nuri mungkin kurang familiar dengan pemberian pakan berupa biji-bijian kering. Mereka yang sedari awal diberikan pakan segar mungkin perlu waktu adaptasi untuk menyesuaikan dengan kebiasaan barunya ini.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG BURUNG?
Cari info Burung terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Pelet Khusus Burung

Sama halnya seperti burung peliharaan kebanyakan, Sobat Pintar juga bisa memberikan pelet atau pakan pabrikan untuk burung nuri yang praktis dan cukup terjangkau harganya.

Makanan burung nuri ini umumnya sudah diformulasi khusus dengan kandungan nutrisi lengkap, seperti vitamin, mineral, dan asam amino untuk menjaga kualitas bulu dan suara.

Pelet khusus burung paruh bengkok berbeda dengan pelet untuk burung kicau, ya! Mulai komposisi, tekstur, dan kandungan gizinya tentu sudah disesuaikan dengan kebutuhan burung nuri.

5. Pakan Buatan

Mungkin sebagian dari Sobat Pintar terbebankan untuk membeli pelet khusus burung paruh bengkok yang rata-rata punya harga relatif lebih malah ketimbang pakan burung biasanya.

Tak perlu pusing, burung nuri juga menyukai kombinasi pakan buatan sendiri dengan bahan-bahan yang harganya relatif terjangkau.

Pakan buatan ini umumnya dalam bentuk bubur, yang terdiri dari campuran sayuran, gandum, beras merah, milet dan jewawut yang dimasak hingga lunak. Untuk memberikan pada burung nuri, Sobat Pintar bisa menggunakan bantuan spuit atau suntikan tanpa jarum.

Bolehkah Memberikan Susu untuk Burung Nuri?

Makanan Burung Nuri Terbaik
Susu untuk burung nuri - parrot website

Beberapa pemelihara burung paruh bengkok, termasuk nuri sering memberikan susu. Namun, apakah susu untuk burung nuri ini aman dan boleh diberikan?

Sebaiknya jangan! Beberapa kalangan sering keliru mengenai pemilihan susu untuk burung, yang mana dalam jangka waktu lama hal ini bisa membunuh burung nuri secara perlahan.

Kebanyakan burung anakan mendapatkan asupan makanan dari susu tembolok, yakni cairan sekresi dari pakan burung yang diloloh dari mulut induk ke anaknya. Kandungan susu ini jelas berbeda dengan produk susu yang umum Sobat Pintar temui.

Banyak pemelihara memberikan susu kental manis (SKM) yang punya kandungan gula tinggi. Tingginya kandungan gula mungkin tidak cocok dan menimbulkan dampak negatif bagi sistem pencernaan burung nuri.

Produk susu sapi juga mengandung gula susu bernama laktosa, yang mana sistem pencernaan burung sulit untuk mencernanya. Akibat kelebihan laktosa, burung bisa mengalami diare hingga bulu rontok, lho.

Hindari pemberian susu kental manis atau susu sapi berlebihan pada burung nuri. Lebih baik cari produk susu yang bebas atau rendah laktosa, seperti susu beruang.

Malah, lebih baik lagi cukup berikan mereka asupan makanan seimbang dan minum air putih yang selalu bersih untuk menjaga kesehatan burung.

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://animaldiversity.org/accounts/Eclectus_roratus/
  • https://hewany.com/makanan-burung-nuri/
  • https://omkicau.com/2014/09/17/delapan-pakan-terlarang-untuk-burung-paruh-bengkok/
  • https://www.jalaksuren.net/makanan-burung-nuri/
  • https://www.parrots.org/encyclopedia/moluccan-eclectus

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar