Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Jumat, 21 Mei 2021, 16:00 WIB

8 Ciri Ciri Burung Hantu dan Cara Merawatnya dengan Mudah

8 Ciri Ciri Burung Hantu dan Cara Merawatnya dengan Mudah

ciri ciri burung hantu - hd nice wallpaper

Ciri ciri burung hantu tidak sama dengan jenis burung lainnya dan cara merawatnya pun harus diperhatikan. Pahami ciri-ciri burung hantu berikut ini

Sobat Pintar, apakah Kamu penggemar unggas? Jika iya, pasti mengenal unggas yang satu ini yaitu burung hantu. Burung hantu juga dikenal sebagai jenis unggas yang sangat anggun.

Mengetahui ciri ciri burung hantu sendiri bisa menjadi cara untuk Sobat mengenali hewan yang satu ini. 

Perlu Sobat Pintar ketahui bahwa burung hantu masuk dalam ordo Strigiformes dan merupakan burung buas atau burung yang memakan daging.

Makanan burung hantu biasanya adalah hewan pengerat seperti tikus ataupun kelinci, bahkan burung ini di alam liar pun berburu ular.

Burung hantu sendiri adalah hewan nocturnal atau hewan yang aktif di malam hari. SImak baik-baik ciri-ciri burung hantu yang bisa kamu pahami.

Ciri Ciri Burung Hantu yang Harus Diketahui 

Ciri Ciri Burung Hantu
ciri ciri burung hantu - had nice wallpaper

Agar Sobat Pintar dapat mengenali burung hantu dengan mudah, Petpi akan beri tahu ciri ciri dari burung yang satu ini. Berikut ini adalah ciri dari burung hantu yang perlu untuk Kamu ketahui: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Kepalanya dapat berputar 135 derajat 

Burung hantu sendiri dikenal memiliki salah satu ciri khas yang sangat unik yaitu kepalanya dapat berputar 135 derajat.

Kemampuan yang satu ini sendiri menurut peneliti dikarenakan adanya adaptasi tulang dan jaringan pembuluh darah lainnya yang memang dapat mendukung kepala burung hantu dapat berputar.

2. Mata Tubular 

Ciri kedua dari burung hantu adalah memiliki mata tubular. Jenis mata yang satu ini memiliki ciri khas tidak bulat, di mana mata tubular berbentuk tabung yang tembus sangat dalam hingga bagian tengkoraknya.

Bentuk mata ini memungkinkan burung hantu untuk memutar kepalanya. 

Mata tubular juga memiliki daya pandang yang sangat jauh dan sangat tajam ketika malam hari.

Mengingat bahwa burung hantu adalah hewan yang aktif pada malam hari, maka tidak dapat dipungkiri lagi bahwa ia bisa melihat dengan sangat baik di kegelapan.

Hanya saja, penglihatan burung hantu akan kabur jika objek terlalu dekat. 

3. Pendengaran sangat tajam 

Burung hantu juga dikenal memiliki pendengaran yang sangat tajam. Hal ini sendiri dikarenakan karena telinga burung hantu terletak jauh dari kepala dan berbentuk asimetris.

Sehingga burung hantu dapat mendengar pergerakan mangsa yang berada di dalam tanah, saat hujan bahkan saat salju sedang turun. 

4. Wajahnya sangat unik 

Jika Kamu perhatikan, burung hantu memiliki punya bentuk wajah yang sangat unik. Letak mata burung hantu tepat di bagian depan seperti layaknya manusia.

Hal inilah yang membedakan burung hantu dari jenis unggas lainnya. 

Walaupun terkesan menakutkan tapi ini menjadi ciri khas yang sangat unik. Ada juga beberapa jenis burung hantu yang memiliki bentuk wajah seperti Love, tapi kebanyakan wajah burung hantu yang menyerupai topeng. 

5. Bentuk paruh melengkung 

Ciri selanjutnya dari burung hantu selanjutnya adalah dari bentuk paruhnya, di mana burung hantu ini terlihat melengkung ke bawah dan sangat tajam. Fungsi dari paruh ini sendiri diperuntukan agar bisa mencabik, menangkap mangsa dan juga perlindungan diri. 

6. Cara terbang 

Ciri ciri burung hantu selanjutnya adalah cara terbangnya yang cukup unik. Di mana pada bagian sayap dari burung hantu ada bulu khusus yang bisa menekan turbulensi.

Karena bulu inilah yang membuat cara terbang burung hantu menjadi sangat halus dan tidak bersuara. Inilah yang menjadikan perbedaan antara burung hantu dengan jenis burung lainnya.

7. Memiliki kemampuan kamuflase 

Ada beberapa jenis burung hantu yang memiliki kemampuan berkamuflase di kehidupan liar. Contohnya burung hantu dari Afrika yang mempunyai motif bulu yang sama seperti pohon.

Kemampuan ini sendiri ditujukan untuk melindungi diri dari predator pada saat siang hari ketika burung hantu sedang beristirahat. 

8. Suaranya sangat nyaring 

Burung hantu sendiri mempunyai suara yang terbilang nyaring, di mana suaranya menjerit ataupun berderit. Ketika mengalami ancaman, suara burung hantu akan sangat nyaring dan akan sangat mengganggu. 

Itulah beberapa ciri dari burung hantu yang membedakannya dengan jenis unggas lainnya. Untuk merawat burung ini sendiri juga memiliki cara sendiri. 

Cara Merawat Burung Hantu 

Cara Merawat Burung Hantu
cara merawat burung hantu - hd nice wallpaper

Sobat Pintar yang ingin memelihara burung hantu ini harus memperhatikan banyak hal. Di bawah ini, Petpi informasikan bagaimana cara untuk merawat burung hantu: 

1. Ada tenggeran 

Ketika Sobat Pintar ingin memelihara burung hantu, maka Kamu ada baiknya menyediakan tenggeran. Berbeda dari jenis burung lain yang menggunakan kandang, kalau memelihara burung hantu ada baiknya tidak menggunakannya.

Petpi menyarankan untuk menggunakan tenggeran yang terbuat dari kayu. 

Penggunaan kandang sendiri bisa membuat burung hantu menjadi stress dan ini akan berakibat fatal. Agar burung hantu tetap di tempatnya, maka berikanlah rantai yang menyambung ke tenggerannya.

Pastikan bahwa burung hantu masih bisa bergerak bebas agar bisa membuatnya nyaman. 

2. Memberikan makan yang seimbang 

Agar burung hantu tetap sehat pun, Sobat Pintar harus bisa memberikan pakan yang seimbang. Burung hantu adalah hewan karnivora, sehingga untuk pemberian pakannya haruslah daging segar.

Ada baiknya jika Kamu memelihara burung hantu yang dewasa memberikan pakan seperti tikus yang masih apabila mau atau juga berikan potongan daging ayam segar. 

3. Berikan lokasi tempat yang cocok dengan habitat asli

Untuk poin yang satu ini sangatlah penting supaya burung hantu bisa tetap sehat. Ada baiknya Sobat Pintar menyediakan tempat tinggal yang mirip dengan habitat dan aktivitas si burung hantu tersebut.

Semisalnya adalah kandang yang luas yang tidak terlalu terkena sinar matahari. Mengingat bahwa burung hantu adalah hewan yang lebih aktif pada malam hari. 

Sobat Pintar, itulah beberapa ciri ciri burung hantu dan bagaimana cara merawatnya. Petpi menyarankan sebelum memelihara burung hantu, ada baiknya mempelajari karakteristik burung hantu dari ahlinya terlebih dahulu. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.bertani.co.id/ciri-ciri-burung-hantu/
  • https://www.freedomsiana.id/ciri-khusus-burung-hantu/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar