Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Rabu, 19 Mei 2021, 16:00 WIB

Kenali Keunikan dan Ciri Ciri Burung Beo Jantan

Kenali Keunikan dan Ciri Ciri Burung Beo Jantan

ciri ciri beo jantan - hewanesia

Ciri ciri burung beo jantan terlihat dari bentuk tubuh, paruh, mata serta bobot tubuhnya. Berikut cara membedakan antara beo jantan dan betina!

Sobat Pintar pasti pernah melihat burung beo, di mana burung yang satu ini memiliki banyak sekali penggemar. Karena banyak sekali yang menyukai jenis burung yang satu ini, maka Petpi akan coba membahasnya.

Kali ini Petpi, akan coba mengulas bagaimana ciri ciri burung beo jantan beserta dengan keunikannya.

Ciri Ciri Burung Beo Jantan yang Perlu Diketahui

Ciri Ciri Beo Jantan
ciri ciri beo jantan yang perlu diketahui - jenis

Bagi Sobat Pintar yang ingin beternak burung beo, sudah pasti harus bisa membedakan mana burung beo jantan dan betina.

Hal ini sendiri untuk memudahkan proses pengawinan burung beo. Berikut ini adalah ciri dari burung beo jantan:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Cara berdiri

Ciri pertama dari burung beo jantan dapat Sobat Pintar lihat dari cara berdirinya. Untuk beo jantan sendiri adalah membukukan badannya dan juga kepalanya menunduk.

Sedangkan burung beo betina biasanya akan memiliki cara berdiri yang membusungkan dada. Hal ini sendiri dikarenakan burung beo jantan biasanya memiliki bobot tubuh yang lebih berat dari betinanya.

2. Postur tubuh

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa burung beo jantan mempunyai bobot tubuh yang lebih berat dari burung beo betina.

Maka sudah jelas bahwa secara bentuk postur tubuhnya akan lebih lebar atau besar dari betinanya. Untuk memastikannya, Kamu harus bisa menjajarkan antara burung beo jantan dan betina secara bersama-sama.

3. Bentuk kepala

Ciri ciri burung beo jantan selanjutnya adalah dapat dilihat dari bentuk kepalanya. Untuk burung beo jantan memiliki bentuk kepala yang lebih besar dan bagian belakangnya terdapat lengkungan sudut yang hampir mirip dengan sudut siku-siku.

Sedangkan untuk kepala burung beo betina sendiri lebih kecil dan bentuk bagian kepala belakang landai.

4. Bentuk paruh

Perbedaan selanjutnya antara burung beo jantan dan betina adalah dari bagian paruhnya. Untuk bentuk paruh beo jantan terlihat lebih besar, pendek dan juga sangat kuat.

Sedangkan untuk burung beo betina, paruhnya sendiri bentuknya panjang dan juga lebih ramping.

Agar bisa membedakannya sendiri, Petpi menyarankan untuk melihatnya dari depan. Dari bagian depan, nantinya akan terlihat mana burung beo yang mempunyai paruh besar dan mana yang ramping.

5. Jengger

Bagian lain yang bisa membedakan antara burung beo jantan dan betina adalah dari jenggernya. Untuk jengger burung beo jantan sendiri berwarna kuning yang lebih gelap dari jengger burung beo betina.

Selain itu, pada burung beo jantan bentuknya terlihat seperti segitiga tidak beraturan. Sedangkan untuk betina, jenggernya hampir berbentuk segitiga sempurna.

6. Bentuk mata

Ciri lainnya yang membedakan antara burung beo jantan dan betina adalah dari bentuk mata. Pada burung beo jantan karena kepalanya lebih besar maka sudah jelas bahwa matanya akan terlihat besar dan lebih bulat.

Berbeda dengan beo betina yang terlihat lebih kecil. Hal ini sendiri karena disesuaikan dari bentuk kepala antara betina dan jantan tidaklah sama.

Keunikan dari Burung Beo

Keunikan Burung Beo
keunikan burung beo - wikimedia

Adapun alasan banyak dari Sobat Pintar yang memelihara burung ini, di mana yang pertama adalah burung beo terkenal akan kepintarannya. Tidak heran jika Sobat Pintar berkunjung ke kebun binatang, ada atraksi burung yang kebanyakan adalah burung beo.

Selain itu, burung ini juga dikenal jago menirukan suara manusia dan sering dilatih untuk mengucapkan beberapa kata dalam bahasa kita.

Harganya pun terkenal mahal, apalagi dengan kecantikan warna bulunya yang beragam dan juga unik. Tidak heran bahwa burung beo sering dijadikan peliharaan.

Kesimpulan

Untuk lebih jelas dalam membedakan beo jantan dan betina, lihatlah tabel berikut ini:

Tabel Perbedaan Beo Jantan dan Betina

Perbedaan

Beo Jantan

Beo Betina

Cara Berdiri

Badan Membungkuk dan Kepala Menunduk

Badan Tegap dan Membusungkan Dada

Postur Tubuh

Lebih Besar dan Berat

Lebih Kecil dan Ringan

Bentuk Kepala

Kepala lebih besar dan terdapat lengkungan siku-siku

Kepala lebih kecil dan landai

Bentuk Paruh

Pendek dan Lebar

Panjang dan Ramping

Jengger

Cenderung kuning gelap

Cenderung kuning terang

Bentuk Mata

Lebih Besar

Lebih Kecil

Mungkin beberapa tips di atas akan sulit untuk kamu ketahui, jika kamu masih ragu jangan takut untuk bertanya kepada pemilik atau penjual burung beo tersebut sehingga kamu mendapatkan pemahaman yang lebih tepat dan akurat.

Itulah tadi beberapa penjelasan tentang keunikan dan ciri ciri burung beo jantan serta betina berikut perbedaannya. Di mana sangat terlihat bahwa antara burung beo betina dan jantan mempunyai ciri fisik yang berbeda.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://made-blog.com/burung-beo/
  • https://tecro.org/ciri-ciri-burung-beo-jantan/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar