Hari ini: Jumat, 30 Juli 2021
Sabtu, 08 Mei 2021, 20:30 WIB

Mau Cepat Gacor? Ini 6 Jenis Makanan Burung Kutilang yang Bagus dan Berkualitas

Mau Cepat Gacor? Ini 6 Jenis Makanan Burung Kutilang yang Bagus dan Berkualitas

makanan burung kutilang - ams birds cornell

Memilih jenis makanan burung kutilang, bahkan sejak anakan penting bagi Sobat Pintar yang ingin suaranya gacor. Lalu, apa saja jenis pakan yang bagus itu?

Kutilang atau yang memiliki nama ilmiah Pycnonotus aurigaster ini memang banyak dijadikan burung peliharaan di Indonesia. 

Hal ini dikarenakan burung kicau ini menyebar luas di kawasan Asia Tenggara, Hong Kong, hingga Tiongkok, seperti dikutip dari laman BirdForum.

Selain mudah untuk Sobat Pintar dapatkan, teknik perawatan burung kutilang juga relatif mudah untuk pemula, termasuk dalam urusan pemilihan pakannya.

Terlebih apabila memilih jenis pakan yang tepat, burung kutilang juga bisa menghasilkan suara yang gacor dan ngekek panjang, tak kalah dibanding burung kicau kebanyakan.

Penasaran apa saja pilihan pakan yang tepat untuk burung ini? Nah, ulasan selengkapnya bisa langsung Sobat Pintar simak pada rangkuman berikut ini.

Daftar Makanan Burung Kutilang agar Gacor Maksimal

Makanan Burung Kutilang Berkualitas
makanan burung kutilang - ams birds cornell

Kutilang tergolong burung omnivora, yakni mampu mengonsumsi jenis makanan apa saja yang tersedia pada habitat hidupnya di alam liar. Mulai dari biji-bijian, buah-buahan dengan tekstur lunak, hingga serangga.

Secara umum, pakan tiap jenis burung kutilang kurang lebih sama, baik itu makanan burung kutilang emas maupun kutilang dewasa. 

Mungkin yang perlu Sobat Pintar perhatikan adalah pilihan pakan untuk anakan kutilang yang mungkin perlu teknik dan penanganan khusus.

Lantas, apa saja jenis makanan burung kutilang peliharaan yang mudah untuk didapatkan? Simak daftarnya di bawah ini, ya!

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Pepaya

Burung kutilang liar sering dianggap hama bagi para petani karena memakan buah-buahan yang mereka tanam, salam satunya pepaya. 

Buah pepaya memang memiliki tekstur lunak yang disukai oleh burung kutilang. Selain itu, buah ini juga kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan air.

Sobat Pintar pun tidak perlu kerepotan menemukan buah pepaya. Soalnya jenis buah tropis ini umumnya tersedia di hampir semua musim, baik itu musim kemarau atau penghujan.

Untuk memberikannya pada kutilang, Sobat Pintar cukup memberi sedikit potongan buah pepaya yang sudah dibelah. Buang bagian biji pepaya yang kurang disukai kutilang dan juga mudah membuat kotor kandang.

2. Pisang

Selain pepaya, buah-buahan yang bisa diberikan untuk burung kutilang adalah pisang. Buah pisang tinggi akan kandungan vitamin dan mineral untuk menjaga kebugaran tubuh kutilang.

Umumnya, jenis pisang yang diberikan untuk burung kicau adalah pisang kepok. Beberapa kalangan percaya kalau pisang kepok dapat meningkatkan kualitas suara burung kicauan. 

Sobat Pintar bisa menemukan pisang ini dengan harga yang relatif terjangkau di pasar atau toko perlengkapan hewan. Pilihlah pisang kepok matang dan tekstur dagingnya lunak.

Pisang kepok yang masih mentah cenderung punya tekstur keras yang kurang diminati kutilang. Pakan ini juga bisa jadi alternatif makanan untuk burung kutilang dengan menghaluskannya terlebih dulu hingga lembut.

3. Serangga

Pakan serangga yang tinggi kandungan protein dipercaya bisa membantu menambah stamina burung kicau, sehingga suaranya makin gacor. Hal yang sama juga bisa Sobat Pintar berikan pada burung kutilang peliharaan. 

Di alam liar, burung kutilang biasa memakan jenis serangga apa saja yang ada di sekitarnya, seperti kupu-kupu, ulat, belalang, jangkrik, dan lainnya.

Sementara untuk burung kutilang peliharaan bisa makan ulat hongkong, jangkrik, atau kroto segar yang bisa dibeli di toko perlengkapan hewan.

Pakan serangga cukup Sobat Pintar berikan beberapa hari sekali. Selain itu, hindari memberikan pakan serangga liar karena bisa beracun bagi burung.

4. Pakan Pabrikan (Voer)

Jikalau Sobat Pintar kesulitan menemukan makanan segar, seperti buah-buahan atau serangga, memberikan pakan pabrikan atau voer sebagai pakan harian bisa jadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung kutilang.

Sama halnya dengan pakan biasa, voer merupakan kombinasi dari berbagai jenis makanan burung, seperti ekstrak buah-buahan, serangga, madu, dan bahan tambahan lain yang dicampur jadi satu.

Beberapa pakan pabrikan juga menggunakan aroma pisang yang memang menjadi makanan favorit burung kutilang. Beberapa merek voer burung kutilang, seperti:

  • Voer PSM;
  • Voer Ciamix;
  • Voer Rial;
  • Voer Prima; dan
  • Voer Burung SM.

Jangan bingung apabila label voer tertulis untuk burung trucukan, karena ini adalah nama lain kutilang. Voer atau pakan pabrikan bisa Sobat Pintar temukan di toko perlengkapan hewan dengan harga relatif terjangkau.

Pilihlah voer yang memang disukai dan dibutuhkan oleh burung kutilang. Kamu bisa mencoba membelinya sesuai dengan kandungan yang terdapat pada satu bungkus voer.

Berikan sedikit demi sedikit untuk menyesuaikan selera makan dari burung kutilang.

5. Air Minum

Tidak hanya pakan saja yang yang perlu Sobat Pintar perhatikan, asupan air minum juga harus selalu tersedia setiap saat di dalam kandang. Hal ini bermanfaat mencegah burung dehidrasi sekaligus melancarkan pencernaannya.

Selalu ganti dan bersihkan wadah air minum burung kutilang setiap hari. Pasalnya, wadah ini rentan kotor karena juga dipakai burung untuk tempat mandi. Menjaga kebersihan wadah minum juga mencegah kutilang dari berbagai risiko penyakit.

6. Vitamin Tambahan

Rekomendasi makanan burung kutilang di atas sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Namun menggunakan vitamin tambahan bisa jadi opsi lain pada kondisi tertentu, misal hendak mengikuti kontes atau sedang sakit.

Vitamin burung bisa meningkatkan kebugaran tubuh dan mendorong kualitas suara yang lebih baik. Pemberian vitamin bisa dilakukan secara langsung atau dicampur pada pakan.

Sobat Pintar mungkin tidak perlu memberikan vitamin setiap hari pada burung kutilang, melainkan cukup 1-3 kali setiap minggunya.

Apa Pilihan Makanan untuk Anak Burung Kutilang?

Makanan Untuk Anak Burung Kutilang
makanan untuk anak burung kutilang - pinterest

Secara alami, anak burung kutilang akan memperoleh makanan mereka dari hasil lolohan indukan. Jenis pakan dari indukan ini punya tekstur lembut sehingga lebih mudah dicerna.

Sayangnya, beberapa pemelihara percaya bahwa memelihara anakan kutilang bahkan semenjak baru menetas dari telurnya dapat meningkatkan kualitas suaranya.

Kalau begini, apa pilihan dan bagaimana cara memberikan pakan untuk anakan burung kutilang?

Nah, untuk anakan burung kutilang yang dipisahkan dari induknya Sobat Pintar bisa memberikan pakan berupa campuran voer dan air yang dihaluskan hingga menjadi bubur.

Gunakan batang lidi atau sedotan untuk meloloh anakan burung. Lakukan hal ini selama 25-30 hari hingga anakan kutilang sudah cukup dewasa untuk makan pakan kering, tanpa perlu bantuan lagi.

Itulah dia beberapa pilihan makanan untuk burung kutilang dewasa dan anakan. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Sobat Pintar dan sampai jumpa pada artikel berikutnya, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Terbit: Sabtu, 20 Maret 2021, 16:00 WIB
Update pada: Sabtu, 08 Mei 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://kicaumania.net/makanan-burung-kutilang/
  • https://wikicau.com/merk-voer-kutilang/
  • https://www.birdforum.net/opus/Sooty-headed_Bulbul
  • https://www.jalaksuren.net/jenis-makanan-kutilang/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar