Hari ini: Kamis, 11 Agustus 2022
Senin, 18 Juli 2022, 16:00 WIB

9 Spesies Burung Yang Tidak Bisa Terbang di Dunia Meski Mempunyai Sayap

9 Spesies Burung Yang Tidak Bisa Terbang di Dunia Meski Mempunyai Sayap

burung yang tidak bisa terbang - pixabay

Meski bersayap, ternyata deretan burung ini tidak bisa terbang. Kira-kira apa saja ya? Yuk cari tau daftar spesies burung yang tidak bisa terbang di sini

Sobat Pintar, pernahkah kamu melihat burung yang tidak bisa terbang? Burung memang semestinya bisa terbang sebab ia diberikan sayap. Namun, nyatanya ada sejumlah burung yang tidak dapat terbang, padahal ia mempunyai sayap.

Meskipun ada sebagian burung tersebut yang bisa terbang, mereka tidak bisa melakukan hal tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Uniknya, burung-burung tersebut diberkahi dengan kemampuan lain, seperti dapat berlari dengan cepat, bisa berenang sambil menyelam, dan lain sebagainya.

Kamu pasti ingin tau kan apa saja jenis burung tersebut? Untuk itu, di bawah ini terdapat daftar burung-burung dengan takdir hidup di daratan saja. Yuk, mari Sobat Pintar kita simak bersama-sama.

Jenis-Jenis Burung Yang Tidak Bisa Terbang Beserta Gambarnya

Burung Yang Tidak Dapat Terbang
burung yang tidak dapat terbang - pixabay

Tidak seluruh burung dapat terbang bebas, bersayap pun belum pasti bisa terbang. Sejumlah spesies burung ini tidak beraktivitas di udara, tetapi malahan mereka menghabiskan mayoritas waktunya di air dan darat.

Lantas, burung apa saja yang memiliki sayap tetapi tidak bisa terbang? Berikut ini adalah daftarnya.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Penguin

Penguin
penguin - pixabay

Penguin masuk kedalam salah satu jenis burung yang tidak bisa terbang paling populer. Karena tidak bisa terbang seperti burung yang lainnya, burung ini diberikan keunggulan lain seperti pandai menyelam dan berenang.

Kebanyakan dari Penguin ini hidup di lingkungan yang dingin dan bersalju, misalnya antartika. Kurang lebih terdapat 18 spesies penguin yang masih hidup di dunia ini.

2. Bebek Steamer

Bebek Steamer
bebek steamer - cornell lab

Terdapat empat jenis bebek steamer yang ada di dunia ini dan tiga dari jenis tersebut tidak dapat terbang. Satu-satunya jenis yang dapat terbang yakni Tachyeres Patachonicus.

Namun, tetap saja ia tidak dapat terbang dengan kurun waktu yang lama sebab ia terlalu berat untuk membawa beban tubuhnya. Selain tak bisa terbang, ternyata bebek steamer juga kesulitan untuk berdiri, lho.

3. Burung Unta

Burung Unta
burung unta - grid

Jenis burung yang satu ini tidak dapat terbang, namun ia mahir untuk berlari kencang. Burung unta yang memiliki ukuran sangat besar biasa dikenal dengan raja dari seluruh burung. Bahkan ia memiliki telur dengan ukuran yang tidak biasa apabila dibandingkan dengan telur burung lainnya.

Di sejumlah negara, burung unta ini diperlombakan dan jika didalam kartu, ia digambarkan selalu menyembunyikan kepalanya di tanah. Selain itu, burung untuk ini juga dapat tumbuh sampai 9 kaki dan beratnya bisa lebih dari 300 pon.

Selain tubuhnya yang besar, burung unta juga dikenal mempunyai kaki yang kuat sehingga dapat menendang. Jadi, hati-hati ya jika kamu berada di dekatnya.

4. Burung Kiwi

Burung Kiwi
burung kiwi - independent

Terdapat lima jenis burung kiwi yang hidup dan dari seluruh jenis tersebut tidak ada satupun yang bisa terbang seperti burung lain. Burung kiwi merupakan endemik dari Selandia Baru. Burung kiwi memang bisa dianggap menjadi burung yang aneh karena ia juga mempunyai bulu rahasia.

Burung kiwi mempunyai sepasang sayap dengan ukuran kecil bahkan jika melihatnya sekilas hampir tidak terlihat karena tertutup bulunya yang sangat tebal. Uniknya lagi burung kiwi memiliki lubang hidung yang dibilang unik karena berada di ujung paruh panjangnya.

Walaupun letak hidungnya tidak umum, tetapi kemampuan penciuman burung kiwi ini tidak perlu diragukan lagi karena ia memakai paruhnya untuk dapat mengetahui mangsa yang akan datang kepadanya.

Saat ini, sebagian besar hutan yang ada di Selandia Baru telah dijadikan taman nasional dan kiwi sudah menjadi burung yang dilindungi agar tidak punah dari dunia ini.

5. Burung Weka

Burung Weka
burung weka - cornell lab

Burung weka dan burung kiwi sama-sama ditemukan di Selandia Baru. Meskipun tidak bisa terbang, namun kamu harus tetap waspada dengan burung ini ya.

Hal ini dikarenakan burung weka sudah terkenal sebagai pencuri yang handal dimana ia sering dijumpai mencuri barang-barang kecil yang dibawa oleh para pendaki.

Namun, kabar buruknya adalah sangat disayangkan sekali bahwa jumlah dari burung weka ini populasinya semakin menurun dari tahun ke tahun.

6. Burung Kakapo

Burung Kakapo
burung kakapo - Audubon

Burung yang satu ini dikenal juga sebagai burung beo hantu sebab parasnya yang memang sekilas terlihat seperti perpaduan antara burung hantu dengan burung beo.

Kakapo merupakan burung yang berasal dari Selandia Baru dan menjadi burung yang aktif beraktivitas dan mencari makan pada malam hari (nokturnal).

Untuk ukurannya sendiri, burung kakapo bisa tumbuh sampai mempunyai tinggi 60 cm. Selain itu, jika kamu perhatikan, burung ini berjalan seperti bebek, lho.

7. Burung Takahe

Burung Takahe
burung takahe - auckland zoo

Burung yang tidak bisa terbang selanjutnya yaitu burung Takahe yang juga berasal dari Selandia Baru. Burung ini masih satu keluarga dengan Rallidae.

Sempat terdengar kabar bahwa burung takahe sempat diisukan punah, namun ternyata mereka ditemukan kembali oleh para peneliti pada tahun 1984.

Masa hidup burung Takahe bisa sampai 20 tahun. Selain itu, Takahe dikenal menjadi burung yang pintar bermain petak umpet karena kepintarannya bersembunyi.

8. Burung Kasuari

Burung Kasuari
burung kasuari - NY times

Burung ini tinggal di Papua Nugini, Maluku dan area utara Australia. Burung kasuari memiliki postur tubuh yang besar dan bisa disandingkan dengan burung unta, lho! 

Tentu saja kamu tidak ingin memiliki masalah dengan nya, bukan? Untuk berat badannya, kasuari masuk dalam kategori burung kelas berat dan bisa di adu dengan burung unta yang sama besarnya.

Menjadi burung yang memiliki takdir hidup di darat, sepertinya ia tidak sekalipun merasa iri dengan burung lainnya yang dapat terbang dengan bebas. 

Meskipun demikian, kemampuannya untuk hidup di daratan juga tidak bisa diragukan. Cakar dari burung kasuari ini sangat mematikan, lho.

9. Burung Kakatua

Burung Kakatua
burung kakatua - teddyFeed

Mungkin memang sudah nasib burung kakatua tidak bisa terbang dan selalu hinggap di jendela. Walaupun sebenarnya mereka mempunyai sayap seperti burung lainnya, tapi perlu kamu ketahui bahwa Kakatua merupakan jenis burung yang tidak bisa terbang lama.

Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan bentuk sayap dari Kakatua sendiri itu tidaklah lebar sehingga tidak ideal jika digunakan untuk terbang. Meskipun begitu, burung ini memiliki keahlian lain yang tidak dapat dilakukan oleh burung lainnya yaitu menirukan suara.

Selain kemampuannya meniru, Kakatua sendiri merupakan salah satu burung yang dapat dilatih karena mereka memiliki tingkat kecerdasan yang cukup tinggi, lho.

Sobat Pintar, itulah dia ulasan mengenai beberapa jenis burung yang tidak bisa terbang. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan umum kalian semua, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://kumparan.com/dasar-binatang/8-burung-yang-enggak-bisa-terbang-1tnt3GaTz5I/full
  • https://www.brilio.net/binatang/8-burung-ini-meski-bersayap-tapi-nggak-bisa-terbang-171018k.html
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/abraham-herdyanto/burung-yang-tidak-bisa-terbang/8
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Ilmu Komputer (S.Kom.) Binus University 2013 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, ikan dan juga hewan peliharaan lainnya.

Ingin bekerja sama dengan PintarPet? Hubungi saya disini.

Komentar