Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Jumat, 23 Juli 2021, 16:00 WIB

6 Cara Mengatasi Burung Gangguan Pencernaan dengan Mudah

6 Cara Mengatasi Burung Gangguan Pencernaan dengan Mudah

cara mengatasi burung gangguan pencernaan - portal jember

Cara mengatasi burung gangguan pencernaan bisa kamu lakukan dengan berbagai metode agar burung peliharaan kamu segera pulih dan lekas sehat berikut ini

Sobat pintar, masalah pada burung yang mengalami gangguan pada pencernaannya itu hampir sama dengan gejala berak berdarah. Karena menimbulkan berbagai gerakan jingkatan ketika hendak untuk membuang kotorannya tersebut.

Sebenarnya ada beberapa Cara mengatasi burung gangguan pencernaan yang bisa dicoba dan dipilih. 

Beberapa penyebab tersebut muncul akibat adanya beberapa dampak yang muncul dari berbagai faktor, sehingga kamu juga harus mencari dan memahami beberapa penyebabnya.

Dalam tahap ini Petpi akan memberikan beberapa penjelasan lengkap mengatasi burung yang mengalami dampak pada pencernaannya, simak ulasan lengkapnya. 

Mengatasi Masalah Pencernaan Burung

Cara Mengatasi Burung Gangguan Pencernaan
cara mengatasi burung gangguan pencernaan - flickr

Dalam kesempatan kali ini Petpi akan memberikan beberapa cara untuk bisa mengatasi permasalahan yang terjadi pada pencernaan burung kamu tersebut.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya, simak ulasan lengkapnya. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Memperhatikan Pakannya

Hindari memberikan makanan yang bisa memicu burung kamu mengalami masalah pencernaan tersebut.

Jika kamu tidak memperhatikannya, burung kamu itu akan selalu mengalami permasalahan pada pencernaannya. Lebih baik untuk selalu memperhatikan dan tidak asal mencoba memberikan makanan yang aneh-aneh. 

Apabila burung yang kamu pelihara termasuk pemakan biji-bijian, lebih baik untuk memberikan makanan burung yang pas dan sesuai.

Berikan niger seed dalam jumlah yang banyak, karena kandungannya baik dan tepat untuk mengatasi permasalahan pada pencernaan.

Kandungan pada niger seed terdapat minyak yang ampuh melancarkan pencernaan pada burung. 

Berikan juga air yang bersih dan pastikan semuanya tercukupi dengan baik, hal ini untuk menghindari permasalahan pencernaan tersebut. 

2. Kebersihan Kandang

Awal munculnya berbagai penyakit berasal dari beberapa bakteri yang disebabkan oleh kondisi kandang yang kotor dan tidak terawat.

Hal ini bisa menyebabkan burung tidak sehat dan mengalami berbagai permasalahan. Tentunya tindakan ini harus kamu hindari dan perhatikan kondisinya, jangan sampai kandang burungnya dalam kondisi yang kotor. 

Bersihkan secara rutin kondisi kandangnya, lakukan dengan disiplin. Selain membuat burung kamu akan nyaman, kandang yang bersih akan membuat kamu akan semakin betah untuk melihat dan menyaksikan 

tingkah burung kamu dirumah. Cara mengatasi burung gangguan pencernaan bisa dengan memperhatikan dan membersihkan kandangnya tersebut. 

3. Pemberian Obat

Untuk kamu yang ingin mengobati permasalahan pencernaan pada burung kesayanganmu dirumah bisa dicoba dengan memberikan obat sesuai takarannya.

Dalam tahap ini kamu bisa mencoba dengan memberikan obat tertentu, bisa dengan bentuk bubuk dan cair juga. Beberapa obat ini diberikan untuk berbagai kebutuhan yang ada. 

Apabila burung kamu dirumah mengalami permasalahan pada pencernaannya yang mengakibatkan diare, maka bisa memberikan obat Birdblown yang ampuh untuk mengobati burung mencret.

Jenis obat anti parasit ini sangat berkhasiat untuk mengatasi pencernaan yang diakibatkan oleh bakteri atau parasit tertentu. 

Tidak lupa juga kamu bisa menambahkan obat Pedialyte yang semacam larutan yang cocok untuk menggantikan cairan yang berkurang akibat diare tersebut.

Pemberian obat ini untuk menghindari burung dalam kondisi dehidrasi dan terus memantau kesehatannya. Dengan takaran yang tepat membuat burung kamu tetap fit dan staminanya terjaga dengan baik. 

Jika kamu tidak ingin repot-repot memberikan yang lain, bisa mencoba dengan menggunakan obat bentuk larutan. Dalam tahap ini kamu bisa mencampurkannya langsung pada mulut burungnya dan bisa dengan mudah dilakukan. 

4. Ramuan Herbal

Jika kamu tidak ingin memberikan olahan obat kimia bisa mencoba dengan memberikan ramuan herbal yang tepat. Biasanya beberapa ramuan herbal ini ampuh untuk dicoba dan cocok dijadikan sebagai obat alami burung yang mengalami diare pada pencernaannya.

Mungkin kamu bisa mencoba ramuan herbal dari beberapa daun-daunan yang menyehatkan. 

Prosesnya kamu bisa dengan memberikan beberapa produk olahan dari berbagai jenis teh, baik teh madu, teh jahe, dan teh kamomil.

Apabila kamu membuat dan memberikan ramuan ini akan cocok untuk meredakkan stress, mencegah munculnya penyakit, dan membantu dalam meningkatkan imunitas pada burung kamu tersebut. 

Terpenting kamu harus selalu memperhatikannya dan tidak membiarkannya, pastikan semuanya selalu dipantau dengan baik dan jelas. Hindari untuk membiarkan kandang kotor, karena itu hanya menimbulkan berbagai permasalahan nantinya. 

5. Memberikan Minyak Sayur

Pada kondisi tertentu burung peliharaan mungkin saja mengalami permasalahan pada pencernaannya yang mengakibatkan sulitnya untuk membuang kotorannya.

Hal ini akan sangat mengganggu dan menyebabkan kesakitan pada kesehatannya. Tindakan ini apabila dibiarkan dan tidak diperhatikan akan berdampak pada kondisi burung kamu nantinya. 

Apabila hal ini terjadi pada burung peliharaan kamu di rumah, bisa untuk memberikan minyak sayur pada area duburnya.

Prosesnya dengan memasukan minyak pada duburnya dengan suntikan yang sudah dipotong ujungnya atau bisa menggunakan korek kuping khusus bayi yang bisa dioleskan dengan memasukkannya secara penuh. 

Lakukan secara perlahan dan berikan olesan sedikit-sedikit untuk membantu dalam proses menyembuhkan pencernaan tersebut. 

6. Pantau Kesehatan Burung

Jika kondisi kesehatannya terus menurun, maka kamu harus segera mengambil tindakan dengan membawanya ke dokter hewan. Tindakan ini akan sangat tepat untuk kamu perhatikan, jangan sampai kamu membiarkannya kalau kondisinya terus mengalami pemburukan. 

Pastikan untuk selalu memperhatikan dan memantau kondisi kesehatannya tersebut secara menyeluruh, sehingga tidak bermasalah.

Semua proses ini harus kamu lihat dan tindak lanjutin secara menyeluruh, tahap ini akan membuat burung tidak mengalami permasalahan yang berarti nantinya. 

Jangan sampai lengah ya, selalu perhatikan kondisi kesehatannya ya dan terus memantau setiap harinya. 

Sobat pintar, demikianlah beberapa cara mengatasi burung gangguan pencernaan yang bisa kamu coba dan lakukan. Pastikan untuk terus memantau perkembangannya dan tidak panik dalam merawatnya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://mediaronggolawe.id/gangguan-pencernaan-pada-burung/
  • https://rajakicau.com/2020/11/23/cara-mengobati-burung-mencret-dengan-benar/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar