Hari ini: Minggu, 16 Mei 2021
Kamis, 29 April 2021, 20:30 WIB

7 Makanan Burung Kolibri Terbaik, Langsung Sehat dan Gacor!

7 Makanan Burung Kolibri Terbaik, Langsung Sehat dan Gacor!

Makanan Burung Kolibri - bird watching buzz

Mau pelihara burung kolibri karena ukurannya yang mungil? Kamu harus tahu dulu apa saja makanan burung kolibri terbaik yang bakal bikin sehat dan gacor!

Tertarik untuk memelihara burung kolibri di rumah? Masih enggak tahu mereka harus dikasih makan apa supaya cepat besar dan gacor?

Burung kolibri (hummingbirds dalam Bahasa Inggris) merupakan jenis burung kecil dengan panjang sekitar 6 sampai 7 cm. Kebanyakan memiliki bulu berwarna cerah dan banyak ditemukan di Benua Amerika.

Meskipun kecil, kolibri ternyata serba cepat. Burung ini dapat mengepakkan sayap hingga 200 kepakan per detik dan bisa bernapas dengan rata-rata 250 napas per menit. Ketika migrasi, mereka bisa menempuh jarak ribuan kilo!

Karena begitu aktif, mereka membutuhkan asupan gizi yang berkalori tinggi. Nah, kalau kamu ingin memelihara burung ini, kamu harus tahu apa saja makanan burung kolibri!

Makanan Burung Kolibri yang Bikin Gacor

Makanan Burung Kolibri
Makanan burung kolibri - bird watching buzz

Meskipun kecil, burung kolibri adalah tipe burung yang tangguh dan memiliki nyali besar. Mereka bisa menjadi sangat agresif ketika melindungi teritori mereka. Meskipun hewan atau burung lain berukuran besar, mereka tidak takut untuk menyerang duluan.

Suara burung kolibri juga jarang terdengar karena kalah dengan suara dengungan yang dihasilkan oleh sayapnya. Tapi ketika masa kawin tiba, mereka akan berkicau dengan merdu dan powerful.

Di alam liar di mana mereka bisa terbang bebas ke sana kemari, makanan burung kolibri adalah nektar bunga. Paruhnya yang kecil dan panjang sangat membantunya untuk “mengebor” bunga dan menembus pangkalnya untuk mendapatkan nektar atau madu.

Oleh karena itu, burung ini membantu bunga untuk penyerbukan silang karena serbuk sari kerap terbawa di kepala atau paruh kolibri sehingga bisa berpindah dari satu bunga ke bunga lain.

Itu kalau di alam liar, bagaimana dengan kolibri yang dipelihara di dalam kandang? Ada beberapa makanan yang bisa kamu berikan kepada mereka!

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Voer

Sebagai makanan utama, biasanya pemilik kolibri akan memberikan voer meskipun di alam liar kolibri tidak memakannya. Kebutuhan gizi kolibri telah terpenuhi hanya dengan mengkonsumsi nektar.

Karena mencari nektar di sekitar kita cukup sulit, kita bisa menggantinya dengan voer yang kandungan gizinya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kolibri. Pilih voer yang mengandung karbohidrat.

Kolibri merupakan burung yang mungil, sehingga pastikan memberi voer yang khusus untuk kolibri ataupun burung-burung kecil lainnya. Hindari pemberian voer terlalu banyak karena bisa mengakibatkan sulit buang air besar.

2. Kroto

Selain voer, makanan utama untuk kolibri adalah kroto alias telur semut. Kroto bisa membuat stamina kolibrimu tinggi dan sering bunyi. Berikan setidaknya satu cepuk setiap hari.

Kroto mengandung protein yang tinggi sehingga memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan stamina dan membuatnya gacor. Apalagi, kroto tidak memberikan efek samping ke kolibri.

Selalu berikan kroto yang segar. Jangan sampai kamu memberikan kroto yang sudah basi atau rusak. Buang sisa kroto di kandangnya yang tidak ia makan.

Kalau kamu menghentikan pemberian kroto ketika sudah rutin melakukannya, kolibri bisa menjadi lemas dan malas bunyi.

Jika sudah begini, kerugian akan ditanggung sama kamu. Apalagi kolibri peliharaanmu adalah kolibri paling kesayangan yang sering diikutkan ke kontes suara burung.

Jadi harus diperhatikan terus konsumsi makanan terbaik untuknya ya.

3. Nektar Kemasan

Kalau kamu kesulitan menemukan bunga yang bisa dihisap nektarnya oleh kolibri, kamu bisa mencari nektar kemasan yang bisa didapatkan di toko hewan ataupun toko online.

Nektar kemasan ini memiliki racikan khusus yang membuatnya mirip dengan nektar yang asli. Kandungan yang ada di dalamnya akan memberikan manfaat kepada kolibri, termasuk kolibri ninja.

4. Nektar Buatan

Kesulitan menemukan tempat yang menjual nektar kemasan? Kamu bisa mengakalinya dengan meracik nektar sendiri!

Kamu hanya perlu menyiapkan air, gula, dan sirup dengan takaran yang secukupnya. Jangan sampai terlalu manis karena tidak sehat untuk kolibrinya. Campur semua bahan tersebut dan sajikan untuk kolibri.

Meskipun namanya nektar buatan, tidak disarankan untuk memberikannya setiap hari tanpa makanan lain karena bisa menyebabkan kolibri nyilet alias kurus. Cukup jadikan nektar buatan sebagai extra fooding mereka.

5. Madu

Makanan Burung Kolibri Terbaik
madu - el camino health

Kolibri menyukai makanan yang memiliki rasa manis, makanya makanan utama mereka adalah nektar. Sebagai alternatif, kamu bisa memberi mereka madu yang bisa menjaga stamina dan menghangatkan tubuh mereka.

Meskipun bisa membuat Kolibri menjadi gacor, pemberian madu yang terlalu sering bisa mengakibatkan kerusakan dan kerontokan pada bulunya karena mengandung kalori yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk memberikan madu sesekali saja atau mencampurnya dengan manisan yang lain.

6. Susu Kental Manis

Kamu mungkin akan merasa aneh ketika mendengar ada burung yang mengkonsumsi susu kental manis. Pemilik kolibri kerap memberikan makanan ini sebagai pengganti nektar.

Susu kental manis juga dipercaya dapat membuat kolibri terlihat lebih segar, memiliki bulu yang mengkilap, serta meningkatkan staminanya.

Hanya saja, jangan terlalu sering memberi kolibri susu kental manis karena bisa memicu obesitas dan membuatnya malas berbunyi. Jadikan susu kental manis sebagai extra food saja..

7. Buah Jeruk

Makanan terakhir yang bisa kamu berikan untuk burung kolibri adalah buah jeruk. Buah ini dipercaya dapat memiliki suara yang lebih jernih dan ngeplong.

Sayangnya, tidak semua kolibri mau memakan jeruk karena rasa asamnya. Jika kamu ingin memberinya jeruk, coba berikan jeruk manis dan berikan secara rutin.

Itulah beberapa makanan burung kolibri yang bisa kamu berikan, baik kolibri kelapa, ninja, wulung, manggar, ataupun sepah raja. Beberapa alternatif makanan lain yang bisa kamu berikan adalah:

  • Air gula, merupakan campuran air dan gula (gula pasir atau gula merah)
  • Ulat kandang/ulat balap, bisa diberikan sebagai sumber protein
  • Putih telur, bisa diberikan sebagai sumber protein

Usahakan untuk melakukan variasi agar kolibri tidak merasa bosan dan semua kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Ada burung lain yang ingin kamu ketahui apa makanan terbaiknya? Tulis di kolom komentar, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Terbit: Kamis, 25 Februari 2021, 16:00 WIB
Update pada: Kamis, 29 April 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://budidayaternak.id/makanan-untuk-burung-kolibri/
  • https://burungnya.com/makanan-burung-kolibri-agar-rajin-bunyi/
  • https://hargaburung.id/makanan-burung-kolibri/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kolibri
  • https://www.hewanpeliharaan.org/kolibri/makanan-burung-kolibri/
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/peter-eduard/fakta-burung-kolibri-exp-c1c2/5

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar