Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Minggu, 15 November 2020, 10:00 WIB

Makin Gacor! Ini Pilihan Vitamin Lovebird Terbaik untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisinya

Makin Gacor! Ini Pilihan Vitamin Lovebird Terbaik untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisinya

vitamin lovebird - wittemolen

Ada beragam vitamin lovebird yang tersedia di pasaran. Lalu manakah yang bikin kondisi lovebird sehat, gacor, dan konslet? Simak rekomendasinya berikut ini!

Siapa pecinta burung yang tidak mengenal lovebird? Salah satu jenis burung peliharaan yang sedang naik daun ini, kini banyak diburu karena ciri khasnya yang unik.

Lovebird yang tergolong ke dalam jenis burung paruh bengkok ini dikenal dengan tingkah lakunya yang akan terus menempel dengan pasangannya jika diletakkan dalam satu kandang.

Suara ngekek dan ukurannya yang terbilang mungil dengan berbagai macam corak dan pilihan warna, juga membuat lovebird menarik minat banyak kalangan.

Untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan suaranya gacor, terkadang beberapa pemilik juga menambahkan suplemen tambahan berupa vitamin lovebird untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Lalu apakah nutrisi pada makanan lovebird masih tidak cukup sehingga perlu vitamin tambahan? Maka dari itu, agar Sobat PetPi tidak semakin penasaran langsung simak ulasan berikut, ya!

Apa Saja Pilihan Makanan Lovebird Peliharaan?

Vitamin Lovebird
Makanan untuk lovebird - lifegreengroup

Hampir semua hewan membutuhkan nutrisi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air untuk kelangsungan hidupnya.

Termasuk untuk jenis hewan berupa burung yang masing-masing spesiesnya membutuhkan nutrisi berbeda tergantung dari sumber makanannya.

Pada dasarnya lovebird merupakan burung herbivora dengan sumber makanan berupa sayur-sayuran, buah-buahan, hingga biji-bijian di alam liar.

Namun seiring dengan semakin maraknya ternak lovebird, makanan burung ini juga dimodifikasi berupa pelet pabrikan yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Menurut Dr. Rick Axelson seperti dilansir dari laman VCAHospitals.com menerangkan kalau pelet saat ini menjadi makanan lovebird peliharaan paling ideal, lho.

Pasalnya makanan pelet ini diperkirakan memiliki kandungan 75-80% dari kebutuhan burung lovebird.

Terlebih saat ini sudah tersedia berbagai jenis pelet, dengan pilihan aroma, rasa, warna, dan bentuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan peliharaanmu.

Dr. Rick menambahkan bahwa dengan pemberian makanan seimbang sepanjang waktu tentu dapat membuat kondisi lovebird makin kuat, bulu dan paruhnya sehat, serta suaranya gacor.

Perlukan Suplemen Tambahan Berupa Vitamin Lovebird?

Pemberian suplemen tambahan untuk mendapatkan asupan nutrisi berupa vitamin, mineral, hingga asam lemak sebenarnya bisa dipertimbangkan untuk diberikan pada lovebird.

Namun penggunaan vitamin lovebird sebaiknya diawasi dokter hewan, agar asupannya tidak berlebihan.

Seperti sudah PetPi sebutkan di atas, kalau makanan burung lovebird berupa pelet sudah mengandung sekitar 75-80% kebutuhan nutrisinya, sehingga suplemen tambahan tidak perlu diberikan.

Adapun pada beberapa kondisi, misal burung lovebird sedang sakit atau hendak bertelur, beberapa vitamin dan mineral ini bisa diberikan melalui suplemen, seperti:

  • Vitamin A; Kekurangan jenis vitamin yang juga dikenal sebagai beta carotene ini sangat umum ditemui pada burung peliharaan. Pemberian vitamin A melalui suplemen sebaiknya dalam jumlah sedikit, karena apabila berlebih dapat berdampak pada hati hingga tulang.
  • Vitamin D3; Burung yang dipelihara dalam sangkar juga sangat mungkin kekurangan vitamin D3 yang secara alami diperoleh melalui sinar matahari. Vitamin D3 berfungsi dalam penyerapan kalsium dalam tubuh yang bermanfaat bagi kesehatan tulang, bulu, hingga proses bertelur.
  • Kalsium; Jenis mineral ini tepat disandingkan dengan vitamin D3 untuk mempercepat proses penyerapannya dalam sistem pencernaan. Pemberian kalsium berlebih pun dapat berakibat buruk bagi kesehatan organ dalam burung.

Rekomendasi Merek Vitamin Lovebird Terbaik di Pasaran untuk Kebutuhan Nutrisinya

Vitamin lovebird yang ada di pasaran umumnya tersedia dalam dua jenis sediaan, yakni bubuk dan cair. Jenis vitamin cair dalam dilarutkan dalam air minum maupun diteteskan langsung.

Jenis vitamin bubuk, selain dapat dilarutkan dalam air minum juga bisa dicampur ke dalam pakannya.

Disarankan mencampur vitamin bubuk dalam makanan basah, agar takaran yang diberikan tidak bersisa. Meletakkan vitamin bubuk dengan pelet akan membuatnya mengendap dalam tempat pakannya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa merek vitamin lovebird terbaik dan mudah ditemukan yang bisa kamu jadikan pilihan.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. VitaSel

Vitamin Lovebird
Vitasel - wcstore

Untuk lovebird betina yang hendak bertelur, vitamin lovebird ternak VitaSel diklaim dapat membantu keperluan reproduksi dengan memperkuat rahim pada burung.

Sehingga telur-telur yang dihasilkan oleh lovebird betina akan memiliki kualitas bagus. Vitamin lovebird ini tersedia dalam bentuk bubuk dengan takaran 1 gram VitaSel untuk 1-2 liter air.

2. Super Nova

Vitamin Yang Bagus Untuk Lovebird
Vitamin supernova - tokopedia

Masuk ke dalam salah satu jenis burung kicau, lovebird juga sering dilombakan dalam sejumlah kompetisi. Untuk menjaga stamina, pemilik lovebird juga memberi vitamin Super Nova.

Super Nova diklaim dapat meningkatkan stamina dan mental burung lovebird saat bertanding. Merek vitamin ini dijual dengan paduan 1 bungkus pakan dan 1 botol vitamin cair.

3. Moncer 1

Vitamin Untuk Burung Lovebird
Vitamin moncer - wcstore

Moncer 1 jadi salah satu vitamin burung lovebird yang paling banyak digunakan, terutama untuk jenis burung kicau yang dikompetisikan.

Vitamin dalam bentuk cair ini diklaim dapat mempengaruhi burung lovebird jadi sering berkicau dan memiliki ngekek yang lebih panjang.

Bahkan Moncer 1 juga dijadikan pilihan vitamin lovebird Kusumo, yakni burung lovebird milik H. Sigit WMP yang telah memenangkan banyak kontes dan harganya pernah ditawar hingga Rp2,2 miliar, lho!

4. OrBird

Vitamin Burung Lovebird
Vitamin orbird - wcstore

Jika lovebird sedang mengalami masalah kesehatan, vitamin OrBird jadi pilihan yang umum para pemelihara gunakan.

OrBird yang mengandung nutrisi dari bahan-bahan alami tanpa kandungan sintesis ini diklaim dapat mempercepat proses pemulihan lovebird sakit.

5. Smart NHB

Vitamin Burung Murah
Vitamin smart NHB - shopee

Vitamin Smart NHB umumnya diperuntukkan untuk burung lovebird yang lesu dan malas berbunyi agar lekas pulih berkat kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya.

Jenis vitamin dalam sediaan cair ini dapat diberikan dengan mencampur pada makanannya. Smart NHB juga bisa digunakan untuk keperluan lomba, dengan cara meneteskan langsung.

Selain kelima jenis vitamin lovebird yang PetPi ulas di atas, masih banyak merek lainnya yang tersedia di pasaran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kecocokan dari masing-masing lovebird.

6. Ebod Vit

Viramin Burung Lovebird
Ebod vit - bukalapak

Vitamin Ebod Vit dapat digunakan sebelum melakukan perlombaan untuk merangsang agar burung mau berkicau, suaranya bagus, sekaligus menambah staminanya.

Jenis vitamin Ebod lovebird ini juga dapat digunakan setelah lomba untuk mengatasi burung lovebird stres yang dapat diakibatkan perjalanan jauh atau perubahan cuaca ekstrem.

7. Bionic High Performance

Vitamin Burung Lovebird Gacor
Bionic High Performance - shopee

Bionic High Performance atau Bionic direkomendasikan sebagai vitamin lovebird konslet yang dapat meningkatkan stamina sehingga burung akan gacor terus selama kontes.

Selain meningkatkan daya tempur saat kontes, Bionic juga dapat meningkatkan stamina berkat dukungan antibodi dan antibiotik yang dapat menjaga sistem imun atau ketahanan tubuh lovebird.

Selain jenis vitamin lovebird yang PetPi ulas di atas, masih banyak merek lainnya yang tersedia di pasaran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kecocokan dari masing-masing lovebird.

Begini Tips Memilih Vitamin Lovebird yang Cocok dan Paling Bagus

Pepatah “Ada harga, ada rupa” tampaknya tidak berlaku untuk vitamin lovebird. Pasalnya walaupun harganya murah, bisa saja vitamin tersebut membuat lovebird gacor saat kontes.

Cara memilih vitamin penggacor lovebird terbaik sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kecocokan burung peliharaanmu.

Tetapi secara umum ada beberapa tips memilih vitamin lovebird yang paling bagus menurut beberapa sumber, misalnya:

  • Pilihlah vitamin lovebird dengan kandungan nutrisi yang seimbang;
  • Lebih direkomendasikan vitamin lovebird yang memiliki kandungan bahan alami atau herbal; dan
  • Belilah vitamin lovebird dari produsen dan distributor terpercaya.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan lovebird membawa dampak positif, mulai dari kondisi kesehatan hingga performanya saat mengikuti perlombaan.

Namun tetap saja, pemberian vitamin ini ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan pakar atau dokter hewan. Agar takarannya tepat dan tidak membawa masalah kesehatan, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Selasa, 01 September 2020, 10:00 WIB
Update pada: Minggu, 15 November 2020, 10:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://www.multiscope.com/hotspot/articles/birdcare3.htm
  • https://burungnya.com/10-vitamin-lovebird-dan-tips-memilih-vitamin-yang-bagus/
  • https://vcahospitals.com/know-your-pet/lovebirds-feeding
  • https://www.jalaksuren.net/tips-memilih-vitamin-untuk-lovebird-yang-paling-bagus/
  • https://www.petco.com/content/petco/PetcoStore/en_US/pet-services/resource-center/caresheets/lovebird.html

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar