Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Kamis, 12 November 2020, 16:00 WIB

Jangan Sampai Salah Makan, Ini Ternyata Rahasia Makanan Burung Lovebird Biar Makin Gacor!

Jangan Sampai Salah Makan, Ini Ternyata Rahasia Makanan Burung Lovebird Biar Makin Gacor!

Makanan burung lovebird terbaik - pinimg

Makanan burung lovebird adalah salah satu unsur penting untuk membuat suaranya makin gacor. Ternyata ini rahasia makanan lovebird agar suaranya gacor

Burung Lovebird sudah menjadi burung yang digandrungi oleh para pecinta burung di Indonesia. Suaranya yang khas dan warna bulunya yang terkenal cantik, menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang memeliharanya.

Jenis burung lovebird ini memiliki harga yang cukup lumayan, bahkan ada burung lovebird yang dijual bisa mencapai ratusan juta loh. Biasanya burung yang dijual ratusan juta ini memiliki perawatan yang sangat baik dan banyak mendulang prestasi pada acara kontes suara atau kontes burung lainnya.

Memang tidaklah sulit untuk memelihara burung ini, asalkan perawatan dan pemberian pakan yang tepat untuk membuat burung ini selalu bugar setiap hari. Adapun pakan-pakan yang diberikan adalah pakan khusus yang tidak bisa sembarang burung diberikan.

Berikut ini adalah makan burung lovebird yang mungkin bisa menjadi referensi kamu dalam merawat lovebird ini. Yuk kita intip makanan lovebird yang bisa bikin gacor ini!

Daftar Makanan Lovebird Biar Makin Gacor

Makanan Burung Lovebird
makanan burung lovebird - pinimg

Banyak sekali memang yang menanyakan akan hal ini, makanan lovebird yang membuat gacor sejatinya ialah makanan-makanan yang berasal dari alam sehingga makanan tersebut fresh dan alami tanpa efek samping. Selain itu pastinya makanan yang berasal dari alam akan lebih bergizi.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Biji Oat

Biji oat ternyata bukan hanya bisa dikonsumsi manusia saja lho, saat ini banyak pecinta burung yang meyakini bahwa biji oat juga bisa bermanfaat untuk satwa peliharaannya. Salah satunya adalah satwa burung kicau yang sedang kita bahas ini.

Biji oat memiliki kadar karbohidrat yang tinggi, ini sudah terbukti dari penelitian yang sudah ada di luar sana. Bukan hanya karbohidratnya saja, namun biji oat memiliki kandungan gizi lain seperti mempunyai kalori dan protein yang tinggi

Biji oat bisa saja diberikan kepada burung lovebird kesayangan anda setiap harinya, atau setiap beberapa waktu dalam seminggu saja karena biji oat bukan menjadi bahan makanan pokok dari burung lovebird.

Sebaiknya berikan jeda sehari setelah terakhir kali memberi makan dengan biji oat.

Biji Kenari

Masih soal biji-bijian, memang burung lebih suka makanan keras seperti ini ketimbang makanan yang lembek sehingga biji-bijian masih menjadi opi pertama untuk memberikan makanan burung. Selanjutnya ada biji kenari yang biasa disebut dengan canary seed. 

Biasanya biji ini memang hanya diberikan kepada burung kenari saja, namun seiring dengan perkembangan waktu biji kenari juga dapat diberikan kepada burung lovebird sebagai makanannya.

Banyak orang berpendapat bahwa biji kenari ini memiliki khasiat yang bagus untuk semua burung, apalagi lovebird untuk bisa berkicau lebih gacor lagi.

Milet Putih & Merah

Jika anda memang pecinta burung, harusnya anda sudah pasti paham tentang kandungan dari milet putih dan merah ini.

Makanan ini memang sebenarnya menjadi makanan kesukaan dari semua burung kicau, namun burung lovebird yang paling menyukai dengan makanan ini. Kandungannya pun juga sangat banyak lho.

Buat kamu yang baru mengetahuinya, kandungan dari milet putih dan merah ini adalah bisa menjaga ketahanan daya tahan tubuh serta dipercaya membuat burung kicau termasuk lovebird berkicau makin gacor.

Walaupun belum ada penelitian yang membuktikan secara pasti, namun para pecinta burung sudah membuktikannya.

Pemberian makanan milet putih dan merah bisa diberikan setiap dua kali sehari yaitu waktu pagi hari dan sore hari. Dengan diberikannya millet ini akan menjamin  burung lovebird ini bakal lebih gacor dari sebelumnya jika perawatan yang intensif dan latihan yang teratur juga dijalankan.

Jagung Manis

Banyak yang beranggapan bahwa jagung manis merupakan makanan burung lovebird yang paling favorit. Namun kenyataannya memang semua burung kicau suka dengan jagung manis ini.

Selain banyak kandungan gizinya, jagung manis juga sangat mudah ditemukan di pasar atau tukang sayur dengan harga yang cukup murah.

Salah satu kandungan gizi dari jagung manis ini adalah bisa menjaga kesehatan mata lovebird dan juga membantu daya tahan tubuh lovebird dari berbagai macam penyakit.

Untuk penyajiannya, lebih baik jagung manis terlebih dahulu direbus sebelum diberikan kepada lovebird, sehingga burung lovebird peliharaan anda lebih mudah mencerna makanan ini.

Apel Merah

Jangan kaget apabila lovebird memiliki selera yang sangat banyak dari mulai sayuran dan buah-buahan. Salah satunya dengan buah apel merah yang ternyata juga bisa lho buat jadi makanan burung lovebird.

Alasan kenapa apel merah yang disajikan karena kandungan dalam buah apel merah terbukti lebih banyak dibandingkan apel hijau.

Untuk penyajiannya, kamu bisa cuci buah apel merah untuk lovebird anda. Tujuannya spaya apel merah bisa lebih steril dan terhindari dari zat berbahaya seperti pestisida dan lainnya.

Bisa juga kamu sajikan dalam bentuk potongan apel merah yang kamu taruh di tempat makananan burung lovebird ya.

Daftar Alternatif Makanan Burung Lovebird yang Bagus

Makanan Untuk Burung Lovebird
makanan alternatif untuk burung lovebird - cloudfront

Selain dengan makanan-makan di atas yang sudah PetPi jelaskan, ada beberapa makanan lovebird lagi yang bisa kamu jadikan alternatif nih. Yuk lihat daftar makananya.

Biji Bunga Matahari

Terbukti kan makanan burung memang kebanyakan dari biji-bijian nih. Kali ini ada biji bunga matahari yang bisa dijadikan makanan alternatif bagi lovebird.

Kandungan dari biji bunga matahari ini bisa membangkitkan gairah lovebird yang kurang birahi nih, sehingga lovebird bisa berkembang biak lebih banyak. Makanan ini cocok buat kamu yang ingin membudidayakan lovebird kesayanganmu nih.

Buah Anggur

Selain biji-bijian, kebanyakan burung kicau juga menyukai buah sebagai makananya. Tak terkecuali dengan burung lovebird ini. Buah anggur diketahui kaya akan kandungan resveratrol, yaitu senyawa yang merupakan antioksidan polifenol.

Senyawa ini banyak terkandung pada kulit buah anggur yang berwarna merah sehingga kamu tidak perlu lagi mengupasnya.

Kecambah atau Toge

Kecambah mempunyai kandungan gizi yang sangat banyak, di antaranya adalah vitamin C, vitamin A, mineral, zat besi dan lainnya.

Manfaat dari kecambah sudah pasti untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari burung lovebird itu sendiri. Selain itu, kecambah juga berfungsi untuk menambah kesuburan untuk burung lovebird.

Cara Memilih Makanan Burung Lovebird Terbaik

Makanan Burung Lovebird
Cara memilih makanan untuk burung lovebird - lovebird haven

Seperti yang kita ketahui, lovebird liar di habitatnya sana memakan berbagai macam makanan termasuk dengan biji-bijian, rerumputan, buah-buahan, beri dan juga beberapa tanaman seperti kuncup daun yang masih muda.

Di dalam penangkaran lovebird sebagian besar burung dapat hidup baik dengan 150 - 200 gram makanan benih yang berkualitas tinggi, dilengkapi dengan sayuran segar dan buah-buahan yang sudah disiapkan.

Berikut ini adalah hal yang harus kamu perhatikan saat memberikan makanan yang bernutrisi untuk lovebird kesayangnmu.

  1. Gizi lengkap dan seimbang: Jika ingin memberikan pelet, kamu harus mencari pelet yang memiliki nutrisi lengkap dan seimbang pada setiap gigitannya. Sayangnya kebanyakan lovebird kurang menyukai pelet yang bernutrisi lengkap dan seimbang.
  2. Memberikan variasi biji-bijian: Kebanyakan burung menyukai makanan yang berbentuk biji-bijian. Namun ada beberapa lovebird yang menyukai biji-bijian tertentu sehingga kamu juga harus tetap menjaga nutrisi yang dibutuhkannya.
  3. Jangan memakai zat aditif: Usahakanlah saat memberi makan lovebird dengan pelet atau biji-bijian kemasan, kamu harus mengetahui komposisinya untuk tau bahan campuran apa yang dikonsumsi lovebird. Jangan sampai makanan lovebird mengandung zat aditif seperti pewarna, perasa dan juga pengawet buatan.

Berapa Kali Lovebird Diberi Makan?

Sebagian besar lovebird cenderung makan dalam jumlah yang sedikit di sepanjang hari, jadi kamu harus mengetahui makanan untuk lovebird dan takaran yang kamu berikan hanya sekali sehari untuk burung kesayanganmu ini.

Kamu juga harus selalu membersihkan wadah makanan sebelum kamu berikan makanannya setiap hari. Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan air bersih untuk kebutuhan minumnya.

Burung lovebird termasuk ke dalam burung yang banyak minum air, jadi kamu mungkin juga perlu memeriksa wadahnya setiap hari apakah perlu diisi ulang.

Nah itulah dia beberapa makanan burung lovebird yang bisa kamu sajikan agar lovebird menjadi gacor ya. Berikan makanan di atas sesuai dengan porsi makanan yang tepat.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan kandang supaya lovebird juga nyaman dan terhindar dari penyakit ada.

Semoga infonya bermanfaat!

VIDEO: Jangan Asal! Ini Makanan Burung Lovebird Yang Bagus Supaya Gacor!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Kamis, 27 Agustus 2020, 19:00 WIB
Update pada: Kamis, 12 November 2020, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://burungnya.com/makanan-burung-lovebird-biar-cepat-gacor-dan-ngekek-panjang/
  • https://hargaburung.id/makanan-burung-lovebird/
  • https://parenting.firstcry.com/articles/magazine-best-foods-for-love-birds-know-what-to-feed-your-feathery-pets/
  • https://vcahospitals.com/know-your-pet/lovebirds-feeding#:~:text=Lovebirds%20eat%20a%20variety%20of,pests%20in%20their%20natural%20environment.
  • https://wereallaboutpets.com/best-food-for-lovebirds

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar